Laman

Search Tips Information Products and Services

8 Juni 2009

Masalah yang terjadi pada AC split



FLUSHING (Membersihkan Jalur pipa AC,Indoor & outdoor)

AC yang pernah mengalami kebocoran di pipa-pipa biasanya akan menyebabkan oli pada kompresor naik ke jalur pipa dan mengendap pada indoor juga pada pipa, endapan oli inilah yang mengakibatkan sirkulasi freon menjadi tidak lancar walaupun kebocorannya sudah dapat teratasi, AC tidak akan dapat mencapai suhu 20 c , ada cara untuk mengembalikan AC kembali normal seperti baru yaitu dengan cara di Flushing bagaimana cara mengatasi Ac mampet?? sebelum kita memvonis AC mampet terlebih dahulu kita kenali dulu gejala-gejala yang timbul akibat AC mampet. 
1. Ukur dengan Manifold gauge, jarum pada manifold tidak stabil (kadang naik turun) 
2. Terdengar suara berisik (suara desiran air)pada indoor bila terdapat gejala tsb segera hub service AC terdekat karena bila di biarkan akan mengakibatkan kompresor rusak.  


Cara Flushing Mengatasi AC mampet 
• Bersihkan AC dan jalur pipa yang menghubungkan antara ke indoor dengan cara di Flushing.


Cara Flushing AC : - pasang manifold, selang kuning pada pipa yang akan di flushing (pipa kecil) hubungkan selang warna biru pada tabung freon Gunakan freon R11 untuk mengangkat oli ataupun kotoran yang mengendap pada jalur pipa, pasang selan warna merah pada tabung freon R22, buka tabung R11 dan kran (terbuka penuh) agar R11 dapat mengalir ke dalam pipa, setelah R11 masuk kedalam pipa tutup kembali kran dan tabung R11, lanjutkan dengan membuka tabung freon R22 dan kran selang warna merah untuk mendorong R11, tutup dengan tangan pada pipa besar tekan dengan kuat sampai bertekanan tinggi kemudian lepas dan tutup lagi, oli akan larut dengan R11 (lakukan berulang-ulang hingga tidak ada sisa freon R11). lakukan cara tsb sampai benar-benar tidak ada lagi oli pada jalur pipa.


Flushing Outdoor dengan R11. Cutting pipa highpres & lowpres yang terhubunng ke kompresor (untuk menghindari R11 masuk kedalam kompresor) kemudian lakukan flushing seperti cara di atas, jangan lupa ganti filter dan pipa kapiler dengan yang baru. Setelah AC di flahing outdoor & indoor juga jalur pipa yang menghubungkan keduanya pasang kembali AC sebelum di isi freon lakukan vakum pada kompresor agar tidak ada udara yang terjebak di dalamnya yang mengakibatkan AC tidak akan dingin walaupun sudah di flushing. bila cara tersebut susah untuk di lakukan jalan satu-satunya membeli AC yang baru pasti dingin nya mak nyosss..

331 komentar:

1 – 200 dari 331   Lebih baru›   Terbaru»
Anonim mengatakan...

mohon bantuan pak...
ac saya panasonic 3/4 pk th 2007. sudah tiga bulan ac terdengar seperti suara fan yang bersentuhan dengan casingnya namun ac dingin...tp hari ini setelah di service suara itu makin kuat...menurut tukang service krn klahernya mulai habis.... apakah itu yng dimaksud dgn suara indoor...apakah suara yg muncul benar dari klaher? terima kasih

Unknown mengatakan...

mohon bantuannya...
saya sehabis service ac saya karena tidak dingin. tapi setelah diservice bukanya udara dingin yg saya dapat, tapi melainkan ac yg seperti kipas angin saja tidak aja udara dinginnya. masih mending sebelum diservice. apakah ini kesalahan pihak service ac? mohon bantuannya pak. terima kasih

Anonim mengatakan...

nanya pak, pak ac saya panasonic 1 pk. tidak mau dingin dan kompresornya panas sekali. kenapa ya pak.?

Admin mengatakan...

@anonim 1: benar kata tukang service anda,Outdoor yang mengeluarkan suara seperti berdenyit kemungkinan besar bearing fan sudah rusak ganti dengan yang baru sesuai typenya, bila tidak segera di ganti fan akan macet dan kompresor akan cepat panas berakibat fatal bisa jebol mas.
@Yandri: Sett pada remote anda sudah benar pada posisi Cool belum??kalau sett remote sudah benar kompresor tidak bekerja (overload) apakah tukang service anda menambah freon pada AC anda? jika iya kurangi tekanan freon nya dengan cara membuka pentil pada pipa besar buang sedikit2 freonnya.karena bila kelebihan freon AC bukan malah tambah dingin bisa-bisa kompresor overload.
@anonim 2: kompresor panas bisa di sebabkan karena outdoor AC kotor (banyakk debu)jadi kipas tidak dapat membuang panas dengan baik,steam dengan air bertekanan dan ganti kapasitor fan 1,5 mikro.
Demikian pencerahan dari saya Semoga dapat membantu.
cv.kharismapratama@gmail.com

Admin mengatakan...

Terima kasih atas kunjungannya sobat, sering-sering mampir yah..!

Anonim mengatakan...

pak ac saya panasonic 3/4pk,pada indornya(evaporator)ada dua jalur pipa bagian atas yang tidak dingin sehingga udara yang keluar kurang dingin. penyebabnya apa ya?, bagaimana solusinya?

Admin mengatakan...

@anonim : kalau boleh saya tahu AC nya sudah berapa lama ??kalau sudah cukup umur di overhoul saja ganti oli dan ganti freon,kemudian pipa1/4 dan pipa 3/8 di flashing jadi gak perlu ganti pipa. (sobat mohon cantuman alamat email anda)

Anonim mengatakan...

terima kasih informasinya, umur ac saya 4 tahunan,alamat e-mail saya Riza Afrizal,rizaafrizal@yahoo.co.id

IPIN mengatakan...

Oh baru 4 tahun cukup di overhoul saja bos gak usah ganti oli dan freon, lakukan perawatan rutin AC minimal /4 bulan agar kinerja kompresor tidak berat karena kotor membuat kompresor cepat panas.

moenas mengatakan...

mantabbb browww kayanya ente memang pantes jadi masternya AC,,,ajarin donk browww cara server AC??

Anonim mengatakan...

mohon bantuannya pak,
AC saya merek Polytron 1/2pk, baru pasang bulan agustus awal, yang saya bingung, setelah 3 minggu pemasangan, AC tidak lagi dingin, yang ada hanya anginnya saja
kemudian, kata tukang AC hanya kurang freonnya, (ukuran normal katanya 80, freon yang yg ada di ACnya cuma 40), maka dilakukan pengisian freon.
setelah itu AC kembali normal, tapi 2 minggu kemudian, AC dinginnya berkurang. yang biasanya pasang 25 derajat saja sudah dingin, ini pasang 20 derajat dinginnya tidak seperti biasanya (dinginnya ada tapi sedikit sekali)
terkadang ada tetesan air di unit indoor, tapi jarang sekali, di selang penghubung unit outdoor dan indor terkadang berembun. unit outdoor tetap nyala.
Air buangan AC jadi lebih sedikit, tidak seperti biasanya.
sudah ke tukang service AC, kmudian freonnya diambil sedikit, tapi dinginnya tetap sama saja Pak, tidak ada yg berubah. sudah pasang 20 derajat tapi dinginnya tidak wajar (tidak begitu kerasa dinginnya)
listrik tidak sering mati, karena daya sudah cukup.
pernah AC dimatikan beberapa saat karena dikira ada yang beku, tapi setelah dinyalakan lagi, problemnya tetap sama, dinginnya tidak wajar (kurang dingin)
setting suhu di remote sudah cool.
kira2 penyebabnya apa Pak? bagaimana solusinya?
Terima Kasih banyak Pak.

Admin mengatakan...

@anonim : Sebenarnya simple sekali kerusakan yang terjadi pada AC Polytron 1/2 pk anda...!!
AC menjadi tidak dingin karena tidak adanya freon padahal baru 3 minggu di belinya, penyebabnya adalah karena ada kebocoran freon pada pipa ac atau pada sambungan pipa ac (double neple), pada saat pemasangan ac pertama terdapat nepel yang belum kencang (check nepel indor dan outdor)solusinya kencangkan nepel2 tsb lalu isi freon sesuai dengan ampere unit AC.

Anonim mengatakan...

trima kasih pak atas informasinya, saya akan coba dahulu.

Anonim mengatakan...

pak saya beli ac polytron 1 pk baru kuran dari 1 bulan, dan kemaren kipas yang outdor itu tidak muter dan ac menjadi sangat panas, kadang2 mati kadang nyala lagi, knp ya itu pak?

Anonim mengatakan...

Terima kasih, artikelnya menjelaskan apa yang telah dilakukan tukang AC dirumah. Ada beberapa pertanyaan, R11 bukannya sudah tidak diproduksi lagi? Flashing atau flushing? Flashing = berkelap-kelip, flushing = pembilasan. Tukang AC nulis "belangsing" di kuitansi, jadi bingung, apanya yang belang... Biaya termasuk freon 400 ribu normal atau mahal?
Dingin hanya beberapa hari, mungkin tukangnya belum pengalaman. Lebih baik beli baru ya?
Terima kasih.
Haryanto

GARMIN GPS mengatakan...

