Laman

Search Tips Information Products and Services

14 September 2009

AC tidak Dingin

Kerusakan-kerusakan yg terjadi pada ac split adalah kebocoran freon, ini dapat ditandai dengan adanya salju pada bagian atas evaporator dan pipa instalasi yg berukuran 1/4 yg menyambung kebagian outdoor unit. selain kebocoran freon masih ada lagi kerusakan-kerusakan yg lainnya. mengapa ac split tidak mau dingin???.

1. cek pd remote control, apa posisi operation mode berada pd posisi cool? bila tidak pd posisi cool, pindahkan pd posisi cool.
2. cek pd remote control, apa posisi pengaturan suhu terlalurendah? bila terlalu rendah, naikan pada suhu yang sedang-sedang saja.
3. cek outdoor unit, apakah dapat power supply dari indoor unit? anda bisa lihat, apa fan motor outdoor unit berputar atau tidak?bila tidak berputar berarti belum mendapatkan aliran listrik dari indoor unit.
4. cek pd outdoor unit, apa pipa ac yg berukuran kecil mengeluarkan salju/es? jika mengeluarkan salju/es berarti unit ac ada kebocoran freon.cari kebocoran, perbaiki dan isi freon kembali.
5. cek pd outdoor unit, ukur tekanan freon dengan manifold dan ukur amper compressor. nilai amper compressor yg normal dapat anda lihat pada tabel spesifikasi disisi indoor unit. tekanan freon yg normal, jika tidak terjadi kebocoran freon pd unit ac, adalah 75 psi (jika compressor dapat beroperasi) jika fan motor outdoor beroperasi, tetapi compressor tdk dapat start berarti ada kerusakan pada bagian compressor sbb: -mekanik pd compressor rusak, ini dapat menyebabkan compressor macet/tidak dapat beroperasi. - overload pd compressor rusak. - running capasitor rusak. - kabel-kabel yg menuju ke compressor terputus/terbakar. - gulungan dinamo pd motor compressor sudah tidak bagus.ini dapat ditandai dengan amper yg begitu tinggi/diatas batas normal.
6. ac split mati total??? solusinya adalah: yg harus anda periksa pertama kali adalah, mcb yg berada pada box pembagian listrik.
-periksa apa ada mcb yg khusus buat power supply ac turun? bila ada yg turun segera naikan kembali.
-periksa sikring yg ada pada steker dan komponen pcb ac anda, bila putus ganti dengan sikring yg baru. -periksa juga trafo power supply yg berada pada komponen pcb, apakah berfungsi dengan baik. bila mcb untuk power ac sudah dinaikan, sikring pada steker dan sikring yg ada pada komponen pcb sudah diganti dengan sikring yg baru. lalu ac split kembali dioperasikan, tetapi tidak lama kemudian mcb turun lagi berarti: ada korsleting pada ac split anda, biasanya yg korsleting ada pada bagian outdoor unit, yaitu compressor sudah contact body.
7. sewaktu ac split dioperasikan, lampu timer pada indoor unit berkedip-kedip, ini menandakan thermis yg ada pada komponen pcb rusak. solusinya adalah: ganti thermis dengan yg baru(thermis penempatannya ada dievaporator yg kabelnya berwarna hitam yg dihubungkan ke komponen pcb)
8. ketika ac split dioperasikan dengan remote control, ac tidak mau start, tetapi bila bila dioperasikan dengan menekan tombol manual yg berada pada indoor unit, ac split mau start. solusinya adalah: cek sensor yg berada pada bagian komponen pcb, mungkin terkena air. keringkan sensor dengan cara mengelapnya, periksa juga battery pada remote control mungkin sudah lemah. cek juga remote controlnya mungkin rusak karena terjatuh.
9. ketika ac split dioperasikan, fan motor pada indoor berputar kencang lalu berhenti tidak beroperasi sama sekali. kerusakan ada pada fan motor indoor, ganti fan motor indoor dengan yg baru.
10. ketika ac split dioperasikan, 15 menit kemudian air menetes dari bawah sisi indoor unit.(ac split dalam kondisi normal/dingin) talang air/selang pembuangan air pada indoor unit sudah penuh dengan lumut, cuci ac dengan mesin steam.
11. ketika ac split dioperasikan, compressor pada outdoor unit mengalami overload/compressor tidak bekerja karena panasnya melebihi dari 150 derajat. solusinya adalah:
-cek amper compressor dengan tang amper
-periksa overload apakah masih berfungsi dengan baik.
-periksa oli yg ada pada compressor, bila kurang oli tambahkan dengan oli compressor.
-ganti strainer dan pipa kapilernya yg mungkin sudah tersumbat.
-bersihkan outdoor unit apabila condenser tertutup oleh debu/kotoran.
-buka plat pembatas ruangan compressor, agar panas compressor dapat dibuang oleh fan motor outdoor unit.
12. ketika ac split dioperasikan dan sewaktu indoor unit mensupply listrik kebagian outdoor unit, compressor berbunyi kencang dan ac split tidak mengeluarkan dingin. solusinya adalah:
-cek running capasitor, bila rusak ganti dengan yg baru.
-bila running capasitor dalam kondisi baik, berarti compressor mengalami kemacetan pada mekanik compressornya dan anda harus mengganti compressor dengan yg baru apabila cara dibawah ini tidak berhasil memutar mekanik compressor. tips mengatasi compressor macet -pergunakan starting capasitor atau perbesar nilai micro pada running capasitor. -balik putaran arah compressor dengan memindahkan kabel power yg berada pada running capasitor keposisi kaki running capasitor yg disebelahnya dan coba dlm beberapa detik, setelah itu kembalikan pada posisi semula. -masukan tekanan freon pada pipa hisap/suction ketika compressor mulai start. -pukul dengan martil pada bagian mekanik compressor. -naikkan tegangan listrik untuk mencoba memutar mekanik compressor.

186 komentar:

bukerline mengatakan...

thanksssss,, mampir bos

Sensasi Dahsyat mengatakan...

oh gitu sob, thx sarannya...
kapan2 mau benerin ac sendiri ah.. hehe

Rizkyzone mengatakan...

makasih kawan infonya, ini AC d kamar q mati gatau knp, mungkin keseringan listrik padam kali ya

d tunggu coment dan folow baliknya kalau sempat

Ipin mengatakan...

@rizki : coba di cek apakah ada supply listriknya?? bila ada ganti pengukur suhu namanya termis beli di toko AC dan bawa contonya karena tiap merk ac beda2. atau call me biaya nya gratis deeh bt sobat :) :)

Rizkyzone mengatakan...

ok kawan makasih jawabannya, maklum aq juga blm ngerti soal gituan, y asal beli aja, masalahnya d daerah q jarang ada tukang service AC, jd kalau rusak y beli lagi

Distance Learning Management mengatakan...

Terima kasih informasinya sobat..
sangat bermanfaat
Salam kenal
Distance Learning Management
Sharing Knowledge

netmild mengatakan...

wah Begitu toh mas aku sedot ya artikelnya mau ku coba nich di AC rumah soalnya gak adem AC nya

makasih infonya mas

harto mengatakan...

Ini nih yang suka bikin kesel... kalo lagi dbutuhkan suka ga dinginnn.... tapi untung ada sabat nih... yang mo berbagi ilmu. Trims yaa...

Unknown mengatakan...

ehm....good posting...oh iya tanya kalo AC di hidupkan kadang puanas banget n keluar air netes dari mesin itu bagaimana??thnxs sebelumnya...

Aneuk Nanggroe mengatakan...

Waaahhh bacanya bingung Mas..
udah di baca tp gak tau yg mana komponennya..
saya panggil tukang Service aja akh..
BTW thanks infonya ya.?? setidaknya saya bisa tanyak2 ma tkg servicenya nanti

Central004 mengatakan...

mantap infonya sob...trims

Hitler Jr. mengatakan...

sip bos.... tetap semangat... :)

hendrie k_bejo mengatakan...

Yang Jelas Klo AC mbl tidak dingin aku suka Langsung bw ke Bengkel Resmi, klo di Bdg namanya " FRIGIA Denso "

Mr. X mengatakan...

lo...perasaan aku kemarin ikut komentar, kok gak ada ya komentarku?
ya komentar ulang lagi deh...
AC di rumahku yang berbau gabus ( suka di makan tikus nakal ).
memang dalam 2 bulan sekali selalu di panggilkan service Ac. dengan membaca disini mungkin sedikit lebih banyak menambah ilmu tentang merawat Ac.

Unknown mengatakan...

sama dengan Lover...saya dah komentar malah saya orang ke tiga komentar disini kok..ga ada sih ???

Unknown mengatakan...

untuk merubah dari nofollow ke do follow sobat :
longin.dsl....centang expan widget templates...cari kode ini: data:comment.authorUrl' rel='nofollow'

hapus aja tulisan rel='nofollow' nya selesai deh..

Admin mengatakan...

@dhana bila ac masih panas karena outdoor unit belum bekerja,bila outdoor unit sudah bekerja tetapi AC belum dingin juga lakukan cleaning dan tambah freon, air netes di sebabkan lubang pembuangan ac terhalang oleh kotoran(bentuknya spr jelli)
@aneuk nanggro : pegangan aza mas ..hiikks..
@tekhnikblogg senior& hitler thanks comment nya
@hendri : mantapp sob berikan kepada ahlinya
@lover : yang selalu rajin koment thanks very very much

Admin mengatakan...

@lover & wilso(SUHU) Arigato gozaimashita ...hiikkss...komentar nya masih ada di laman yang lain kok..im corry bro.

Unknown mengatakan...

banyak keuntangan dan juga kerugian blog dofollow cuma sy beri garis besar aja ya..biar ga banyak tulisannya :
keuntungan :
Blog dofollow memberikan backlink bagi setiap komentarnya, membuat blog jadi lebih rame dengan pengunjung yang berkomentar.

kerugian :

dofollow blog lebih rentan dengan komentar2 yg bersifat spam karena para pengunjung (pemberi komentar) banyak yang asal komentar tanpa membaca isi dari artikel, karena pengen dapat backling doang..

selebihnya ...klo mo di uraikan banyak bgt..jadi segini aja yah...

Rizkyzone mengatakan...

berkunjung kawan nyari ilmu, AC q dah t ganti yg baru...

Admin mengatakan...

@Rizki.. waahh asyik donk pakai AC baru online nya jadi lebih nyaman dan sejuk:0

Rizkyzone mengatakan...

mantab kawan... lbh nyus... yach telat kawan, dah d bawa ama tukang rosok

Rizkyzone mengatakan...

wah sebenarnya sayang juga sich, tp aq g paham elektronik, selain itu rimah q g ada tukang service AC kalaupun ada itupun tkng service tv, vcd dll yg berhubungan dg itu, ydah dr pada repot2 mending beli lagi

Thariq mengatakan...

kunjungan sianghari...walau panas tetep semangat

lusi mengatakan...

good one :)

moenas mengatakan...

wah,,,berguna buanget nih bagi yang punya AC kan jadi bisa benerin sendiri,,,,

Rino mengatakan...

Salam kenal Mas Ipin,

AC saya Samsung 3/4PK, baru 1 tahun saya gunakan. Filter indoor 1 bulan sekali saya bersihkan, dan outdoor tiap 2 bulan saya bersihkan. 2 hari ini, AC kurang dingin dan pada pipa besar mengeluarkan es. Kira-kira apa penyebabnya?

Just info saja, pada AC sebelumnya jg saya perlakukan hal yang sama dan hasilnya AC saya bisa bertahan lebih dari 4 tahun, baru menambah freon lagi.

ipin mengatakan...

@Rino Penyebabnya pada pipa besar ada bunga es adalah karena indoor unit kotor sehingga sirkulasi udara tidak berjalan dengan baik(evaporator tersumbat debu2)coba anda cuci indoor unit /3bulan.outdoor dan filter indoor sudah di bersihkan tapi evaporator nya juga perlu di bersihkan.

unksenna mengatakan...

wah blognya bagus, topiknya spesifik dan saya juga yakin anda sangat ahli dibidang ini. sorry soal ac saya malah nda tau, numpang baca2 ajah

Rahman sy mengatakan...

gue mo nanya nih. kalau tegangan pln nya gak stabil.sering dibawah 200.gimana ngatasi nya.cause ac gue tegangan minimal 200,kalau kurang jadi gak dingin.ada saran????

Admin mengatakan...

@Rahman .. kalao tegangan PLN tidak mencapai 200v peralatan elektronik akan cepat rusak apalagi AC dia sensi Broo..lebih baik ente pakai stabilizer yang ada rotor nya memang sih harganya agak mahal di banding stabilizer biasa. HATI_HATI AC ANDA BISA RUSAK BRO

Anonim mengatakan...

fan kapasitor indoor mati juga menyebabkan ac tidak dingindan akan membuat kumpulan es (bloking es)pada pipa ac dan evaporator indoor

Nabil mengatakan...

Pak Ipin,

Saya baru saja beli ACLG 3/4 PK.
Pemakaian normal hanya malam hari saja dan weekend, cool mode 23-25 derajat.
Setelah pemakaian 2 minggu, sekarang jadi kurang dingin, malah seperti hanya angin saja.
Saya periksa outdoor unit, tidak ada bunga es dan sepetinya semuanya normal.
Pertanyaannya: Karena masih garansi, apakah akan void jika saya minta tolong Pak Ipin cek dan servis?
Dan jika pak Ipin bersedia, saya bisa kontak kemana? Butuh secepatnya.

Terima Kasih.

Admin mengatakan...

@Nabil lokasi tempatnya dimana..?kontak person ada di header pak.Lokasi kami di Cikarang dekat Kawasan industri lippo cikarang

Nabil mengatakan...

@Ipin,
Iya pak gak liat....hehehe...
Wah jauh sekali ya!? Dipanggil tidak bisa pak?
Posisi saya ada di graha raya ciledug.
Sebenernya sih butuh ASAP.
Sebelum senin lah. Bisa ngga pak Ipin bantu?

Terima Kasih,

ipin mengatakan...

coba kontek aja ke nomor flexy nya pak..oke di tunggu.

ipin mengatakan...

@Nabil karena masih bergaransi dari LG coba hub saja kembali pihak toko yang menjual AC tsb pak...dan biar tidak di bohongi oleh tekhnisi AC nya stay tune terus di Info AC inioke pak...hehehe

Anonim mengatakan...

Pak Ipin saya mau tanya saya kan baru beli AC Samsung 3/4 pk 1 bln yg lalu, nah setelah dipasang ACnya gak pernah saya nyalakan begitu saya nyalakan dua hari yg lalu ternyata ACnya jd gak dingin sama sekali cm keluar angin aja. Itu kenapa ya Pak ????? Thanks sebelumnya.

Ajeng mengatakan...

Pak Ipin saya mau tanya saya kan baru beli AC Samsung 3/4 pk 1 bln yg lalu, nah setelah dipasang ACnya gak pernah saya nyalakan begitu saya nyalakan dua hari yg lalu ternyata ACnya jd gak dingin sama sekali cm keluar angin aja. Itu kenapa ya Pak ????? Thanks sebelumnya.

ipin mengatakan...

@Ajeng
harus dilakukan pengecekan langsung karena penyebab AC gak dinginnya banyak sekali penyebabnya.salah satunya freonnya habis karena ada kebocoran pada saat instalasi pertama kali oleh pihak toko.
pertanyaan yang sama baca di(http://perawatan-ac.blogspot.com/2009/12/kata-mereka.html)

poenoe mengatakan...

pak saya mau tanya, ac saya 2 pk amper normal sesuai template 8 a dinginnya sampai indoor fan indoor bekerja tetapi kenapa rasa dinginnya kurang pak? trimakasih ditunngu jawabannya

ipin mengatakan...

@poene
bila AC sudah normal dinginnya sampai ke indoor tapi belum dingin juga mungkin karena luas ruangan dan isi dalam ruangan tsb terlalu banyak.
kapasita normal AC dalam ruangan PxLX450/9000 btu = ..PK atau PxLxT/3x0,007 =..PK, untuk mendapatkan suhu normal dalam ruangan.

Linda mengatakan...

Mau tanya:
1. Saya punya ac split. Sudah seminggu ini kalau dinyalakan sekitar 1 jam unit indoor berubah membeku/ jadi es dan ac langsung tidak dingin. Kira2 masalahnya apa dan bagaimana cara membetulkannya. Karena saya sudah panggil beberapa mekanik tapi saya ragu karena mereka minta ganti komponen yang ada di outdoor unit. Trm kasih.

ipin mengatakan...

@Linda
Penyebab ac menjadi membeku karena faktor freon nya kurang, bila di check denga analizer menunjukan dibawah 50 psi untuk tekanan normalnya 60 psi s/d 80 psi. tingal di isi freon kembali ac akan normal dan dingin.
Freon ramah lingkungan gunakan Musicool

Ima mengatakan...

Mr. Ipin,

Mau tanya nih, tanda-tanda kalo AC freonnya sudah habis / berkurang apa ya..??
AC di rumah saya, unit indoor lampu indicatornya redup padahal sebelumya menyala terang, apakah ada pertanda rusak atau apa..?

Thanks & Regards,

Ibu Ima.

ipin mengatakan...

@Ibu Ima
Tanda-tanda AC kurang freon
-pada pipa AC ada gumpalan es
-AC indoor tidak dingin, seperti kipas saja
-selang Drain AC tidak keluar air

Lampu led indikator nya sudah lemah harus di ganti yah bu.

van mengatakan...

wah penjelasannya lengkap dan terpercaya...sippp

Anonim mengatakan...

mau tnya ac samsung di rumah saya pipa nya ada rembesan air seperti embun yg lama kelamaan akan menetes.saya sudah menservice nya tp gak ada hasil tolong beri saya solusi, thanks

Anonim mengatakan...

pak mau tnya pipa air ac saya ada rembesan air seperti embun yg lama kelaman akan menetes.saya sdh perbaiki dgn cr pindahkan pipa keluar tembok tp tetap keluar jg. tolong sarannya pak. thank

Admin mengatakan...

Pipa AC ada rembesan air itu biasa (kondensasi) tapi bila berlebihan jadi banjir dan tidak nyaman.
solusinya : AC samsung kurang freon sehingga terjadi gumpalan es yang berlebihan pada pipa dan pada saat AC mati, es tersebut akan mencair.
Isi freon sesuai standart minta di lakukan pengecekan oleh tekhnisi apakh ada kebocoran pada pipa ac.

Anonim mengatakan...

Pak sy punyta masalah seperti nomor 4... Lokasi sy di Kupang. Disini gak ada tukang AC yg bs benerin... Bs minta dikasi pencerahan di email saya,,nanti biar tukang AC nya baca... itu bocornya biasanya disebelah mana? punya saya beku di pipa kecil dan di pipa indoor... Thx..

Regards....
ignatiodeloyola@hotmail.com

ipin mengatakan...

@anonim
Pipa kecil membeku disebakan karena kekurangan freon saja pak, nah freon itu bisa habis karena ada kebocoran, di cek dulu kebocorannya pada sambungan pipa2 atau pada outdoor dan indoor bila sudah ketemu di tambal dengan las kemudian lanjut dengan isi freon.

Anonim mengatakan...

Pak Ipin saya mau tanya saya kan baru beli AC Samsung 3/4 pk 1 bln yg lalu, nah setelah dipasang ACnya gak pernah saya nyalakan begitu saya nyalakan dua hari yg lalu ternyata ACnya jd gak dingin sama sekali cm keluar angin aja. Itu kenapa ya Pak ????? Thanks sebelumnya.

Anonim mengatakan...

Bro,Salam kenal.

Ingin bertanya.. jika untuk ruangan P=2.8M, L=3M, T=4M berapakah idealnya. Saya dirumah memakai AC 1/2 PK Tetapi kurang maksimal dinginnya. Mohon Pencerahan bro. Terima kasih untuk perhatianya. Tks chris

ipin mengatakan...

Untuk ruangan seluas itu cukup menggunakan AC ukuran 3/4 pk atau 7000 btu lebih jelas lihat di halaman ini
ATAU DI SINI
oke broo thanks

Admin mengatakan...

AC merk samsung 3/4 pk begitu dinyalakan cuma angin saja (fan) yang hidup.
- check remote control apakah sudah pada posisi cool berlambang bintang *
- ukur tekanan freon dan ampere nya apakah normal..??

Yang jelas bila AC tidak dingin sudah dipastikan kekurangan Freon, pada saat pemasangan pertama terdapat kebocoran pada pipa-pipa AC

Anonim mengatakan...

Bro,

Terima kasih untuk informasinya sangat membantu sekali. TKs chris

Unknown mengatakan...

Bung Ipin mohon pencerahan neh, AC saya sanken 3/4 indoor nyala normal tp ga dingin, outdoor blower(fan) mati sementara kompressor hidup. apakah motor fan mati ? atau kapasitor fan yang perlu diganti ? makasih sebelumnya.

Ipin mengatakan...

@Ary
AC Sanken 3/4 memerlukan daya listrik sekitar 3.5 amp pada kondisi normal, bila kipas outdoor nya mati kompresor akan cepat overheat dan mati, coba di ganti kapasitor fannya dahulu sesuaikam dengan ukuran mikronya, Jika sudah di ganti belum jalan juga blowernya berarti di dalam gulungan dinamo Fan nya ada yang terbakar.

Gamer_GPM mengatakan...

wedew...komplit amat neh mz ipin. emang jago dah. top markotop!!!

"Kerusakan-kerusakan yg terjadi pada ac split adalah kebocoran freon, ini dapat ditandai dengan adanya salju pada bagian atas evaporator dan pipa instalasi yg berukuran 1/4 yg menyambung kebagian outdoor unit."
Untuk ^^itu emang belum saya cek sih mz...

Anonim mengatakan...

ikutan gabung donk,,,,

ini,,sy jg pnya problem seputar AC,,outdoor Ac dirumah saya pipa kecilnya kluar bunga es wkt dihidupin...tp selang waktu 10 menit hilang dgn sendirinya. dan sy rasa2kan dinginnya agak brkurang dari biasanya.
klo boleh bagi tips n saran kira2 knp dgn Ac saya?
trima kasih mas ipin.

Admin mengatakan...

jika pipa kecil keluar bunga es/salju itu menandakan AC kurang freonya, bila di ukur dengan manifold gauge biasanya menunjukan di bawah 40 psi, saran :AC pada evaporator indoor outdoor sudah kotor lakukan pembersihan AC setelah itu cek freon atau kalau tidak punya alaatnya pakai tang amper meter saja apakah masih dalam keadaan normal misalnya AC 1pk 4,3amp, sesuaikan ampere kompresor seperti yg tertera di nameplat outdoor *spesifikasinya*

raymond_hl mengatakan...

mas bisa tanya ?
kenapa AC kmr saya ngak dingin lagi, dinginnya hanya sebentar, dan setelah itu mengeluarkan udara panas trusss, mesin outdoornya juga ngak nyala..... itu rusak ya masss, atau kehabisan freeon?

Admin mengatakan...

@Raymond
Apa setting remotenya sudah benar pada posisi cool *lambang bintang*???
kalau seeting remotenya sudah benar dan outdoor nya gak nyala ada beberapa kemungkinan
1. Kipas fan mati kompresor jalan sehingga kompresor overheat
solusi ganti kapasitor fan
2. kipas jalan kompresor mati solusi ganti kompresor, ukur dulu dengan muli tester pada terminal kompresor SCR kalau masih bagus (ada nilai tahanannya) cukup ganti kapasitor saja
3. ukur amperenya pada salah satu kabel yang terhubung ke outdoor lihat nilainya..jika hanya 1-2 amper berarti kompresor tidak ada freonnya

yud mengatakan...

ac saya mati pada unit outdoor (mati sama sekali, tidak ada panas, suara maupun fan gerak)

Jenis ac saya lg 3/4 pk, sebelumnya berfungsi normal

yang nyala saat ini hanya kipas unit indoor saja, tidak dingin sma sekali dan outdoor mati total.

setelah saya cek ternyata ada cicak yang hangus di balik mcb indoor saya, sekring tidak ada yang putus.

yang saya ingin tanyakan adalah saat ini kira2 kerusakan ada dimana ya ? apakah indoor atau outdoor, serta cara memperbaikinya bagaimana ya ?

apakah mungkin yang rusak saat ini adalah capacitor compressor ?

mohon jawaban ke email sayadi yudiz_2002@yahoo.com


terima kasih atas bantuannya...

salam.

Admin mengatakan...

@ Mr Yud
bila terjadi kerusakan pada AC yang tidak dingin saya akan coba urutkan pengecekannya

Blower indoor masih dapat berfungsi dengan baik, kemungkinan pada PCB nya relay tidak dapat mengirim berita ke outdoor sehingga kompresor tidak mendapat supply arus dari indoor.
cara pengecekannya :
1-Gunakan tespen pada terminal indoor *kabel yang menghubungkan ke outdoor apakah ada arusnya..*
2- gunakan Multi tester dan Ukur tegangan pada terminal indoor nya apakah ada tegangan 220 V..?
jika kedua cara tersebut sudah di lakukan dapat di pastikan outdoor nya yang bermasalah.

Cara pengecekan apabila Indoor kita anggap oke atau tidak ada kerusakan berarti terjadi pada out door
Cara pengecekannya:
1-Lepaskan kabel power yang terhubung ke indoor dan biarkan pipa ac (jangan di lepas) nanti freonnya habis
2-Pasang kabel power langsung ke stopkontak (tanpa melalui indoor) jangan lupa ukur ampere kompresor pada salah satu kabel power.
3-Jika ampere melebihi standart pada AC LG 3/4 *MCB jepret* coba ganti kapasitor kompresor nya
4-Jika sudah di ganti kapasitornya tetapi kompresor masih tidak mau hidup tandanya kompresornya yang rusak.
tetapi kecil kemungkinan kompresor nya rusak.

Demikian kiranya yang bisa saya bantu, bila ada gejala2 yang timbul lagi silahkan tinggalkan komentar disini.

Anonim mengatakan...

kenapa ya ac saya baru sebulan diservis udh krg dingin, selalu begitu dalam 3 bln ini, acnya merek samsung 1/2 pk dan hidup 22 jam per hari, tp tdk ada kebocoran freon.

perawatan ac mengatakan...

@Anonim
kira-kira perbandingannya begini sob
Rata-rata penggunaan AC di rumah 7-8 jam/hari di service rutin setelah 3 bulan.
90 hari X 8 jam= 720jam AC sudah kotor dan sudah tidak dingin lagi, setelah di service AC kembali normal
AC di rumah ente lebih banyak jam kerjannya dalam sehari sampai 22 jam
30 hari X 22 jam=660jam jadi kondisi filter dan evaporator Indoor dan kondensor outdoor sudah kotor sehingga penyerapan panas nya menjadi berkurang.
solusi: bersihkan filter indoor seminggu sekali

Anonim mengatakan...

Pak Ipin,
Saya beli AC sanken 1/2pk jan 2007. sudah pernah bocor dan sukses diservis tp sebulan yg lalu sensor ac ga berfungsi, lampu hijau kedap kedip dan sama sekali tidak bisa dihidupkan. sudah diganti sensor baru seharga 125ribu oleh tukang AC tp cuma tahan seminggu lalu kumat lagi begitu seterusnya selama 1 bulan ini. mohon masukan ya pak. kira-2 gimana solusinya. Terima kasih
- Nining -

perawatan ac mengatakan...

@AnonimMba Nining
kalau sensor ac yang tidak berfungsi biasanya dengan menghidupkan AC secara manual masih bisa *tombol emergency on off yang terdapat pada indoor*, bila gejala nya led hijau kedap kedip itu pertanda sensor termistor yang rusak, memang pada bagian ini jika di ganti dan tidak cocok pada AC nya tidak akan bertahan lama.
solusinya order termistor yang sesuai/cocok (original sanken)

raymond_hl mengatakan...

mas mau nanya lagi?
AC saya merk General. Kan Ac saya udah diganti kapasitor dan sh kapasitornya, trus fan nya udah jalan berapa menit, langsung mati, trus jalan lagi...begitu trusss, tapi kalao lama kelamaan fannya udah ngak jalan lagi..... apakah AC punya otomatnya?

Admin mengatakan...

@raymond_hl
Ada Automatis pada kompresor yaitu overload kalau pada indoor settingan remotenya di termistor, mungkin pada salah satu bagian itu ada yang rusak sehingga kompresor cepat mati *dengan catatan jika setting remote sudah benar pada posisi cool*
oke semoga berhasil

raymond_hl mengatakan...

apakah overload dan termistornya mahal bos harganya? trus kalau mau diganti overloadnya harus ditambah freon atau freonnya ngak akan menguap? trus cara gantinya gimana?

Admin mengatakan...

@raymond_hl
harga untuk overload murah kok 125 ribu sudah plus pasang begitu juga termistor.
kalau ganti sparepart tsb gak perlu ada tambahan freon kecuali freon kurang atau habis.

raymond_hl mengatakan...

mas apakah kompresor mmg panas bosss? saya baru melhtnya ketika saya mengganti overloadnya dan termistornya... kong mas malah mesinnya ngak jalan sama sekali.! mohon petunjuk soalnya baru didunia service ac

Admin mengatakan...

@raymond_hl
kompresor pada saat bekerja memang panas tapi kan panasnya di buang oleh Fan outdoor, nahh jika fan outdoornya lemah bisa jadi kompresor akan overheat dan overload akan memutus arus, yang jalan hanya kipas saja setelah dingin baru akan jalan lagi karena overload sudah nyambung kembali.

walahhh sampeyan teknisi yahhh..??? kalu gitu coba ukur tahanan SCR kompresor jika nilai tahanannya besar misalnya R=50 s=90 C=20 tandanya kompresor sudah rusak..BTW Posisi dimana nih ente broo..??

raymond_hl mengatakan...

di ternate mass.... kan acnya kalo dijalankan biasa mesinnya ngak jalan, lalu kalo di tekan tombol test mesin acnya jalan. yg sya tau kan kalo kompresornya yg rusak kalo di ditekan tombol testnya mesinnya ngak jalan.. trus itu rusakknya dimana lagi?

Admin mengatakan...

@raymond_hl
kemungkinan itu rusak pada salah satu komponen PCB indoor, nah kalau urusan PCB ane biasanya serahin ke tukang service elektronik *teman sejawat* atau bisa juga ganti PCB universal *gak repot2* kalau di tempat saya biaya penggantian PCB indoor 250 ribu plus pasang

Admin mengatakan...

@raymond_hl
kalau ada perlu ini No Hape saya 0857-17837888 (sms juga boleh)

raymond_hl mengatakan...

mas punya alamat FB? kalo punya kirim deh alamatnya di raymond_hl@yahoo.com, spy bisa ngobrol lebih panjang lebar. thx da dikasi no hp mas..... nanti saya sms

Ipin mengatakan...

@raymond_hl
http://www.facebook.com/pages/Bekasi-Indonesia/Perawatan-Service-AC/136540956386507

Anonim mengatakan...

Mas,
jika AC di ON kan hanya bertahan sekitar 1mnt lalu mati lagi dan di coba lagi tetap begitu terus menerus,kira-kira masalahnya di mana?
Saya ,menggunakan AC Panasonic 1/2PK, pemakaian hanya pada malam hari, servis rutin per3bln dan servis terakhir baru 1 bln yang lalu, kondisi kompresor dan kipas outdoor masih berkerja dengan baik, umur AC sekitar 3bln.
Terima Kasih.
adi.kardian@gmail.com

Admin mengatakan...

@Anonim AC Panasonic
Masalahnya kerusakan ada pada termis dan termostatnya

ac milan mengatakan...

saya memiliki ac merk general tp tipe lama , permaslahnya adlah di kipasnya yg ngak mau berputar waktu dinyalakan .minta tlg jelaskan dan bgm perbaikannya pak. thx

Admin mengatakan...

@AC milan
Yang di maksud kipas indoor atau outdoor nihh?? Kalau kipas tidak mau berputar ermasalahannya ada di kapasitor nya sudah rusak

dr.Dee mengatakan...

mas mau nanya...ac sya lg hercules 2.0 stgh pk...
waktu itu udh dpsg semua trus dicabut (krna psgx d sudut ruangan) dan dipasamg ulg...stlg itu,anehnya AC pda malam hari dinginx minta ampun,tpi wktu dinyalain siang, cman kluar udara panas trus dingin dan panas kembali trus2an gtu...udah 3 hri bgni trus..mhn tuntunan

hallo_mashimaro mengatakan...

tanya dunk..
ac saya tuh sekarang gak begitu dinging.. kompresornya suka bunyi keras terus mati.. terus bunyi lagi dan mati.. gitu terus deh..
Sudah sering dibetulin.. tapi rusak lagi rusak lagi.. cuma paling tahan 2-3 bulan.. yang dibetulin biasanya kapasitor kompresor sama laher kipas. Kadang2 fin yang di indoor unit beku (ketutup es) .. ini kenapa yah? apa mang ac saya dah mesti di ganti ato masih ok dibetulin..
tolong yah masukannya

hallo_mashimaro mengatakan...

tanya dunk..
ac saya tuh sekarang gak begitu dinging.. kompresornya suka bunyi keras terus mati.. terus bunyi lagi dan mati.. gitu terus deh..
Sudah sering dibetulin.. tapi rusak lagi rusak lagi.. cuma paling tahan 2-3 bulan.. yang dibetulin biasanya kapasitor kompresor sama laher kipas. Kadang2 fin yang di indoor unit beku (ketutup es) .. ini kenapa yah? apa mang ac saya dah mesti di ganti ato masih ok dibetulin..
tolong yah masukannya

Admin mengatakan...

AC nya berapa PK broo..??ac nya merk apa..??
biasanya yang menmbuat kompresor mati hidup itu karena beban yg berat (overload) kompresor akan panas dan cepat mati, nanti jika kompresor sudah mulai adem barulah kompreasor bekerja kembali.

Yang menyebabkan kompresor sering mati hidup juga bisa karena kipas outdoor sudah lemah putarannya., mungkin kapasitor fan nya sudah rusak atau bearing motor fan sudah rusak sehingga kipas tidak dapat berputar.

Bila kompresor terdengar keras suaranya dan ampere sudah tinggi melebihi batas standart lebih baik ganti kompresornya.

Kalau di indoor menjadi beku itu tanda kurang freon

Unknown mengatakan...

AC LG Jetcool 1 PK sy pernah bocor dan diservis. Namun saat pengisian freon, tukang AC tidak berani isi hingga 100% full karena tang ampere meter sudah menunjukkan 4 ampere dan saat akan diisi lebih lanjut amperenya naik. Dia khawatir compressor panas & rusak. Sejak diservis hingga kini AC tsb tetap dingin namun anehnya selalu timbul bunga es di pipa kecil saat awal dinyalakan,namun tak lama berangsur bunga es tsb hilang sendiri. Demikian itu terjadi hingga hampir 3 bulan ini. Mohon penjelasan Bp

Admin mengatakan...

Kira2 tekanan freonnya sudah berapa yahh..??AC biasanya kalau pernah bocor akan ada endapan oli kompresor pada pipa sirkulasi ac, jika ini belum di bersihkan dampaknya yaa seperti ya tadi Pa Hengky sebutkan terdapat bunga es pada pipa kecil, ini di karenakan tekanan kompresor menjadi berat dari biasanya. semisalkan lama kelamaan akan hilang itu tidak apa-apa its oke asalkan jangan bunga esnya tidak hilang2..nahh itu yang berbahaya jika di biarkan saja.

Anonim mengatakan...

saya punya ac samsung As05x 1/2 pk lampu indikator pada indoor nyala lalu tak lama kemudian blink sehingga ac mati, setelah saya baca blog ini saya agak pesimis karena mungkin penyebabnya thermostat (kena service deh) kemudian sambil berdoa saya cabut power cord dari listrik dan saya biarkan semalaman, eh paginya saya coba normal lagi thanks yah atas infonya ndak jadi service deh

Admin mengatakan...

