Search Tips Information Products and Services

Memuat...

24 September 2010

Instalasi kelistrikan pada air conditioner

Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah SWT yang masih memberikan kesehatan jasmani dan rohani, pada kesempatan ini ane coba sharing tentang instalasi kelistrikan ac pada saat pemasangan air conditoner yang memang sangat penting sekali agar tidak terjadi konsleting pada listrik yang dapat mengakibatkan kerusakan pada sistem AC ataupun bahaya kebakaran. Postingan ini terinspirasi pada saat perbaikan AC Floor standing 10 PK di PT Total Solution yang cukup memakan waktu saat perbaikan.. , siang kepanasan, hujan kehujanan harus tetap di jalankan demi sesuap nasi. Hari pertama AC sudah normal dan suhu ruangan sudah bisa mencapai 250C namun di hari kedua AC ngadat lagi pada pengaturan suhu tidak dapat di setting pada posisi cool hanya Fan Indoor saja yang bekerja, di lanjut hari kedua AC dan di curigai terjadi kebocoran freon yang mengakibatkan AC tidak dapat dingin, step by step pengecekan kebocoran di lakukan mulai dari evaporator indoor, pipa kapiler dan strainer AC. akhirnya di temukan kebocoran pada akumulator kompresor di unit outdoor langsung di lakukan perbaikan pada titik kebocoran dengan di las, hasilnya AC kembali normal kami pun merasa lega namun tak di sangka ternyata keesokan harinya AC ngadatt maning..ngadat maning..! Akhirnya kami di beri kesempatan 1 hari lagi untuk bisa mengatasi kerusakan pada AC tsb..pokoke selesai gak selesai harus di kumpulkan. pakai metode SKS Sistim Kebut Semalam, walaupun perjuangan sampai jam 11 malam titik kebocoran baru bisa di ketemukan lagi dan Alhamdulillah AC Floor standing 10PK nya dapat normal seperti sedia kala bahkan kini bisa mencapi suhu pada ruangan hingga 220C hingga berita ini di turunkan. Kebocoran pada pipa ac ini di sebabkan karena terdapat sambungan kabel 3 phase yang menempel pada pipa ac, pada salah satu kabel terdapat isolasi yang terkelupas sehingga membuat percikan2/konsleting kecil yang lama kelamaan membuat pipa tembaga AC menjadi berlubang dan bocor, lakukan perbaikan pada instalasi kabel dan pada titik kebocoran di lakukan pengelasan. Hal hal yang perlu di perhatikan pada saat pemasangan kabel listrik pada air conditioner yaitu:
  1. Gunakan kabel listrik sesuai standart yang di anjurkan pada AC tsb.
  2. Hindari sambungan kabel untuk pemasangan AC/ jika memang terpaksa di sambung lakukan penyambungan dengan benar (kuat) dan di isolasi dengan baik usahakan jangan melilitkan sambungan kabel bersama dengan pipa ac.
  3. Pasang Arde/ground secara benar untuk menghindari kejutan listrik.
  4. Usahakan jangan menggabung atau di paralel dengan peralatan elektronik lain.
  5. Pastikan sambungan kabel sesuai dengan diagram kelistrikan pada ac biasanya diagram tersebut terdapat pada box kontrol indoor maupun outdoor.
  6. Gunakan pemutus arus MCB tambahan atau pembagi beban ketika melakukan penyambungan dengan sumber listrik utama (PLN)

Tidak ada komentar: