Search Tips Information Products and Services

Memuat...

18 Juni 2010

Memperbaiki kerusakan pada kulkas

Pada postingan ini saya mencoba untuk berbagi info tentang menganalisa dan memperbaiki kerusakan pada mesin pendingin yaitu kulkas (frezzer), karena sistim pendingin pada kulkas pada dasarnya hampir sama dengan Air Conditioner hanya berbeda pada rangkaian elektroniknya saja, posting ini diangkat dari komentar yang di sampaikan Saudaraku Hartohadi pada kolom komentar, berikut komentar beliau: "Nhaaaa ane mo nanya nih Bang Ipin, kalo yang suka betulin ac (kayak Abang niiih)udah pasti bisa belon kalo betulin kulkas, apa komponennya sama yaa....trims atas ilmunya sangat bermanfaat, sukses selalu n tetap semangat" Tuntutlah ilmu, sesungguhnya menuntut ilmu adalah pendekatan diri kepada Allah Azza wajalla, dan mengajarkannya kepada orang yang tidak mengetahuinya adalah sodaqoh. Sesungguhnya ilmu pengetahuan menempatkan orangnya, dalam kedudukan terhormat dan mulia (tinggi). Ilmu pengetahuan adalah keindahan bagi ahlinya di dunia dan di akhirat. (HR. Ar-Rabii’) Saling berlakulah jujur dalam ilmu dan jangan saling merahasiakannya. Sesungguhnya berkhianat dalam ilmu pengetahuan lebih berat hukumannya daripada berkhianat dalam harta. (HR. Abu Na’im) 
Untuk mengetahui kerusakan yang terjadi terlebih dahulu harus mengetahui keadaan mesin pendingin tersebut, yakni bentuk cacat yang terjadi, menganalisa kerusakan tersebut mungkin karena pengaruh salah satu sebab atau yang lainnya, selanjutnya baru di lakuakn pemeriksaan. Pada umumnya gangguan/kerusakan pada kulkas terjadi di sebabkan oleh
  • Karena terlalu berlebihan dalam pengisian freon
  • karena kekurangan dalam pengisian freon
  • karena kebocoran pada pipa-pipanya
  • karena kebocoran pada kompresor
  • karena konsleting pada spoel motor
Gangguan atau kerusakan terbut di atas di tinjau secara umum saja berdasarkan survey di lapangan bola yang sering terjadi. Mesin kulkas tidak bekerja Kulkas ada yang mengalami kerusakan sehingga tidak bisa bekerja sama sekali meskipun socket kabel sudah di tancapkan pada stopkontak, motor kompresor tidak terdengar gerakannya, jika menjumpai kerusakan yang demikian [erlu di teliti dahulu apa penyebabnya. Umumnya jika kulkas tidak bekerja sama sekali walaupun sudah di colokan ke stopkontak PLN biasanya di sebabkan oleh bebarapa faktor: 

1. Kabel-kabel ada yang putus Periksa pada sambungan kabel mulai dari bagian stopkontak sampai ke mesin pendingin dan periksa juga pada socket yang menempel pada motor kompresor mungkin socketnya ada yang lepas, kendur atau terbakar. 
2. Overload rusak Jika di duga bagian ini yang rusak biasanya tegangan menjadi turun dan hilang sama sekali (tidak ada tegangan yang masuk) ukur dengan menggunakan volt meter apakah sesuai dengan tegangan yang di butuhkan mesin pendingin. 
3. Starting, kontak relay terbuka Jika relay kontak terus membuka aehingga arus tidak bisa berhubungan yang akibatanya motor listrik (kompresor) tidak mendapatkan tenaga dan tetap mati.

110 komentar:

Rizky2009 mengatakan...

alhamdulillah kulkas saya selama ini belum pernah bermasalah mas

oketrik mengatakan...

kebeneran nih kulkas di rumah saya rusak, penfinginnya g berfungsi gan...

serba iseng mengatakan...

mulai merambah kulkas mantap mas ipin

Brian mengatakan...

