Search Tips Information Products and Services

Memuat...

22 Juli 2010

Cara vakum kulkas tanpa mesin vakum

Di dalam sistem pendingin seperti Air conditioner,kulkas dll pada saat pengggantian kompresor ataupun pengisian freon harus di lakukan pemakuman karena bila tidak maka mesin kompresor tidak akan bekerja dengan baik dan hasilnya pun AC ataupun kulkas tidak akan dingin, karena refrigerant yang terdapat di dalam sirkulasi tsb bercampur dengan udara. saran saya sebelum melakukan pengisian freon hendaknya kompresor tersebut di vakum terlebih dahulu, sebelum itu lakukan juga flushing agar oli yang terdapat pada pipa-pipa akan keluar sehingga pada pipa tersebut benar-benar bersih dari debu/kotoran dan sisa sisa oli yang terdapat pada jalur sirkulasi pendingin itu. Cara vakum kulkas tanpa menggunakan mesin vakum ini bila di dalam AC biasa di sebut vakum body (manual) dan bila pada kulkas di sebut vakum strainer atau vakum lewat lubang saringan karena cara ini lebih mudah tanpa harus punya mesin vakum. Langkah pertama seperti biasanya siapkan alat-alat yang di butuhkan yaitu:
1. Blender gas (Hi cook) *alat ini yang biasa di bawa alkatro buat masak pada saat naik gunung*
2. Methyl sebagai pembersih pipa
3. Refrigerant R-134a, freon yang biasanya di gunakan untuk kulkas.
4. Kawat las dan borax *serbuk agar kawat las dapat menempel pada pipa*
5. Tang Amper meter *jangan ketinggalan*

langkah langkah pengerjaannya:
1. Pada pipa strainer kulkas terdapat 2 lubang pipa kapiler (panjang dan pendek) dan satu pipa yang terhubung ke kondensor kulkas, potong pipa kapiler yang pendek *berikan sedikit lubang udara* tapi ingat sebelumnya sudah di lakukan FLUSHING
2. Pasang tang amper dan selang manifold kuning pada pentil pengisian freon di kompresor guna mengetahui proses pemakuman itu.
3. Hidupkan kulkas agar proses pemakuman berjalan, check pada pipa kapiler pendek yang tadi di lubangi apakah keluar udara atau tidak...? bila belum keluar udara besarkan kembali lubangnya, karena melalui lubang inilah udara yang terjerembam di dalam pipa pipa akan keluar.
4. Ambil wadah kecil untuk tempat Methyl dan masukan pipa kapiler pendek tadi kedalam wadah tersebut, akan terlihat gelembung2 di dalam air methyl tsb tanda udara sudah keluar dan tunggu hingga tidak ada lagi gelembung udara yang keluar dari dalam pipa kapiler ini. waktunya berkisar 80 menit s/d 100 menit *untuk dapat hasil yang maksimal *jika menggunakan mesin vakum waktu relatif lebih cepat*.
5. jika sudah tidak tampak gelembung udara yang keluar itu tandanya pemakuman berhasil namun bila dalam waktu tsb masih ada udara berarti masih ada kebocoran pada pipa yang di las, checking bekas las las-an pada pipa.
6. pemakuman berhasil dapat dilihat pada alat manifold gauge yang menunjuk di bawah nol psi (-30psi) dan pada wadah kecil tsb.
7. Proses pemakuman dengan strainer melalui lubang pipa kapiler ini sudah berhasil tinggal proses terakhir yaitu menutup lubang pada pipa kapiler tersebut caranya begini: - Cabut power kulkas, jepit dengan tang pipa kapiler tsb. pada saat power kulkas di cabut kompresor kulkas tidak bekerja dan otomatis lubang pipa kapiler yang tadi mengeluarkan udara itu akan berbalik menjadi menghisap udara. Biarkan air yang berisi methyl dalam wadah itu terhisap oleh kompresor kemudian jepit pipa kapiler itu sebelum methylnya tersedot semua.., setelah di jepit kemudian potong dengan tang potong.
8. terakhir sumbatlah potongan pipa kapiler tadi dengan kawat las dan blender gas. Proses pemakuman pada kulkas dengan cara manual tanpa menggunakan mesin vakum hanya dengan bantuan pipa strainer sudah selesai sekarang tinggal mengisi freonnya, ISI FREON KULKAS hingga bertekanan 10 psi dan sesuaikan ampere kompresor. Mesin vakum dapat juga di gantikan dengan kompresor bekas yang masih hidup namun sudah tidak layak untuk mesin Air Conditioner. cara membuat mesin vakum dari kompresor bekas.

