Search Tips Information Products and Services

Memuat...

24 September 2010

Instalasi kelistrikan pada air conditioner

Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah SWT yang masih memberikan kesehatan jasmani dan rohani, pada kesempatan ini ane coba sharing tentang instalasi kelistrikan ac pada saat pemasangan air conditoner yang memang sangat penting sekali agar tidak terjadi konsleting pada listrik yang dapat mengakibatkan kerusakan pada sistem AC ataupun bahaya kebakaran. Postingan ini terinspirasi pada saat perbaikan AC Floor standing 10 PK di PT Total Solution yang cukup memakan waktu saat perbaikan.. , siang kepanasan, hujan kehujanan harus tetap di jalankan demi sesuap nasi. Hari pertama AC sudah normal dan suhu ruangan sudah bisa mencapai 250C namun di hari kedua AC ngadat lagi pada pengaturan suhu tidak dapat di setting pada posisi cool hanya Fan Indoor saja yang bekerja, di lanjut hari kedua AC dan di curigai terjadi kebocoran freon yang mengakibatkan AC tidak dapat dingin, step by step pengecekan kebocoran di lakukan mulai dari evaporator indoor, pipa kapiler dan strainer AC. akhirnya di temukan kebocoran pada akumulator kompresor di unit outdoor langsung di lakukan perbaikan pada titik kebocoran dengan di las, hasilnya AC kembali normal kami pun merasa lega namun tak di sangka ternyata keesokan harinya AC ngadatt maning..ngadat maning..! Akhirnya kami di beri kesempatan 1 hari lagi untuk bisa mengatasi kerusakan pada AC tsb..pokoke selesai gak selesai harus di kumpulkan. pakai metode SKS Sistim Kebut Semalam, walaupun perjuangan sampai jam 11 malam titik kebocoran baru bisa di ketemukan lagi dan Alhamdulillah AC Floor standing 10PK nya dapat normal seperti sedia kala bahkan kini bisa mencapi suhu pada ruangan hingga 220C hingga berita ini di turunkan. Kebocoran pada pipa ac ini di sebabkan karena terdapat sambungan kabel 3 phase yang menempel pada pipa ac, pada salah satu kabel terdapat isolasi yang terkelupas sehingga membuat percikan2/konsleting kecil yang lama kelamaan membuat pipa tembaga AC menjadi berlubang dan bocor, lakukan perbaikan pada instalasi kabel dan pada titik kebocoran di lakukan pengelasan. Hal hal yang perlu di perhatikan pada saat pemasangan kabel listrik pada air conditioner yaitu:
  1. Gunakan kabel listrik sesuai standart yang di anjurkan pada AC tsb.
  2. Hindari sambungan kabel untuk pemasangan AC/ jika memang terpaksa di sambung lakukan penyambungan dengan benar (kuat) dan di isolasi dengan baik usahakan jangan melilitkan sambungan kabel bersama dengan pipa ac.
  3. Pasang Arde/ground secara benar untuk menghindari kejutan listrik.
  4. Usahakan jangan menggabung atau di paralel dengan peralatan elektronik lain.
  5. Pastikan sambungan kabel sesuai dengan diagram kelistrikan pada ac biasanya diagram tersebut terdapat pada box kontrol indoor maupun outdoor.
  6. Gunakan pemutus arus MCB tambahan atau pembagi beban ketika melakukan penyambungan dengan sumber listrik utama (PLN)

