Search Tips Information Products and Services

Memuat...

25 Januari 2010

Penyebab pipa AC membeku (salju)

Pada pipa air conditioner/AC (pipa kecil dan pipa besar) terlihat membeku atau bersalju kalau *istilah tukang AC pipanya ngeblok es* ini di sebabkan karena kekurangan freon biasanya bila di ukur dengan manifold gauge (alat pengukur tekanan kompresor AC) akan menunjukan pada angka 20 psi s/d 45 psi dan bila di ukur dengan tang amper masih separuh ukuran dari standar nya, semestinya sih harus lebih dingin karena pipa nya saja sampai menjadi es seperti di frezer kulkas, tapi hal ini tidak berlaku untuk di Air Conditioner. (lihat di sini) bila pipa ac membeku bagaimana cara mengatasinya..???

Penyebab pipa pada Air Conditioner/AC membeku atau menjadi gumpalan es seperti salju
1. Indoor dan outdoor sudah kotor
Pada air conditioner/AC yang sudah kotor dan jarang sekali dilakukan perawatan/service ac rutin maka AC akan tidak dingin seperti biasanya dan terlihat secar fisik pada pipa 3/8" (pipa yang besar) akan di selimuti es (beku).
2. Kipas/blower indoor mati
kipas/blower pada indoor bila tidak berfungsi/mati ini juga bisa menyebabkan pipa-pipa AC membeku karena freon yang sudah terkompresi dan berubah menjadi cair/liquid ini tidak dapat menyerap panas tanpa bantuan dari blower, secara visual terlihat membeku pada pipa 1/4" dan pipa 3/8" (ukuran AC 1/2 pk, 3/4 pk dan 1 pk)
3. Kurang freon
Untuk ukuran pengisian freon standar nya antara 65 psi sampai dengan 75 psi, bila saat di ukur dengan manifold gauge di bawah angka tersebut maka harus di tambah freonnya tapi harus di lihat dulu ukuran ampere nya juga, jangan sampai melebihi ukuran ampere standar nya (lihat sticker di name plat outdoor)

Air Conditioner/AC bila sudah terlihat seperti hal-hal di atas segera hubungi tekhnisi service AC terdekat jangan di biarkan berlarut-larut yang malah akan dapat mengakibatkan kerusakan pada air conditioner/AC.

50 komentar:

Rahad 2 Six mengatakan...

sering skali terjadi di AC ku...

Local Download mengatakan...

amankan yang keduaxx^^
wah tanks atas tipsnya mas Ipin..

salam blogger :D

Dunia Komputer mengatakan...

Info yang bermanfaat mas ipin. Makasi ya.

Computer Tips Tricks mengatakan...

Nice tips sob. Bisa dijadikan referensi nie buat yg punya AC sering bermasalah seperti ini. Thanks.

Computer Tips Tricks mengatakan...

Maaf link saya salah. he... Bukan maksud nyepam lho.

phonank mengatakan...

dengan perawatan yang rutin dan selalu di cek keadaannya, mungkin bisa terhidar dari yang namanya pipa AC membeku,,

Cara seperti ini bisa dilakukan sendiri gak mas..??
tau perlu bantuan yang ahli..?

harto mengatakan...

Ennaaahhh ini niiih yang sering AC suka g dingin, ternyata ada gumpalan yang menyumbat yaaa...
trims yaa atas infonya, sangat bermanfaat sekali niih. sukses selalu n tetap semangat

indrahuazumenggonggong mengatakan...

Info bagus, sayang saya g pnya AC..he

alkatro mengatakan...

baru tahu kalo pipa bisa tersumbat salju..
nanya mas : kalo listrik yang sering padam tiba-tiba terus idup lagi.. bisa bikin AC cepet rusak mas ..makasih
semoga sehat selalu :)

ipin mengatakan...

