Search Tips Information Products and Services

Memuat...

23 Januari 2010

Pentingnya Perawatan AC

Air conditioner yang terawat dengan baik dapat menjaga suhu di dalam ruangan menjadi sejuk segar dan sehat karena udara yang selalu bersikulasi dan menyaring debu-debu serta kuman dan bakteri , beberapa model AC sudah banyak yang di lengkapi dengan pembasmi kuman dan bakteri serta fitur-fitur tambahan lainnya seperti AC LG Terminator, AC Panasonic dll, Bukalah ventilasi dalam ruangan bila AC sedang dimatikan agar terjadi pertukaran udara didalam ruangan.
AC mahal dan bermerk international sekalipun, bila tidak dilakukan perawatan/service AC secara rutin akan cepat rusak dan saya rasa ini bukan hanya untuk AC saja, kendaraan pribadi motor, mobil ataupun yang lainnya juga berlaku hal yang sama.
Perawatan AC terbagi 2 macam
Perawatan kecil meliputi pembersihan saringan yang terdapat pada indoor minimal 2 minggu sekali
Perawatan besar mencangkup evaporator indoor dan kondesor outdoor minimal 3-4 bulan tergantung pemakaian.
Bila 2 hal tersebut dilakukan dijamin deeh.. AC anda akan awet dan tahan lama terutama menjaga kompresor agar kompresor tidak mudah rusak, karena sering saya jumpai pada saat melakukan service AC di beberapa tempat terutama di perusahaan yang skala pemakaiannya cukup tinggi hampir 24jam nonstop sering kali mengalami kerusakan pada kompresor . harga kompresor berikut pemasangan dan servicenya hampir separuh harga AC baru, hmmm… lebih baik beli AC baru saja lagi yang lebih hemat energi.
Konsumen yang selalu melakukan perawatan atau service AC nya secara rutin dapat menimalkan kerusakan AC nya dan hampir jarang pernah terjadi, hal ini terbukti dari pelanggan yang selalu rutin melakukan perawatan dan service AC nya secara rutin, AC nya awet dan tahan lama sudah hampir 10 tahun wooow …kereennn (ANTV) .
Saya yakin para pemilik AC sudah melakukan hal ini semua demi menjaga kesehatan dan kesejukan di rumahnya. Termasuk anda juga bukannnn……???

Memperkenalkan

STARWASH
High Pressure Cleaner
Jet cleaner Starwash ialah alat untuk menyemprotkan air bertekanan hingga 35 bar. Jet cleaner ini banyak digunakan untuk keperluan cleaning steam mencuci motor, mobil , terutama untuk membersihkan AC, dan bisa juga untuk keperluan lainnya.




Spesifikasi mesin steam starwash:
-Watt/Hz : 400/50
-Pressure : 0 - 35 bar
-L / H : 210
-Max.temp : 50ÂșC
-RPM : 2800
-Weight : 10kg
-Voltage : 220v

Bila anda mempunyai kelebihan uang yang cukup untuk membeli Alat steam AC ini akan memudahkan anda dalam hal perawatan AC sendiri, siapapun bisa termasuk anda, atau hubungi kami *promosi* Pesan sekarang juga di toko langganan anda.......!!!

30 komentar:

angger mengatakan...

pertamaxxxx gak yach????

a mengatakan...

akhirnya bisa pertamaxx juga.
ohh...gitu toh bang ipin's,
perawatannya harus berkala yach,biar awet,okelah nice post bang....

Smart Club mengatakan...

hehe daku seumur2 baru kmrn itu lohliat lsg cara org service ac. maren itu ac ku netes2. hoho..ternyata maen semprot juga ya

Dunia Komputer mengatakan...

Info yang bermanfaat mas ipin. Saya sebelumnya ga tahu klo mesti berapa kali sebulan AC harus dirawat. Makasi infonya.

Computer Tips Tricks mengatakan...

Nice info mas. Sekarang jadi mulai ngerti dikit2 tentang AC. Thanks ya.

