Search Tips Information Products and Services

Memuat...

9 September 2010

Cara pemasangan Air conditioner

Langkah-langkah cara memasang Air conditioner Pemasangan Indoor AC
  1. Tempelkan Bracket Indoor yang akan di pasang beri tanda pada bagian yang akan di lubangi
  2. Gunakan water pas untuk mendapatkan posisi yang seimbang
  3. Gunakan Bor dan pasang mata bor 6" setelah itu masukan baut fisher sebagai penguat bracket, pasang baut pada lubang yang terdapat di bracket indoor
  4. Ukur jarak, mulai sisi indoor hingga ke pipa ac yang akan menuju indoor, sebagai acuan untuk membolongi tembok (bobok).
  5. Jika sudah di dapati ukurannya, tandai dengan spidol bagian yang akan di lubangi/ di bobok
  6. Luruskan pipa AC dengan perlahan-lahan (agar tidak patah)
  7. Lubang sudah siap, sekarang tinggal memasang Indoor AC nya
Pemasangan Outdoor AC
  1. Ukur tinggi outdoor dan ukur bagian bawah outdoor, antara sisi yang berlubang ,satu dengan yang lainnya, untuk mendapatkan posisi letak outdoor agar tidak terbentur atap rumah.
  2. Setelah itu lubangi tembok dengan bor 12" untuk tempat bracket outdoor
  3. masukan dinabolt yang sudah kita siapkan dan kencangkan dengan kunci inggris.
  4. Sebelum outdoor di pasang pada bracketnya, pasang terlebih dahulu pipa pipa ac dan sambung dahulu dengan pipa indoor ac.
  5. Jika pipa sudah siap barulah outdoor di angkat dan di pasang.
  6. pasang baut-baut penyangga outdoor ke bracket dengan kunci pas, awas jangan sampai ada baut yanng kendur "berbahaya".
  7. Outdoor ac kini sudah siap, tinggal langkah berikutnya yaitu penyambungan pipa pada nepel-nepel.
  8. Sambung pipa ac dan kencangkan pada bagian unit indoor dan outdoor, pasang pipa yang kecil terlebih dahulu ke outdoor unit.
  9. kemudian pasang pipa yang besar ke outdoor unit
  10. Buka ke dua penutup kran pada outdoor dengan kunci L
  11. setelah kran nepel terbuka, buang sisa udara yang terjebak di dalam pipa tsb.
  12. tekan pada pentil pengisian freon beberapa kali hingga udara tsb keluar.
  13. pasang instalasi kabel yang terhubung ke outdoor dan saluran pembuangan AC.
  14. hidupkan AC dan test berapa tekanan freonnya
  15. Pasang Tang ampere meter pada salah satu kabel power unit AC
  16. Checking kondisi unit ac amper dan tekanan freonnya apakah sudah sesuai standart
  17. Selesai.....

59 komentar:

Titik Nol mengatakan...

kapan rumah saya bisa terpasang AC ....
selama ini cukup hanya dengan Angin Cendela ...

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 Hijriah
Minal Aidin Walfaidzin
Mohon Maaf Lahir Dan Batin

Berpikir Positif mengatakan...

mantap nih kursus kilat masang AC nggak pulang mas

Menjadi Blogger Yang Bahagia mengatakan...

mau tidur lagi mas kalau samapai disini habis adem banget he he

blogger bumi lasinrang mengatakan...

pasti banyak nih yang sudah tahu masang AC kalau sering kesini

anggar berkawand mengatakan...

wiiiiiich...
pgen pasang AC...

ADEEEM...

:D

Happy Idul Fitri kawand...

:D

pakde sulas mengatakan...

wis embulah kang, untuk pemasangan gitu gitu diserahkan saja sama ahlinya, kalo pakde cuman bisa bongkar-bongkar saja he he he.....

pakde juga ngucapin:
"SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI MAHON MAAF LAHIR BATIN"

Ipin's cool mengatakan...

Kutipan Motto, sobat syahida di belajar komputer

BELAJAR... adalah satu kata yang bermakna luas dan bila dilaksanakan tidak akan pernah ada ujungnya. Karena ilmu tidak akan pernah ada habisnya. Saya masih belajar ... Andalah gurunya, SAHABAT .

COMPLETE - ALL in One Blog mengatakan...

RUmah saya sudah cukup dengan kipas angin...
hehe...

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H
mohon maaf lahir bathin ya...

syahida mengatakan...

Wah .. yang ini musti disimpen ....

TErnyata emang Bang ipin gak mudik, lha wong rumahnya di kota. Selamat Iedul Fitri Bang... Mohon maaf segala khilaf dan salah yang telah terucap dan tertulis, semoga ukhuwah islamiyah tetap terjaga.

Mo mudik dulu yah .... kabuurrr...

JOLA76 mengatakan...