@alkatro
pada prinsipmya semua peralatan elektronik akan cepat rusak bila listrik byar pet *anjlok PLN* .
bila terjadi anjlok pln cabut saja semua peralatan elektronik khususnya AC (safety aja)

nuansa pena mengatakan...

Baca renungannya dulu...
Dengarkan radionya...
Sambil baca artikelnya...
Tinggalkan komentar....
"Jadi tahu penyebab pipa AC beku"
Saran...
"Yang gak bisa nanganin sendiri minta tolong Bang Ipin saja, pasti murah, dan jangan lupa laporan saya!"
Tagih...
"Komisinya dong Bang....!"
Kabuuuuuur bawa komisiiiiiiiiiiiii!

nuansa pena mengatakan...

Bang Munir Ardi gak kesini yaa! Kangen aku!

wardi mengatakan...

setelah service ac, enak kali ya makan kue putu

wardi mengatakan...

habis kerja, makan kue putu enak kali ya

Ipin's cool mengatakan...

@nuansapena
Bang munirnya lagi cutiiii...hehehe..oke lah kalao begitu komisi 10 % hehehe
@wardi
kue putu..???

asep canda mengatakan...

owh gtu ya kadang suka ngeblok tuh ya kaya salju heheheheheheh

Rizky2009 mengatakan...

selalu ada ilmu baru d sini, g salah kalau belajar service AC disini, moga tambah sukses sob

Did You Know mengatakan...

kangg...ac ku netes2 lageee..aduh cialan tuh org kmrn itu kok ndak bener ya service nya. haiz

van mengatakan...

info yang sangat bermanfaat mas,,,

Ngakak mengatakan...

adeeemm bener disini,,,sueerr
hheeehhee

writing inspiration mengatakan...

untungnya di solo listriknya stabil, jadi elektronik aman nich ^.^

belajar dan berbagi mengatakan...

wah pakarnya AC sudah bicara nich. makasih mas infonya

Sharing ilmu mengatakan...

Itu fotonya lucu mas..
nungging gto, 1 megangin yg 1 nya liatin doank
hwihwihi...

rental mobil murah mengatakan...

wah kayaknya boleh juga eksyennya bisa lamar di sirkus tuh.

NURA mengatakan...

salam sobat
ternyata pipa AC juga bisa tersumbat salju ya,,
trims sudah berbagi ilmu , mas IPIN,
sekarang jadi tahu penyebabnya.

Did You Know mengatakan...

ac ku masih bocor kanggg help help

pakde sulas mengatakan...

benar tuh, pakde kira kalau pipanya saja membeku tentunya ruangan tambah dingin, eh gak taunya tambah "sumuk" dan berkeringat, eh gak taunya malah berlaku hukum terbalik ya?

Tukang Pos mengatakan...

AKU CUMA PUNYA ASE TRADEETIONALS TUH. NAMANYA KEYPHASE ANGEN.

Phuad mengatakan...

bang ipin...
kok kyknya ribet bgt yak ngrawat AC...
hmm...

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

makasih banyak atas infonya sobat...
kayaknya aku nggak perlu panggil teknisi lagi nih...
kalau ada masalah AC di lab... entar saya nanya disini aja yah.

nuansa pena mengatakan...

silaturahmi, sambil ngisis~!

7 taman langit mengatakan...

salam sejahtera
terima kasih ilmunya kawan
ternyata pipa AC juga bisa tersumbat
trims

News N Buzz mengatakan...

Wow. That's a pretty dangerous work! I am referring to the picture.

NURA mengatakan...

salam sobat
semakin sukses mas IPIN,,
banyak sahabat yang merespons artikel ACnya.
semoga sukses selalu ya,,

How Much You Know mengatakan...

kanggg ipinnnn...vote donkkkkkkkkk haizz kemana nihhhh kok kagak vote adiknya yang ikutan awards.