Kulkasku lampunya mati untung masih tetap dingin

Lina Marliana mengatakan...

ini pengalamanku lho bang..
Pernah suatu hari kulkas tiba2 ga dingin.. aku kira waktunya ngisi freon (kebetulan kulkasku dah 5 tahun, eh..biasanya kita ngisi freon setelah berapa lama usia kulkas sih ?) Hampir aja aku panggil tukang buat ngisiin freonnya.. Tp tiba2 aku inget, klo beberapa hari terakhir komputerku suka restart sendiri..
Akhirnya aku minta suami untuk telp PLN, kali aja ada masalah dengan lisrtik dirumahku.. Dan ternyata... benerrrr, listriknya bermasalah.. tegangannya turun... Langsung deh tukang PLN dateng dan benerin kerusakannya..
Untung, belum sampe manggil tukang freon.. :)

Ica mengatakan...

Oh gitu toh?
trus katanya kalau ;ama gak dipakai juga bisa mengakibatkan kerusakan ya bang Ipin?

Btw mau nanya soal gambar di atas.... Tuh AC yang di gambar nggak rusak khan??? kalau rusak pasti bang Ipin buru2 mau perbaiki.... :P

lyna riyanto mengatakan...

saya pernah bermasalah dengan kulkas
waktu itu masih pake kulkas yg ada bunga es di frezernya
bersihin bunga es dengan ujung pisau
terus dinding frezernya bocor
suami cemberut
katanya : apa gak liat tulisan disitu
ga boleh pakai benda tajam
apa perlu diganti dengan spanduk
hehehe

makasih artikelnya sangat berguna
:)

Ipin's cool mengatakan...

@Rizki2009
mudah2an tetap awet kulkasnya sob
@oke trik
wah kurang lengkap tuh sob
@Brian
cuman lampu aja sama donk sama kulkas ane tuh di rumah
@Lina Marlina
Pengisian freon kulkas tak tentu dengan usia kulkas, jikalau memang freon sudah habis baru diisi.
kompresor kulkas tidak akan bekerja jika tegangannya tidak mencapai 220 volt, pakai AVR saja agar kulkasnya tetap awet
@Ica
itu khan kalo belli kulkas nya dapat hadiah satu wanita hehehe

Ipin's cool mengatakan...

@Lyna Riyanto
iya memang tidak boleh membersihkan kulkas pada frezernya dengan benda tajam karena dinding tersebut bisa bocor bila terkena benda tajam dan alhasil freonnya habis dehhhhh

Gallery indah mengatakan...

terimaksih ilmunya

NURA mengatakan...

salam sobat
jadi tahu penyebab kerusakan kulkas ,karena postingan mas Ipin disini.
kalau kulkas yang sering dicabut kontak listriknya ,juga bisa menyebabkan kulkas rusak ya mas?

mixedfresh mengatakan...

sampe saat ini sudah 8 tahun Alhamdulillah kulkasku berfungsi dengan baik, makasih udah di share ilmunya mas..

readhermind-dy mengatakan...

ac oke.. kulkas oke jg ya

Ipin mengatakan...

@Galeery indah
sama-sama
@Nura
Kalu kulkas sering cabut colok bisa cepat rusak, minimal tunggu lima menit baru di colokin lagi
@Mixedfres
aawet juga yahh
@readhermind
l;umayan belajar dikit-dikit mbak

om rame mengatakan...

kuLkas di rumah waktu itu pernah bermasaLah, cuma adem aja tapi enggak dingin-dingin apaLagi untuk bikin es. ternyata eh ternyata ada yang kebocoran pada pipanya.

terima kasih om atas informasinya. seLamat maLam dan seLamat istirahat.

sda mengatakan...

makasih infonya, sangat bermanfaat.

narti mengatakan...

nanya, kulkas punya teman ketika ditinggal mudik sebulan dimatikan, sekembalinya dinyalakan lagi, dan tak lama kemudian rusak.
bagaimana sebaiknya agar kulkas tidak rusak ketika ditinggal mudik? apa tetap dinyalakan? atau ada tipsnya tersendiri?

Ipin mengatakan...

@Om Rame, SDA
trims sama samasob
@Narti
sama dengan kulkas teman saya tuh...ternyata kabel2 nya di grogotin tikus, tips nya menyusul dehh

munir ardi mengatakan...

wah aku baru beli kulkas baru soalnya langsung berhenti dingin apanya ya yang rusak

Joker mengatakan...

klo di rumah ku PS 2 yang rusak bro ..
;DD

syahidacomputer mengatakan...

Alhamdulillah Kulkasku masih fine-fine aja. Moga-moga jangan rusak ya Bang, Tapi kalo rusak juga, tutor dari Bang ipin moga jadi jalan keluarnya. Makasih Bang ...

moenas mengatakan...

ahahah...
abizzz tukang AC sekarang tukang kulkas mantabzzzzzzz dagh...

