Search Tips Information Products and Services

Memuat...

9 Juni 2010

Pipa kapiler dan Fungsinya

Pipa kapiler adalah suatu pipa pada mesin pendingin baik itu Air conditioner,kulkas dll. Pipa kapiler ini adalah pipa yang paling kecil jika di banding dengan pipa lainnya, untuk pipa kapiler suatu frezzer atau dispenser berukuran 0,26" s/d 0,31" sedangkan untuk pipa kapiler AC 1/2 s/d 2 pk adalah 0,5" s/d 0,7".

Kerusakan pada pipa kapiler di mesin pendingin ini biasanya di sebabkan karena pipa kapiler ini mengalami kebuntuan akibat kotoran yang masuk dan juga oli. Gas Refrigerant yang keluar dari kompresor telah menjadi gas yang bertekanan kemudian mengalir melalu pipa-pipa kondensor (out door) dan melewati proses penyaringan yang biasa di sebut Drier strainer setelah itu baru menuju pipa kapiler. panjang pipa kapiler yang di butuhkan pada mesin pendingin ialah 80 - 100 cm. 

penempatan pipa kapiler ini biasanya di gulung untuk menghemat tempat dengan menggunakan mal kapasitor bekas agar tidak penyek (di gulung melingkar). Pipa kapiler berfungsi sebagai alat untuk menurunkan tekanan, merubah bentuk dari gas menjadi bentuk cairan dan mengatur cairan refrigerant yang berasal dari pipa pipa kondensor. Sebelum gas refrigerant masuk melewati pipa kapiler terlebih dahulu harus melalui alat yang di sebut drien strainer yaitu saringan gas yang sudah terpasang dari pabrikan mesin pendingin. Fungsi dari drier stariner ialah menyaring dan menerap debu yang akan masuk ke ruang pipa kapiler dan ke jalur pipa yang menuju evaporator indoor. Pipa kapiler ini hukumnya WAJIB bukan SUNNAH bila pada saat pengggantian kompresor karena beberapa kali hasil survey bila tidak di ganti tetap akan mengalami kebuntuan kecuali anda mau melakukan pengerjaan FLUSHING dengan bantuan R11. 

31 komentar:

Didiet mengatakan...

rumit...kayaknya..btw bisnis ac menjanjikan juga ya pin

moenas mengatakan...

waduh brow2 ente klo yang namanya AC mantabzzzz dagh....
kayanya tiap hari OL neh?

TUKANG CoLoNG mengatakan...

bebas limbah kn?

Dunia Komputer mengatakan...

Belajar dikit2 dulu sob. Pengen juga tahu dikit tentang AC. Thanks ilmunya.

van mengatakan...

meskipun gak punya ac
tapi ikut nyimak aja deh bro

Ipin's cool mengatakan...

@Didiet
Lumayan sob alhamdulillah dapur ane bisa ngebul
@Moenas
mumpung ada kesempatan ajanih broooo
@Tukang colong
maksudnya limbah apaan nihh..???
@Dunia kmputer
sama sama sob
@Van
oke sob

harto mengatakan...

Nhaaaa ane mo nanya nih Bang Ipin, kalo yang suka betulin ac (kayak Abang niiih)udah pasti bisa belon kalo betulin kulkas, apa komponennya sama yaa....
trims atas ilmunya sangat bermanfaat, sukses selalu n tetap semangat

Tuntutlah ilmu, sesungguhnya menuntut ilmu adalah pendekatan diri kepada Allah Azza wajalla, dan mengajarkannya kepada orang yang tidak mengetahuinya adalah sodaqoh. Sesungguhnya ilmu pengetahuan menempatkan orangnya, dalam kedudukan terhormat dan mulia (tinggi). Ilmu pengetahuan adalah keindahan bagi ahlinya di dunia dan di akhirat. (HR. Ar-Rabii’)

Saling berlakulah jujur dalam ilmu dan jangan saling merahasiakannya. Sesungguhnya berkhianat dalam ilmu pengetahuan lebih berat hukumannya daripada berkhianat dalam harta. (HR. Abu Na’im)

Ipin mengatakan...

@Harto
iya hampir sama memang kulkas dengan ac pada prinsip kerjanya Pak harto..lain kesempatan Insya Allah akan di kupas deh tentang kulkas

infophone-kdr mengatakan...

Maknyus bgt dan sangat berbobot nich penjelasannya,top dan master AC nich Mas...:D

blogger admin mengatakan...

mantap aku dapat ilmu baru di sini..
oia,, pertannyaannya sudah di jawab di blogku,,
mudah2an berguna

ph-internet mengatakan...

nice info..buddy, cheers

Ipin mengatakan...

@Hendro P
Thanks sob pencerahannya

narti mengatakan...

hmmm sampai hukumnya wajib!
hehe...
kalau tidak ada ini, tidak berfungsi, gitu ya...

sda mengatakan...

selalu ada yang bermanfaat disini.
dimana-mana, warna pipanya memang tembaga gitu ya?
memang sudah aturannya?

Pak Liek mengatakan...

selama ini cuman bisa numpoang nggunain ac saja .... lom atau bahkan tidak akan pernah pasang ac sendiri. ...

widget sms gratis mengatakan...

woow mangstaaaaaab.. pendekar ac beraksi lagi..
ternyata agak rumit juga ya mas. buka kursus nggak nih? entar ane yang jadi biro iklannya.. xexeexe

j-a-news mengatakan...

terimakasih ilmunya.. numpang belajar.. (sok kalem)..
wkwkwk kabuuurr

moenas mengatakan...

yupzzzz
pagi brow tuh emben....

NURA mengatakan...

salam sobat
pipa kapiler ini wajib ,jadi jangan sampai ditinggalkan ya penggunaannya mas.pada saat penggantian kompressor.
trims ilmunya.

aming mengatakan...

dapet ilmu nih....assiiikkk....

thanks mas,btw mau tanya apakah aman membersihkan outdoor unit dg air steam yang kekuatan semprotnya tidak terlalu kencang??

Gus Ikhwan @ Ulasan SEO mengatakan...

makasih atas infonya pakdhe

pctips mengatakan...

Dapat ilmu tentang 'pendingin' disini
terima kasih sharingnya kawan.

antoni mengatakan...

saya senang dengan ad ny forum mengenai sistem maupun maintenant air-cond. tapi gimana pun masih ad yg kurang sesuai penjelasan diatas
sy n rekan rekan harap kan lebh top lg untuk kedpn ny.
thx. bro....

Ipin's cool mengatakan...

@Antoni
sama sama bro thanks koreksinya

great cooking mengatakan...

buth kyk ny alat yg seperti ini klo sdh punya AC..

music improvisation mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Anonim mengatakan...

Yang dimaksud ukuran inchi di atas itu ditubing kapiler itu dimanannya? diameter luar atau diameter dalam

Anonim mengatakan...

Ikut nyimak .
Dunia ac memang asik .

A Ray mengatakan...

Ane punya ac panasonic 2pk. Ganti kompresor.ganti filter dan jg ganti pipa kapiler tetapi setelah di on. Tetap tekanan rendah pada manipol cenderung vacuum

Unknown mengatakan...

Gan mau tanya ni,kalau pipa kapiler semakin pendek efek nya apakah semakin dingin atau semakin gak dingin?
Kalau pipa kapiler nya semakin panjang apakah semakin dingin atau sebalik nya?

Benny Afu mengatakan...

Gan mau tanya ni,kalau pipa kapiler semakin pendek efek nya apakah semakin dingin atau semakin gak dingin?
Kalau pipa kapiler nya semakin panjang apakah semakin dingin atau sebalik nya?