@Anonim
syukur dehh kalau sudahb isa denagn sendirinya Pak..., bisa jadi terkena air termostatnya jadinya lampu kedap kedip kayq lamp disco

Unknown mengatakan...

Sory pak baru bisa balas pertanyaan Bp sebab saya harus tanyakan dulu ke tukang ACnya. AC LG 1PK saya tsb ampere meter sudah menunjukan angka 4 padahal tekanan freonnya baru 55. Apakah ini kurang memadai ? Memang ACnya sudah dingin pak namun tiap awal nyala selalu terjadi bunga es di pipa kecil yg kemudian berangsur hilang. Bp bilang itu karena endapan olinya (sebelumnya AC tsb pernah bocor) belum dibersihkan sehingga tekanan jadi berat. Saya tanyakan ke tukang AC, dia bilang kalau nguras oli biayanya tidak cukup Rp 120 ribu tapi Rp 300 ribu karena butuh freon lebih banyak. Apakah memang benar demikian pak. Thanks banget nih

Unknown mengatakan...

Sory pak, boleh tanya 1 lagi khan pak, sebab AC saya ada 5, jadi permasalahannya ber beda2. Ada 1 AC LG 1 PK juga yg timbul bunga es pada pipa besarnya. Menurut jawaban Bp pada penanya lain, itu karena kotor dan bukannya karena bocor freon.Saya coba bersihkan filter indoor dan ternyata mujarab, langsung hilang bunga esnya. Namun setelah sekian bulan timbul lagi bunga es, saya lihat filter indor sesungguhnya tidak terlalu kotor seperti sebelumnya namun setelah saya bersihkan ternyata hilang juga bunga esnya. Pertanyaan saya, apakah pembersihan tsb idealnya tidak cuma di indor saja tapi juga di outdor. Sedang untuk indoor perlukah untuk AC lama dibersihkan juga dengan cara melepas indoor unitnya agar bagian belakang juga bisa ikut dibersihkan sebab selama ini semprotan air pembersih khan selalu diarahkan kebagian depan.Maksud saya pembersihan besar2an pada indoor tsb dilakukan 3 tahun sekali bukannya rutin tiap 3 bulan. Thank you veeeery muuuuch pak.

Admin mengatakan...

@Hengky
-Iya memang benar untuk pengurasan oli pada jalur pipa di butuhkan banyak freon diantaranya R22 1 kilo, R11 1kilo untuk pembersihan saja dan untuk penambahan freonnya 1 kilo.

-Untuk pembersihan besar2an/overhaul bisa 3-4 tahun *indoor saja* sekali sedangkan untuk pembersihan ringan cukup 3 bulan sekali saja.

Bulan mengatakan...

Pak ipin, sya mau tnya.. Sya bru bli ac sharp ion cluster 3hr yg lalu, tp knp tdk dingin ya.. Outdoornya kdng hdp kdng mati.. Kipas indoornya kdng menghembuskn angin kncng,kdng tdk. Penyebabnya knp ya pak? Apa yg hrs dilakukan? Trims b4.

Admin mengatakan...

@Bulan
permasalahannya pada seetingan remotenya mungkin di sett auto, jadinya pada saat suhu mulai dingin kipas indoor menjadi low dan outdoor pun *kompresor akan berhenti*.

saran saya setting remote pada suhu berkisar 23 samapi 25 saja .

Ian christian mengatakan...

Bang Ipin,ac sy National 1 PK,ko kalo dihidupin biasa (pke remot) kompresor ga jalan,cm angin duank..jd ga adem,tp kalo dihidupin lwt TEST RUN,kompresor dan fan outdoor lsg jalan dan lsg terasa hawa dingin dan menyejukan hati yang kluar dari indornya.Sy perhatiin saat dihidupin lwt TEST RUN,ada relay yg lsg kerja dan sepertinya itu menghidupkan kompresor dan fan di outdoor,beda saat sy hidupin lwt remot,relay itu ga jalan,apa itu relay yg gerakin kompresor di outdoor?relay itu ada di PCB di indoor,apa relay itu yg minta pensiun dini ya? (padahal AC sy ni juga uda uzur tp sy masi blm ijinkan utk pensiun lo..hehe ) Mohon pencerahan nya ya bang... Oia..apa kalo isi freon ( dari nol ) tu ga lama? kmaren sy abis isi freon,kata tukang servicenya hrs isi dr nol,tp dia isinya ga lama,ga mpe 5 menit uda selesai.Td sy iseng coba kurangi freon,sy pencet pentil di pipa besar,da tekanan tp ko yg kluar kaya olie..?tu normal?lsg sy tutup deh!!!! tkt njeblug..!!! tlg pencerahan nya ya bang.... makasi sebelumnya.

Admin mengatakan...

@Ian yang punya Blog Universe
Relay kemungkinan masih bagus dan belum waktunya pensiun walaupun sudah waktunya pensiun kalii..AC National emang TOP dan Bandel deh.
Yang Harus Mas bro pensiunin seharusnya termostatnya yang males kerja membawa perintah dari remote ke Rellay.
Umumnya Saat AC di hidupkan pake remote termostat bekerja membaca suhu di ruangan jika suhu berada di atas settingan remote maka termostat wajib kirim berita ke Rellay sehingga outdoor akan bekerja.

Untuk pengisian freon jika mulai dari 0 seharusnya minta di vakum dahulu hingga -30 psi(gauge meter) agar hampa udara jadi kompresor gak masuk angin (di kerokin jadinya hehe) pengisisan freon bagusnya 10-15 menit (pelan pelan saja) supaya kompresornya gak keselek liquid refrigerant.

Saran saya AC nya Mas Ian nih sebaiknya di overhaul saja karena melihat freon sudah bercampur dengan oli banyak juga., lebih bagus lagi setelah di overhaul di isi dengan hydrokarbon musicool, kompresor akan bekerja lebih ringan karena kandungan musicool berbeda dengan R22 (info musicool ada di sis\ni juga)sekalian kampanye Go green nih Mas Ian.

oke Mas Ian sekian dulu mungkin itu saja yg dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf.

5e2y5a1 mengatakan...

mohon pencerahan.
ac saya mengeluarkan bunga es di pipa kecil dibagian outdoor unit pada saat pertama kali dihidupkan. selang 1 menit bunga es tersebut hilang. saya sudah cek tidak ada kebocoran freon karena freon tidak berkurang saat dites masih 75psi. dan amper masih standar seperti yang tertera di spek outdoor. kira2 kenapa ya?apakah ada masalah dengan ac saya? ac masih berjalan normal dan dingin tetapi suara outdornya berisik sekali dan akan hilang jika unit outdoor digoyang. ditunggu responnya.

Admin mengatakan...

@Mas Erwin
Pada AC yang mengeluarkan bunga es pada saat start dan kembudian lama kelamaan hilang itu tandanya kinerja kompresor sudah kurang bagus lagi, dan pada instalasi pipa AC kemungkinan banyak oli yang terjerembab tidak dapat balik ke kompresor.

jika unit outdoor berisik coba dikencangkan lagi baut bautnya

5e2y5a1 mengatakan...

makasih atas responnya sob. wajib nabung buat beli ac baru lg dong. kira2 kuat berapa tahun lagi ya?

Anonim mengatakan...

Pak Ipin, saya mo nanya. barusan ac saya di service dan dibersihkan, baik indoor maupun outdoor.

Saya kena tambah oli refoil SAE 5 dan ganti capasitor fan outdoor 1.r mikro farad.

Itu oli buat apa yah ?
dan kata tukangnya, capasitor itu perlu diganti karena rpm fan nya udah lemah. Bener ga sih ?

apa capasitor gitu aja mahal ya sampe 125 rb ?
nambah oli kena 155 rb ?

trims sblmnya

Admin mengatakan...

biaya jasa service dan pemasangan kapasitor umumnya 50 ribu, sedangkan untik penambahan oli kompresor di tambah jika memang oli sudah habis/berkurang.

Harga kapasitor 45 ribu
harga ooli kompresor 50 ribu

dari situ bisa bapak simpulkan sendiri kan berapa biaya jasanya teknisi tsb..?kemahalan atau kemurahan.?

Admin mengatakan...

@Mas Erwin
Biasanya AC yang sering begitu (seperti yang di ceritakan Mas Erwin sebelumnya) merk LG.

bisa di atasi dengan cara overhaul unit AC nya. untuk menghemat ketimbang beli AC baru.

Sandi mengatakan...

Salam kenal Pak Ipin. Saya baru pasang ac Daikin 1,5 pk. Ini ac dibeli tahun 2004, tapi baru dipasang seminggu yang lalu (tadinya cuma disimpan di gudang dan kondisi masih di dus & mulus). Waktu dipasang ac cukup dingin, tetapi 3 hari kemudian ac menjadi tidak dingin.
Saya panggil teknisinya kembali, dia bilang kompressornya bermasalah. Kemudian dia tambah freon dan ac nya menjadi dingin kembali, tetapi besoknya ac menjadi tidak dingin lagi. Berhubung harga kompresor yang tidak murah, saya jadi kuatir juga.
Pertanyaan saya apakah mungkin kompressornya bermasalah, karena waktu ditambah freon, ac sempat menjadi dingin kembali? Atau kemungkinan ada kebocoran freon waktu pemasangan ac?
terima kasih sebelumnya.