Andai Tangan Tak Kuasa Menjabat,
Setidaknya Kata Masih Bisa Terungkap.
Dengan Setulus Hati Kami Ucapkan :
SELAMAT IDUL FITRI 1431H
Mohon Maaf Lahir dan Batin

harto mengatakan...

Emang enak niih kalo main kemari adeeemmm beneeer...

ucapan yang sama dari Hartohadi dot com :
Selamat Iedul Fitri 1 Syawal 1431H, Taqobalallahu minna wa minkum Shiyamana washiyamakum Taqobalallahu Yaa Kariim, Minal Aidin Wal Faidzin ....Mohon maaf lahir dan batin....

rafli pratama mengatakan...

Jadi kepengen pasang AC nih.. Oh iya, Mohon Maaf Lahir Dan Batin Ya.. hehe

anak smp katro mengatakan...

dari kemarin hujan deres mas, nyampe adeem bener,
gugusan kemilau bintang tersenyum menemani,
bercengkrama bersama hembusan sejuk semilir angin
alkatro mengucapkan: Selamat Hari Raya Idul Fitri

khilaf kata mohon maaf lahir dan batin :)

bolehngeblog mengatakan...

selamat hari raya idul fitri 1431 H (bagi yang merayakannya), bagi yang merayakannya dengan cara mudik ke kampung halaman, tetap hati-hati di jalan karena keluarga anda menanti anda...
sekali lagi mohon maaf ya, mungkin ada tulisan di postingan saya yang tidak berkenan...

salam,
Bolehngeblog

fb mengatakan...

Mas Ipin.. Mohon maaf lahir batin ya.. Selamat Idul Fitri 1431 H.
Taqaballaahu minna wa minkum

Anggi Zahriyan mengatakan...

Nice inpo nih mas.. Jarang2 yang ngasih info kayak gini.

Saya juga mau ngucapin selamat hari raya idul fitri 1431H. Mohon maaf lahir dan batin :)

Saung Web mengatakan...

Detail sekali nih tutorialnya.. btw
Selamat Idul Fitri .. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Shiyamana Wa Shiyamakum.
Mohon maaf lahir dan batin .

Dofollow Blog Community mengatakan...

Sama2 .. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H, Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Shiyamana Wa Shiyamakum.
Mohon maaf lahir dan batin .

Saung Link mengatakan...

Met lebaran juga sob.. mohon maaf andai ada salah2 kata
minal ‘aidin walfaizin. .. mohon maaf lahir dan batin

sms lebaran terbaru mengatakan...

minal aidzin wall faidzin ,mohon maaf lahir dan bathin sob..:)

KucingTengil mengatakan...

ntar deh,,dipraktekkin kl dah punya AC hahahaah minal aidzin walfaidzin ya bang Ipin,,salam ma upin^^

Lusi mengatakan...

Minta maap bila da salah.
Selamat merayakan lebaran

ChugyGOGOG mengatakan...

TIDAK TERASA UMAT MUSLIM TELAH DI UFUK KEMENANGAN.
30 HARI BERPUASA DILEWATI DENGAN KEMENANGAN.
SEMUA RASA BERSATU DIHARI YANG PENUH KEMENANGAN.
HARI YANG DINANTIKAN SEGENAP UMAT MUSLIM.

TIBA SAATNYA UNTUK KEMBALI FITRI.
ChugyGOGOG MENGUCAPKAN

" SELAMAT IDUL FITRI 1431 H "
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Kapuk Online mengatakan...

Mohon dima'afkan juga bila dalam ber-Blogging banyak salah dan khilaf

wibowo mengatakan...

sebulan full berlapar dahaga. sebulan full pending merokok di waktu siang juga (jiaah..!) sebulan full ngumpulin recehan buat mudik. dan sebulan full nya lagi mungkin libur ngeblog eh..enggak deh. ga kuku hohohoho.. hari ini tiba kemenangan bagi yang menjalankan kewajiban selama sebulan fulltime.

naahh karena itu pemilik blog setitikpemikiran datang kesini buat ngucapin :
Minal Aidin Walfa'idzin ,,
...Slamat Idul Fitri 1431 H Mohon Maaf Lahir & Bathin yaaa...

selama komentar, ada kritik atau tulisan yang menyinggung, mohon dimaafin ya. semua itu ndak sengaja. swear deh ^_^
manusia ga luput dari dosa (fhuhh..alasan) jadi mohon iklasin ya

happy blogging dan sukses selalu..

Icad mengatakan...

hanya ingin mengucapkan
Minal Aidin Wal faidzin
Mohon Maaf Lahir dan Batin

Ka Damar mengatakan...

met lebaran, met liburan ^^

dinohp mengatakan...

makasih tips memasang Ac nya mas...

Manchester United Tech | Berita Sepak Bola mengatakan...

wah, keren nih tutorialnya tapi internet ane lagi lemot sob, gak bisa liat videonya..