Infonya mantabs bro... kayaknya ac di kamar gw juga harus diservis nih.

ipin mengatakan...

@anonim1
U/ AC Polytron 1 pk sistemnya berbeda dengan AC merk lain , perbedaannya kipas outdoor AC polytron selalu berputar walaupun kompresor tidak jalan.Coba di check lagi sambungan kabel dari indoor apakah sudah terpasang dengan benar..??atau pasang kabel power dari outdoor langsung ke stopkontak (tanpa indoor) untuk memastikan apakah kondisi outdoor tidak rusak.bila outdoor bisa hidup berarti ada kesalahan penyambungan pada kabel yang menghubungkan indoor dan outdoor.buka halaman ini http://perawatan-ac.blogspot.com/2009/09/ac-tidak-dingin.html

ipin mengatakan...

@anonim2
-R11 masih ada di pasaran toko AC. hanya bahan nya memang berbeda dengan R11 yang dulu, R11 sekarang ini bila terkena kulit terasa panas sekali berbeda dengan R11 dahulu, info dari Toko AC R11 produksi nya sudah di campur (tidak murni)
-Maaf bro salah penulisan memang yang benar Flushing(pembilasan)ucapan orang indo biar gampang aja.
-Biaya flushing mahal karena menggunakan freon normalnya biaya Flushing Rp 150ribu(flushing total indoor & outdoor juga pipa ac. belum termasuk penggantian pipa kapiler,filter,ganti oli kompresor dan isi freon.(Beti)beda tipis Rp 350ribu.
-dingin hanya beberapa hari pipa masih ada yang bocor (las pipa kurang rapat).
-kalau kompresor AC nya masih bagus tak perlu belu baru asalkan pengerjaan nya rapih dan teliti AC akan dingin seperti semula.

Anonim mengatakan...

Pak saya punya ac daikin inverter model ckd50bvm. Lampu led pada indoor berkedip terus, fan evaporator tdk fungsi. Waktu dinyalakan pertama kali, fan splitnya membuka lalu tertutup terus. Lampu led servis pada outdoor tdk nyala dan outdoor tidak kerja sama sekali. Mohon penjelasan cara mengatasinya. Terima kasih.

ipin mengatakan...

@Anonoim
Masalah AC Daikin model ckd50bvm : Bila lampu led indikator berkedip terus, swing indoor membuka lalu menutup lagi dan otomatis outdoor tidak kerja sama sekali karena tidak mendapat supply listrik. solusinya evaporator sudah kotor perlu di bersihkan karena debu2 telah menutupi sensor suhu (termis dan termostat),Check termis suhu bila sudah tidak sensitiv (gejalanya seperti yang tadi bapak sebutkan) ganti dengan yang baru. Demikian
pencerahan dari kami semoga bisa membantu.

Anonim mengatakan...

Mau bertanya:
Indoor AC dijalankan. Outdoor AC normal, kecuali
Kompressor berjalan sebentar Starting current hingga 50A normal 8A. Dalam hitungan detik. Kompressor mati kembali. Fan outdoor tidak menyemburkan udara panas...

Ini kenapa pak? Apa mungkin..
1. Apa perlu diflushing
2. Apa kompressor kurang olie
3. Kapasitor Fan Indoor perlu diganti coz sempat diganti dapat running 2 mingguan trus kembali ke kondisi awal.

Ato mungkin ada penyebab lain dan cara mengatasinya.. Demikian terimakasih pak. Banu

ipin mengatakan...

Penyebab kompresor mati(macet) karena
a.jalur mengalami kebuntuan.
b. tegangan listrik drop <220 volt maka ampere akan besar.
c. kurang perawatan outdoor kotor sehingga panas tidak dapat membuanng dengan baik

1. kompresor rusak jika current nya mencapai 50 amp karena sudah melebihi beban. (ganti kompresor dan lakukan flushing)
2. bila kompresor kurang oli kompresor dapat berjalan normal cuma cepat panas dan ampere tidak terlalu besar plus kisaran 1-2 amp dari standart ampere
3.kapasitor indoor ganti sesuai dengan ukuran mikro nya

Anonim mengatakan...

Terimakasih pak..
Tadi sempat kita bongkar Indoor A.C disitu fin A.C tertutup debu yang memadat. Namun apakah benar pak bila Fan Indoor A.C tidak berkerja secara optimal akan mempengaruhi kinerja dari Kompressor (Ampere menjadi besar) ????

Kalau memang jalur pipa saya terbuntu. yang saya mau tanyakan :
1. Dalam makalah bapak tercantum bila media pembuntu adalah olie. apakah ada yang lain yang dapat masuk ke dalam sistem? bagaimana ciri2nya pak, apakah sama??
2. Dari berbagai media tersebut apakan R11 pasti bisa mengatasinya pak

Demikian terimakasih.Banu

Admin mengatakan...

Fan indoor AC tidak berpengaruh ke kompresor, hanya indoor tidak akan dapat mendinginkan ruang dengan cepat bila kapasitor low.
1. kotoran lain sisa2 las yang masuk ke dalam kompresor (bila di kuras oli akan hitam dan agak ngeres)
2. saat ini cuma pakai R11.R11 sudah pasti bisa menuntaskan jalur pipa kotoran yang ada dalam pipa akan ikut larut bersamanya. silahkan coba insya allah hasilnya oke deeh.

Anonim mengatakan...

Saya punya AC panasonic. kompressornya tidak kerja karena panas sekali.ac saya matikan saya tunggu sampai dingin.setelah dingin saya ukur tekanan freonnya nol.setelah saya tambahi sedikit-demi sedikit tekanannya tidak nambah tapi malah berkurang, bahkan mencapai minus 40 psi.saya tambah-tambah lagi sama aja hasilnya. Apa penyebab dan bagaimana mengatasinya? mohon penjelasan. thanks berat.

Admin mengatakan...

@anonim
terima kasih atas kunjungan nya di blog ini kawan..mohon maaf bisakah di lampirkan nama/email anda .. mungkin kami bisa membantu lewat email..thanks

Ed Abdul mengatakan...

Wah..gini neh kalo ahli yang bicara

mantap bener...

dollarious mengatakan...

artikel yang sangat bermanfaat dan menambah ilmu ...
keep on sukses sob ...

Andi Wong mengatakan...

baguss sekali.. nambah pengetahuan lgi nih..keterangannya sgt jelas mngenai AC Split :) ManTaaaaBss..

nuansa pena mengatakan...

Tambah lagi pengetahuanku, semakin banyak yang tanya semakin banyak pengetahuanku, lama-lama buka nyaingi bang Ipin!

Hari Aje mengatakan...

mas ipin mo nanya,..gmn cara yang bener kalo kita mo nambahin Olie ke kompressor? apa mesti kita buang dulu olie sisa yng masih ada di kompressor sebelum kita ngisi olie yang baru? trus gmn dengan takaran olienya?

ipin mengatakan...

@hari aje
untuk penambahan oli kompresor sebaiknya oli yang lama di buang dahulu sampai benar2 tiris kira 30 menit, sedangkan takaran oli 250-300 ml untuk kompresor 0,5 dan 1 pk.
@nuansa pena hahaha.....please...

Anonim mengatakan...

Mau tanya donk bang ac dirumah outdoornya 1/2 pk apakah bisa pakai indoor yg 1 pk maklum outdoor yg lama rusak....kalau bisa apakah ada persyaratan khusus utk pemasangannya ..? Sorry kaga tahu bgt ttg ac

e-mail : didit_damar@yahoo.com

Ipin's Cool mengatakan...

@anonim
Outdoor 1/2 pk bila di pasang dengan indoor 1pk bisa2 saja namun untuk mencapai suhu yang dingin di dalam ruangan akan lama di sebabkan rangkaian evaporator 1 pk lebih besar dari 1/2 pk

Anonim mengatakan...

Pak,AC sy LG 1/2 PK... Lokasi di Kupang,NTT. Di sini susah cari tukang servis yg jago pak... jd AC saya gak dingin lagi... waktu sy cek di pipanya, pipa yg kecil itu beku,,sy tanya2 ke tukang AC ga ada yg tau cara benerin nya... Mohon pencerahannya... thx
-ignatiodeloyola@hotmail.com-

ipin mengatakan...

@anonim
Pipa kecil membeku disebakan karena kekurangan freon saja pak, nah freon itu bisa habis karena ada kebocoran, di cek dulu kebocorannya pada sambungan pipa2 atau pada outdoor dan indoor bila sudah ketemu di tambal dengan las kemudian lanjut dengan isi freon.

Anonim mengatakan...

kayanya ga kurah deh pak freonnya.. soalnya tukang AC nya 3 hr berturut2 perbaiki trs n sy liat sendiri freon diisi ke angka 75-80... dia bikin solusi diisi sama dupont(ga tau apa itu),, abis diisi dupont salju nya rontok n AC normal,,tp abis dimatiin trs nyala lg, balik lagi bersalju,,diisi dupont lg normal lg... gitu trs... besok dia mau dtg lg mau buang freonnya semua diganti dupont.. bener ga sih yg dilakuin tukang AC nya??

Anonim mengatakan...

mas saya punya masalah yaitu pipa besar dari indoor ke outdoor terjadi bunga es, pipa tdk mengalami penyempitan, kondisi ac dingin, tekanan 58-60 psi

ipin mengatakan...

@anonim Bila terjadi bunga es pada pada pipa besar disebabkan aliran refrigerant yang sudah cair (dingin) tidak dapat menyerap panas ruangan karena evaporator sudah kotor (debu-debu).tekanan psi 58-60psi normal hanya perllu di steam lagi biar tekanann freon kembali normal

wisnue(dperfect_inoue@yahoo.com) mengatakan...

pak., saya seorang teknisi AC baru., jd belum terlalu berpengalaman, jd mohon bantuannya..

Saya kemarin mengganti indoor AC Sanyo 1 pk, indoornya rusak lalu diganti dengan indoor AC panasonic 1pk., setelah saya ganti., AC bekerja normal, kompresor dan tekananan freonnya jg sudah normal., tp besoknya kompresor tidak bekerja saat saya menyalakan AC dengan remote., hanya mau bekerja saat ditekan tombol manual pada indoor AC., apakah ada ketidak cocokan pda rangkaian kelistrikanya? jika iya, kenapa pada hari pertama AC bekerja normal?? keadaan outdoor AC sangat kotor sekali, dan belom sya bersihkan krn posisi yang sulit..,
terima kasih. . .

Admin mengatakan...

@wisnu
Rangkaian kelistrikan pada indoor AC split panasonic dan sanyo pada dasarnya sama saja kok.. jika ac di operasikan dengan remote tidak bisa berfungsi berarti receiver remote yang terdapat pada indoor sudah rusakk.
karena itulah terkadang penempatan outdoor tidak dipikirkan untuk perawatannya, usahakan penempatan outdoor yang bisa terjangkau untuk di cleaning.

wisnu(dperfect_inoue@yahoo.com) mengatakan...

terima kasih pak infonya..
oya saya mau tanya lagi.

manakah yg lEbih penting antara tekanan freon dan ampere kompressor saat bekerja pak??

Saya sering mengalami Kejadian ini,terakhir kemaren saya mengerjakan AC daikin 2460 watt/3 Pk.
ampere maksimum yg tertera di kompressor adalah 10.7 A tp jumlah tekanan Freon pada saat posisi ampere maksimum suma 40 psi., padahal kan umumnya sekitar 60-70 psi. pada kejadian seperti ini biasanya AC menjadi kurang dingin..

jadi pertanyaan saya, apakah boleh jika ampere melebihi ukuran maksimum, jika tetap berpedoman pada jumlah freon yg sekitar 60 sd 70 psi???

Ipin mengatakan...

@wisnu
Menurut saya dua-dua nya sama pentingnya. pada saat pengisian freon kita harus berpedoman pada keduanya tidak boleh mengacu pada tekanan freon saja.Kondisi kompresor jika sudah melemah putaranya Ampere nya akan besar dan tekanan freon (psi) low press. jadi walaupun tekanan freon baru mencapai 40 psi dan ampernya sudah sampai pada batas maximum untuk kondisi AC seperti ini sarankan saja ganti kompresornya jika ingin mendapatkan suhu yang dingin di dalam ruangan. jika tidak percuma saja malahan boros listrik Ampere nya tinggi tapi ruangan gak dingin2..

Anonim mengatakan...

Bro.. Salam kenal,

Jika ada bunyi-bunyian pada saat otomatis kompresor menyala bukan pada start AC walaupun terkadang bunyi terkadang tidak. apakah ini berpengaruh pada suhu udara didalam karena memang suhu udara di kamar tidak terlalu dingin (16C). Tks buat infonya. chris

Anonim mengatakan...

Pak, gimana sih tanda2 ac harus tambah freaon? Apa setiap cuci harus sekalian tambah freon, padahal ac masih dingin? Kalo setelah di ukur, masih 52 psi apa harus tambah freon?

ipin mengatakan...

@Chris
Bunyi kompresor pada saat outdoor unit mendapat supply dari indoor terdengar berisik.
-casing outdoor bautnya ada yg kendur, oli kompresor kurang
- runing capasitornya di ganti saja dan lakukan cek ampere apakah sesuai dengan (current amper).

Bro.. cover indoor buka semua dan lihat evaporatornya apakah Kotor.??jika sudah bersih apakah permukaan evaporator dingin *raba dengan tangan* dan pipa lingkaran U apakah tercapai pendinginannya pada pipap U dari atas sampai bawahh..???

Ipin mengatakan...

@Anonim
Tanda tanda AC kurang freon
banyak faktor yang menyebabkan AC harus tambah freon.
_ freon di bawah angka 50 psi
- ada gummpalan es pada pipa ac kecil ( kurang freon)
- ada gumpalan es pada pipa besar (AC kotor saja outdoor indoor cuci sampai bersih) tidak perlu tambah freon.
Pada intinya AC tidak akan kurang freon bila tak terjadi kebocoran pada pipa-piap aytaupun pada sambungannya.
lebih detailnya klik di sini
1. AC tidak dingin AC tidak dingin
2. freon ac
3.pipa ac membeku

Bila tekanan freon terukur 52 psi memang harus di tambah tapi hanya sedikit kira2 sampai ke 65 psi di sesuaikan juga dengan ampere nya jangan sampai berlebih, jika amper sudah max (sesuai dengan name plat pada outdoor unit) tulisannya current ampere misalnya 2,5 amp tapi freon cuma 52 psi jangan paksakan di tambah freon karena akan berakibat fatal , kompresor AC akan overload.

Ipin mengatakan...

link no 3 pipa pipa ac membeku

Anonim mengatakan...

Pak,ac saya samsung 1/2pk,beli juni09.baru sebulan dipakai ada bunyi kletek2 dan suara air nyembur di indor.semua tkg service ac sdh mencoba tp ac hanya bertahan dingin sehari sudah panas lagi.outdoor terletak di balkon atas rumah terkena matahari langsung.mohon sarannya terima ksih.

(Dkikie@yahoo.co.id)

Ipin mengatakan...

@Dkikie
Kemungkinan besar terjadi kebocoran pada pipa ac
-Suara seperti air menyembur adalah suara tekanan freon yang mengalami kebuntuan (kadang lancar-kadang tidak)
-cari asal kebocoran pipa ac dengan mngunakan air sabun
-coba lakukan instalasi ulang dan pipa di flaring kembali (bila flaring kurang bagus akan membuat ac freon keluar/bocor)
-peletakan outdor usahakan di tempat yang terjangkau untuk perawatannya agar lebih mudah di bersihkan
bila lokasi anda berdekatan dengan kami jangan ragu untuk hubungi kami di nomor telp yang tertera di atas
terima kasih

bangsarif mengatakan...

maaf baru koment lagi bang, semoga kita bisa terus ber silaturahmi

Anonim mengatakan...

Saya pakai AC terminator 1/2 PK, apakah normal ada semburan air selama ac bekerja ? seperti hujan gerimis begitu ? temperatur cuman disekitar 25 derajat saja. Apa yang harus dilakukan untuk menghilangkan gerimis tersebut?
Terima kasih

ipin mengatakan...

@Anonim
Normalnya AC itu menghembuskan udara dingin saja tidak berikiut airnya (gerimis), sepertinya evaporatornya sudah kotor,Service AC nya dan ukur kembali freon AC apakah masih standart freonnya 65-70psi..??

Unknown mengatakan...

bener juga tuh.....
http://draftcentre.blogspot.com

Anonim mengatakan...

Mau tanya pak.
Saya menggunakan AC Samsung. Masalahnya adalah bila casing outdoornya ditutup, AC kurang dingin tetapi bila casing outdoor dibiarkan terbuka, AC sangat dingin. Saya perhatikan bahwa putaran kipas outdoornya berlawanan dengan arah jarum jam. Apakah ini yang mempengaruhi dinginnya AC tersebut. Bila ya, komponen apa yang perlu diganti/diperbaiki agar kipas ac berputar kearah yang benar. Terima kasih

perawatan ac mengatakan...

@Anonim
putaran kipas outdoor yg benar adalah menghembuskan udara panas dari kondensor, putaran kipas outdoor ada yang berlawanan dgn jarum jam bisa di lihat dari daun kipasnya.
jika memang benar terbalik kapasitornya saja kabelnya di tukar salah satu.

Rey mengatakan...

AC saya samsung juga sm ky dkikie.. Tp saya baru beli dan pake satu hari ud panas lagi.. ud dganti blowernya sama yg baru, tp yang baru itu juga tetep btahan satu hari juga.. Sebab nya knp ya pak?

Admin mengatakan...

@Rey
Apakah pada saat pemasangan pipa nya ada yang sambungan atau tidak..?? kaau menurut pengalaman pada pipa AC masih ada yang bocor.
kemungkinan pertama pada sambungan pipa indoor, yang kedua pada samabungan di outdorr.
karena AC masih baru biasanya permasalahan pada saat instalasi teknisi toko suka terburu-buru *kejar setoran kalii*

Rey mengatakan...

Waduhh.. Ga liat juga soalnya kan diiket pk isolasi2 gt kan y? ntar d nanya ma yg maasang..ktnya bsok mu dtg lg.. klo mpe 3 kali ga bs jg, wah wah wah..
makasiy ya mas info nyaa ^^..

Admin mengatakan...

@Rey
untuk menandakan apakah ada bocor atau tidak di daerah yang di duga bocor pasti ada bekas oli kompresor., di kencangkaln lagi dan isi freon test dengan air sabun dulu kalau tidak bergelembung menandakan sambungan sudah oke . sama sama broo

Sukedjo (lawang sewu) mengatakan...