Aulawi Ahmad mengatakan...

info yg manfaat :) btw aku mau benerin yg sebelahnya kulkas aja kang hehehehe

orange float mengatakan...

boleh juga ntar kalo ada kerusakan kulkas pasti saya menghubungi mas tapi ada potongan harga ngak...

Willyo Alsyah P. Isman mengatakan...

gerilya sore hari ... mat bermalam minggu ya...

btw...wah ternyata bukan cuma AC aja, merambah ke kulkas juga... hebat mas ipin

osi mengatakan...

kulkas sy baik2az,tp kadang aneh, dimusim hujan saat ini ,freser sih betul az tempat utk membekukan makanan tp bagian sayuran n minuman (rak bawah)masa ikut beku juga, tp klo hari panas tempat makanan n minumannya gak sampe beku :?

orang kampung belajar ngeblog mengatakan...

kulkas saya cepet banget bersalju, kenapa ya mas ? padahal baru 3 hari dibersihin, eh saljuan lagi, padahal temperaturnya sudah disetel normal aja..

VAN MOVIC mengatakan...

heheh,,
ganti niche jadi perawatan kulkas ya bro,,:peace:
salam Never Give Up Dude, All Come From Zero

ipin mengatakan...

@Munir ardi >yg paling vital yah kompresornya mati gak bakalan dingin sob
@Joker > kalo service ps2 blom bisa tuh sob hehhe
@syahida komputer> ok sob
@Moenas >asal jangan jadi tukang tepu aja sobb ahahha
@Aulawi ahmad > wah kalo yg itu sihh semua juga bisa sob di service heheh
@Orange float > ada discount sob buat anak blogger dehh hehhe
@Wilyo > sekedar berbagi aja nihh sob
@Osi > setting di termostat nya terlalu minim tuhh osi jadi pada beku semua dehh..pake medium saja
@orang kampung belajar blog > jika kulkasnya 2 pintu terjadi defroozee berarti ada kerusakan pada kawat heaternya sob
@vanmovic >iya sob ganti nihh hehheh

Mat Odis mengatakan...

nice info

Deni mengatakan...

Nice info...

Maksih, jd brtmbah pngthuan tntang kulkas.
hehe...

Jiox mengatakan...

horee telat.. mangtabs area biz tambah luaz.. kalo PLN sering disco, bagian kulkas yang mudah k.o, yang mana? * kursus kilat mode on*

RIZAL mengatakan...

DAH 4 TAHUN KULKAS KU G PRNH K PAKE,,,SOALNYA KERUSAKANNYA LUMAYAN PARAH,,,DAN KLO DI PERBAIKI ,,ONGKOSNYA JUGA LUMYAN MAHAL,,,,JADI DIDIAMIN AJA TERUS MENERUS HINGGA BERKATA HEHEHE

Allien 99 mengatakan...

jarang2 posting tentang kulkas. tapi ini bermanfaat banget. justru info seperti ini jarang didapatkan.. salam kenal. :)
I follow this blog, follow balik yaw sob

harto mengatakan...

alhamdulillah dapat ilmu lagi, memang kalo stop kontak untuk kulkas ga boleh cabut pasang yaa..., bisa2 rusak kulkasnya (apa betul Bang Ipin). dulu saya sering begitu kalo lagi mo bepergian dicabut (maksudnya biar hemat)eee karena keseringan jadi ngadat teruus tuh kulkasnya, bentar2 panggil tukang service.
trims atas ilmunya sangat membantu, sukses selalu n tetap semangat

Indahnya Kebersamaan mengatakan...

Untung ane nggak punya kulkas, buat kompi adja kadang-kadang nggak kuat kosan ku apalgi mau dipasangin kulkas heheheh
tapi kayaknya kulkas dirumah Q lagi bermasalah dengan pendinginnya sob.

angger mengatakan...

kirain hanya AC aja bang's tapi ternyata udah merambah ke kulkas,

Bunglon Blog Indonesia mengatakan...

wah kluar ilmu baru lagi ne kang, hebat ya
terimakasih sudah berbagi ilmunya kang
Sukses Slalu!

RAMDHAN mengatakan...

kebetulan kulkas dirumah masih adem ayem.. nanti klo rusak minta betulin ya mas hehehe

Caride™ mengatakan...

tips yg berguna neh mas,makasih infonya..saya jadi tau sedikit ttg menganalisa kerusakan..