**
temen2 blogger mohon dukungannya vote lage utk Haiti. yang kemaren ke reset tuh aduh panjang deh critanya. yang jelas sih ini tinggal 2 hari lage kompetisi berakhir. gak perlu hrs daftar utk ikutan vote. pls help vote me. cara nge vote yang bener ada petunjuknya di blog ku. atas nama kemanusiaan mohon dukungannya. makasih byk sblmnya. *Richa Rie*

Alrezamittariq mengatakan...

mungkin kurang freon yang plg sering terjadi yak...

btw gambarnya ekstrim banget tuh...awaaasss jangan dilepaass...gitu kali kata org yang balik badan...wakakakak

Chandra Praditya mengatakan...

Lho2...

Itu gambarnya lucu bgt....

munir ardi mengatakan...

saya datang mas ahmad kemanapun anda pergi angin seakan memberitahuku untuk datang juga

Munir Ardi mengatakan...

perlu di bukukan nih kayaknya semua artikel mas ipin siapa tahu bisa belajar otodidak tentang AC

moenas mengatakan...

gak tahunya sudah banyak postingan barunya neh, ane gak tahu, sory brow baru bisa coment

RichaRie mengatakan...

kangggggggg kemana wae...ndak keliatan :P

sandhioke mengatakan...

kadang2 klo manggil teknisi ujung2nya suka ngomong freon2 muluk mas, klo ga gnti freon katanya ga dingin, bner ga seh tuh..

richarie mengatakan...

ini gak ada info ac lagi nihhh

andika rama mengatakan...

Kang ipin,kami sesama rekan maintenance ac mohon bantuanya,ac ditmpat kami terjadi ngeblok es,kami sudah mncoba menggnti pipanya,dikrenakn pipa yang dulu bnyk smbungnya.jadi kami mnggntinya dngan yang baru.Tapi tetap terjadi ngblok es pada pipa 1/4,kami sudah lakukan pngecekan pada nepel-nepel bautnya,dan tidak da kbcoran pada flaringanya.Apakah ada kbuntuan pada filter kompresornya???shngga sirkulasi freon krang lancar,mohon bantuanya Kang.Trimakasih sblumnya.

Ipin mengatakan...

@andika
salam kenal Andika,Penyebab pipa ac membeku atau ngeblok es sudah dipastikan kekurangan freon, jika sudah di lakukan pengecekan terhadap nepel nepelnya dan tidak ada kebocoran, coba di check kembali kondensor dan evaporatornya (indikasi ada oli) bila terdapat kebocoran. bila terjadi kebuntuan pada filter dan kompresor saat di ukur dengan manifold gauge jarum pada manifold akan menurun hingga -30 psi.
kami juga pernah mengalami kasus seperti ini setelah di cek berulang2 kali akhirnya ketemu titik kebocoran nya yaitu pada evaporator indoor AC. (tinggal di tambal/las saja)

sewa mobil di surabaya mengatakan...

info yang bagus

ela mengatakan...

ac baru beli 5 bulan yang lalu, karena pengen dibersihin,
trus manggil tukang ac, bayar 125rebu, dengan rincian 50rebu cuci, 75rebu tambah freon, dengan alasan freonnya beku.

tapi kok setelah tukang ac nya pergi, ac nya jadi bocor, sampe sekarang uda sekitar 3 mingguan bocornya.

kira2 tuh ac, diapain yach ama tukang ac nya nyampe jadi bocor gtu?
trus mesti diapain juga supaya bener lagi ac nya?

Suryasuryanto8@gmail.com mengatakan...

Bang ipin klo ac saya dirmh dr pertama pasang smpe skrng pd saat baru dinyalakan timbul bunga es/salju dipipa outdor yg kecil dan hilang stelah -+5 menit kira2 knapa ya bang.? Ac sya merk teco,, dinginnya sih normal& baru pasang 3 mingguan.

Martin mengatakan...

selamat pagi Pak Ipin, saya izin copas artikel bermanfaat dari Anda ini.

saya proof-read sedikit ya, Pak.

salam sukses untuk Anda, Martin

Anonim mengatakan...

skrg gmn ac teconya?