Malam mas ipin (yg) cools....

Minta pencerahan tentang rubrik flushing ini. Disini sudah dijelaskan tips flushing pada AC. x. Bagaimana dengan flushing pada system kulkas 1 pintu, mengingat pada kulkas abad 21 ini kondensor dan evap menjadi satu kesatuan dalam body kulkas.
xx. Bagaimana...? So... Apakah juga melepas (cutting) pada 2 pipa kompresoor seperti pada AC.
xxx. Apakah sama dengan menggunakan R11 (flushing). Kebetulan kulkas menggunakan freon R134a.

Bagaiman isi solusinya....

Terimakasih dan Salam ....

Admin mengatakan...

@Sukedjo (lawang sewu)
Untuk cara flushing pada kulkas kira-kira begini mas:
1. Potong pipa-pipa yang terhubung pada kompresor kulkas
2. lepaskan pipa yang terhubung ke strainer
3. pasang pentiil pada pipa yang menuju kondensor dan pada pipa yang menuju evaporator kulkas satu pintu
4.setelah pentil sudah terpasang dan siap di lakukan flushing

untuk caranya sama dengan flushing pada AC dengan menggunakan R11 untuk mengangkat oli dan ampas ampasnya yang membuat saluran pipa jadi buntu, setelah R11 di masukan barulah di isi dengan R22 untuk membersihkan sisa sisa R11, setelah di rasa bersih pada jalur pipa kondensor dan evaporator di lanjut dengan pengelasan dan pemakuman kompresor setelah itu siap di isi dengan R134a.

oke mas sukejo di lawang sewu semoga bisa di mengerti penjelasan yang kurang jelas ini yahh..

Anonim mengatakan...

pak Ipin, Ac saya samsung AS05XAN suduh umur sekitar 3 tahun, pertanyaan saya : kalau ac di nyalakan kompresor dan fan outdoornya tidak nyala sedang indoor nyala seperti biasanya, namun jika di remote di pencet TURBO maka outdoornya nyala dan acnya sejuk seperti biasa, namun jika timing torbonya sekitar 30 menit selesai, maka outdoor juga mati dan tidak dingin , thanks pak


saiful bali

service ac mengatakan...

@Nanda
Biasanya tetesan air dari indoor itu di sebabkan karena drainase pada ac tsb tersumbat kotoran berupa lendir2, sehingga bak penampung ac cepat penuh.
bisa juga di sebabkan karena pipa AC ngeblok es, pada saat kompresor mati es tersebut mencair dan menjadi bocor.

service ac mengatakan...

@Syaiful
Coba di lihat setting pada remote ac nya..apakah sudah pada posisi cool..??karena bila di tekan tombol turbo outdoor masih bisa hidup kan..jadi pada AC anda tidak ada masalah mungkin hanya kurang pass setingan remotenya saja

Tatang mengatakan...

Tatang , Salam pak: Saya punya masalah pada AC inverter Daikin 1 Pk Saya> Masalahnya pada saat tomnol remote di ON kan . lampu pada indoor blinking lalu ac indoor dan outdoor sama sekali, saya sudah melakukan tahap2 , 1, check control di indoor tidak ada masalah 2. dan control di outdoor tidak ada masalah (tdk ada indikator) lalu di display pada remote control menunjukkan A1 indoor PCB Deffectivenees dan di Outdoor E3 HIgh Pressure switsh Abnormality. mohon pencerahan

service ac mengatakan...

Lampu indikator blinking pada ac non inverter biasanya terdapat kerusakan pada bagian termis dan termostat pada indoor ac,Jika terdapat alat pressure control pada outdoor apabila pressure freon berlebih maka alat ini akan bekerja memutus supply arus yg masuk (ac mati)sebagai protect compresor, umumnya pada ac split nilai high pressure 250~300psi jika di atas tsb maka kompresor tidak akan bekerja. solusi nya kurangi tekanan freonnya hingga nilai high pressure mencapai angka 250psi saja.

Anonim mengatakan...

pak mohon bantuan ac saya changhong 1pk setelah terjadi kebocoran kata teknisi sudah diperbaiki dan normal tekananny freon 50 psi tapi bertahan 1hari kemudian tdk dingin sama sekali kemudian dicek teknisi lagi tekanannya dibawah nol kemudian dicoba di isi freon naik kemudian hilang kadang naik kadang hilang teknisi tdk sanggup memperbaiki saya disarankan ganti kompresor mungkin bpk bisa memberi pencerahan sesungguhnya apa yg terjadi pada ac saya dan terjadi bunga es dipipa kecil.mohon bantuan.semoga kebaikan bpk mendapat pahala dri tuhan.terimakasih

Anonim mengatakan...

assalamualaikum mas.
mohon bantuan saya teknisi ac tapi belum berpengalam saya disuruh memperbaiki ac floorstanding 3 fase..kendalanya kompresornya tidak jalan langkah apa yang harus saya awali untuk menangani masalah tersebut..mas mohon bantuan karena ini baru 2 minggu saya kerja saya takut dipecat.bantuan mas benar benar saya tunggu.demikian terimakasih.wassalam

Admin mengatakan...

@Anonim (Ac Changhong)
Saran saya Kompresor AC jangan di ganti dahulu karena kerusakan ini bukan pada kompresornya tetapi pada jalur instalasi pemipaannya.
dan jika kejadiaannya seperti itu kemungkinan besar adalah PIPA AC BOCOR sehigga freon habis terus.
solusinya:
-Deteksi titik kebocoran sampai ketemu baik itu di indoor ataupun di outdoor.
-Checking pada kedua sambungan pipa (double nepel)
-Flaring kembali pada setiap nepel (kemungkinan flaring retak/pecah)

Untuk mengecek kebocoran freon ac dengan air sabun(busa) sebelumnya isi dahulu freon AC hinggga 20psi saja.
trims

Admin mengatakan...

@Anonim AC floor standing
Langkah awal yang harus dilakukan adalah
- Check arus kompresor RST pada terminal apakah ada tegangan 380 volt
- Buka tutup kompresor terminal SCR nya ukur ketiga tahanan tersebut..??

bedjo mengatakan...

Mas,

kalau misal AC panasonic, kipas outdoornya suka mati, kira2 kenapa ya ? karena kurang daya ? kondisinya belakangan ini suka mati-hidup-mati..

maturnowon atas bantuannya

Admin mengatakan...

@Mas Bedjo

Kipas outdoor suka mati.
1. Tegangan abnormal bisa juga mempengaruhi outdoor mati hidup, karena bila tegangan tuurn kurang dari 220 Volt akan menyebabkan arus menjadi besar sehingga kompresor akan overload dan mati.
2. Indoornya bagaimana pada saat outdoor mati.??apakah indoortetap hidup atau mati ke dua-duanya..??

Admin mengatakan...

bisa juga karena kapasitor nya sudah mulai lemah, ganti saja dengan kapasitor kompresor yang sesuai dengan ukuran AC nya.

bedjo mengatakan...

mas,

terima kasih buat infonya.

Kalau indoornya sih tetep hidup, cuma klo kipas outdoor mati, ya ruangan jadi panas (suhu jadi naik). Kalu misal hidup, ya ruangan jadi dingin lagi.

Kalau menurut penjelasan mas Ipin kan fungsi kipas aoutdoor untuk membantu membuang kelebihan panas ya..

Apakah cara kerja AC inverter seperti ini ? setahu saya yg seperti ini cara kerja AC biasa, mohon dibenarkan jika salah ya Mas..

Thanks.

Admin mengatakan...

Bedanya Cara kerja ac inverter pada kompresornya yang selalu on, dan juga menyesuaikan kondisi suhu di dalamm ruangan.
seharusnya pada saat suhu ruangan mulai naik kompresor ac inverter akan bekerja dengan cepat untuk mengejar suhu yang di inginkann dan bila sudah tercapai kompresor akan menurunkan kinerjanya.
pada termistor ini ada masalah sehingga suhu sudah panas baru bekerja.

anti mengatakan...

Nanya dong tentang ac samsung 1/2 pk sering banget nyala mati sendiri, trs sampe akhirnya ga berfungsi, lampu kedip2 .... selama beli 1 thn sudah 2x kejadian ...punya tetangga krusakannya sama juga. Apa sih penyebabnya?

Admin mengatakan...

@Mbak Anti
Memang AC Samsung sering bermasalah pada bagian tersebut yaitu termostatnya yang indikasinya lampu indoor kelap kelip terus dan lama kelamaan ac akan matii tidak bisa dingin., beberapa kali kami juga mendapatiu hal yg seperti itu.

Anonim mengatakan...

Mas Ipin YTh, AC saya panasonic 1/2 pk, setiap 4 bulan saya servis, tapi kok sering keluar suara keras dari getaran body outdoor (kata tukang servis ini biasa) terus saya lihat ada air yang keluar/menetes dari outdoor, apakah ada masalah dengan AC saya, kondisi masih cukup dingin.
Sebenarnya standar pekerjaan servis AC rutin itu seperti apa? karena selama ini belum pernah saya tunggui sewaktu servis, kata pembantu saya cuma tukang ac nya cuma nyemprot outdoor dengan air dan membersihkan saringan indoor, terimakasih - yudi

Admin mengatakan...