Admin mengatakan...

@Sandi
Tidak salah lagi yang salah adalah PEMASANGANNYA...pada saat pemasangan AC sambungan di pipa indoor maupun outdoor harus benar benar rapat dan kencang.

kompresor tidak bermasalah karena AC masih baru buktinya setelah di isi fren ac dapat kembali dingin.

Teknisinya Lakukan pengecekan pada indoor maupun outdoor setelah di isi freon 70 psi, cari titik kebocorannya di mana jika sudah di temukan segera atasi karena keseringan di isi freon (freonnya habis terus) bisa tidak dingin sebab oli kompresor banyak yang terjebak di pemipaannya.

5e2y5a1 mengatakan...

hebat ente bro bisa tau merek ac tanpa ane sebut merek. sepertinya sudah pengalaman dan banyak makan asam garam. klo overhoul itu diapain? kira2 butuh biaya berapa? lama pengerjaan berapa lama? boleh juga solusinya.

Anonim mengatakan...

Mas Ipin, barusan AC Sharp saya problem. Indoor AC nyala, namun indikator Hijau berkedip. AC tidak dingin. Saya cek di Outdoor, kipas tidak mmemutar.
Kadangkala sempat memutar, terus mati lagi.

Kenapa ya ?

Trims.

Ipin's Cool mengatakan...

Ganti Termostatnya, bisa jadi sudah error termostatnya shingga outdoor tak bisa hidup

Anonim mengatakan...

Mas Ipin, biaya ganti thermostat berapa ya ? Untuk merk Sharp. Teknisi pake Sharp. Oi ya, thermostat error ini apakah masuk dalam garansi ?
Trims ..

Ipin's Cool mengatakan...

@Anonim
Biaya termostat plus pemasangan umumnya Rp 150.000.
Seharusnya sih itu masuk dalam garansi, kompresor saja bisa di garansi masak termostat yang murah ndak garansi

sierra ajah mengatakan...

hallo mas..
AC saya LG 1/2PK baru berjalan kurleb 6 bulan, tapi sudah tidak dingin sebulan ini walaupun suhu 18' (suhu ruangan bisa 29-31) rasanya seperti sauna saja. indoor & outdoor kadang kipas hidup - mati tidak memutar.
itu kenapa ya? tks ya mas.. sierra

Ipin's Cool mengatakan...

@Mas Bambang
Hallo juga Mas
AC nya di service dulu (cleaning rutin/3 bulan) agar kondisi mesin daoat awet dan ruangan tetap sejuk mas.

Mas Bambang tinggal di daearah mana.??

sierra ajah mengatakan...

mas ipin.. saya tinggal di cilandak. mencapai area service nya kah?

Ipin's Cool mengatakan...

@Mas Bambang
Mohon maaf area cilandak belum bisa terjangkau. coba hub service centre LG saja mengingat masa usia pakai baru 6 bulan.
trims

Roby mengatakan...

Mas ipin, Kemarin Indoor unit AC saya kemasukan cicak. Apakah itu tidak apa-apa? Trims....

Ipin's Cool mengatakan...

@Roby
haha itu cicak mencari tempat bersarang mas..,kalau tidak ada kabel yg konslet ya ndak apa apa mas.

rama mengatakan...

mas ipin,

area serpisnya dimana aja?

jakarta selatan - ITC Fatmawati bisa gak??

Anonim mengatakan...

ac saya daikin inverter 1 pk..
proble ac suka mati pada siang hari dengan lampu berkedip kedip (pd malam hari tidak pernah mati).. sebelum mati biasanya ac kurang dingin dan berbau apek... kenapa yah? pdahal sudah cek freon dan freonnya masih bagus katanya.. apakah dia memasang freon dengan salah atau ada sebab lainn..

Anonim mengatakan...

Saya ada masalah, ac di rumah saya kalo siangnya itu seperti biasa dinginnya, stabil. Tapi kalo pada malam hari selalu mati (seperti tidak ada suara gemuruh ac). Apanya yang salah sehingga pada malam hari hawa ac terasa begitu biasa? Makasih sebelumnya

Anonim mengatakan...

brinkka2011 says: My daughter willnot like to see this here.

Anonim mengatakan...

brinkka2011 says: At this time it seems like Expression Engine is the preferred blogging platform out there right now. (from what Ive read) Is that what youre using on your blog?

Anonim mengatakan...

brinkka2011 says: I apologise, but you could not paint little bit more in detail.

Anonim mengatakan...

At this time it seems like Expression Engine is the preferred blogging platform out there right now. (from what Ive read) Is that what youre using on your blog?
Acheter vimax en France.2011AVEF

Anonim mengatakan...

Im speechless. This is a superb blog and very enticing too. Great work! Thats not in point of fact so much coming from an amateur publisher like me, however its all I may say after diving into your posts. Nice grammar and vocabulary. No longer like other blogs. You really recognize what you?re speaking approximately too. So much that you just made me want to explore more. Your weblog has grow to be a stepping stone for me, my friend.
Acheter vimax en France.2011AVEF

Admin mengatakan...

@Anonim
Pada saat berkedip lampunya apakah ada kode pada display indoornya.?

Admin mengatakan...

@Anonim
Pada malam hari terjadi beban puncak pemakaian listrik dan bisa jadi tegangan drop di bawah 220 volt.AC tidak bisa bekerja jika tegangan dibawah 200 volt kecuali AC masa kini yang sudah di lengkapi dengan auto voltage hingga 160 volt.

Admin mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Admin mengatakan...

Thanks for ure coming on the blog, may be useful and hopefully can be understood

Asep Saepul Azis mengatakan...

Mas Ipin .... too..loo..ng bantu ya.....sy lg coba belajar service ac sendiri..., Merk Polytron 3/4 PK sktr udah 8 bulanan mas belinya,keluhannya sering mati outdoornya (baik kipas maupun compressornya),padahal waktunya baru dinyalain sktr 10 menit outdoornya sdh mati,dikala sdng nyala ac normal dingin terasa, klo sedang mati pasti di indoor jd ngga dingin cm ada angin dr kipas biasa aja, klo pas outdoor mati diukur pake AVO meter tegangan AC ke outdoor ngga ada...., tidak ada bunga es..., apa bisa karena kekurangan freon atau rusak seperti petunjuk mas ipin sy baca postingan sebelumnya karena termostatnya..? termostat itu yang komponenya seperti apa, apa yg seperti lampu kecil dr kaca yang berwarna gelap yang dihubungkan paki kabel 2 line ke PCB indoor..? trm kash pencerahannya......

Ipin's Cool mengatakan...

Yang menempel di evap indoor tu namanya termostat, bentuknya seperti pentol korek api. pasang termisnya jangan terlalu menempel pada evap, jika nempel outdoor akan cepat mati. ruangan belum dingin kompresor sudah berhenti kerja.

zamiel@ mengatakan...

mas mau tanya, AC saya LG 1PK hercules Inverter, permaslahan yang timbul, pada Indoor dan Outdoor unit dalam 3 hari ini terdapat bunga es, saya sudah panggil tukang Ac dan di service, menurut mereka tekanan freon kurang saat diukur 40 psi, jadi ditambah, akan tetapi permasalahannya tidak selesai bunga es tetap ada sehingga ruangan tidak dingin dan ampere naik menjadi 6 ampere, padahal normal adalah 3,3 ampere, apa yang terjadi pada AC saya?

Devin_K mengatakan...

Mau tanya nih pak..saya minggu kmrn beli AC baru Midea 1PK Lowatt..Ketika awal dipasang AC terasa cukup dingin, kemudian besok dst saya merasa Angin yg keluar hanya adem2 saja kurang Dingin/krg greget tidak seperti awal pasang. Saya sudah meminta teknisi mengecek ulang tekanan freon dan ampere ternyata katanya normal..kemudian saya menyanyakan kenapa pipa ke outdoor yg ukuran besar tidak dingin bahkan tidak mengeluarkan keringat.. kata teknisi itu dikarenakan AC saya Lowat bkn standart...Apakah memang benar pipa ukuran besar tidak dingin krn jenis AC lowat? atau memang ada yg tidak beres dgn AC saya shg menjadi krg dingin dgn salah satu faktor pada pipa besar yg tidak dingin? Thx :)

Ipin Cool mengatakan...

@Zamiel
Jika ac inverternya sudah di tambah freon tetpai dalam waktu 3 hari sudah tidak dingin lagi dan ada penggumpalan bunga es tandanya pada sitem pemipaan ac ada yg bocor, perbaiki dahulu kebocorannya baru kemudiab di isi freon kembali

Anonim mengatakan...

Mau tanya om
Saya baru 2 bulan beli ac panasonic alowa 3/4 PK, sekarang kl dinyalakan lampu timernya kedip-kedip (2 kali kedip terus menerus) dan biasanya setelah dinyalakan kurang lebih 1 jam ac nya mati sendiri. Kira-kira kerusakannya apa ya om?

fu510n mengatakan...

armand.
mau tanya nih om,
saya punya ac politron 1/2 pk baru 8 bln dinginnya sudah mulai berkurang, bodi outdoor terasa panas jika di pegang, dan di pipa besar jika di pegang tidak dingin (tidak kondensasi),sedangkan pipa yang kecil jika di pegang dingin. semua pipa tidak ada bunga es.. kenapa ya om….??? terimakasih sebelumnya.