Didien® mengatakan...

Kalo kulkas baru saya ganti compressor baru, semua sudah saya lakukan mulai di vaccum sampe ganti oli agar freonnya bisa menggunakan R134a.
masalahnya sekarang si mesin hanya nyala cuma 3 detik lalu mati lagi begitu seterusnya...tapi masalah dinginnya mah keluar. apakah itu krn bimetalnya/runningnya yg bermasalah?apa jgn² malah kompressor saya rusak lagi? aaaaahhh tidaaaakkkkkkk...
nice info kang ipin..


salam, ^_^

AdityaBlogsphere2 mengatakan...

Bang klo kulkas dah lama ndak di pake itu klo pengen di gunakan lagi harus beli apa ya?alatnya apa aja dan harganya berapa. saya punya kulkas pemberian tetangga yang pindah rumah, kondisinya masih bagus dan saya lihat element elektroniknya masih utuh, hanya freonya aja habis dan beberapa sparep[art udah berkarat < tolong ya bang

Ipin mengatakan...

@Didin
mesin nyalanya cuman 3 detik sih mana mungkin bisa dingin.!
overload berfungsi untuk memutus arus bila terjadi kelebihan tegangan. dan relay sebagai penghubung start ke running bila salah satu alat tsb rusak mesin kompresor tidak akan bisa hidup.step by step penggantian kompresor sudah benar tapi ada satu yang belum dilakukan yaitu flushing sebagai pembersihan jalur di pipa-pipa.
kompresor nya di check lagi aja sob pada ketiga socketnya dengan multi tester apakah masih ada tahanannya..??kalau masih ada tandanya kompresor baru ente terselamatkan.kalo tidak ada tahanannya pada salah satu socket kompresor, yah sudah berarti kompresor baru nya rusak/jebol .

@Adityablosphere
sparepart kulkas sih gak banyak sob..seperti yg ane sebutkan di posting. dan ntuk pengisian freon kulkas itu biasanya harga berkisar 200-250 ribu menggunakan freon R134a

Anonim mengatakan...

trims

sehat-mu mengatakan...

siap lakasanakan sobat....
keren infonya..
sagat bermanfaat tentunya :D

hendro-prayitno mengatakan...

kalau kulkas yang besar dan yang kecil kekuatannya sama ya sob?
aku di rumah punya yang kecil

kang tejo mengatakan...

wah soryyy telat bang ipin...sip ilmunya bisa dipraktekin kalo kulkas saya rusak..ngemeng2 kulkas sama dg lemari es kagak bang ipin??

Ega mengatakan...

Perlu di coba untuk kulkasku yang sudah uzur nih

kamera pengintai canggih mengatakan...

kereen bisa di oprek lagi nih, btw.. img yang jual kulkas ada yang yang masih jomblo nggak ya.. xixixi.. btw.. thanks acceptnya di alkatro tenan..

MATA HATI mengatakan...

wadoooh..aku ga py kulkas....

media pendidikan mengatakan...

wah, ane jg ga punya kulkas sob. artikel yang bermanfaat. salam sejahtera buat sobat XD

angger mengatakan...

ditunggu artikel barunya bang's.ehehe

rinda mengatakan...

artikelnya keren mas :)

seputar masalah fasilitas rumah tangga..

keep post :)

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

kulkas ane dari pertama kalo beli belum pernah rusak pak..
wah, kalo rusak bisa gawat nih :)

nuansa pena mengatakan...

Pengantarnya mantab, alhamdulillah kulkas saya tak pernah bermasalah, isinya yang jarang ada!

Anonim mengatakan...

pa betul air hangat tdk boleh di masukkan ke dlm kulkas

hendro mengatakan...

bos,klo caranya isi freon kulkas yang baik bagai mana? trus trik2 nya bagaimana?

Ipin's cool mengatakan...

cara isi freon kulkas nanti akan saya post mas

yadi mengatakan...

mas klu kompressor cepat panas dan overload sering rusak, kenapa ya?

Ipin's cool mengatakan...

kompresor cepat panas dan overload rusak
ada beberapa kemungkinan sob
1. buangan panas (kipas) kurang stabil
2. oli pada kompresor habis
3. gulungan sudah melemah jadi ampere tinggi dan overload rusak

Abdul mengatakan...