Local Download mengatakan...

wah ternyata AC itu perlu perawatan yang berkala yah mas..
AC saya gk pernah di rawat lg, hehe
tahnks for info mas..

salam blogger:)

Local Download mengatakan...

oia Request mas ipin tentang sopwer HDD sudah saya posting ^^

salam blogger:)

Rizky2009 mengatakan...

sebenarnya penting bgt juga nambah wawasan q, cuma y gt aq dah g pakai ac lagi sekarang

alkatro mengatakan...

yap mantab abiz...bener juga mas.. tapi kadang-kadang ga bisa rutin buat njadwal bersih-bersihnya he he

Ipin mengatakan...

@all thanks

moenas mengatakan...

oh gtu ya brow,,tp ane masih gak pny AC neh brow gmna cara praktek ngerawatnya???he,,he,,he,,

pakde sulas mengatakan...

kalau ac ditempat kerja pakde, di service kalau udah bejat, gak tau tuh maunya apa para pimpimnan,atau mungkin itu cara mereka menghabiskan dana perawatan ya.

sda mengatakan...

sering mengabaikan...tapi jadi tahu sekarang...

narti mengatakan...

artikel yang sangat bermanfaat...
makasih sudah berbagi ilmunya, biar 3S nya tercapai...

mr.ngaco mengatakan...

wah mantap nih sob..harus di kasih tau temen-temen yang lain nih,,di kantor saya juga pake ac tapi perawatannya kurang,,makasih infonya ya....

harto mengatakan...

waaah Bang Ipin kalo untuk perawatan AC suka ga pernah di bersihin, biasanya kalo dah ga dingin ato ada kendala lainnya baru deh tukang service nya yang beraksi.

trims yaa dah berbagi ilmu sangat bermanfaat sekali nihh, mudah2an saya selalu perhatiin AC yang ada. Sukses selalu bang Ipin & tetap semangat

Zippy mengatakan...

Wah..kebanyakan suka gak mikirin nih soal perawatannya...
Asal nyala, beres deh, ckckckck...
Parah...

Phuad mengatakan...

ahaha...
ada promosinya juga :D
nice ^^

Lembaga Pelatihan mengatakan...

Saya pernah melihat orang memperbaiki kompressor dengan cara dipotong... dibongkar dalam-nya ... dan ditutup kembali dengan cara disambung dan dilas...!!Siipp keren..postingannya

KucingTengil mengatakan...

bang ipin (upinnya nanti aja), kalo biaya perawatan AC biasanya berapaan ya? buat referensi nih. thank u^^

munir ardi mengatakan...

pasti deh kalau barang elektronik harus memerlukan perawatan berkala cuma caranya itu loh yang harus ditanyakan pada aslinya selamat malam menjelang subuh mas ipin

blogger bumi lasinrang mengatakan...

wah pantas ac dikantorku sering ngadap habis nggak pernah di service sih, artikel yang sangat membangun pak

simple world mengatakan...

perawatan ac secara berkala memang sangat penting makasih pak sudah menshare pengetahuan berharga anda

Munir Ardi mengatakan...

shoutmixnya kuhapus mas habis lagi error semua

denie mengatakan...

haloooo gimana kabarnya niiiihhhh.....?????

darahbiroe mengatakan...

yupz bener banget ac memang diperlukan service berkala


berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasih :D

aisyah muna mengatakan...

saya tipenya orangnya suka penasaran...
ditempat kerjaan berapa bulan sekali tukang bersihin AC suka dateng...
setiap kali itupula saya memperhatikan...
hehehe..sekalian belajar...
ngeliatnya sih simpel..tapi ga tau prakteknya..pengen banget nyobain..hehe..sayang ga punya alatnya..
sapa tau besok dirumah nanti bisa sendiri..
eee..trus nemu artikel ini..
jadi makin tau deh..

tenkyu ya..

^_____^
salam kenal

coolstorage mengatakan...