Met Idul Fitri 1431 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin..

Reza Saputra mengatakan...

rumah saya belum ada ACnya nih....

oempak mengatakan...

boleh jg nih bang tutor nya bwt pasang AC, emg bml ada sih AC nya, tp bwt catatan nanti klo dah ada AC

imtikhan mengatakan...

www.imtikhan.co.cc Mengucapkan …
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1431 H
Minal Aidzin Walfaizin Mohon Ma'af Lahir dan Batin.

Tip Trik Blogger mengatakan...

Minal Aidzin Walfaizin Mohon Ma'af Lahir dan Batin.

TUKANG CoLoNG mengatakan...

Ac nya mengandung freon gag?

selamat idul fitri juga ya brader.
maaf lahir bathin..:)

4antum mengatakan...

^_^
4antum mengucapkan minal aidzin wal faidzin,
mohon maaf lahir dan bathin ...

Sugeng mengatakan...

Sayangnya di Tabanan masih tergolong daerah dingin di Bali, jadi masih belum perlu AC :D

Dari Tabanan aku meminta dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kata serta tulisan yang kurang berkenan semua itu karena kekhilafan saya sebagai manusia yang masih jauh dari sempurna.
Taqabbalallahu minna wa minkum wa ja’alanallahu minal ‘aidin wal faizin
Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

Djangan Pakies mengatakan...

Banyak nyerap ilmu di sini Kang, khususnya mengnai AC

Taqabbalallahu minna waminkum, semoga segala amal ibadah kita diterima Allah SWT. Selamat Idul Fitri 1431 H, mohon maaf lahir batin

TRIMATRA mengatakan...

SELAMAT LEBARAN HARI RAYA IDUL FITRI 1431 H, MAAFKAN SEGALA KHILAKUH YAAA,,,,

kakara mengatakan...

Tutorialnya mantap sob. lebih interaktif dengan memakai video ini.
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431H, Mohon maaf lahir dan batin.

K-blogger | Tutorial blog mengatakan...

Dirumah saya gak ada ac. Makasih ya tutornya buat service ac klo udah ada

Ferdinand mengatakan...

Wah klo cara pemasangan biarpun agak ngaco insyaAllah aku bisa Sob hhe........ thnx 4 share..... gmn nie lebaranya? minal aidzin ya Sob...

Artikel Islami mengatakan...

taqobalallahu minna waminkum... selamat hari raya iedul fitri 1431H. semoga kedepannya akan tambah sukses...

wah lengkap cara pemasangannya...

blogger admin mengatakan...

izin ngambil link dari vidio youtubenya ya kang ipin...
sekalian mau ngucapin selamat hari raya idul fitri, mohon maaf kalu saya punya salah dalam tulisan dan perkataan yang di utarakan di komentar,,maafin saya ya sob..

omzen mengatakan...

wah terima kasih atas kunjungannya. semoga kita dapat kembali fitri di tahun ini kawan. salam hangat atas kunjunganya

moenas mengatakan...

mampir lg neh brow...

mas acrom mengatakan...

wah sekarang ada videonya jga ya...makin keren aja brow ,hahaha...^^

Ferdinand mengatakan...

malem Sob.. aku mapir rutin nie hhe.... gak biasa nulis di Chatbox Sob. jadi aku nyapa disini lagi hhe..... met akhir pekan Sob.. d;tgu postingan bermanfaat lainnya....

jangrkrik mengatakan...

info yang bermanfaat kawan,disertai vide yang mempermudah memahami tips ini.makasih kawan :D

narti mengatakan...

minal aidzin wall faidzin ,mohon maaf lahir dan bathin.

sda mengatakan...

selamat idul fitri, mohon maaf lahir dan batin.

attayaya smp sma mengatakan...

memohon maaf lahir dan bathin

Rizky2009 mengatakan...

nambah ilmu dan pengetahuan baru lagi, met berlebaran mas ipin

kartu kredit mengatakan...

Video yang sangat bagus untuk tutorial pemasangan AC.
Terima kasih admin

bliyanbayem mengatakan...

kalo saya di rumah pake AC mas... Angin Carik (angin sawah). hehehehehe.... kebetulan rumah deket dengan sawah!! salam.

Dhana/戴安娜 mengatakan...

salam sahabat
belum ada post baru tah mas ipin??oh iya biar dapet BL hihihi mohon maaf lahir bathin,kalo sedia dukung saya juga yach ya mas

Anonim mengatakan...

brinkka2011 says: Remarkably! Thanks!

Anonim mengatakan...

brinkka2011 says: Im struggling to get a way to make contact with you through your website, do you not have a contact form on the website at all?

Admin mengatakan...

@ Brinka
I don have contact form, if you have any question can be sent email via yahoo messenger at page about me

BERKAH MANDIRI mengatakan...

Nice Post....