Siang Mas ipin....
Numpang nanya, kemarin saya vakum kulkas selama -+1.5jam hanya sampai 24psi lalu dimatikan cek hasil las-las pad bagian sambungan it's ok, kira-kira 30mnt kemudian divakum kembali. Saya tunggu hingga 1jam baru sekitar 24psi, lalu saya ketiduran -+5jam. Setelah ingat dan terbangun karena pekerjaan tsb tanpa saya lihat psi saya matikan kulkas. Setelah konsen saya cek dengan membuka bagian pentil, hasilnya tidak ada udara keluar dilobang vakum stainer. Lalu saya tutup kembali pentil tsb dan kembali vakum, ladalah... pressure gauge (PG) tidak turun (0psi) dengan kondisi compressor running.

Nanya1: Kenapa saat vakum PG 0psi, padahal ada suara seperti udara keluar di evaporator.
Nanya2: Apa yang harus saya lakukan, mengingat ini saya kerjakan sendiri dengan teori yang selama ini saya dapat dari rubrik/artikel Mas ipin sampaikan.

Thanks....

Ipin's cool mengatakan...

@Abdul
waduh repot juga yah kalau begituu sampe 5 jam makumnya.., harusnya sih sudah kosong dan hampa udara karena biasanya saya makum kulkas cuman 1 jam.

jawaban satu dan dua..

-kemungkinan proses mematikan kulkas tidak di barengi dengan menutup pipa kapiler pada strainer (tempat udara keluar), karena bila kulkas di matikan dan lubang kapiler belum di tutup (masih terbuka)maka kapiler ini akan menghisap udara masuk ke kompresor lagi.

step by step nya kira kira begini mas. (seandainya sudah tidak ada kebocoran pada las lasan nya lohh..)
1. pada saat vakum sudah lebih dari 1 jam dan PG sudah mencapai -30/di bawah 0psi (tandanya pemakuman berhasil) klau kurang2 sedikit sih gpp lah.
2. Cabut power kulkas, bila pakai methyl biarkan methyl itu tersedot kedalam *jangan samapi kering/habis methylnya* ini harus gerak cepat mas agar udara tidak masuk lagi kedalam kompresor.
3. sebelum methyl itu habis tersedot pipa kapiler dari strainer langsung potong dengan tang dan di tutup dengan las perak.
4. Bila tidak pakai methyl potong pipa kapiler strainer dulu baru kemudian cabut power kulkas, dan jangan lupa tambal dengan las perak pada pipa tsb.

yg perlu di perhatikan pada saat vakum dengan pipa strainer ini udara hanya akan keluar pada pipa kapiler strainer, bila ada yg keluar selain dari lubang pipa strainer tsb berarti masih ada yang bocor.

kira2 begitulah yang bisa saya jelaskan mas..kurang lebihnya mohon maaf...

bhenk mengatakan...

Wah mas, kulkas ku usianya baru dua tahunan tapi dinginnya udah kurang jauh banget. freezernya udah gak bisa bekuin lagi. kira2 knp y mas?

rahmatriskiyanto mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Admin mengatakan...

@Bhenk
Kulkas nya satu pintu atau dua pintu yah.?

Andapun Bisa !! mengatakan...

Numpang tanya mas...Kulkas saya bisa dingin, tapi gak banget, cuma ada bunga esnya sedikit sekali, dan berada pada evaperator bagian atas aja dan yang di bawah, samping kiri, kanan gak mengeluarkan bunga es sama sekali., ... kira2 itu dimna mas masalahnya??

Admin mengatakan...

@Andapun bisa
Coba ganti termostat kulkasnya kemungkinan termonya sudah eror mas sehingga kompresor kulkas sering berhenti sebelum suhunya tercapai.

Rafika mengatakan...

Mas mau nanya nih...
klo malam itu tegangan listrik di rumah dinas saya selalu turun (klo kulkas nyala) tapi klo kulkas dimatikan tegangan listrik menjadi stabil kembali.
Agar kulkas saya tetap awet,
bagusnya klo malam kulkas saya matikan aja or tetap dinyalain??

Admin mengatakan...

Rafika

Bagusnya di belikan start volt saaja untuk memperbaiki tegangan yang kurang.

Ahmad Ya Habibie mengatakan...

mhon pncrahn mas...

kulkas ane tipe pendingin minuman kleng dach d pke 4 taon,..bru2 nie da msalah yaitu kulkas x gak mau dingin lgi alhasil minumn yg ane mskn kgk dingn toe knpa yach mas, kipasx msh muter.

