Search Tips Information Products and Services

Memuat...

25 Juli 2010

Cara mengetahui kompresor yang bagus

Jika hendak membeli kompresor baru pastikan dahulu lakukan pengetesan di toko atau di rumah, karena bila tidak di test dahulu dan kompresor sudah terpasang/tersambung dengan kondesor dan kondisi kompresor yang baru ternyata kurang memuaskan, kompresor tersebut tidak bisa di kembalikan. *barang yang sudah di beli tidak dapat di tukar* Bagaimana caraya agar kita mengetahui kompresor masih dalam keadaan bagus dan siap pakai..?? Hal pertama yang perlu di lakukan adalah: Ukur ketiga tanahan terminal SCR ke body compressor dengan multi tester skala ohm (Ω) 1x ohm, jika ada tahanan dan jarum bergerak keatas berarti kompresor tersebut sudah jelek *No Good* contact body atau konsleting, jika jarum tidak bergerak saat di hubungkan ke compressor body berarti kompresor dalam kondisi bagus. 

Lakukan pengetesan kompresor secara manual sebelum di Las untuk mengetahui seberapa besar tekanan dan hisap nya pada kompresor yaitu dengan cara menekan dengan tangan pada pipa tekan kompresor dan pipa hisap kompresor.  

cara melakukan pengetesan kompresor melalui pipa tekan yaitu pada saat kompresor di hidupkan tekan dengan tangan pada pipa tekan berulang-ulang *buka..tutuup* selanjutnya tutup dengan tangan pada pipa tekan *jangan di lepas* kemudian cabut power kompresor, pada saat kompresor mati tekanan pun hilang namun pada kompresor ini masih terdapat sisa kompresi udara, lepaskan tangan yang menutupi pipa tekan tadi, jika pada saat itu kompresor masih mengeluarkan sisa kompresi udara berarti kompresor masih bagus.
Cara mengetahui pengetesan kompresor melalui pipa hisap yaitu caranya sama dengan pengetesan kompresor pada pipa tekan, hanya perbedaanya pada pipa ini jika pada saat kompresor sudah tercabut dari powernya tangan yang menutupi pipa hisap itu akan terus menempel *terhisap kompresor* Jika di antara kedua hal tersebut di lakukan maka akan terlihat kondisi kompresor itu baik atau bagusnya dan siap di pasang. Tanda jika kompresor tersebut NO Good adalah pipa tekan kompresor pada saat di tutup akan keluar udara pada pipa hisap begitupun sebaliknya jika pada pipa hisap kompresor tertutup dengan tangan dan tangan kita tidak merasakan hisapan yang kuat dari kompresor itu juga bisa menandakan kompresor itu tidak layak di pasang. Jikalau kita sudah mengetahui kondisi kompresor seperti gejala tadi lebih baik jangan di pasang karena hasil pendinginan yang di capai kompresor tidak akan maksimal. 

Untuk mengetahui kompresi kompresor masih bagus pada Outdoor unit Air conditioner (AC)
 


- Hidupkan AC tunggu beberap saat hingga outdoor mendapat supply arus listrik -


- Pasang tang amper pada salah satu kabel di kompresor apakah sesuai dengan standarnya 


- Pasang selang manifold warna biru pada pipa hisap (low pressure) atau pentil pengisian freon - Pasang selang manifold warna merah pada pipa tekan (high pressure) Meter yang berwarna merah pada manifold adalah untuk mengukur tekanan tinggi/high presure 0-500 psi, sedangkan meter yang berwarna biru adalah untuk mengukur tekanan rendah/low presure 0-150 psi. 


- Manifold meter warna merah terpasang pada pipa tekan atau telah terpasang pada drat nepel 1/4 (untuk pengecekan compressor yang berada pada outdoor unit) dengan kran manifold tertutup penuh, jika jarum meter terus bergerak minimal 300 psi pertanda kompresinya masih dalam keadaan bagus.
- Manifold meter warna biru terpasang pada pipa hisap yaitu pada pentil pengisian freon jika jarum meter menunjuk pada posisi 50 psi s/d 75 psi berarti kompresor masih bagus (tergantung banyaknya isi freon

"Khoirunnas manfaunnas" (Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia)

20 komentar:

Mat Odis mengatakan...

Bberapa waktu yang lalu ane beli kompresor baru pas di check ternyata kompresornya jelek *gak layak di pakai* padahal masih gress,,..amper terlalu tingggi pada saat test beban kosong, harusnya sih kompresor 3pk beban kosong cuma 3,5 s/d 4 amper tapi ini mencapai 8 amp. komfirmasi ke toko *balikin* tukar yang baruu..

kebookyut mengatakan...

kalo keboo uda pnya rumah n mau beli perabotan, blognya mas ipin yg pertama keboo bolak balik...
mas ipin kerja dmana, bs tau tips trik alat2?