@Pak Yudi
-suara getaran yg keras dari body biasanya pada body outdoor ada mur mur yang kurang kencang (kendur), bila pada body sudah kencang masih terdapat suara getaran ini di sebabkan dari getaran kompresor..,MEMANG INI HAL BIASA APALAGI BILA USIA KOMPRESOR SUDAH LAMA.
-Standar service AC
INdoor
penutup indoor/casing di buka semua agar evaporator dapat di semprotkan dengan air secara merata ke bagian evaporator..,saringan indoor juga di bersihkan.pada pembuangan airnya di bersihkan dari kotoran2 beruba gel gel yg sering menyumbat lubang drainase sehingga menyebabkan kebocoran pada ac (menetes).
Outdoor
casing tidak perlu di buka jadi di bersihkan dengan air dari belakang body outdoor saja sudah cukup.., jika ada air menetes dari outdoor itu memang biasa sihh , proses kondensasi pada pipa pipa ac.

usahakan service ac pada saat libur saja pak.. agar bisa melihat kinerja tukaNG service ac di rumah Bapak.., DAN PERLU JUGA MINTA LAPORAN PENGERJAAN SERVICE AC NYA..MISALNYA :BERAPA TEKANAN FREONYA DAN UKURAN ARUSNYA BERAPA.

OKE pAK yUDI SEDIKIT INFO DARI SAYA SEMOGA BERGUNA...tRIMS

Anonim mengatakan...

makasih pak infonya, semoga sukses- yudi

Joe Orange Boy mengatakan...

Saya mau tanya mas, apakah normal bila kipas outdoor terus berputar sedangkan suhu ruangan telah tercapai dan petunjuk di indoor fanspeed telah berganti dari high ke low.
Terima kasih atas balasannya.

sr punya mengatakan...

mr.ipin yg mrh ilmu sy teknisi ac br bljr, mhn bntannya sy pny mslh ac merk fujitsu, kalau ac dinyalakan lampu indikator timer kedip2 pdlh timer sdh direset, termis kedua2nya sdh diganti, kira2 komponen apalg yg hrs dicek, diganti trim's mas ipin ats bantuannya riyadi.slamet45@yahoo.co.id

Admin mengatakan...

@Jofri
Sebelumnya saya mau tanya AC nya merk Apa nihh..???
kalu AC merk polytron untuk kipas outdorrnya memang jalan teruss tetapi kompresor nya mati, nanti bila ruangan sudah mulai naik suhunya barulah kompreosr hidup lagi.

Admin mengatakan...

@sr punya
Sepertinya itu ada masalah pada PCB indoornya bila kedua komponen tesb sudah di ganti dan tidak ada reaksinya.

PCB nya di cabut saja dan di check oleh ahlinya (elektonik)

Anonim mengatakan...

Bro minta saran nihh...
Kmrn gw baru ganti panasonic AC inverter.. Menggantikan AC yg lama national 1pk. probelmnya AC tdk dingin seperti AC baru. Sebelum pasang g konfirmasi apakah pipa )g lama masih bisa dipake? Besoknya saya protes krn tdk dingin... Alasannya pipanya harus ganti dengan yang baru. Apakah dengan mengganti pipa baru akan mempengaruhi dingin ACnya? Mohon untuk sarannya... Thx

Admin mengatakan...

lihat disini broo pipa ac layak pakai

Anonim mengatakan...

kang Ipin,berapa tekanan freon untuk AC Inverter (minimal berapa dan maksimalnya berapa ) ? terima kasih

ipin's cool mengatakan...

Tekanan AC inverter sama saja dengan ac non inverter

tekanan freon 70psi
ampernya 3,9 (start awal)

Unknown mengatakan...

Kang Ipin, ac saya 3/4 pk, awalnya ac saya tidak dingin, kemudian saya cek tekanan freonnya menunjukan 60 psi tapi amperenya hanya 1,6 A. saya tambahkan freonnya hingga tekanannya 100 psi, tetapi amperenya hanya menunjukan 2,1 A. apa yang terjadi dengan ac saya? terima kasih Kang Ipin

Anonim mengatakan...

kenapa ac panasonic saya type cu-pc5jkj yg masih baru setiap 5 menit mati sendiri dan nyala sendiri otomatis? itu penyebabnya karena ada kerusakan di ac atau ada kesalahan setting di remotenya? mohon solusinya ya..
thanks atas bantuannya

Anonim mengatakan...

kenapa ac panasonic saya type cu-pc5jkj yg masih baru setiap 5 menit mati sendiri dan nyala sendiri otomatis? itu penyebabnya karena ada kerusakan di ac atau ada kesalahan setting di remotenya? mohon solusinya ya..
thanks atas bantuannya

Admin mengatakan...

@Rohendra Asma
Coba ganti saja kapasitor fan dan kapasitor kompresornya.

@ Anonim
AC Panasonic type CU-PC5JKJ terjadi kesalahan pada settingan remote saja, bila pada posisi timer on-of maka ac akan mati hidup dengan sendirinya.
solusinya DI RESET aja pada remote AC

Anonim mengatakan...

Halo, mau numpang tny ni, AC sy merek Samsung AS05RUMN. kenapa kompressor outdoornya berisik ya tiap nyala, padahal AC Changhong sy ga. apakah itu normal? atau AC dgn merek Samsung selalu bgtu?
mohon pencerahannya ya
terima kasih:)

Anonim mengatakan...

Pak saya punya masalah pada ac saya ketika itu pagi2 tiba2 ac saya tidak dingin lalu saya periksa outdornyaternyata benar pipa besar maupun kecil tidak dingin / kering tidak berair saya coba menganalisa cara kerja kompresornya ternyata benar pak kompresornya tidak kuat ngangkat ketika sedang nyalah kemudian mati lagi tidak ada beberapa menit nyalah lagi begitu seterusnya pak hingga freon tidak mengalir pada pipa kecil alhasil ac saya tidak dingin yangsa ingin tanyakan apa kerusakannya runing kapasitornya , overload nya atau kompresor saya jebol?mohon pencerahanya pak terimakasih

Unknown mengatakan...

Pak saya punya masalah pada ac saya ketika itu pagi2 tiba2 ac saya tidak dingin lalu saya periksa outdornyaternyata benar pipa besar maupun kecil tidak dingin / kering tidak berair saya coba menganalisa cara kerja kompresornya ternyata benar pak kompresornya tidak kuat ngangkat ketika sedang nyalah kemudian mati lagi tidak ada beberapa menit nyalah lagi begitu seterusnya pak hingga freon tidak mengalir pada pipa kecil alhasil ac saya tidak dingin yangsa ingin tanyakan apa kerusakannya runing kapasitornya , overload nya atau kompresor saya jebol?mohon pencerahanya pak agar saya tidak ditipu oleh teknisi ac terimakasih.

Admin mengatakan...

@Anonim
AC samsung nya berisik pada saat start awal saja atau berkelanjutan..?? kalau pada saat start saja kemungkinan kapasitor kompresornya sudah mulai lemah dan bila berisik berkelanjutan di periksa dulu mungkin pada bagian outdoor cashing ada yg kendur sekrup2nya, coba di kencangkan dahulu.
@Rian
Coba ganti dahulu kaapasitornya dengan ukuran yg lebih besar mikronya agar kompresor bisa start dulu pak. untuk overload bisa di ukur dahulu dengan multi tester pada skala 1x bila nyambung brarti masih ok. jika kedua alat tersebut sudah di ganti dan tidak mau hidup juga sudah pastilah kompreosor nya yang rusak

Iqbal mengatakan...

Pak saya punya masalah dengan ac saya, masalahnya gini pak, saat baru pasang 3 hari yang lalu acnya dingin normal trus besoknya sehari penuh tdk saya nyalain, besoknya baru saya nyalain tapi ac nya tdk dingin seperti 3 hari yang lalu, setelah itu saya panggil tukang pasangnya dan setelah di cek ternyata freon nya kurang karena ada kebocoran kecil di katup yang menggunakan kunci L untuk buka tutupnya, setelah itu di perbaikin katupnya dan diisi freon lagi tapi hasilnya tidak sama dengan waktu pertama kali dipasang, dan herannya lagi evaporator indoor nya tdk semuanya dingin, dinginnya cuma separuh saja dan pipa yang besarnya juga sudah mengeluarkan embun air padahal awalnya pipa basar dan kecilnya mengeluarkan embun air.
mohon bantuan sarannya pak gimana caranya agar ac saya berfungsi normal lagi. makasih sebelumnya.
rukdiiqbal@ymail.com

Unknown mengatakan...

mohon bantuan pak..,ac saya samsung 0,5pk baru 2th pake,sudah beberapa hari ini lampu indikator timer dan operasional nyala dan berkedip terus.dan ac tidak mau di on kan selalu restart terus.dan timer tidak di aktifkan.makasih sebelumnya...

Anonim mengatakan...

Pa Mohon bantuannya. saya baru beli ac sharp 0.5 PK type AH-A5MEY, yg saya mau tanyakan . apakah pada saat suhu ruangan dingin, unit outdoor diluar akan otomatis mati dan hidup kembali saat ruangan tidak dingin atay bagaimana..mhn pencerahannya Pa.trima kasih. heri h3rsar@gmail.com

Admin mengatakan...