9 September 2010

Cara pemasangan Air conditioner

Langkah-langkah cara memasang Air conditioner Pemasangan Indoor AC
  1. Tempelkan Bracket Indoor yang akan di pasang beri tanda pada bagian yang akan di lubangi
  2. Gunakan water pas untuk mendapatkan posisi yang seimbang
  3. Gunakan Bor dan pasang mata bor 6" setelah itu masukan baut fisher sebagai penguat bracket, pasang baut pada lubang yang terdapat di bracket indoor
  4. Ukur jarak, mulai sisi indoor hingga ke pipa ac yang akan menuju indoor, sebagai acuan untuk membolongi tembok (bobok).
  5. Jika sudah di dapati ukurannya, tandai dengan spidol bagian yang akan di lubangi/ di bobok
  6. Luruskan pipa AC dengan perlahan-lahan (agar tidak patah)
  7. Lubang sudah siap, sekarang tinggal memasang Indoor AC nya
Pemasangan Outdoor AC
  1. Ukur tinggi outdoor dan ukur bagian bawah outdoor, antara sisi yang berlubang ,satu dengan yang lainnya, untuk mendapatkan posisi letak outdoor agar tidak terbentur atap rumah.
  2. Setelah itu lubangi tembok dengan bor 12" untuk tempat bracket outdoor
  3. masukan dinabolt yang sudah kita siapkan dan kencangkan dengan kunci inggris.
  4. Sebelum outdoor di pasang pada bracketnya, pasang terlebih dahulu pipa pipa ac dan sambung dahulu dengan pipa indoor ac.
  5. Jika pipa sudah siap barulah outdoor di angkat dan di pasang.
  6. pasang baut-baut penyangga outdoor ke bracket dengan kunci pas, awas jangan sampai ada baut yanng kendur "berbahaya".
  7. Outdoor ac kini sudah siap, tinggal langkah berikutnya yaitu penyambungan pipa pada nepel-nepel.
  8. Sambung pipa ac dan kencangkan pada bagian unit indoor dan outdoor, pasang pipa yang kecil terlebih dahulu ke outdoor unit.
  9. kemudian pasang pipa yang besar ke outdoor unit
  10. Buka ke dua penutup kran pada outdoor dengan kunci L
  11. setelah kran nepel terbuka, buang sisa udara yang terjebak di dalam pipa tsb.
  12. tekan pada pentil pengisian freon beberapa kali hingga udara tsb keluar.
  13. pasang instalasi kabel yang terhubung ke outdoor dan saluran pembuangan AC.
  14. hidupkan AC dan test berapa tekanan freonnya
  15. Pasang Tang ampere meter pada salah satu kabel power unit AC
  16. Checking kondisi unit ac amper dan tekanan freonnya apakah sudah sesuai standart
  17. Selesai.....

7 September 2010

Diagram PCB control dan cara pemasangannya

Setelah beberapa hari kemarin bermain main dengan postingan video service ac melulu sekarang saatnya memenuhi janji untuk membuat postingan tentang cara mengganti PCB indoor AC yang rusak/error.  Karena janji adalah hutang dan hutang harus dibayar, amat berat hukumannya bila kita melanggar janji *waalaahh malah ceramahhh* oke lah kalu beGGitu kembali ke lep..top..! Jikalau kita mendapati kerusakan PCB Kontrol AC dan tidak dapat menemukan masalah kerusakannya gak usah bingung dan repot repot ganti saja dengan PCB control universal AC yang sudah ada karena bila kita mengganti dengan PCB original bawaan pabrikan AC harganya sangat mahal sekali bila di banding harga PCB universal ini, dan cara pemasangan PCB ini sangat mudah sekali, tinggal plug and play Cara pemasangan PCB kontrol AC indoor
  • Lepaskan PCB indoor yang rusak dan cabut socket socketnya
  • Pasang Adaptor dan masukan socketnya pada PCB *AC 220 volt transformer* (1)
  • masukan socket adaptor pada PCB AC 12 volt (2)
  • Pasang socket power 220 volt pada PCB universal (Arus positif) yang akan masuk ke relay (3)
  • Masukan kabel power 220 Volt (Arus negatif) pada PCB *power common* (5) seperti terlihat pada gambar diagram yang bergaris merah
  • Hubungkan 2 buah kabel (4 dan 6) menuju terminal indoor (L dan N) yang akan di teruskan ke outdoor AC untuk menjalankan kompresor *garis biru* (6)
  • potong PCB yang bergaris putus putus, dan tempelkan pada masing masing tempatnya * disitu terdapat lampu running timer, on/off, receiver/sensor remote dsbnya (7)
  • Pasang socket motor fan indoor (8)
  • lanjutkan dengan pasang socket ke kapasitor fan (9)
  • Pasang socket motor swing (10)
  • Test Running tanpa outdoor
  • Pastikan fungsi remote ac bekerja dengan baik seperti; termis, motor swing, speed motor fan
  • Gunakan sabuk pengaman dan jangan lupa pakai helm SNI
Pada beberapa merk ac penempatan socket kabel motor fan indoor berbeda-beda tidak mesti high, mid dan low berada mulai dari sebelah kiri (seperti pada diagram diatas), jadi sebelum kita melepas socket motor fan indoor di lihat *di tandai* dulu posisi kabel low,mid,dan high pada PCB yang lama/rusak, jika tidak sama tinggal kita sesuai kan saja dengan PCB ini. begitu juga dengan kapasitor fannya, karena bila hal ini salah dalam penempatanya maka motor fan tidak akan bekerja <<>>INGAT..INGAT<<>>. sama halnya dengan motor swing nya +(plus)nya di kiri atau di kanan..??tinggal di balik saja pasang socketnya bila swingnya tidak jalan. Sekian dulu dan terima kasih, lebih kurangnya mohon maaf lahir bathin maklum ane juga masih belajar service AC.

