Search Tips Information Products and Services

Memuat...

1 Oktober 2009

Masalah kerusakan AC split ( outdoor unit )

Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas masalah yang seringkali terjadi pada unit outdoor Air Conditioner (AC), komponen yang terdapat pada unit outdoor AC.
Komponen outdoor unit AC adalah, kompressor + Protector (OverLoad),Motor Blower (Fan), Kapasitor Kompressor, dan Kapasitor FanJasa service.Komponen tersebut di atas pada umumnya terdapat pada unit outdoor AC 0,5 pk s/d 3 pk /AC dengan tegangan 1 phase 220 Volt. untuk AC Ceilling, AC splitduct, AC floor standing, AC cassete memakai tegangan listrik 3 phase kapasitor kompresor sudah tidak di gunakan lagi akan tetapi memakai kontaktor sebagai protector kompresor.
Pada unit outdoor terdapat komponen yang saya sebutkan di atas tadi adalah yang seringkali mengalami kerusakan sehingga mengakibatkan AC tidak dingin.adalah Kapasitor Kompressor, Kapasitor Fan sering kali saya jumpai pada saat perbaikan unit outdoor AC split, sebab jika kedua komponen tersebut mengalami kerusakan maka akibatnya AC tidak dinginKompressor tidak bisa beroperasi dan akan menimbulkan efek kerusakan pada Kompressor kompresor rusak jika tidak secepatnya di ganti dengan spare part yang baru. sebagian besar penyebabnya adalah kelalaian pemilik AC yang tidak rutin merawat ACJadi bila AC anda tiba-tiba unit AC Anda mengalami gejala yang tidak seperti biasanya atau tidak dingin/mati seperti biasanya di usahakan jangan di nyalakan / di operasianalkan, segeralah panggil teknisi yang biasa Anda percayai, untuk mengecek kondisi atau keadaan unit AC Anda.

61 komentar:

Aneuk Nanggroe mengatakan...

waduuhhh sob..! saya belum py AC ni.. gimana.?
masin pake kipas angin aja.. sekali-sekali pake minyak angin juga sob.. bahkan kadang2 sy masuk angin..!! he..he..
Oia.. dikantor sy baru pasang Ac dan Listriknya kadang2 sering membal.. apa karena gak tahan X ya.??

Aneuk Nanggroe mengatakan...

waduuhhh sob..! saya belum py AC ni.. gimana.?
masih pake kipas angin aja.. sekali-sekali pake minyak angin juga sob.. bahkan kadang2 sy masuk angin..!! he..he..
Oia.. dikantor sy baru pasang Ac dan Listriknya kadang2 sering membal.. apa karena gak tahan X ya.??

NURA mengatakan...

salam sobat
trims infonya,,
pernah mengalaminya saat di INDONESIA sobat..
AC split 3/4 PK,untuk kamar tidur,di rumah saya,,setelah diservice ,malah jadi berisik suaranya.

Richa Rie mengatakan...

kang pin..buka jasa perbaiki kipas toh?

iis haryati mengatakan...

iya kalo buka jasa perbaikan kipas, kipas sy rusak.baru td,jadi kepanasan deh...
kalau AC sih blm punya he he

Ipin mengatakan...

@Rica & @ iis kalu kipas angin sih bisa aja malahan lebih mudah dan gak ngejelimet qoyo AC .

narti mengatakan...

hehe...gak punya AC, masih pakai AC alami...
makasih infonya.

NURA mengatakan...

SALAM SOBAT
WAOO banyak sahabat yang komentar nich..
sukses selalu untuk mas IPIN.

kebetulan sekarang di apartemen pakainya AC window.

nada mengatakan...

wah keren nih abng infonya

Daddy mengatakan...

bungkus dulu infonya .makasih

Ahmad Affandy mengatakan...

nice info, thanks..

Osi mengatakan...

Nti saya telp z dah....lebih gampang...hehehehe...

Info menarik....

Sobat link nya dah sy pasang n dah follow juga...
Jangan lupa balas balik ya...thanks

IPIN mengatakan...

@nura ikutin saran mbak nura
@nada & daddy & akhmad silahkan bungkus bos kalo kurang mampir lagi aza...hikkks..
@special bt osi ..telp nya tengah malam ja ya..khan grtis..he..he..

Ipin mengatakan...