@Iqbal
maaf baru sempat balas komentar

Terkadang kebocoran freon pada ac bisa mengakibatkan ac tidak sebagus yang dulu (sebelum bocor), Jika AC masih baru namun tidak dingin lagi setelah freonnya bocor hendaknya di lakukan vakum pada unit ac nya sebelum di isi freon kembali Pak , pasti hasilnya akan seperti semula saat AC masih OK.

Admin mengatakan...

@Ade Rahmat
Di jawaban komentar banyak yang menanyakan permasalahan AC merk samsung lampunya sering berkedip kedip, coba deh di lihat komentar2 sebelumnya.
Yang Pasti AC samsung sering bermasalah pada termostatnya. coba ganti sesuai dengan ukuran aslinya.
Semoga bermanfaat
terima kasih

Admin mengatakan...

@Anonim
Umumnya sih kerja AC seperti itu Pak , Bila mana suhu ruangan sudah tercapai sesuai dengan suhu yang si setting pada remote ac maka unit outdoor akan berhenti bekerja dan bila suhu di dalam ruangan sudah mulai naik maka outdoor akan hidup dan bekerja kembali.
demikianlah sekilas info ttg AC.

Janu mengatakan...

Pak ac saya sanken sudah 4 tahun, kemarin setelah diservis malah sering menyebabkan listrik anjlok, saat ini malah sama sekali ga bs hidup krn listrik lsng anjlok begitu ac dinyalakan, oiya sebelumnya over load nya diganti sama tukan servisnya kata dia rusak krn sebelumnya kompresor ga hidup2 saat ac dinyalakan dan saya dikenakan biaya 150rb utk over load tsb. Stlh ganti tetep aja ac ga bs nyala krn listrik lsng anjlok, oiya saya udah buka outdoornya koq kabel warna merahnya dipasang di R yah? kabel biru di s dan kabel hitam di C setelah melalui over loadnya,apakah pemasangan kabel di kompresor tsb benar? apa efeknya bila memang tukang servisnya masang terbalik2?

Admin mengatakan...

http://perawatan-ac.blogspot.com/2010/07/tips-mencari-terminal-s-c-r-pada.html
http://perawatan-ac.blogspot.com/2010/08/overload-motor-protector.html

Bila harus sesuai warna pada pemasangan
kabel hitam masuk ke C (comon)
kabel merah ke S (start)
Kabel biru ke R (Running)

mungkin teknisi sudah merubah kabel R itu yang terhubung ke kapasitor kompresor.

efeknya bila pemasangan kabel terbalik kompresor bisa hidup namun ampere akan besar dan jika di biarkan saja akan bisa rusak.

kapasitor kompresor coba di ganti juga biasanya 35 mikro untuk 1PK.
http://perawatan-ac.blogspot.com/2010/07/kapasitor-kompresor.html

Anonim mengatakan...

Bgm cara mengatasi kompresor AC yg udh overload??.Ketika di ac di nyalakan,kira2 hanya 5 menit kompresor hidup lalu mati.Sy rabah kompresornya panas sekali.Terima ksh atas balas jwb'nya

Janu mengatakan...

Pak Ipin, setelah saya check capasitornya kelihataanya masih normal krn jarum multitester lsng balik lagi, tapi pas saya check terminal SCR kompresor yg dihubungakn ke body kompresor ternyata ketiga nya full pd jarum penunjuk multitester, apakah ini berarti kompresor sudah short pak? masih bisa diselamatkan nggak mengingat usia ac sudah 4.5 tahun dgn pemakaian rata2 15 jam perhari.

Admin mengatakan...

@Janu
lebih enak pakai tester yg di gital agar bisa mengetahui besaran mikronya apakah masih 35 mikro!

Bila salah satu atau ketiga terminal kompresor di hubungkan ke body kompresor atau ke pipanya dan jarum tester/digital di temukan nilainya maka kompresor benar2 sudah rusak alias short body.

Anonim mengatakan...

Dear Pak Ipin, saya punya ac daikin 1 tahun lebih, permasalahan dimulai belakangan ini yang pertama lampu pada timer kedip-kedip 3x dan hembusan angin tidak dingin, kalo saya baca buku petunjuk katanya ada "gas leak" nah saya sudah panggil tukang service ac dan katanya tidak ada masalah kebocoran.. akan tetapi kondisinya tidak berubah.. setelah 1/2 jam dinyalain,timer acnya balik kedip2 3x yang dihembuskan cuman angin biasa (nda dingin). Mohon masukannya terima kasih

Admin mengatakan...

Sebelumnya apakah seeting timer sudah di nonaktifkan dahulu Pak?? di reset dulu remotenya (cabut batery kemudian pasang lagi) jika keadaan belum berubah kemungkinan kerusakan pada termostat ac. untuk lebih jelasnya coba konfirmasi ke dealer daikin.com

Dante Kosasih mengatakan...

Dear Pak Ipin,

saya baru saja membeli ac panasonic 1/2 pk dan kemarin baru saja juga di instalasi. Awalnya tidak ada masalah, ac dingin dan semua berjalan sempurna seperti ac baru yang seharusnya. Tidak lama kemudian saya mulai mendengar suara seperti helikopter ( getaran ) yang samar di sebelah kiri atas, suaranya memang tidak keras sekali namun cukup mengganggu terutama di saat menjelang tidur. Apakah ini normal ? atau ada cacat produk ?
apakah berhubungan dengan instalasi unit yang salah ? ataukah adanya mur dan baut yang kendor ? terima kasih sebelumnya . .Masukan anda akan sangat saya hargai salam...

Admin mengatakan...

@Dante Kosasih
Mohon maaf baru bisa balas.
AC baru seharusnya tidak ada suara getaran keras seperti yang Mas Dante ceritakan kecuali memang cacat produksi dan ini kan bisa di kembalikan lagi ke tokonya tukar dengan yang baru.

menurut saya ini karena saat pemasangannya saja ada yang kurang beres anatara Bracket Indoor dan Unit AC tidak pas/klop (renggang) sehingga saat fan indoor ber operasi getaranya bersentuhan dengan bracket/tembok.jika pada posisi Fan blower di setting low apakah masih ada suara berisik tsb ??oh ya Di pastikan juga Cashing indoor sudah di baut dengan kencang.

hanya itu yg dapat saya sampaikan Mas..kurang lebihnya mohon maaf
Trims

keyra mengatakan...

hallo pak..
saya mau tanya nih..
ac saya ac split lg aircool mirror 1pk, dinginnya masih bagus, tapi seringkali kalau jam-jam tertentu suka drop kompresornya... jadi mati dan keluar angin saja dari indoor, kemudian nyala lagi, dan kemudian mati lagi, tapi setelah jam-jam tertentu itu lewat, maka kompresor dan indoor berfungsi normal.
AC saya sudah diganti motor original dan dicuci sebulan sekali.
Kira-kira apa masalahnya ya pak.. makasih.

Admin mengatakan...

@keyra
pada saat jam2 tertentu saat panas metahari terik yah..??
peletakan indoor di rubah kalau bisa cari posisi yg tidak terkena sinar matahari langsung pak.
atau bisa juga dengan cara mengganti kapasitor fannya ganti dengan 1,7 mikro farad (1 pk kapasitor aslinya kan 1,5mf).
penyebab kompresor mati karena overheat saja pak.
trims

Anonim mengatakan...

mohon penjelasannya pak.
Ac saya Hitachi 1pk dipake udah 6thn, 3hr lalu tidak bisa dingin lagi sy coba panggil tk ac katanya kompresornya sudah rusak dan minta ganti, apakah memang ada batasan umur dr kompresor ac itu?, klo kompresornya tdk hidup apakah memang sepenuhnya itu kerusakan kompresor ?
thanks

Ponidi mengatakan...

minta tolong bos aku mau pasang compresor 10 pk tapi kabelnya udah di buka trus bagaimana menetukan kabel RST nya trim sebelumnya

Admin mengatakan...

@Ponidi
Lebih mudahnya di samakan dengan panel induk Pak lihat warnanya RST. jika sudah punya alat lebih mudah menentukannya. Alatnya namanya pas rotasi (ukur 3 phase RST).

MovieMania mengatakan...

Selamat malam pak, saya ingin menanyakan tentang masalah AC saya. Merk AC saya SHARP 1PK dan usianya sudah sekitar 4 tahun. Beberapa waktu yang lalu, AC ini tidak dingin sehingga kata teknisi AC nya diganti U-Bent nya.

Sebulan kemudian, AC kembali tidak menjadi dingin karena ternyata ada kebocoran las sehingga dilakukan las ulang. Tetapi kali ini indoor dan outdoor dibawa oleh teknisi karena katanya mau dicek apakah ada kebocoran dikompresor.

Masalahnya, setelah diperbaiki indoornya (outdoor katanya tidak ada kerusakan), suara kompresor menjadi lebih berisik dan saya lihat suhu ruangan ketika saya setel sampai 20, hanya berkisar di 24 saja.

Apakah terjadi kerusakan di kompresor ? ataukah ada komponen kompresor saya yang ditukar oleh teknisi ? Mohon pencerahannya, terima kasih

Phipien dhe mengatakan...

@MM
Selamat pagi
Sepertinya AC bapak ini ada yg bocor pada evaporatornya di bagian U bend sehingga perlu dilakukan las pada bagian itu. memang butuh waktu untuk pengerjaan dan hasil yang bagus pada saat perbaikan evap ini jika tidak akan kembali bocor ac nya sehingga tidak dingin.

