Search Tips Information Products and Services

Memuat...

15 Juli 2010

Cara mengisi freon kulkas

Dalam hal pengisian freon kulkas ini tidak sama pada pengisian freon air conditioner, pada saat pengisiian freon kulkas di perlukan ketelitian dan hati-hati karena pada sistem kukas ini terdapat pipa kapiler yang lebih kecil ukurannya dari pipa kapiler AC bila salah dalam pengisian freon kulkas bisa mengakibatkan kebuntuan freon pada pipa kulkas. nah bagaimana cara pengisian freon pada kulkas sesuai prosedur yang biasa di lakukan tukang service kulkas.
Alat alat yang di perlukan untuk mengisi freon kulkas
1. Siapkan freon kulkas R-134a atau MC 134 (produk MUSIcool)
2. Manifold gauge
3. Mesin Vakum
4. Methyl (cairan pembersih kulkas)
5. Mesin Las/ hicook tabung 6. Tang Amper Perlekapan untuk mengisi freon kulkas sudah siap tinggal prakteknya...
1. Pasang selang manifold warna kuning pada mesin vakum dan selang manifold warna biru pada pentil kompresor kulkas. " kompresor yang akan di isi freon harus di vakum dahulu untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada proses pendingin nya karena bila tidak di vakum terlebih dahulu kulkas tidak bisa dingin dan kompresor akan cepat panas, lakukan pemakuman kompresor kulkas sama halnya dengan cara memvakum kompresor AC"
2. Setelah prose pemvakuman pada kompresor selesai +30 menit dan penunjuk pada meter menunjuk di bawah 0 psi / -30psi kompresor sudah siap di isi freon kulkas, pasang selang manifold warna biru pada pentil kompresor *pipa pengisiian freon* dan selang warna kuning pada tabung freon kulkas.

3. Harap di perhatikan pada saat mengisi freon kulkas jangan terlalu membuka full kran manifold bukalah pelan-pelan dan sedikit demi sedikit *buka tutup kran* jangan melebihi batas 10 psi
4. Pada saat pengisiian berjalan sambil di check pada body kulkas rasakan kehangatannya pada sisi kulkas, bila sisi kulkas terlalu panas jangan di teruskan pengisiannya "STOP ", periksa kembali jalur pipa kapiler dan strainer. Bila sisi kulkas teransa hangat hangat kuku LANJUTKAN isi freonya, kulkas hangat pada sisi l;uar menandakan sirkulasi freon pada kulkas normal.
5. Pasang tang amper meter pada kabel kompresor untuk melihat ampere nya sesuaikan amper meter seperti yang tertera di balik kulkas (name plat)ampere kulkas biasanya 0,5 hingga 0,9 ampere tergantung besar kecilnya kulkas. bila ampere kompresor sudah melewati batas standart berarti kompresor sudah lemah.

6. Bila freon kulkas sudah mencapai tekanan 10psi *dengan alat ukur freon* tutup kran pada tabung freon kulkas dan kran manifold gauge. Untuk memastikan apakah pengisisan freon ini berhasil matikan kulkas dulu dan perhatikan jarum pada manifold gauge.
7. Jarum manifold gauge pada saat kulkas di matikan angka menunjuk pada angka 50 psi hingga 100 psi., berarti sirkulasi freon berjalan dengan baik namun bila jarum pada manifold tidak berubah (tetap pada angka 10 psi) berarti sirkulasi freon tidak normal, buang freon nya dan lakukan kembali dari awal.
8. Setelah kulkas di matikan dan tekanan freon di lihat normal pada manifold gauge nyalakan kembali kulkas tapi ingat setelah 5 s/d 10 menit baru kulkas tersebut boleh di hidupkan. *aturan baku dari pabrikan kompresor kulkas* Sebelum kulkas di isi freon lakukan flushing terlebih dahulu setelah itu di vakum dan baru di lanjut isi freonya, Saat pengisian freon kulkas di butuhkan kesabaran dan rilex sambil nyeruput kopi dan menikmati hidangan yang di sajikan pemilik kulkas. Bila ada kesulitan dalam melakukan pengisian freon kulkas kami siap membantu anda.. "siap melayani 24 jam, Damai itu indah" kata Pak Pulisi *damai yang bagaimana nihh...??*

61 komentar:

Rizky2009 mengatakan...

kalau soal beginian aq masih kurang begitu paham mas ipin, tp tetep cool

nuansa pena mengatakan...