Balas di sni yach amanganji@gmail.com

Rafika mengatakan...

Uda pake stavol mas, tapi tegangan masih turun juga sampe 110 volt.
Kadang kulkas saya nda matikan tapi dengan konsekuensi lampu redup n kulkasnya nda dingin,
Tapi kadang juga saya matikan kulkasnya tapi khawatir juga nanti kulkasnya cepat rusak klo sering di off on kan.
Mohon pencerahannya mas,
Baiknya kulkas saya tetap di ON kan tiap malam or di OFF kan aja.
Thanx mas...
JazaakAllahu khairan

Anonim mengatakan...

kejadian mbak rafika sama persis dengan yang saya alami,, tapi saya siasati dengan cara mecolokkan kulkas saat mau tidur dan saya matikan saat magrib,, hal itu rutin saya lakukan,, apakah itu tidak masalah buat kulkas kecilku ya mas???
terimakasih . .

Anonim mengatakan...

Mas, kulkas yg telah dimuat horisontal di mobil katanya ga boleh langsung dinyalain ya? berapa jam idealnya baru bisa dinyalain? thanks - Rini Denpasar

doeng mengatakan...

Beda sama kulkas saya mas, kalo listrik ga mati normal2 aja neh kulkas..tapi kalo mati listrik atau ngajepret udah deh pasti error neh kulkas( ga dingin)...untuk mengatasinya ssya offkan di thermostatnya truss cabut kabel power kulkas dari colokan ...setelah 30 menit paling lama 1 jam baru normal lagi kulkasnya....nah yg jadi masalahnya sekarang2 baru bisa normal lagi setelah lebih dari 6 jam kadang bisa 2 hari tuh, solusinya gimana neh gan... ?

Admin mengatakan...

Waduh maaf nih baru bisa balas koment agak sedikit sibuk samapai jarang buka blog ini.

Rafika
- semestinya kalau sudah pakai starvolt tegangan jadi normal ke 220 volt, berarti startvolt nya kurang bagus tuh..beli auto voltage regulator saja harganya kira 250 ribuan..pasti oke deh kulkasnua gak mati2 lagi.

Admin mengatakan...

@anonim
Tidak masalah lebih baik begitu daripada di hidupkan kulkasnya tapi tegangan tidak normal ( di bawah 220) lebih bagus di off kan saja

Admin mengatakan...

@anonim
Tidak masalah lebih baik begitu daripada di hidupkan kulkasnya tapi tegangan tidak normal ( di bawah 220) lebih bagus di off kan saja

Admin mengatakan...

@anonim
Tidak masalah lebih baik begitu daripada di hidupkan kulkasnya tapi tegangan tidak normal ( di bawah 220) lebih bagus di off kan saja

Admin mengatakan...

@doeng
kinerja kompresor sudah mulai melemah jika terjadi hal seperti itu mas biasanya gak akan berumur panjang kalau sering terjadi seperti itu mas hehehe..tapi moga2 aja tetap awet. Ganti relay nya mas biar GPL :P

Anonim mengatakan...

Mas, kulkas sy nda dingin dan bunyi seperti tik tok2 itu disebabkan oleh apa dan bagaimana memperbaikinya? Apakah mas bs memperbaikinya? Boleh minta contact person? Yabes

Admin mengatakan...

kalau ada bunyi seperti itu kompresor udah overload, amper nya tinggi jadi kompresor tidak bisa kerja.

M. Luthfi Alhadi mengatakan...

sob kalo kulkas saya hrus dimatikan dulu baru mau hidup. cara ngatasinya kayak mana ?

Admin mengatakan...

@Luthfi
kurang faham maksud nya ente sob, setting termostatnya sudah bener blum.?coba di check lagi setting di medium aja

Anonim mengatakan...

mas, kulkas ane lampunya nyala tapi gak ada suara mesin (mesinnya mati). Awalnya gara" konleting listrik dirumah ane. Gak cuma kulkas doang TV ane juga gak bisa nyala, cuma lampu powernya doang yang nyala
kira" bagaimana cara memperbaikinya ya?