43 komentar:

Mang Umarr mengatakan...

wah ribet juga ya caranya..
ampe bingung saya.. he :D

fb mengatakan...

Rumit juga ya

Najwa mengatakan...

bener deh susah beri sama ahlinya aja deh

Munir Ardi mengatakan...

Blogwalking pagi nemu ilmu baru disini , selamat pagi mas ipin

Ipin's cool mengatakan...

@mang umar,fb dan najwa
emang susah sob ane juga susah mo jelasinnya nihh hehehhe
@Munir ardi
selamat pagi juga Bang

aryadevi mengatakan...

menyimak kawan, untuk kita perlu tambahan peralatan untuk melakukan hal itu. Tapi paling tidak sudah tahu teorinya ^_^

Ipin's cool mengatakan...

@Aryadevi
paling tidak nntar gak bisa di bohongin sama tukang service hehehe karena sudah tahu teorinya lah...

bolehngeblog mengatakan...

keren infonya...

salam kenal,
Bolehngeblog

pakde sulas mengatakan...

alamaaak ribet banget cak, dari pada pusing 16 keliling alebih baik minta tolong saja pada tetangga sebelah he he he...

moga sukses selalu kawan

karzanik mengatakan...

wah sendiri mah kayaknya ribet....

mending ane mah manggil tukang jasa....

ibnumuksin mengatakan...

kunjunang mesin kulkas rusak

etam grecek mengatakan...

terimakasih atas infonya....
bermanfaat buat saya

aura pelupa mengatakan...

Kalau ini harus dilakukan oleh ahlinya, jangan coba sendiri kalau peralatannya tidak lengkap! ah ngisis sebentar sebelum ketetangga lain!

nuansa pena mengatakan...

Selamat sobat pageranknya sudah 3 kembali, sukses!

nuances pen mengatakan...

Ikut senang pagerank nya naik kembali! Rupanya ada beberapa yang naik, punyaku tetap semua!

aura keyboard mengatakan...

Blog ini dari 3 ke n/a kembali ke 3 lagi dan denai hati dari 4 turun ke n/a dan sekarang juga kembali ke 4 lagi! Bagi rekan yang mengalami penurunan jangan putus asa pasti akan kembali kesemula lagi, saya juga pernah mengalaminya!
Selamat bagi pagerank yang naik!

Membuat Google Auto Redirect Link mengatakan...

wah rumit juga ya mas.. hanya orang yang benar-benar ahli yang bisa.. tips yang mantaf
btw.. selamat atas pageranknya mas :)

Aby Umy mengatakan...

agak rumit juga ya
tp saya simpan tipsnya
sobat...
terimakasih udah mau berbagi :)

media pendidikan mengatakan...

okelah, mantap gan..
semoga tambah sukses aja!!

Ozzys Blog mengatakan...

Yang ahli selalu tau caranya!!
::Salam Blogger::

om rame mengatakan...

habis baca koq maLah jadi puyeng yah om, soaLnya kaLo kuLkas saya rusak Langsung panggiL atau di gotong ke tukang service. hehehe...
terima kasih atas sharenya.

oempak mengatakan...

oooo mungkin ini vakum nya itu di angetin biar ga mampet, gitu kali ya :D

Rizky2009 mengatakan...

mas ipin saya mau tanya, kok kulkas d rumah saya jd g begitu dingin kira penyababnya apa yh mas, kalau bikin es batu butuh waktu sehari penuh agar bisa keras, kl dulu malam dimasukkan pagi udah keras ti beberapa hari ini ko enggak, terus kalau pas buka kulkas kok ada bau g enak, padahal kulkas saya isini juga g banyak

munir ardi mengatakan...

mampir setelah jumatan mas

blogs4funny mengatakan...

terima kasih infonya sob..thanx..

penghuni60 mengatakan...