Sore tadi service di Perum Lembah hijau Lippo cikarang ada masalah AC nya tidak dingin.,solusinya postingan ini. selesai service kamarnya cepet dingin N sejuk...wuiihhh...mantap kayak di puncak pass..!

riz mengatakan...

gd info my frnds...

n keep smleee...

muchlisin mengatakan...

Alhamdulillah dapat ilmu di sini

lover mengatakan...

sangat bermanfaat infonya, jadi tahu masalah kerusakkan ac...

oxofferin mengatakan...

betull.betul..apa perlu di vbelikan dulu wkkkkk

Hitler Jr. mengatakan...

Terima kasih informasinya sob

lina@happy family mengatakan...

Terima kasih komentarnya Mas Ipin. Kalo masalah AC, Mas Ipin memang ahlinya deh. Saya tinggal di Bogor, walau Bogor sekarang sdh mulai panas, tapi rumah saya masih pake ASe ( angin seliwirr...)

sendal jepit mengatakan...

kalo rumah saya ac nya ga bakal bayar alias gratis, kan tinggal bka tu jendela, kalo kurang copotin atuhhh genteng 4-6 buah biar tambah sejukkkkk

NURA mengatakan...

salam sobat
wah tukang AC,,dimanapun laku dan dibutuhkan,,
apalagi mengenai kerusakan seperti ini.
paling dicari-cari kan?

Bahauddin Amyasi mengatakan...

Waduh, sayang banget Sobat!
Saya kagak punya AC....
Hehe

Salam kenal.

Ana Cristina Toledo mengatakan...

This air conditioning would be very useful here in Portugal right now, cause it's too hot.

Anonim mengatakan...

wahh... mantep bgt nih.. thx buat infonya gan :D

@Ana cristina Toledo: Can you read this article?

freezipe mengatakan...

keren nih infonya...kebetulan gue mau jd teknisi AC nih....http://freezipe.com/

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

uhmmmm....

lumayan..
saya lagi mau ujian AC

Ipin mengatakan...

Qteh&kopi : semoga dapat membantu anda dan bermanfaat.

anandh mengatakan...

nice friend

dwell mengatakan...

oyi.....oyi.....
suip bro......bisa praktek langsung

Evan Ed Scence mengatakan...

Info yg bagus buat orang awam kyk aku..

aduy mengatakan...

kalo masalh compresor mati idup -mati idup yg ga jelas terus bagai mana kang..? bunyinya cetak cetek-cetak cetek...apa karna kapasitornya ya...? oya ac merek mitsibishi 1 pk..mohon infonya..?trm's ...aduy

ipin mengatakan...

@Aduy masalah kompresor mati-hidup terus karena kompresor kelebihan beban (overheat) setelah dingin dia baru hidup lagi.solusinya bersihkan outdoor dengan air bertekanan untuk menghilangkan kotoran debu2.sebelumnya pernah di tambah freon tidak?kalau iya kkurangi freonnya sedikit demi sedikit.

Traffict mengatakan...

Mencari teman dan informasi

hendrie k_bejo mengatakan...

Makacih bos Info trick nya gw jd tahu tuch klo ac dirmh ntar2 Rusak bisa tau Penyebabnya dan tau Solusinya !!

Comeng balik yah !

harto mengatakan...

Banyak kemajuannya neh sobat... selamat yaa semoga suksesss, banyak yang pasang n service AC....

ipin mengatakan...

@Trafict tahnks 4 u
@hendrik wah hebat sobb..bisa repair sendiri dunk
@Harto Amiiien pak mudah2an Do'a nya terkabul..

jani mengatakan...

gitu ya sob..pantasan..
apalagi dikantor sy, pagi bau miras ACnya.padahal kami hanya minum CopiMix,sesekali teh. gimana ya kok bisa jadi baunya lain.....

riz mengatakan...

hmmmm... bagus infonyasobat... terus maju...

Anonim mengatakan...

tutup indoor unit AC Split ada yang jual ga ya Bos? rusak cuma tutupnya aja nih..(knop engselnya), pas saya buka mau bersihkan filternya eh malah patah engselnya...makasih ya bos...wassalam

IPin mengatakan...

@anonim kalo tutup indoor itu ndak ada yang jual mas..pada saat membuka tutup indoor harus hati2 sob..bisa dia akalin saja pake lem dexton(lem 5 menit)

Anonim mengatakan...

oke bos..makasi sarannya..gw bsk beli dexton

jonikun mengatakan...

terimakasih infonya, kebetulan lagi stress nich ma AC 1/2 PK ku, awalnya keluar air, sama teknisinya ditambah freon sampai 60 (awalnya 35), hasilnya tidak keluar air lagi tapi amperenya naik jadi 2 kali lipat, terus dicoba dikurangi freonnya, hasilnya ampere turun jadi 2,3 A, eee sekarang malah outdoor hidup mati, kira-kira apanya yang bermasalah yaa ? thank's b4

Ipin mengatakan...