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah, sangat bermanfaat, terima kasih kawan.

Anonim mengatakan...

saya ada ac split multi (satu outdoor dengan dua indoor) merk LG, kerusakan yang terjadi salah satu indoor tidak mau menyala,tapi respon remote tetap ada, tapi kadang sesekali dapat menyala setelah di restart dari power tapi tidak bertahan lama, mohon dibantu kira2 rusak di bagian apa, terimakasih

Admin mengatakan...

@anonim
Apa Sudah Di service rutin AC nya Pak.? minimal /4 bulan di cleaning agar tetap dingin ac nya

andi sopandi mengatakan...

Tadi saya baca di atas untuk masalah ac yg pada saat start awal ada bunga es di pipa kecil tidak masalah yang penting tidak ada terus es nya, tetapi di bawah saya baca kalo ada bunga es saat start awal ada indikasi bahwa kinerja kompresor sudah kurang bagus, karena ada endapan oli yang menggumpal di pipa. Pertanyaannya adalah : Apakah berbahaya jika pada saat start awal ac keluar bunga es dan lama2 hilang sendiri???? thank's..

Admin mengatakan...

@andi S
Tidak apa apa mas gak berbahaya kok lama2 juga akan normal hanya star awal saja selagi amper kompresor masih normal.

Anonim mengatakan...

mau tny; ac saya freony cepat habis, pdhl dah sy cek disemua sambungan indor outdor, dinepel, di indor efap yg bentuk U g da yg bocor, saya cek pki air sabun,
ac panasonic 1/2 pk pipa cm 4 meter,
trs gimana cara yg bener cek kebcrn? tnx's........

Unknown mengatakan...

saya mo tnya:
ac sy baru panasonik 1/2 pk pipa 4 metr
setela sy pnsng sndr g da 1 mingg freon hbs, trs sy tny temen katanya pnjg pipa pengaruh,
mmng sblmny sy pki sktr 2 mter, tp dah sy gnti baru dngn pnjng 4 mtr tetep g kuat 1 mngg, freon hbs lg,
sdh sy lakukan pengecekan di smua sambngn pki air sabun, trs di klep outdoor,area indor yg bntuk U g ada yg bocor,n g da bekas oli dmnapun,
dan sy coba isi lg hbs lg,
trs gmn cara yg bner cek kebocoran...?
n lngkh apa ja yg hrs saya lakukan? trima kasih byk sebelumny.......

Admin mengatakan...

@hery
kalau panjang pipa tidak pengaruh freon akan habis dan panjang pipa 4 meter masih standart. saya yakin pasti ada kebocoran pada saat penggantian pipa baru..,mugkin ujung pipa flaringnya retak/kurang kencang nepelnya.
- untuk pengecekan kebocoran menguunakan air sabun (busanya) sebelumnya isi freon terlebih dahulu agar di pipa ada tekanan.
- check flaringnya
- kencangkan sesuai torsi nya, terlalu kencang bisa buat pipa retak/pecah.
semoga bisa membantu..thanks

Anonim mengatakan...

mau tanya :
1). apa AC Midea cukup bgus (merek bisa dipercaya)?
2) apa ac 1/2 pk cukup utk ruangan sebesar 9m2?
3) agar ac awet, berapa lama boleh dinyalakan terus menerus dan berapa derajat baiknya?

trm ksh. mhn infonya yah?

Yulita mengatakan...

maaf pertanyaan diatas dr saya. ttg merek ac midea & agar ac awet tsb.

mhn jawabannya. trm ksh.
Yulita

anggun mengatakan...

wah kaya dong
jadi klau tiap mggu ac nya bermslh,tiap mggu jg gntinya..

Unknown mengatakan...

Saya beli ac midea baru uk. 3/4 untuk ruangan 3x3 tapi ternyata kok tidak dingin. Apa penyebabnya thanks
Rudy

Anonim mengatakan...

MAu tanya nih pak, Saya pnya AC samsung 3/4PK. Setiap habis diservice/cuci, di set temp 23 kompresor nyala terus (dingin), tapi setelah 2 minggu AC d set temp 23 kompresornya nyala mati trus (kondisi ga dingin) harus diturunin suhunya ke 22 supaya kompresor nyala trus. sampai skrng kira2 2 bln setelah d service kompresornya tetap nyala mati padahal sudah d set temp 16.

Apakah ini wajar Pak? jd saya mau ga mau mesti 2 bln service ac. minta solusinya pak? terima kasih

Ruang Busana mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Ruang Busana mengatakan...

Hallo Pak,

Mau numpang nanya nih, saya punya AC split Panasonic 1PK, nah tiba2 tadi listrik jepret MCBnya, lalu dinyalakan lagi MCBnya, tapi AC enggak dingin.

Gejala:
1. Kipas Indoor mutar, tapi evapnya indoor enggak Dingin.
2. Kipas Outdoor mutar, kompressorsnya panas, tapi pipanya yg dari kompressor enggak dingin.

Kira2 kenapa yah?

Mohon jawabannya.

Terima kasih.

Unknown mengatakan...

@RuangBusana, coba deh check / ganti running capasitor fan outdoor... Memang mutar, tapi kurang kencang.. saya pernah ngalamin tuh

Yudisthira Aferro Yusuf mengatakan...

Pak,saya di rumah pakai AC LG Jet Gold 2PK.
Tau tau,MCB ngetrip.Saya ON kan lg tuh MCB AC nya Langsung nyala lagi.Tapi hanya sedikit dinginnya,temperatur di Remote 18derajat.Apakah itu kerusakan dari Kapasitornya?masalahnya,kejadian spt ini sdh saya alami di Rumah saya tapi di tempat yang berbeda.

Admin mengatakan...

@Pak Yudisthira

Iya betul Pak Yudi kapasitor sudah mulai melemah biasanya ukuran mikro sudah berkurang, ini meyebabkan suhu outdoor menjadi panas sekali alhasil MCB akan anjlook.

Anonim mengatakan...

bang AC di kamar saya kok jadi k urang dingin yah? kompresor luar nya suka mati sendiri, terus nyala lagi. itu kenapa yah bang?

cicek celentang mengatakan...

mohon bantuannya pa"?ac di rumah saya merk general,di dalam stecker ac ada sikringnya tiap 1 bulan sering ganti karna putus,

Anonim mengatakan...

Pak..minta tolong..ac saya hec sudah lama memang. Kenap setiap dihidupi memang dingin anginy tapi sekitar stgh jam saja habis tu anginny g kerasa sm sekali..nanti bbrp jam kemudian dingin lagi..stgh jam lg panas lagi..sampe trkhr jam 3 subuh dia baru dingin mantap?knp bgt y pak kita2.makasi

Anonim mengatakan...

Afteг exploгing a hanԁful of the blog
poѕts οn your ωebѕіte, I hоnestly like your tеchnique of blοgging.

I adԁеd іt to mу bοokmarκ ωebpagе lіst аnd will be checking back sоon.
Pleaѕe check out mу wеb site too аnd let me knоω youг opinіon.



My weblοg: hcg pellets

triantoXOEN mengatakan...

saya pakai ac daikin 1PK sudah cukup lama sejak 2004.

Lokasi di gunung sahari dekat PRJ.
Problem yang dihadapi selama ini adalah sering mengalami kebocoran pada evaporator indoor, serta pernah bocor juga di outdoor.

Terakhir, indoor nyala tetapi begitu mau narik ke kompresor terjadi jepret alias drop listriknya (sekringnya drop).
Begitu dinaikkin lagi sekringnya, dinyalakan lagi terjadi hal yang sama lagi.
Itu disebabkan apa ya ?

Unknown mengatakan...

@TriantoXoen : Ane bukan admin tapi ane punya saran. Pertama, dicek lagi sistem penyambungan kabelnya, kayak ane kemaren waktu nyambungin kabel ada yang salah akhirnya ya kayak gitu setiap kompressor mo nyala jegleg listriknya. Ternyata ane ada salah kabel negatif dari power listrik ane tancepin ke kabel item unit evaporator-kondensor. Ya akhirnya jadi jegleg terus. Ya itu salah satu contoh dari ane.

Kedua setelah sistem kelistrikan unit per-ac-an benar-benar udah sesuai prosedurnya terus dicobain masih jegleg, baru agan lirik unit kompressor. Coba dites langsung pake listrik pln. Kabel positif dan negatif masukin langsung ke pin-pinnya. Kalo kompressornya masih bagus nanti kalo dicolokin langsung nyala lancar dan kedengaran seperti ada bunyi desis angin di pipa-pipa inlet-outlet. Tapi jangan lama-lama nyobainnya, cobain beberapa detik saja (15 detik maksimal). Ane cobain step ini pake ac ane Changhong 26GW, aman. Nah kalo pas tahap coba kompressor aja listrik jegleg ya udah berarti ada masalah di unit kondensor entah itu kompressornya atau body dah short, dll.