Seperti biasa aku pasrahkan yang ahlinya! Ketempatnya bang Ipin terlalu jauh, biaya kesananya bisa buat beli kulkas baru! ha ha ha ha

nuances pen mengatakan...

Trims paparannya tentang pengisian freon pada kulkas!

van mengatakan...

sama kayak bro rizky...hehe
preon aja kagak tahu... :D

oempak mengatakan...

pernah waktu itu aku mau coba ngisi freon sambil dibantu tukangnya, dan hampir sama caranya kek diatas

FB mengatakan...

ALat-alatnya bisa dibeli dimana ya?

arfi mengatakan...

mantep mas ipin tutorialnya tentang kulkas,,, hehe

rizal mengatakan...

thx infonya,,,tapi masih belum mengerti,,,hehhe

syahidacomputer mengatakan...

Wihh keren bang infonya ... tetapi aku tetap gak bisa ngerjainnya, tetep butuh tenaga yang ahli dibidangnya seperti Bang IPIN.
Sekalian mo tanya nih ... defaultnya, freon di kulkas itu akan habis sampai berapa tahun ya bang ???

pakde sulas mengatakan...

alhamdulillah kulkas pakde apik-apik wae sehingga belum perlu mengisi freon ulang, kalaupun nanti harus mengisi ulang tinggal panggil tetangga sebelah karena profesinya memang teknisi ac dan kulkas he he he....

munir ardi mengatakan...

seandainya mas ipin deket sini maka dua kulkas ku yang kehabisan freon masih akan berfungsi

Ferdinand mengatakan...

Wah aku ga berani ah Sob... takut hhe.... mendingan serahin ke yg berpengalaman aja kaya SObat

ibnumuksin mengatakan...

blogwalking

julie mengatakan...

info yang bermanfaat
pastinya!

Ipin's cool mengatakan...

@all sobat thanks kunjungan dan komentarnya
@syahida > Secara default nya sih freon kulkas itu gak akan habis bila tidak terjadi kebocoran pada sirkulasi pipa-pipanya namun bila kulkas tidak dingin dan masalah terletak pada kebuntuan freon dengan sangat terpaksa freon harus di buang dulu kemudian di baru di isi freon lagilagi.

alkatro mengatakan...

mantaps tipsnya mas.. langsung bisa praktek kalo ada temen butuh bantuan .. (sambil nyontek disini)xexex.. maturnuwun

SyahidaComputer mengatakan...

Tengkyu perimat Bang... jadi lebih paham akan kulkas ato ac sejak bersahabat dengan mu.... thanks a lot ....

mixedfresh mengatakan...

mas aku jadi penasaran, ciri2 kulkas yang kehabisan freon kaya gimana ya? thanks

Ozzys Blog mengatakan...

@mixedfresh : tentunya yang cuman bunyi terus tapi enggak dingin-dingin

betul ga mas admin...:)

Lina Marliana mengatakan...

klo ini sih aku serahkan pada ahlinya aja deh bang.. maklum ga mau repot2..hehehe..
But thanks dah berbagi ilmu..:)

Bunglon Blog Indonesia mengatakan...

hmmm ternyata membutuhkan banyak tahap untuk mengisi freon kulkas, tapi saya belum pernah ngliat secara langsung kang penasaran juga seperti apa prosesnya
Sukses Slalu!

mx axrom mengatakan...

banyak juga langkahnya ya sob,perlu dicoba nih kalo sudah abis,thanx infonya...:)

moenas mengatakan...

kayanya bahasan AC udah habis ya brow?....
jadi kulkas deh, wkwkwk...
tapi mantabzzzzzz atas sharingnya brow

padli mengatakan...

gue takut meledak kulkas nya coz gue gak ngerti..gue serahin ke abang ipin aja lah..tenang aja ada uang tips nya..

Piet Puu mengatakan...

Assalamualaikum.. mampir pagi sambil anter sarapan bang ^^

elogirl.com mengatakan...

kunjungan balik mas,, iya mas.. blog aku kan tema nya girly jadi walaupun artikelnya asuransi harus tetep ad gambar cewek2 cantiknya.

FAISAL HILMI mengatakan...