@jonikun
sepertinya kompresor nya sudah berat kompresinya karena freon sudah bercampur dengan oli sehingga outdoor mati hidup terus..perlu di flushing sob.

mikelle mengatakan...

Hi dear friend! I'm here again to visit. Take care dear friend! :):thumbsup::thumbsup:

budi mengatakan...

mas, saya kan beli AC LG 1PK new...dinginnya hanya beberapa 2 minggu pemakaian saja...setelah itu jadi dinginnya berkurang..untuk mencapai suhu 24 derajat saja membutuhkan waktu sekitar 3 jam....udah bolek balik di service tetap saja tidak dingin...kenapa ya mas?

Ipin mengatakan...

@budi
pertanyaan ini pernah di tanyakan sebelummnya sama kasusnya AC baru saja di beli dari toko dan dipasang setelah 2 minggu AC tidak dingin dan pada indoor AC menjadi bocor keluar tetesan air ini di sebabkan pada saat pemasangan pertama kali pada sambungan pipa belum kencang jadi freon akan keluar (bocor halus)check nepel nepel pipa dengan air sabun kencangkan nepelnya lalu isi freon kembali sesuai standart nya.

Franky Da Gomez mengatakan...

HAllo Abang. nama Saya Chris.
Saya mau minta saran nih, kapanan saya dapat dikit masalah.
Gini, waktu saya selesai kerjain AC (GAnti Compresor). Nah Waktu selesai kerja, saya ngetes di Tempat kerja dengan tegangan 220V Ampernya stabil 4,6A (tanpa freon), trus Aq balikin ke pelanggan.
Ternyata yang terjadi malah bermasalah, setelah di pasang dengan tegangn 230V, tapi Amperenya Sampe 13.3A.( tanpa freon)
Jenis ACnya UCHIDA 2-PK
Kira2 kesalahannya dimana yah?. Tolong yah.
Kalo emang bisa di balas ke Email ku
@: gomez_9885@yahoo.com

Ipin mengatakan...

@franki
-Menurut analisa saya AC 2 PK merk uchida amperenya menjadi tinggi di
sebabkan pada saat pemasangan kompresor/pengelasan terjadi kebuntuan
pada pipa kapiler dan strainer nya sehingga beban berlebih, ganti pipa
kapiler dan strainer dengan yang baru.lakukan flushing pada jallur
pipa juga indoor karena kemungkinan banyak terdapat oli yang sudah
naik.
demikiianlah pencerahan dari saya semoga bisa membantu.

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

berharap jadi teknisi, makanya rajin berkunjung dan membaca artikel di blog ini/
makasih banyak Kang Ipin..

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Koq masih pasang PR1 di footer sih Kang?
Khan udah PR3..

Willyo Alsyah P. Isman mengatakan...

Selamat siang...
di selasela kesibukan aku datang menengok mu sahabat...

yassin mengatakan...

hai salam kenal,......
mas saya mau tanya, ac saya klau dinyalakan jam 7 malam suka tidak dingin indoor berfungsi dan outdoornya tdk berfungsi, jikalau berfungsi outdoornya berbunyi keras dan sebelum dingin mati kembali, tapi kira2 jam 10 malam keatas dan siang hari berjalan normal dan dingin, kenapa ya mas tolong dibantu terima kasih.....?

Ipin's cool mengatakan...

@Yassin
Pada saat malam bebanN puncaknya PLN, asupan listrik dari PLN tidak mencukupi kebutuhan konsumen sehingga tegangan menjadi turun dibawah 220 volt DROOP VOLATAGE, kompresor ac(outdoor) tidak bekerja karena tegangan yang di butuhkan kompresor 220 volt bila tegangan nya dibawah 220volt otomatis arus yang masuk sangat tinggi sehingga mengakibatkan kompresor overload/tidak bekerja.
Solusinya: Pakai AVR Auto Voltage Regulator untuk keamanan AC agar pada malam hari dapat bekerja dan ruangan akan kembali sejuk/dingin.

yassin mengatakan...

ok terima kasih atas jawaban dan masukkannya, saya akan coba,....

erma mengatakan...