Temperatures in the world has increased every year. Which proves that the statement is supported by the melting of icebergs at the north pole and south pole. Size becomes more and more narrow. Meanwhile, the longer the sea area becomes larger and larger. This all happened due to human activity itself. That's because the cutting of trees in wild forests, increasing factory pollution, and increased use of sustainable vehicles such as cars, motorcycles, planes, trains, ships, buses, bajaj, and others.
Therefore, the depletion of the atmosphere. Ultraviolet direct heat can penetrate into the earth. Our bodies feel so heat during the day. Following the development of technology and community needs, electronics manufacturers race to create a variety of AC.
Initially created a device called a fan. Then, together with advances in science and technology by the inventor to create an air conditioner (AC). AC has advanced technology so that its price too high price value, so that only AC purchased by those high-class economy. Facing the challenge of situations like this, electronics manufacturers to make a new alternative, called the cold air. air conditioning became the answer to market demand for air conditioning products with a value relatively cheaper prices. air conditioning working principle similar to the principle of the AC. The difference between the cold air with AC is to use cold water and ice cubes and freon as a mediator.

Along with the development time, the development of AC increased rapidly. Almost all electronics manufacturers vying to produce air conditioners on a large scale. With technological breakthroughs and new innovations such as low-watt AC, plasma cluster (anti-bacterial), vitamins, mosquito killer, inverter technology, anti-rust, and anti-odor room.
Each manufacturer develops different marketing strategies to make people interested to buy the AC. Among them is the advertising in various media, including electronic media, mass media and the internet. Ads constantly, making air-conditioning demand increases dramatically. Producers try to meet the market demand constantly.

Guntur mengatakan...

Nah, kan selalu disarankan untuk bersihkan AC, saya dalam hal ini konsisten, tiap tiga bulan AC selalu dibersihkan.

Tapi, tiga minggu lalu saya memanggil tukang AC langganan tetangga, yang katanya masih disekitaran sawangan, nah setelah dibersihkan memang udara terasa lebih fresh. Persoalannya adalah sampai sekarang timbul bunyi derit di dalam blower indoor, yang berisiknya tidak seberapa, tapi kalo malam sunyi ada bunyi derat derit kan bikin gak enak telinga. Walhasil, sekarang saya mematikan AC tiap dia menjerit.

Nah, selama tiga minggu lalu itu, sudah dua kali saya memanggil tukang AC itu, sudah tiga kali dia mencoba perbaiki, tapi tidak bisa hilang suara deritnya. Pertama kali disebelah kanan, sekarang pindah ke kiri. Menurut tukang AC itu, kesalahan bukan sama dia, melainkan karena produknya bermasalah (AC LG Neoplasma 1/2 PK, saya beli 1 tahun lalu). Menurutnya produk itu memang bermaslah dengan karet di blower, yang berada di ujung2 blower. Kalo panas suka memuai, jadi komposisi blower berubah, sehingga blower menghantam casing, munculah bunyi derit tersebut. Analisa dia karet penyebabnya, karena pertama kali dihidupkan memang tidak bunyi, namun setelah beberapa menit baru bunyi derit tersebut menjerit2.

Wah, saya binung tenan jadinya. Kok AC baru jadi kayak AC jaman hindia belanda yak! maunya enak, sekarang malah bikin repot, tiap 10-15 menit harus matikan, hidupkan, matikan, dst.

Sekedar informasi, menurut istri saya, pertama kali tukang AC datang, dia cuma bersihkan AC selama 10 menit saja, sangat cepat ketimbang tukang2 AC lain yang pernah saya panggil. Lebih lanjut, menurut istri, dia mencopoti beberapa komponen yang menurut dia tidak pernah disentuh tukang2 AC lainnya.

Mohon petunjuk dari sang maestro...

Terima kasih

Guntur, Rivaria-Sawangan

Ipin's cool mengatakan...

Mohon maaf Pak GUntur saya baru baca nih komentarnya

Pernah juga mengalami kondisi AC di indoor nya suka berdenyit *berisik gitu* coba di bengkel di bongkar (overhaul) copt evaporatoe indoor dan blowwernya ganti komponen yang mendukukng.
-Bearing fan
-Karet penyangga blower
-sekalian juga kapasitor fannya 1.5 mikro

Hasilnya lumayan suara pada indoor tidak berdenyit lagi tuhh..