Search Tips Information Products and Services

Memuat...

1 Agustus 2010

Overload Motor Protector

Pada Bagian bagian AC yang terdapat di OutDoor unit yaitu Overload AC, Overload Motor Protector pada AC ini merupakan alat pengaman kompresor, yang berfungsi memutus arus yang mengalir ke kompresor pada saat kompresor mengalami panas. Cara kerja Overload ini di kendalikan oleh sensor panas yang terbuat dari campuran bahan logam dan bahan non logam (bimetal). Batang Bimetal inilah yang membuka dan menutup arus listrik secara otomatis ke motor listrik (kompresor). Ketika bi,metal ini di lewati arus tinggi secara terus menerus atau kondisi kompresor yang terlalu panas, bimetal ini akan terbuka sehingga arus listrik menuju kompresor akan terputus, ketika suhu kompresor sudah mulai turun (tidak terlalu panas) maka bimetal yang terdapat pada overload ini akan menutup kembali sehingga kompresor dapat kembali bekerja. Overload Motor Protector ini biasanya terdapat pada kompresor bersebelahan dengan Terminal SCR. Peletakan Overload ini ada dua macam Internal overload dan External Overload. Pada Internal overload biasa di pasang pada kompresor 2PK keatas sedangkan External overload ini di gunakan untuk kompresor kecil 2PK kebawah. Gambar overload yang ane tampilkan itulah Overload external, kalau yang Internal belum pernah MOTO karena letaknya yang didalam kompresor *repot harus belah duren kompresor * Apabila kompresor dalam keadaan panas secara otomatis overload akan terbuka, sehingga kompresor tidak bekerja jadi hanya kipas outdoor saja yang berputar/jalan alhasil ini mengakibatkan AC tidak bisa dingin karena kompresornya mati tunggu beberapa saat hingga Overload ini menutup kembali, jika overload ini tidak berfungsi ane sarankan ganti saja dengan yang baru jangan di sambung langsung ke Terminal SCR tetap harus melewati overload ini sebagai pengaman. oke.. sekian dulu dan terima kasih

26 komentar:

FB mengatakan...

Wah kalau yang ini benar-benar enggak ngerti sama sekali.. Thanks info-infonya sob.. Biar nanti kalo ngomong sama orang AC bisa nyambung he he...

aura keyboard mengatakan...

Ganti tampilan lagi rupanya, mantab!

nuansa pena mengatakan...

Lama-lama jadi paham akan komponen ac selama mampir di blog Bang Ipin, uraiannya mudah apalagi disertai gambar! Artikelnya sip tenan!

rezKY p-RA-tama mengatakan...

mas servis charger gimana mas?
masak kudu lembiru,,,

Ipin mengatakan...

@FB
iya sob buat nambah wawasan
@Mas Akhmad
Trims Mas moga aja bisa di pahamin dengan bahasa kampoeng nihh :)
@Rezky pratama
kalo service charger laptopnya ane blom paham tuh sobb

Dhana/戴安娜 mengatakan...

salam sahaabat
ehm jadi gitu yach mas ipin kalau yang pada elementnya ada yang teyeng alias nerubah warna berpengaruh ga yach????jawab di tempatku hehehe

blogs4funny mengatakan...

wah perlu dipelajari lebih lanjt nie sob,thanx informasinya ...

harto mengatakan...

tampilannya bikin sejuk aja ...
walaupun mengikuti pelajaran yang diberikan nambah pusiiing namun tetap sedikit demi sedikit jadi paham, karena kemurahan dan keikhlasan bang Ipin dalam meberikan pelajaran yang ada.
trims atas ilmunya, sukses selalu n tetap semangat

Naruto Soundtrack mengatakan...

numpang baca dlu y, kunjungn pertama nih gan..

Naruto Soundtrack mengatakan...

sob, link mu sdh stand by di blog.. link balik y. makasih :D

NURA mengatakan...

salam sobat
jadi tahu letak overload motor protector ternyata bersebelahan dengan terminal SCR.
trims sharing dan ilmunya mas Ipin.
semoga makin sukses.

pakde sulas mengatakan...

ini seperti strika otomatis ya kang? jika terlalu panas maka aliran listrik akan terputus jika dingin maka akan nyambung lagi secara otomatis

fb mengatakan...

Thanks sob.. linknya juga udah kumasukkan ke tautan.

Ozzys Blog mengatakan...

:Salaman dulu kang::
wah makin hari makin tambah kenal kulkas saya, biasanya cuek2 aja, setelah baca postingan di sini jadi sedikit tahu deh soal kulkas, malah kadang sok tahu pake bilangin temen segala, he he padahal dari baca di sini :D
::Salam Blogger::

Ferdinand mengatakan...

Biarpun aku ga mudeng tap9i kayanya Overload Motor Protector ini punya peran yang penting ya Sob .. soalnya kata sobat alat ini yg mengontrol panas......

wah jadi tambah ngerti nie hhe...

Semangat n happy blogging Sob... maaf bgt aku telat...

pasang iklan gratis mengatakan...

wah..ini baru postingan hebat makasih sob..

pakde sulas mengatakan...

pakde baru sadar neh, kalo bajunya ganti ya?

moga sukses selalu

Jiox mengatakan...

overload motor protector fungsinya mirip termostat di mesin tetas, harap maklum di kampung dulu pernah dolanan netasin bebek pake listrik he he.. update postingnya kagak nahaan..

Naruto Soundtrack mengatakan...

oh, y sob linkku mana yach, koq gk keliatan..??

osi mengatakan...

saya orang awam g ngerti hal Overload Motor Protector...

Saran nih mas ipin, mengapa gak di cantumkan maksud tujuan posting ini Overload Motor Protector | Cara Mengatasi AC Yang tidak berfungsi (tidak dingin)....

Mas Ipin harus bisa menjadikan diri mas ipin lah yang mencari info jawaban di mesin pencari.

Anggaplah saja saya mencari info yg saya hadapi karena AC saya rusak atau tidak mau dingin.
Saya tidak akan mengetikkan kalimat "Overload Motor Protector" krn sy tdk mengerti dgn kalimat tersebut.
Saya akan ketik :
* Penyebab AC tidak dingin
* Cara mengatasi AC yang mati

Beda halnya si pencari info sebidang dgn mas Ipin, pasti dia akan mengetikkan "Overload Motor Protector". ( Selamat ya mas...postingnya masuk di hal 1 Google)

Perlu di ingat jg mas Ipin...jumlah org awam akan AC lebih banyak lho di banding org2 yg bergerak di bidang mesin....

maaf nih mas...jd banyak bacot di sini :D...hehehehe

semoga saja bermanfaat mas ~_*

Saung Web mengatakan...

hai sob kalau berkunjung kemari.. adem bener nih blognya.. abisnya AC nya bagus sih .. hehe

pasang iklan gratis mengatakan...

met pagi sobat blogger..

Anonim mengatakan...

penjelasan anda menguatkan informasi yang saya peroleh sebelumnya terkait "rewelnya" dua unit AC di rumah dengan gejala yang sama yaitu kompresor terlalu lama off padahal kipas di outdoor tetap berputar. akibatnya temperatur kamar menjadi tidak stabil (dingin-panas-dingin),, terima kasih

Anonim mengatakan...

mas ukuran pipa kapiler ac 12 pk berapa ukuranya mohonbantuannya

Anonim mengatakan...

mas ukuran pipa
kapiler ukuran 12pk brapa

Ade Fathurrahman mengatakan...

terimakasih atas informasinya ya
informasi itu sangat membantu saya dlam mmbuat tugas