Wah, lau ngurusin ini sih, Q serahin ma ahlinya deh!

tejo mengatakan...

ooo ternyata kulkas ada freonya baru tahu..
klo freon diganti bantal ama guling gimana tu kekeke

munir ardi mengatakan...

selamat sore mas ipin

Ipin's cool mengatakan...

@someone di pasuruan surabaya
Hasil service kulkas yang belum dapat mencapai titik dingin yang maksimal pada kulkas ini bisa di sebabkan karena pada saat penggantian kompresor pada jalur pipa kapiler dan evaporatornya masih terdapat sisa sisa oli.,meskipun sudah di isi freon R134a hingga 20 psi. bila tidak ada R11 mungkin bisa menggunakan spirtus *alternatif lain*
namun jika menggunakan spirtus ini harus hati-hati karena dapat terbakar. jika R11 bahannya tidak mudah terbakar

hajjar mengatakan...

salm kenal mas,tulisanya oke,dan bermanfaat,saya mau tanya dalam proses pemfakuman apkah kulkas dalam keadaan mati atau hidup dan apakakh dalam pengisian freon R134a apakah tekanaaya sama contohnya freZer
#####Terimakasih######

Jantung mengatakan...

Salam kenal mas ...bs minta tolong ajarin saya cara isi freon beserta gambarnya gak ? baru mau blajar servis kulkas email saya marsidi.fc@gmail.com

Ipin's cool mengatakan...

@Hajjar
Dalam pemakuman kulkas bila di lakukan secara vakum body maka pemakuman di lakukan pada saat kulkas hidup, namun bila pemakuman menggunakan mesin vakum maka pemakuman di lakukan saat kondisi kulkas dalam keadaan mati.

dalam pengisisan freon kulkas R134a tekanan freonnya jangan melebihi batas ampere kulkas. (current amper ada di nameplat kulkas)

Ipin's cool mengatakan...

@Jantung
waktu itu cara pengisian freon kulkas dan pengisian freon ac sudah saya upload gambar2nya lengkap namun karena ada pihak yang tidak bertanggung jawab mengambil gambar dan isi artikel ini tanpa ijin terlebih dahulu ataupun melampirkan sumbernya maka gambar2 tersebut saya hapus semua dalam blog ini.

Anonim mengatakan...

Imfox sangat bermamfaat. Salam kenal. Mo tax . Gimana cara bersihkan evaporato n kapiler dgn R11

Ipin's cool mengatakan...

@Anonim
baca disini broocara bersihin pakai R11

aji dwi prasetyo mengatakan...

mas, ada nomer kontak enggak? bisa minta bantu mengisi freon di lemari es saya?

Admin mengatakan...

nomor kontak di page about me

kevin mengatakan...

mas mau nanya nich, pentil tempat pengisian freon pada kompresor kulkas d mana letakny?
sebelumnya terima kasih mas buat info yg bermanfaat. smoga mas sukses selalu

Admin mengatakan...

@Kevin
Pentil buat pengisiian freon kulkas di buat sendiri Mas, kalau asli dari pabriknya memang belum ada pentilnya.

kevin mengatakan...

mas, kemarin sy cb isi freon kulkas 1 berhasil, terus isi kulkas 2 krna bocor udah saya tambal evaporatornya, tapi dinginnya yg ada bunga esnya kok bagian atas aj, tempat yg sy tambal ga' mau dingin dan esny ga' mau jd batu. yg bocor bagian bawah. tlg donk mas penjelasannya. yg py kulkas dah ngomel2.
kevinmulti@ymail.com

Admin mengatakan...

Mas KEvin biasanya dalam pengerjaan flushingnya masih kurang bersihhhh tuhh ulangi saja flushingnya..agar lebih bersih evap di copot dulu dari sarangnya

kevin mengatakan...

nyopot evaporatornya itu yg sy blm prnh mas, itu kan bahannya alumunium, trs masangnya lg gi mana.....mas ?

Admin mengatakan...

@Kevin
memang berbahan alumunium tapi da tembaga kira 5 cm sebagai perantaranya, nah tinggal di buka dengan Las pipa kondesor dan kapiler yang terhubung ke evap mas. mudah kok nyopot evap kulkas asalkan ada alat las jangan pakai las kalengan.

kevin mengatakan...

terima ksh ya mas atas infonya. oya mas, maksud las kalengan apa ya..., emangnya knpa pki las kalengan? ga' bs ya mas....