Agak ruwet jg ya, musti pnya alat2nya.
BTW, saya minjem ama alkatro aja deh blender gasnya..
mana tuh orgnya ya??

wah, lg berendem tuh kepanasan...
:)

ipin mengatakan...

@rizky2009
Kulkasnya 1 pintu atau 2 pintu nihh
Kalu yang satu pintu hanya perlu di ganti 'termostat dingin' dan relay bserta overloadnya saja harganya kisaran 100ribu sob.

Rizky2009 mengatakan...

kulkas saya satu pintu mas, dan kira2 belinya di toko apa yah, dan gimana cara pasang nya ? soalnya d kota saya jarang ada service kulkan, kalaupun ada jauh

Ipin mengatakan...

@Rizki
Biasanya bisa di dapat di toko yang menjual perlengkapan pendingin,AC,mesin cuci kulkas, kalau cara pasangnya tinggal mengikuti kabel yang lama saja *biar gak salah* buat bikin es batu khan sbentar lagi Puasa ramadahan :)

Gamer_GPM mengatakan...

Gile bener dah. Detail sekali. Seperti biasa, benar2 profesional! Sip2,,!
Sepertinya alatnya tidak gampang dicari ya???
Berati kudu panggil tukang service dunk?

harto mengatakan...

Bang Ipin lagi kejar tayang yaaa..., yang kemarin aja ilmunya belum masuk2... eeeh ada lagiii neeh yang lebih njelimet.
hmmmm.... bikin pusing juga yaaa pengerjaannya.
tapi yang penting minimal dah tau akan pernak pernik ac n kulkasnya. trims Bang Ipin atas ilmunya sangat membantu sekali, smg Allah SWT selalu memberikan dan menambahkan ilmu yang lebih banyak lagi pada Bang Ipin n semoga juga orderannya nambah banyaaak.
sukses selalu Bang Ipin...

Artikel Komputer mengatakan...

Saya save dulu sobat. Siapa tahu nanti mem-vakum kulkas saya. Makasi ya!

FAISAL HILMI mengatakan...

wah, bener-bener lengkap titornya. Thanks!

remajaberperan mengatakan...

weleh-weleh.. ribet juga jalaninya...

Anonim mengatakan...

Salam...
Kurang jelas nih...
- Mengenai langkah 7. Proses vakum selesai tinggal menutup lobang kapiler. Sebelum ditutup/las kapiler, cairan methyl dibiarkan terisap masuk oleh kompresor kemudian jepit pipa kapiler tsb lalu las.
- Apakah cairan methyl tsb tidak usah dikeluarkan biar didalam system. Kalo dikeluarkan tahapan gimana?
- Cairan methyl tadi kan sedikit dibiarkan masuk, kalo semua (botol kecil)terhisap, bagaimana mengeluarkannya dan apa solusinya?

thanks

Ipin's cool mengatakan...

@Anonim
maaf kalau gak jelas yahh..maksudnya begini cairan methyl tsb setelah masuk kedalam pipa kulkas dengan sendirinya akan menguap jadi gak perlu ada tahapan untuk mengeluarkan methyl.

Anonim mengatakan...

pagi... bung ipin...

Tentang methyl yang kemarin dijelaskan, saya sudah cukup mengerti. (maklum pemula)

Oke thank's atas tipsnya, mudah-mudahan berguna buat saya dan rekan-rekan lainnya yang ada diforum ini.

Thank's bung iPin atas penjelasannya.

bOnTe mengatakan...

Salam bang ipin

Kemarin saya vakum dengan sistem strainer, seperti dalam artikel ini. saat vakum berjalan ada yang keluar berupa cairan seperti air dan menetes. Apakah cairan tsb? Apakah air dapat masuk kedalam sistem? Bagaimana agar keluar?

Thank's

Ipin's cool mengatakan...