Anonim mengatakan...

mf mas sya mo tnya,,klo mesin cpet overluod,,bru starter dah overlod teruuas gmna ea

Anonim mengatakan...

umumnya berapa lama yah kulkas / ac itu harus di service dalam pemakaian normal ?

wwwdplpanelmaker.blogspot.com mengatakan...

mas kulkas saya diservis isi freon (utk pertama x nya) dan entah apanya lagi hanya tkang servisnya yg tau.Setelh 3 minggu tiba2 kulkas tdk dingin lagi ttp Desis bunyi ttp ada.Tukang servisnya datang tp tdk diapa2kan hanya dipegang bodynya saja.kmudian tkang servis bilang tunggu sampai bsk pagi.Ehh... tu tang g nongol2 lagi pdhal 220 ribu saya kena ongkos nyervisnya.
Kira2 APANYA ya mas yg bermasalah dikulkasnya

Waldi mengatakan...

Thx ats ilmunya...

INGGO mengatakan...

mas kulkas saya kadang keluar bunyi tek tek tek keras sekali n compresor nyala trs apanya yg rusak ea mas?padahal baru 3hari beli.

Muni Efendi mengatakan...

Mas kulkas saya 2 pintu yg Atas kok ndak bsa ya tuk buat es..yg bgian bwah sayuran pada busuk smua...knpa ya padhal baru beli..dinginnya biasa aj...

Anonim mengatakan...

mas, kulkas saya habis digeser2 dlm keadaan nyala ,trus sy tinggal pergi keluar 5 jam.. pas pulang buka kulkas, ga dingin trus sy tungguin ga nyala-nyala bunyi mesinnya.. bodynya jg ga trasa hangat.. kulkas 2 pintu samsung non frozz

Maulana Alfajri mengatakan...

@ mas ANONIM....

sepengetahuan saya kalo motor/mesin Kompressornya gk Hidup atw tidak terdengar ada suara/getarannya apalagi body kanan/kiri kulkas tdk panas itu tandanya Kompressor anda Mati/Rusak... Solusinya Cara 1 : coba cek Ampere tegangan pada kabel yang terdapat pada OVERLOAD di Kompressor, jika dibawah 5 Amp kompressor terjadi kebuntuan pada Pipa Kapiler yang di sebabkan oleh guncangan klep kompressor, Cara 2 : Cek juga kondisi Kapasitor & Rellay Starting & Runnningnya, atw coba ganti dengan yang baru sesuai dengan contoh Parts tsb.... Cara 3 : jika Cara 1 & 2 sdh dilakukan kondisi tetap spt itu lakukan Penggantian Freon dgn Flushing Piping Line terlebih dahulu menggunakan R-11 & dibilas dgn R-134a atw dgn freon yg sesuai dgn type kulkas tsb, lalu cek jg Suchtion Line & Discharge Line apakah masih bekerja ?? jika sdh lakukan Vakum piping line & Charge Freonnya.... Selamat mencoba....

Dedy Setiawan mengatakan...

Kang...mau nanya nihh...kulkas yg berfungsi normal tuhh apa bener bagian dinding luar kulkas (bagian freezernya) klo diraba terasa panas (kulkas dirmh ane model satu pintu gan...)???trus klo bagian dinding tersebut ngeluarin embun dingin (kaya air es yang dibiarin,trus bagian luarnya ngeluarin embun gitu)..itu knapa tuhh gan???mohon dibantu kang...;)

jashobndws mengatakan...

duh apes aku mas,kulkas dimatikan selama 3 hari,eh pas dihidupkan cuma bunyi "tik",dan kompresornya panas,tp kulkasnya tdk dingin.

supiani geo mengatakan...

Mas, kulkas saya dindingnya bocor kena paku dan dari dinding tersebut keluar angin yg berbau sampai ngak ada angin lagi yg keluar. Setelah itu saya coba tutupi lubang bekas tersebut dengan lem besi, tapi es yg berada di dalam frezeer meleleh dan tidak beku.
Mohon penjelasannya apakah penambalan dinding sudah benar dan apakah perlu dilakukan pengisian freon.demikian 'n trima kasih atas tanggapannya.

RAISSAFA REVANDRA NUGROHO mengatakan...

Kulkas saya dicolokin ke listrik di rumah lgs drop ada mslh listriknya apa kulkasnya mhn pencerahan

RAISSAFA REVANDRA NUGROHO mengatakan...