-Mengenai komponen di tukar oleh teknisi saya tidak tahu tapi saya husnudzon saja. umumnya Outdoor yang berisik rata-rata di sebabkan pemasangan baut yang tidak pas/kurang kencang sehinga casing saling benturan karena getaran kompresor naah dari sinilah suara itu timbul.

-AC yang pernah mengalami kebocoran sebaiknya pada pipa di flushing terlebih dahulu untuk menghilangkan sisa oli yang terjerembab di dalam sirkulasi pendingin.

_tyrims_

Cas mengatakan...

salam kenal pak,ada bbrp yg mau sy tanyakan. sudah 3x sy percayakan tukang service AC tp mereka malah cari keuntungan, setiap kali service (3bln) selalu harus nambah Freon pdhl jarang digunakan.

pertama :
AC sharp 1/2pk sudah 3thn knp ya hampir setiap bulan service rutin krn INDOOR menetes terus jd klo netes sering kerepotan.
tukang ACnya menyarankan untuk overhoul, apakah itu perlu?

kedua :
sy beli AC second tdk tau merk apa beli sm jasa service AC. Tp skrng klo dihidupkan hanya kipas dan AC Outdoor mati , kipas tdk muter dan tdk ada suara mesinnya.

mohon pencerahannya pa.. Tks

Ipin's Cool mengatakan...

Salam kenal kembali Pak Cas

- Lihat di postingan yang ini Pak kapan saatnya isi freon
- Maaf pak Gak perlu overhoul perbaiki saja di pembuangan ac nya dan buat kemiringan pada indoor ke arah pembuangan airnya.
- Klau seperti ini banyak sebabnya pak saya ndak tahu pastinya kenapa, kompresor tidak oprasi apakah sudah mendapat arus 220?? bisa di test dengan tespen pada control outdoornya. mungkin bisa di cari lagi di blog ini ada pak.

Anonim mengatakan...

numpang nanya pak ipin

AC Saya Aharp Jet Stream Plasma Cluster 1/2 PK, pasang awal Desember 2010, pada pemasangan pertama ada kebocoran di sambungan nepelnya sehingga harus diisi ulang freonnya dan sambungannya diperbaiki, baru 26 Juni kemaren AC saya service kok katanya harus isi freon lagi.. yang ingin saya tanyakan :
- apakah kebocoran freon bisa dideteksi dari pipa freon diselimuti bunga es?
- apakah AC saya bocor karena cm 6 bln harus tambah freon lagi?
- Apakah AC saya perlu di flushing karena pernah terjadi kebocoran?
- Setelah AC dimatikan beberapa saat bau kamar saya menjadi tidak sedap (seperti ada yg kentut) apakah indoor saya bocor? kalau indoor yang bocor gmn mendeteksinya?
Mohon Pencerahannya pak...
Terima kasih

Anonim mengatakan...

pa ac GE 3/4 pk sya nga dingin, kipas berputar pelan knapa ya

Ipin's Cool mengatakan...

@Anonim

1. Kebocoran freoon secara visual dapat terlihat pada pipa ac yang di selimuti es/ngeblock ac
2. Kalau memang di isi freon kemungkinan besar iya sudah pasti bocor, karena kalau tidak bocor tidak mungkin freon ac habis
3. Jika benar bocor freonnya untuk hasil yang maksimal harus di flushing terlebih dahulu sebelum di isi freon lagi.
4. Untuk mendeteksi indoor bocor perlu di bongkar indoornya di pretelin semuanya(overhaul).

Ando mengatakan...

Salam kenal Pak Ipin

mau nanya nih Pak.
AC saya merknya Denpoo 3/4 PK. Kenapa di sepanjang pipa dari unit outdoor ke unit indoor berair dan sampai menetes? biasanya tidak seperti ini. Apakah ini normal atau ada terjadi kerusakan?
Bagaimana cara memperbaikinya? dan apa efek jangka panjang jika ini dibiarkan lama?
Mohon pencerahanya Pak..
Terimakasih..

Rini mengatakan...

Pak, maaf mau tanya.. di rumah kami ada 3 unit AC Panasonic 1PK, dan semuanya memiliki permasalahan yang sama:

Saat suhu dalam ruangan sudah dingin, otomatis mesin indoor dan outdoor akan berhenti, nah pada saat ini akan terdengar suara-suara tetesan air di dalam unit indoor. Suara tetesan ini akan berhenti jika kompresor menyala lagi, tapi akan terus berulang sampai AC dimatikan.
Walaupun airnya tidak sampai bocor dari unit indoornya, tapi suara ini sangat mengganggu.

Teknisi Panasonic sudah berulang kali datang, dan semuanya tidak bisa menemukan letak permasalahannya.

Mohon bantuan Bapak, karena ini benar2 menjengkelkan.
Terimakasih banyak ya..

Anonim mengatakan...

sore pak,saya baru pasang ac sharp sayonara panas,setelah dipasang malamnya dingin,tp siangnya udah gak dingin lagi,setelah saya cek dgn manifold ternyata freonnya kosong,kemudian saya isi,trs dingin lagi,keesokan harinya udah gak dingin lagi..trs dicek lagi dgn manifold ternyata freonnya kosong lagi,dan setelah dicek ulang pipanya ternyata ada kebocoran,dan diantara kebocoran trsebut banyak terdapat minyak...dan sudah diperbaiki,pertanyyaannnya apakah keluarnya minyak tersebut berpengaruh pada kinerja ac secara keseluruhan...terutama kompresor....karena acnya masih baru...dan apa yang menyebabkan minyak tsb ada di pipa.../?terima ksih sebelumnya...

Ipin's Cool mengatakan...

@Ando
Pada pipa ac biasanya memang mengeluarkan air di sebabkan karena kondensasi, klau tidak seperti biasanya(airnya menetes terlalu banyak pada pipa) kemungkinan Freon AC berkurang sehingga pipa menjadi blocking ice.
- Di cari dulu titik kebocoran freonnya, kemudian isi freon kembali.
- Efek jangka panjang jika freon ac berkurang tidak segera di tambh akan mempercepat kerusakan kompresornya.

Sebelumnya coba di cleaning dahulu Indoor dan outdoor jika tetesan air pada pipa masih sama barulah lakukan seperti yg di atas.
trims

ningsih mengatakan...

pak minta info'y,saya ngntrak rumah yg ada ac'y,sdh dibersihkan dan isi freon,selama 1 minggu ac dngin,jika brdiri dbawah outdoor terasa panas,tp skrng tdk dngin lg,dan dbawah outdoor tdk panas,knpa tuh?mksh,infonya sangat dtungguh

Ipin's Cool mengatakan...

@Rini
Saat suhu dalam ruangan sudah dingin, seharusnya outdoor berhenti, namun indoor tetap jalan. suara-suara tetesan air di dalam unit indoor apakah keras suaranya mbak.?saya baru tahu kasus AC yg seperti ini. Jadi maaf mungkin lain kesempatan baru bisa saya jawab Mbak.

Ipin's Cool mengatakan...

@era cristiens
Keluarnya minyak oli jika hanya sebahagian saja tidak berpengaruh apa2 terhadap kompresor kecuali jika oli tsb banyak keluar, membuat mesin kompresor jadi panas.

Ipin's Cool mengatakan...

@Ningsih
Sudah jelas ac di kontrakan Mbak Nngsih itu ac nya bocor karena baru 1 minggu ac sudah tidak dingin lagi. segera di perbaiki saja dan bilang ke Teknisi nya jangan hanya di isi freon tapi di cari titik kebocorannya, karena kalau isi freon saja percuma buang2 duit selang seminggu freon habis kembali.
trims

dicky mengatakan...

malam bos saya punya ac 1pk merek gree itu gak bs dimatiin dan dilayar sensornya itu f2 keremot jg gak berpungsi,,,itu knp bos????makasih

Anonim mengatakan...

pak mohon bantuannya
saya punya ac 1pk merek gree,,,dilayarnya sensornya tulisannya f2,dimatiin gk bisa hidup jg gak mau,,,makasih

Ipin's Cool mengatakan...

@Dicky
berdasarkan adri sumber yang saya ketahui Error code = F2
error = temperature failure.

Di reset saja dulu cabut power ac dari sumber listrik kemudaian pasang kembali.

era chrisTIENS mengatakan...

malam pak...
begini pak saya baru saja memasang ac sharp 1pk,seri sayonara panas 5 690 wat dgn curent ampere 3,3A...pada suhu 25'c acnya sdh dingin..dgn freon 75-80psi..
tapi kalau diukur dgn tang ampere cuma 2,1A...
pertanyaannya
1.apakah perlu ditambah freon lagi biar amperenya naik ke 3,3A..?
2.kalau dibiarkan 2,1A apakah ada pengaruhnya terhadap kinerja acnya, terutama outdoor unitnya...?
catatan:pada saat start acnya sedikit berisik dan pendinginannya agak sedikit lama...ukuran kamar 4x5m.atau memang karena seri lowwatt..?
mohon bantuannya pak..!
terima kasih.

Ipin's Cool mengatakan...