Kalo tahap pertama dan kedua dah dicobain, langkah ketiga, cek daya listrik PLN di rumah berapa besarnya kemudian hitung semua perangkat kelistrika total termasuk ac berapa watt pemakaiannya. Harap diingat dalam kelistrikan ada yang namanya efisiensi. Jadi kalo mo aman 30% dari total listrik suplai PLN ke rumah kita harus kosong. Misalnya contoh PLN ke rumah saya 1300 W. Total pemakaian listrik (termasuk ac) di rumah harus saya jaga maksimal 900 W biar aman. Kalo lebih ada kemungkinan ac bisa jegleg karena ac sendiri pemakaian daya pada saat start cukup besar.

Keempat, kalo masalah daya listrik sudah sangat cukup perhatikan komponen MCB. MCB yang digunakan bisa saja kurang besar amperenya. Ganti dengan ampere yang sesuai dengan ampere AC anda. Kalo ternyata MCB di rumah anda hanya terdapat MCB PLN saja diusahakan untuk jalur ac dibuat MCB tersendiri. Tujuannya kalo kurang daya ya cuma MCB acnya yang jegleg. Yang lain ngga ikutan jegleg. Perhatikan MCB buat ac harus sesuai dengan ampere maksimal ac anda. Contoh AC Changhong 26 GW 1 PK saya 4,2 A maka saya pake MCB yang 6A. Dan supaya bisa nyala acnya saya harus mematikan semua peralatan. Karena ternyata kadang-kadang masih jegleg (ada kulkas start mendinginkan), saya akhirnya memutuskan untuk menaikkan daya listrik rumah dan ac nyala lancar jaya.

Kelima, coba penggunaan softstart. Sofstart berfungsi untuk meredam lonjakan listrik ketika peralatan starting. Tapi metode yang terakhir ini belum saya sempet coba karena dengan dinaikkan daya listrik ac sudah nyala lancar jaya.

Tks. semoga problem ac anda selesai.

Admin mengatakan...

mas trianto sepertinya sudah di jawab oleh mas dwi lengkap.
thanks mas dwi udah bantu kasih pencerahan, ane dah jarang login blog

Unknown mengatakan...

mas mohon bantuanya, saya kan jagain mesin pendingin, terus akir'' ini sering mati kalo pas mati yang nyala lampu evaporatornya, udah saya coba defrost manual tetep g bisa, kira'' apanya ya yg bermasalah

Anonim mengatakan...

mau nanya, AC Split saya merek AUX udah 1 Thanun gak ada masalah, tabi tiba2 saja gak mau dingin, tapi INDOR ac beroperasi(ada suara Fan), tapi OUT DOR tidak bekerja'
kronologi : saat AC Split di nyalakan, OUT DOR ac berputar dan mengeluarkan suara tanda OUTDOR, kompresor bekarja, tetapi hanya 5 detik dan mati lagi Perangkat OUT DOR nya, dan indor tetap bekerja, kira2 apanya tuh bang yg rusak??? Mohon bantuannya
Trims sblmnya

Unknown mengatakan...

mohon tanya mas ipin..knpa ya ac saya kompressor nya overload,low pressur nya br 40 psi,high press nya tinggi mencapai 350 psi, sdangkan amper meter nya jauh kurang dr yg tertera di body ac..kira2 apa ya penyebab nya?

Unknown mengatakan...

mohon tanya mas ipin..knpa ya ac saya kompressor nya overload,low pressur nya br 40 psi,high press nya tinggi mencapai 350 psi, sdangkan amper meter nya jauh kurang dr yg tertera di body ac..kira2 apa ya penyebab nya?

Unknown mengatakan...

mohon tanya mas ipin..knpa ya ac saya kompressor nya overload,low pressur nya br 40 psi,high press nya tinggi mencapai 350 psi, sdangkan amper meter nya jauh kurang dr yg tertera di body ac..kira2 apa ya penyebab nya?

Unknown mengatakan...

bro, kalo tekanan freon nya ke angka 350psi tapi ampere nya malah turun itu apanya ya?

Service AC Bekasi, PT GENDIS MULIA LESTARI mengatakan...

Terimakasih Bro atas penjelasannya menambah wawasan saya tenta AC, kunjungi juga blog saya juga ya? gendsiac.blogspot.com

Post terbaru saya: http://gendisac.blogspot.com/2014/05/penjelasan-freon-dan-jenis-jenis-freon.html

Unknown mengatakan...

Pak mau tanya nih, ac saya kan baru 1 bulan yg lalu servis+ganti freon . Kok bulan ke 2 nya gak dingin lagi, kira kira apa ya penyebabnya pak??

Service AC Bekasi, PT GENDIS MULIA LESTARI mengatakan...

Penyebabnya ada beberapa faktor pak, yang pertama karena kebocoran pada pipa outdoor sehingga oli memasuki dan mengalir hingga ke pipa indoor, Outdoor dalam kondisi kotor, termistor bermasalah, dan bisa pula pada bapak service ac dalam mengisi freonnya tidak dalam ukuran yang pas berdasarkan kekuatan tegangan AC bapak.
Saran saya cari tukang service AC yang berpengalaman pak. Banyak kasus kasus seperti bapak setelah di service dinginnya cuman sebentar saja, bila bapak berada di kawasan Jakarta silahkan buka link kami pak www.serviceac.net atau www.gendisac.blogspot.com
insyaallah membantu masalah bapak dalam kerusakan AC.Ada Garansi juga pak. :)

Unknown mengatakan...

Gan, mohon pencerahan nya. Ac sy panassonic 1.5 pk. belum satu menit lampu timer berkedip, di pencet dari remot dan tombol power manual gak mau respon. ahirnya sy matikan dari MCB lalu sy nyalakan, hidup sih.. tapi balik lagi seperti itu. kira2 apa masalahnya y gan... thanks..

Unknown mengatakan...

Admin, mohon penjelasan.
Saya baru beli AC bekas, sewaktu pesan barang saya minta yang 1 pk. Brg yg dikirim merk toshiba dan mesinnya merk general. Stlh dipasang ternyata kurang dingin. Sy curiga itu bukan 1pk. Bagaimana cara memastikab bahwa ac tsb 1 pk?

Anonim mengatakan...

mas ipin saya punya ac merk midea stengah pk,ac hanya bisa hidup pada pukul 23.00 tapi belakangan ini setiap saya menghidupkan ac pasti lampu d rumah saya turun padahal dulu g penah kejadian kaya gini

Anonim mengatakan...

Siang mas IPIN, singkat aja nih..sy punya AC Merk Sharp 1/2 PK, sejak sy beli tidak pernah dingin maksimal, saat saya tanya teknisi yg pasang kenapa dinginnya tidak maksimal alasannya karena jarak indoor dan outdoor kejauhan (sekitar 7-8 Mtr), pertanyaan saya apa benar seperti itu ya mas, tk.

William Kang mengatakan...

Bos ipin...AC kamar saya awalnya dingin, setelah itu tiba2 jadi panass seperti kipas biasa... Freon normal, kompresor juga berhenti berjalan. Kira2 apa yg rusak? Makasih

Unknown mengatakan...

Mas ac split politron sy ketika dihidupkan nyala normal tp stlh beberapa saat tiba tiba mati sendiri knp ya?

Ragil mengatakan...

suara outdoor berisik penyebabnya apa ya gan??

Unknown mengatakan...

Bro mau tanya klo ac aux mati hidup outdoornya...apanya yg rusak n d ganti

Unknown mengatakan...

Bro mau tanya klo ac aux mati hidup outdoornya...apanya yg rusak n d ganti

Jalmi soleh mengatakan...

Siang mas brow.. Salam kenal..
Saya punya ac cassette 5pk panasonic. terakhir dinyalakan setelah+/- 45mnit ac mati sendiri dan mcb turun.sebelum masalah seperti itu lampu timer kedap kedip. Trus mcb turun . masalahnya kenapa ya mas bro?thx sebelumnya.

de'pilem mengatakan...

Apakah jumlah bilah kipas pada outdoor unit mempengaruhi dinginnya ac? Di rumah saya pake 2 ac (sanken) di 2 ruangan berbeda. Yang satu bilah kipasnya ada 2 yang satu lagi ada 3. Dan yang dengan 2 bilah tidak sedingin ac tang menggunakN 3 bilah.

Terima kasih

henny mengatakan...

Pak mau tany sa punya ac lg 1 pk.sdh 2 kali gnti kompressor krn msh garansi.trnyta msh bgtu sj penyakitny.kompresor mati nyala jd tidak dingin.fan ttp nyala.bgm itu pak?makasih

bengbeng mengatakan...

Pak mau nanya dikantor ada ac standing 2pk merek panasonic kondisinya kurang dingin kita sdh panggil teknisi langganan dia bilang kompresornya sdh lemah katanya pipa kecil yg biasanya dingin ini malah hangat. Sedang pipa besarnya dingin. Apa benar ya....

Unknown mengatakan...

Pak saya punya ac daikin 2 pk kompresornya tu cepet panas padahal sudah di ganti olinya tp tetep saja cepet panas pak solusinya gimana ya pak