@bOnTe
salam kenmbali
cairan yang dimaksud mungkin oli kompresor, karena kalau itu cairan (air) bisa menimbulkan konslet pada kompresor), air tidak mungkin bisa masuk kedalalm sirkulasi sitem pada kulkas karena pada sirkulasi tersubut hampa udara *hanya berisi freon dan oli refrigerant*

Ipin's cool mengatakan...

@Anonim
oke sobat sama sama semoga saja bisa bermanfaat.

bOnTe mengatakan...

Siang...
Melanjutkan rubrik kemarin tentang pertanyaan saya tempo hari. Jadi saat vakum berjalan (strainer) ada hembusan air (murni air bukan minyak/oli).
(1)Dapat kemungkinan air tersebut masuk dari proses kondensasi akibat kebocoran disekitar evap sehingga terisap dari lobang kebocoran evap tsb dan akhiran air terjebak masuk di dalam evap tapi belum sampai kompressor.
(2)Dalam situasi tadi coba tetap vakum tapi tidak sampai di -30psi, hanya sekitar -24psi. Namun begitu coba sudahi dan pengisian freon sesuai standar. Dan kondisi kulkas normal (dingin dan lengket es, dinding kondensor panas). Namun tidak berapa lama terjadi kebuntuan dievap (tidak ada bunyi desiran gas)setelah dimatikan lama baru dapat noramal dan begitu kembali. Bisa jadi ada air didalam evap sehingga membeku dan menjadi kebuntuan.

Pertanyaan: (1) Kalau memang benar air ada didalam kulkas, bagaimana mengeluarkan air kulkas dengan cara manual (striner) karena saya tidak mempunyai mesin vakum. Atau hanya harus dengan mesin vakum? (2) Apakah boleh vakum tidak sampai -30psi dan hanya sampai -24/-25. Apa dampaknya?

Maaf bung ipin, terlaLu panjang dan lebar. Semoga ini menjadikan ilmu buat semua.

Makasih bung ipin...

Ipin's cool mengatakan...

@bOnTe
Salam sobat

Trims bung sambutannya nihh maaf baru OL menjelang sahur..

Pertanyaan pertama
- Mengeluarkan air yang terjebak di dalam sirkulasi pipa sama dengan mengeluarkan oli, yaitu dengan memakai R11 yang di masukan kedalam pipa kondensor dan pipa evaporatornya atau istilahnya dalam kamus tukang AC di FLUSHING pada saat di flushing bila memang terdapat kebocoran pada evap akan terlihat..,tambal dulu lubang kebocoran tsb dan kembali di flushing.

- Pemakuman yang lebih baik harus mencapai -30psi dan cara ini bisa di lakukan walaupun tanpa mesin vakum, jika tidak bisa mencapai -30 bisa di pastikan ada kebocoran pada instalasi pipa.efeknya bila di fakum kurang dari -30psi hanya menyebabkan pendinginan pada kulkas akan lambat dan tekanan kulkas bisa lebih dari 10 psi yang akan mengakibatkan kompresor cepat panas karena overheat, juga bisa mengakibatkan kebuntuan karena freonnya terlalu banyak (melebihi 10 psi)

kiranya hanya itu yang bisaa ane jawab bung , kurang lebihnya mohon maaf...btw posisis ente di daerah mana yahh..??oke thanks

pay mengatakan...

salam ..
saya sering menangani kulkas LG 1 pintu,masalah nya tidak dingin.
setelah saya periksa, ternyata mengalami kebuntuan akibat oli naik ke evap, setelah saya flushing dg R11 dan sy anggap sudah bersih ,termasuk kapiler dan condensor nya jg. kembali saya las semua titik dan melakukan vakum sampai ke -30psi,lanjut ke pengisian freon sesuai anjuran di atas..
pertanyaan :
1. knapa seblum dingin nya merata, mesin sudah panas tak bisa di pegang, dan sy cek lagi di evap,ternyata oli naik lagi memenuhi saluran evap.
2.setelah ganti strainer,kapiler,dan mesin compresor baru, knapa kejadian nya sama, oli naik ke evap , dingin blm merata malah mencair kembali.

mohon bantuan penjelasan nya om!