Di kantor, ada AC LG Neoplasma 1 1/2pk, tapi beberapa kali ini sering panas. Kemarin udah diisi freon dan drat napel, outdoornya juga dah dipindah ke tempat yang akan leluasa karena takutnya kurang bebas. Eh ternyata masih juga panas. Kata tukang servicenya di dalam AC (gak tau sebutannya, samping filternya mungkin) (bentuknya kayak setengah lingkaran) bekas dilas dan kemungkinan bocor. Solusinya katanya akan diblok (las) krg lebih 350rb atau gak beli baru krg lebih harganya 650rb. apa tidak ada sulosi lain. Dan kira2 kenapa yaa.... kok masih panas. Trus untuk pengisian freon itu sebaiknya berapa bulan sekali?

Ipin's cool mengatakan...

Seharusnya sebelum di lakukan pemindahan AC nya di telusuri dulu oleh teknisi ac tsb ada apa gerangan yang menyebabkan AC itu jadi panas??
yang Ibu Erma maksud *U* kondesor pada outdoor. bagian ini terkadang rawan sekali akan bocor, untuk mengatasinya perlu di tambal (las) jika lubangnya sudah besar, wajib di ganti.
pekerjaan mencangkup
1. pengelasan
2. pemakuman dan pengisian freon
Harga tsb masih standart asalkan mau di garansi minimal 3 bulan bila ada kebcoran pada daerah tsb (tidak usah bayarlagi)
Untuk masalah pengisian freon kapan waktunya saya jawab tidak perlu di isi jika tidak ada kebocoran pada unit AC dan pemasangan AC nya secara benar. jika pada saat pemasangan ac kurang bagus akan menyebabkan freon terbuang sedikit demi sedikit dalam artian Bocor halus. ini akan memakan waktu lama barulah freon itu habis.

AeL mengatakan...

Permisi..
Dirumah saya ada 4buah ac merek Uchida 1/2PK..
2 ac bekerja dengan baik, tetapi 2 ac lainnya cuma bisa hidup saat malam sampai pagi, tetapi saat siang hari susah sekali untuk hidup,jika bisa hidup, paling lama antara 1-2mnt mati lagi dan muncul lampu hijau, jika di matikan lagi kemudian dihidupkan lampu hijau dan merah tetap menyala tetapi ac tidak mau hidup,kadang hidup paling 1-2mnt trus menyala lagi lampu hijaunya dan ac mati sendiri. padahal 2 ac dengan merek dan pk yg sama normal-normal saja,daya listrik dirumah pun tidak ada masalah...
kira2 masalahnya dimana yah?

eniwatibakri@gmail.com mengatakan...

saya punya ac 1/2 pk. akhir-akhir ini sering rusak, lampu indikatornya kedap-kedip. kalau dinyalakan langsung mati lagi. sudah di coba perbaiki, tapi sebulan kemudian rusak lagi dengan kerusakan yg sama.

Riyan Pratama mengatakan...

Tolong Bantuannya!

Mas ini saya punya AC merk National 1/2 PK uda berumur sekitar 6 Tahun. Ada masalah nih di bagian unit Outdoornya. Saat unit indoor uda nyala, unit outdoornya gak mau nyala(kipas berhenti). Setelah kira-kira 30 menit, nah tu kipas baru muter, dan ruangan di dalempun masih gak adem-adem. Padahal biasa dinyalakan malam hari, tapi untuk mendinginkan ruangan bisa sampe 5 jam lebih. Dulu sih normal-normal aja.

Kejadian itu mulai setelah setahun pakai stavolt yg sedang ada 3 colokan di depan, kan yg kecil cuma ada 2 colokan. Itu saran dari tukang PLN tetangga, soalnya waktu itu listrik sering jepret.

Nah, sekarang saya coba lagi tanpa stavolt unit outdoor masih gak barng nyalanya, nyala setelah 30 menit. Klopun uda nyala ruangan tetep aja panas.

Gimana ya mas? Solusinya? Rencana mau panggil teknisi AC nih. Tapi pingin tahu dulu kira-kira kerusakan dimana? Biar gak dikibulin sama tukang AC.

Terima Kasih

Ratu Ku mengatakan...

Sekedar info yang membutuhkan sparepart AC lengkap dan harga bersahabat
Sparepart AC Jual Sparepart AC di SparepartAC.co.id & JualSparepartAC.com