Admin mengatakan...

las kaleng yang buat masak itu hicook harganya 10ribu

ashcole19 mengatakan...

mas posin gambarnya donk sekalian biar lebih jelas..
tengkyu yow... :D

idola servis mengatakan...

mau nanya mas, utk kulkas yg kecongkel evapnya trs olinya naik ke evap gimana cara nge-brushnya yg efektif dan mudah, krn selama ini cara yg sy lakukan dg cara melepas evap baru di brush diluar, kesulitan yg sering sy alami pada saat memasang kembali kadang kesulitan krn pipanya terlalu pendek

nauval servis mengatakan...

mas saya mau nanya saya ngisi freon kulkas polytron PR-218SG kok mampet trus ya padahal sudah sesuai prosedur apa karena ga pake metyl, kalau salah freon pakenya yang berapa saya pake freon 134a?

firmanzeri mengatakan...

brapa no hp nya mas brother
kirim kirim sms nya mas mohon bantuanya SMS : 0853 6324 1036

Mohon pencerahaan nya soal nya lewat internet tersa kurang akrap kalau tdk saling kenal

sms ya mas bro ... moha sagat

Admin mengatakan...

@idola service copot strainer nya aja mas, setelah di tambal lakukan flush melalui pipa tekan dan keluar lewat kapiler (cara itu bisa dilakukan jika pipa evap pendek dan sulit memasangnya lagi)
@naufal pasti ada yang salah mas kemungkinan besar mampet pada pipa kapiler kulkas, dan pada saat pegisian freonnya sedikit2 saja.
@No hp ada di page aboutme bro

hermanto mengatakan...

pa saya pemula saya mau tanya pa kalo kulkas yg menggunakan freon r600a tekanan maksimumnya berapa pa thank's

Maxdank06@yahoo.co.id mengatakan...

Mas kevin... Sy mo nanyak nih...? kulkas klau sekat freon yang diruang pendingin ny bocor kenak obeng apa bsa d tambal pake lem dexton 5 menit kering ga!? makasi...

Bams Razor mengatakan...

ada lem khususnya namanya LA-CO heat-seal stik epoxy sealer

aq jg sdh pake bagus hasilx... skrg tgl cara isi freonx... soalx gk mau dingin bgd...

Joel Vincent mengatakan...

gan ,gimana caranya mengisi freon pada kompressor kulkas yg byk jalir pipa nya... sy bingung karna ada satu pipa yg tidak tersambung dan sy coba mengisinya dari pipa tersebut, seharusnya kan freon yg kita isi harusnya tersedot kan gan, tp yg ini knp yah kok malah membuang... maaf gan masih pemula and masih butuh pengalaman... mohon bantuan nya gan... trims..

Joel Vincent mengatakan...

maaf gan tadi ada yg kurang... kompressor kulkas yg biasa sy lihat pipa nya cuman 3, 1 jalur buang, 1 jalur hisap dan 1 lg pipa untuk mengisi freon... nah yg ini gan ada 5 pipa dia nya... dan aneh nya stiap di tambah freon jarum manipol nya itu gak mau turun yg ada malah tambah naik... mohon bantu gan... trims

sutini kurnianta mengatakan...

mas kulkasku ga bisa dingin lagi karena aku tusuk2 pake pisau waktu mau ambil es, waktu itu kulkasnya ngeluarain suara seprti bunyi gas zssssst gitu, apa itu termasuk kebocoran freon??? dan apa cukup dgn mengisi freonnya aja atau ditempel pd yg bocor tp secara kasat mata sih ga ada yg bocor....terimakasih atas infonya...

mochammad aby mengatakan...

knpa compresor cpat panas pada sa'at peng!sian freon.. Pdahal baru sedikit yg masuk

Anonim mengatakan...

Wah malpraktek itu bang, jalur freonnya ketusuk pisau dan bocor.

Aldy rif mengatakan...

Apakah setiap penggantian kompresor harus dilakukan pemVakuman terlebih dahulu ? Bagaimana efeknya kalo tidak ? Soalnya teknisi dirumah ketika menggantikan kompresor baru tidak melakukan pemvakuman, sehingga show casenya kurang dingin banget. Mohon pernjelasannya. Tks

bieng mengatakan...

Makasih mah dah bgi bagi ilmunya ....