Kulkas saya dicolokin ke listrik di rumah lgs drop ada mslh listriknya apa kulkasnya mhn pencerahan

Anonim mengatakan...

knapa kulkas ku baru beli 2hr, koq g'dingin. Kulkas merk LG 1pintu, n g'pakai stavolt.. Ap gara2 g'pake stavolt yah? Bingung,bagian blkng kulkas tdk hangat. apkah kl terlalu dingin suhu nya,bsa membuat mesin bkrja dg kras..???

naila mengatakan...

Mau tanya ya mas, mohon infonya dgn sangat.. hehehe.. saya beli kulkas second 2 pintu merk toshiba. udh 6 bkn di pakai. anak saya yg 1 tahun hobi bgt nongktongin kulkas, suka dia buka2 pintunya trs ngadem.. suatu hari, lampunya kedip22 dan mati. saya matikan kulkas bbrp saat, dan menahan anak saya utk tdk buka kulkas. alhamdulillah lampu nyala lagi, tp klo kulkas dibuka agak lama, lampu akan kedip2, abis itu buru2 saya tutup. nah, tiba2 lampunya mati sampai hari ini udh ada 1 minggu, kulkas masih dingin tp kayaknya dinginnya berkurang. trs, kulkas sy biar sembuh normal lg gmn ya mas ipin? terimakasih banyak, pliis tlong dijawab ya mas, hehe

Anonim mengatakan...

mau tanya nih mas kulasku udah hmpir sbln ini kadang dingin kadang ga klo hbs dimatiin trus diidupin lagi bisa dingin tpi sktr 10 mnt dinginnya ilang lagi,udh diservis baru 2hari kumat lagi kta tkng servis sih ada yg bocor bhkn udh diisi freonnya udh saya panggil lagi tkng servisnya tp ga nongol2 jdi bingung apanya lagi yg rusak mhn pencerahaanya mas,oya kulkasku show case.terima kasih

agoes suprianto mengatakan...

misi gan mw tanya dong..kulkasku 2 pintu..yang atas ko g bisa berjln maksdnya g jadi es,,gra gra pintu karet bntalanya lepas,,apa bisa diperbaiki atw diganti gan ,,merk sharp

agoes suprianto mengatakan...

misi gan mw tanya dong..kulkasku 2 pintu..yang atas ko g bisa berjln maksdnya g jadi es,,gra gra pintu karet bntalanya lepas,,apa bisa diperbaiki atw diganti gan ,,merk sharp

nana mengatakan...

MAs ipin, mau ty, kulkas di tmpat ku gak mau hidup lg, gara2-@ pas aq lg menyetrika keluar api gtu di wayer-@ sampe2 listrik dirmh padam, kira2 itu yg rusak apa-@ ya mas, terima kasih sebelum-@..

nana mengatakan...

MAs ipin, mau ty, kulkas di tmpat ku gak mau hidup lg, gara2-@ pas aq lg menyetrika keluar api gtu di wayer-@ sampe2 listrik dirmh padam, kira2 itu yg rusak apa-@ ya mas, terima kasih sebelum-@..

paimo jaya mengatakan...

suwun yo Bos,....prezer ku wis kenek,...ALHAMDULILLAH,....kabele tak ganti wis mari,....

Anonim mengatakan...

Mau Tanya juga,....
Barusan dapat hibahan kulkas 2 pintu. Ukurannya besar banget (ukuran kita. Kulkas itu 2 tahun dalam kondisi mati, setelah dibersihkan (siram pakai air juga) trus dikeringkan. Setelah dicoba lampu2 nyala, terasa getaran dibadannya (tanda beroperasi) TAPI GAK BISA DINGIN...??
kenapa ya.... apa freon habis karena gak dipake 2 tahun.

mirdad wangsa mengatakan...

mau tanya mas, lampu showcase mati hidup, setelah di hidupkan ulang baru nyala lg, gak lama kemudian mati lagi, padahal baru sebulan. solusix mas?

Ibar Dewa mengatakan...

Salam kenal dgn teman2 smw..aku salut dgn kang ipin disela kesbukanya msh mpu membrikan pencerahan lewt artikelnya utamax sy prbdi yg br menekuni tekhniSi kulkas.thanks atas semuanya kang dan skses sll...

nieko widyansyah mengatakan...

kalo kulkas(merk sanyo) di rumah saya lampunya mati. Gimana cara menggantinya ya?

Anonim mengatakan...

Mazz..klo kontol tak masukan kulkas kok gak bisa dingin knapa ya , gmn caranya biar bisa dingin..