Gamer_GPM mengatakan...

lagi2...
kasih tips dan trik yang keren. bener2 dalem banget ilmu perawatan ac-nya mas ipin..
setelah saya baca yang ini, saya mudeng..hehe..
tp gbs prakteknya hehe

harto mengatakan...

mumpung belum brangkat cari duit komeng dulu disini, baca2 dulu di rumahnya Bang Ipin. kayaknya Bang Ipin lagi kecewa nih gara2 beli kompresornya yang baru tapi ga layak pakai...

"Khoirunnas manfaunnas" (Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia).... naaah yang ini niih saya setuju banget, seperti Bang Ipin yang dengan ikhlas mewariskan ilmu2nya kepada para pembaca sahabat blogger yang ada.
trims atas ilmunya niih, sukses selalu n tetap semangat

Barangsiapa ditanya tentang suatu ilmu lalu dirahasiaknnya maka dia akan datang pada hari kiamat dengan kendali (di mulutnya) dari api neraka. (HR. Abu Dawud)

Orang yang paling pedih siksaannya pada hari kiamat ialah seorang alim yang Allah menjadikan ilmunya tidak bermanfaat. (HR. Al-Baihaqi)

Saling berlakulah jujur dalam ilmu dan jangan saling merahasiakannya. Sesungguhnya berkhianat dalam ilmu pengetahuan lebih berat hukumannya daripada berkhianat dalam harta. (HR. Abu Na’im)

Ferdinand mengatakan...

Wah mantabz Tips'y Sob... aku save dulu nie cara2 yg sobay kasih..... thnx 4 share Sob......happy blogging!!!

Ipin's cool mengatakan...

@All Sobat
Terima kasih sahabat semua kunjungan dan komentarnya jadi membuat semangat untuk kami lebih dapat memberikan ilmu yang bermanfaat

Mari Berbagi mengatakan...

WEH2 Kayanya bisnis service Ac cerah nih bos...

nuansa pena mengatakan...

Semoga kita termasuk sebagai "Khoirunnas manfaunnas"

VAN MOVIC mengatakan...

sip...sip..
ilmu bagus untuk perbekalan nanti kedepannya..

kabuurrr

Bunglon Blog Indonesia mengatakan...

ternyata emang mesti melakukan beberapa tahap untuk mengetahui bagus tidaknya kualitas kompresor, thanks buat sharingnya kang
Sukses Slalu!

Jabon mengatakan...

waduchhhh ngak tau soal ginian, tapi oke nich...
bisa tengok blog ini kalo mo beli kompresor

Jabon mengatakan...

terus yang paling bagus kualitasnya atau yang biasa di pake banyak orang yang merk apa yach??

cahsiji mengatakan...

nice info...
god luck!!

alkatro mengatakan...

mangstab.. perlu teliti sebelum membeli.. sandy harun jualan kayu: maturnuwun alias teng kyu... maaf baru nongol listrik disco tralala..mo macul dulu mas.. berangkaat.. mbreem.. mbreem..

Ferdinand mengatakan...

Sob aku mau tanya nie.... temenku ada yg punya Warnet nah terus AC'y tuh susah banget ngidupinnya klo pC udah pada nyala... apa listriknya berpengaruh apa gimana tuh Sob>>???

munir ardi mengatakan...

semoga setelah membaca ini semua bisa beli kompresor yang baik

Ipin's cool mengatakan...

@Ferdinand
Biasanya kalu AC susah di hidupkan ada masalah pada remote ac atau receiver remote yang ada di indoor ac, coba saja dengan cara manual *buka cover push on off nya* tapi kalau yang ini sepertinya masalah di listrik pada tegangan nya yang kurang dari 220volt sehingga mengakibatkan AC tak mau hidup karena terlalu banyak pemakaian arusnya.coba pakai auto voltage regulator
atau bisa juga temostat dan termisnya yang sudag rusak sehinggga AC tak mau hidup.

Saung Web mengatakan...

Wah bagus sekali nih sob.. sy awam sekali sing penting mobilku dingin aja kebetulan dekat rumahku ada servive AC tuh

Andy Suci Rhapsody mengatakan...

Mau nanya nih bang.
AC dirumah ane merk sharp 1pk.
ACnya sih dingin. tapi kok body outdoornya pas ane pegang ada setrumnya ya. tu kenapa ya?
tolong solusinya

Andy Suci Rhapsody mengatakan...

Mau nanya nih bang.
AC dirumah ane merk sharp 1pk.
ACnya sih dingin. tapi kok body outdoornya pas ane pegang ada setrumnya ya. tu kenapa ya?
tolong solusinya