6 September 2010

Pembersihan AC dengan angin

Selain pembersihan AC di lakukan dengan Air, bisa juga dengan angin kompresor, namun cara ini sangat tidak di anjurkan karena selain akan mengotori ruangan juga malah akan mebuat sesak nafas penghuni rumah. Terkadang pembersihan AC ini sangat terpaksa di lakukan karena mengingat posisi peletakan outdoor sangat sulit misalnya: - Outdoor di letakan di atas plafon / para-para : jika di bersihkan dengan menggunakan air maka otomatis plafon akan cepat rusak. - Outdoor di letakan di atas atau dekat dengan Box Panel Listrik. kondisi kondisi seperti ini pernah kami temui sehingga menyulitkan untuk melakukan perawatan AC

Cara memotong pipa AC

Cara memotong pipa AC ini di perlukan alat khusus yaitu alat potong pipa khusus tembaga, cara penggunaanya pun sangat mudah. Masukan pipa AC yang akan di potong sebelumnya di ukur dahulu berapa meter yang di perlukan. Setelah cutter pipa di masukan ke dalam pipa putar searah jarum jam secara perlahan-lahan jangan terlalu banyak putarannya karena pipa tembaga ini akan gampang penyek bila di tekan terlalu keras, kira kira 4 putaran dengan memakai cutter pipa ini, maka pipa tembaga AC itu akan terpotong dengan sempurna, hasil potongan pipa yang rata akan memudahkan kita didalam memasang/menyambung pipa bila hendak kita flaring dan swaging.
 Oke...Semoga bermanfat

4 September 2010

Mengetahui kerusakan PCB Kontrol AC

PCB kontrol AC adalah alat untuk mengukur kerja keseluruhan unit AC sama halnya dengan PCB lainya pada mesin elektronika. kalau di ibaratkan seperti otak manusia yang memerintahkan anggota tubuh untuk bergerak. Didalam komponen PCB kontrol ini terdiri dari bermacam macam alat elektronik, yaitu Termistor, sensor, kapasitor, IC, Trafo, fuse, saklar, relay dan masih banyak lagi alat alat lainnya. terus terang saja kalau masalah beginian nih PCB kontrol ane juga kurang faham, biasanya bila terdapat kerusakan pada PCB AC ini, ane langsung oper lagi ke teman yang memang ahli dalam service elektronika *itung itung bagi bagi rejeki deeehh sam temen* atau langsung saja ane ganti PCB nya dengan yang baru yaitu PCB universal made in china karena di samping harganya murah, PCB ini sangat universal sekali jadi bisa di pakai untuk segala macam merk AC yang ada saat ini. Cara mengetahui kerusakan pada PCB AC dan cara mengatasinya
  • Jika PCB rusak biasanya pada AC smart sudah di tandai berupa kode-kode pada displaynya, kode-kode tsb di lihat di buku manual AC unit, umumnya pada ac split biasanya terlihat tanda pada displaynya lampu di indoor berkedip kedip ini menandakan bahwa pada salah satu komponen yang terdapat pada PCB ada yang error. Cara mengatasinya (50% berhasil) lakukan reset dengan cara mencabut powernya dan tunggu beberapa saat coba hidupkan lagi, jika lampu indikator pada display masih berkedip juga berarti ada kerusakan pada salah satu komponen PCB tersebut
  • Periksa fuse PCB indoor AC/sekring nya apakah masih bagus, cara mengatasinya dengan menghubungkan ujung-ujung fuse dengan multi tester pada skala 1xohm jika jarum tidak bergerak berarti fuse sudah rusak
  • Periksa kondisi kabel-kabel pada PCB apakah ada yang putus, karena biasanya tikus kecil/nyinying doyan sekali menggigit kabel itu.karena pada beberapa kasus pernah di temukan hal seperti ini. Cara mengatasinya sambung kembali kabel-kabel yang terputus karena gigitan binatang tsb dan tutup lubang pada bekas bobokan pipa agar binatang tsb tidak bisa masuk lagi.
  • Jika semua cara tersebut sudah dilakukan namun AC masih tetap tidak bisa nyala bisa di pastikan PCB benar benar rusak dan di vonis hukuman mati. cara mengatasinya Ganti PCB sesuai dengan merk AC tersebut order ke service center merk AC tersebut, atau dengan cara lain yaitu membeli PCB universal yang dapat di pakai untuk segala macam merk AC.
Tulisan ini semoga bisa menjawab keluhan dan masalah yang terjadi pada AC sobat Raymond di Ternate, lebih kurangnya mohon maaf bila ada kesalahan dalam penyampaian yang masih kurang jelas, maklum saja ane bukan Penulis hanya tukang service AC yang mencoba berbagi ilmu pengetahuan dengan sesama, Untuk cara pemasangannya PCB mungkin lain waktu ane posting lagi mengingat belum punya gambarnya nih.