@Pak era chris
AC Sharp 1 pk memang tertera di label 3.3 amper dan itu hanya sebagai keterangan batasan max amper compresor bekerja hingga 3,3 - 3,5 amp lebih dari itu kompresor akan panas dan overload.
-Tidak perlu di tambah freon lagi karena tekanan freon s/d 80 sudah cukup untuk ukuran ac baru, seiring dengan penyusutan mesin kompresor bisa saja amper naik menjadi 2,5 ~ 2,9 amper, dengan tekanan freon turun menjadi 60-65 psi ( rata2 setelah >3 tahun pemakaian)
- Tidak apa apa Pak karena dengan 2,1 amper tekanan freon sudah bisa mencapai 80 psi, jika di tambah terus yang ada malahan AC menjadi tidak dingin.
- AC seri lowwat memang berbeda dengan ac sebelumnya, untuk pendinginannya agak lama di bandingkan ac yg dulu2.
Trims kunjungannya smoga bisa membantu dan mohon maaf bila ada kesalahan

Anonim mengatakan...

Pak saya baru beli ac merek sharp ion plasma low watt 1/2 pk, ukuran kamar 3x 4 m.tp kok gak dingin sama sekali padahal remot sudah saya nyalakan paling dingin.kemudian pernah saya datangkan tukang service cuma freonnya dikurangi tp tetap aja kurang dingin.apa gara salah penenmpatan uotdornya? outdornya saya tempatkan diluar ruangan tp dilorong.lorong itu ukurannya lebar 90 cm panjang 12m atas ada atapnya.jarak outdor dengan atap 10 cm.mohon bantuannya. sebelumnya saya ucapkan terimakasih

Ipin's Cool mengatakan...

Outdoor seharusnyakan penempatannya diluar agar bisa membuang panas secara bebas,langsung, jika peletakan outdoor di lorong seperti itu panas dari kondenser akan feedback.,dan udara panas dari outdoor kemungkinan masuk kedalam ruaangan sehingga proses pendinginan menjadi lama.
3x4 sudah ideal dengan AC 1/2 pk *tanda kutip*
panjang pipa berapa meter??dan apakah lorong itu dekat dengan kamar yg terpasang ac.? jumlah orang di kamar serta peralatan elektronik lainnya.
trims

bano mengatakan...

mas, AC saya Merk LG 1/2 PK (kamar 3x4 m), kurang dingin (utk mencapai suhu ruangan yg dingin bisa membutuhkan waktu lebih dari 2 jam),dan pada temperatur 25 derajat kondensor baru mau berhenti, hembusan Fan outdornya juga tidak panas, kira2 kenapa ya???
apa ada pengaruh dari penggatian kapasitor kipas, karena menurut dia kipasnya lemah, (berhubung kapasitor kaki 3 tidak ada, dia memodifikasinya dengan kapasitor fan + kapasitor yang lama)

Ipin's Cool mengatakan...

@Bano
Ukuran luas kamar 3x4 akan lebih bagus menggunakan ac 3/4 pk untuk pendinginan ruangannya akan lebih cepat ketimbang 1/2 pk.
tekanan freonnya apakah sudah di check oleh teknisinya mas? standart nya antara 60 psi-70 psi.
asalkan besaran ukuran mikro nya sama dengan yg aslinya (kapasitor) gak ada masalah kok.

Anonim mengatakan...

Pak, saya punya AC Denpoo 1pk type DDS 99 (P) yang baru dipakai 6 bulan. Beberapa waktu lalu AC saya di bersihkan oleh teknisi, namun setelah AC tersebut dibersihkan dan dihidupkan kembali, yang keluar bukan udara dingin tetapi malah angin lalu setelah dibiarkan beberapa detik, kompresor outdoor tidak hidup. Mohon pencerahannya.

Anonim mengatakan...

mumun_ancur@yahoo.com

Anonim mengatakan...

bos ipin, ac sy merk samsung, dinyalain, ngak dingin, begitu kipas outdor nyala, indorx langsung tertutup sendiri ! solusix apa ya bos, tq infox

Anonim mengatakan...

Mas, saya mau tanya ac saya Panasonic. Outdoor unit nya kok berisik ya casing nya. nah pas ditekan hilang tuh bunyi. Mohon solusi,,

manmohan mengatakan...

mas, ac saya panasonic 1pk. ac normal2 saja. dan dinginnya pun oke. tetapi fan indoor harus di putar dulu pakai tangan baru bisa berputar klo tidak ac akan mati. trus kalau ac di matikan unit outdoor mengeluarkan suara gemeletak dan bergetar. bagaimana solusinya mas? mohon pencerahannya

Anonim mengatakan...

Halo pak,
Saya mau bertanya tentang perawatan ac. Saya punya ac merk panasonic 1pk (beli taun 2007), tp jarang saya pakai, gambaran setahun, mgkn cm 3bln hidupnya. Sampai saat ini kondisi msh dingin dan bekerja spt biasa.

Yang saya mau tanyakan, sehubungan letak ac di lantai -- dan sangat ribet menjangkau. Itu ac blm pernah mendapat servis sejak dibeli, paling cuma membersihkan saringan udara yg ada di indoor. Kemungkinan alat apa yang harus diganti ditahun ke 4 pemakaianya ya pak, saya ada rencana mau servis minggu ini. Takut ditipu orang service. Kondisi saat ini hidup, dingin, dan tidak ada keluhan sama sekali (insyaallah). Mohon pencerahannya pak.

Dhani
dhadung_ym@yahoo.com.au

Admin mengatakan...

Jka AC masih dingin lakukan perawatan ac (service cleaning indoor dan outdoor),penggantian sparepart ac atau jika penambahan freon perlu di lakukan pengukuran dahulu.,sebaiknya sih jangan di biarkan mati terlalu lama hingga berbulan2, sesekali hidupkan ac untuk memperlancar sirkulasi refrigerantnya.

Anonim mengatakan...

pa,, ac saya sharp 1/2 Pk, umurnya 2 tahunan.. saat ini kondisinya kurang dingin,, saya rasakan pada suhu 23-25 kompresor suka mati, padahal kondisi ruangan blm terlalu dingin,,, ketika saya bersihkan indoornya pada kisi2 dibelakang filter basah dan seperti minyak,, kira2 kenapa ya pak,,,

Admin mengatakan...

Sudah bisa di pastikan ada kebocoran pada evaporator indoor...refrigerant didalam sirkulasi menjadi habis dan kompresor akan cepat panas sehingga lama kelamaan over heating.

Anonim mengatakan...

pa admin,, penyebabnya apa ya,,kira2 yang perlu diperbaiki atau diganti apanya ya,, kisaran biaya yang dikluarkan brp,,, kemarin saya tanyakan ke tukang servis ac dekat rumah,katanya kupingnya bocor,, kalo dilas biayanya 350rb tanpa garansi, karna bisa bocor lagi, kalau diganti 450rb, dijamin ga rusak lagi,,,tks pa admin

Anonim mengatakan...

malam pak ac saya panasonic 2pk.td saya ganti kompresor yg 1.5pk. bsa td. trus diisi freon dgn tkanan tdk smpe 6 hnya 5-5.5 krena blm naik kata tkng ac nya nanti jg naik amperenya..saya perhatikan,mesin outdoor cepat mati walau ruangan blm dingin. ada pngaruh jg tdk dgn modul indoornya apa perlu direset.kata tkng ac krena settingannya modulnya sdh tdk bs drubah2 jd hrus direset dan itu yg bikin outdoor cpt mati,jd blm sempet ampere naik sdh mati outdoornya gmna itu pak..perlu pencerahan..trimakasih

Admin mengatakan...

kalau menurut saya lebih baik pilih yang bergaransi aja..evap indoor barunya sekitar 750 ribuan dan kalaupun di tawarkanharga 400ribu itu barang second bukan baru bisa di pastikan gak tahan lama dan bocor lagi waduh repot dehh

Admin mengatakan...

Pada saat penggantian kompresor seharusnya pada kondensor di kurangi 4 U band untuk menyesuaikan dengan kompresor yg lebih kecil dari ukuran aslinya. modul indoor mendeteksi ac tidak dingin dalam sekian menit sehingga secara auto akan memutus relay arus ke outdoor.

Dd mengatakan...

saat penggantian kompresor seharusnya pada kondensor di kurangi 4 U band untuk menyesuaikan dengan kompresor yg lebih kecil dari ukuran aslinya. modul indoor mendeteksi ac tidak dingin dalam sekian menit sehingga secara auto akan memutus relay arus ke outdoor. jd msalahnya tdk perlu menganti modulnya hanya dikurangin kondesor ac disesuaikan dgn compresornya..?

Anonim mengatakan...

maaf pak numpang tanya.
saya punya ac 1/2 pk baru kemarin dibersihkan oleh tukang ac, kenapa dinginnya tidak seperti sebelum dibersihkan ya. padahal freon jg baru ditambah setelah dicek 45psi diisi ke 75psi. indoor unit remotenya rusak sudah lama sehingga saya selalu pake manual on pada pcb untuk menghidupkan dan mematikan ac. terus akhir2 ini outdoor suaranya agak berisik, kira2 apa penyebabnya? terima kasih atas tanggapannya.

Anonim mengatakan...

pak , mau tanya sya punya ac merk HITACHI kapasitas 2pk . angin yg kluar dari indoor gak dingin , saya cek outdoor , angin dari fan outdoor dingin , saya cek tekanan freon 250psi pada manifold , chasing outdoor panas , padahal posisi outdoor di tempat yang tertutup sinar matahari .
apakah kompresor mati ?
jika kompresor mati , bisa diperbaiki dengan overload gak ? atau gimana solusinya ? trims

service ac mengatakan...

@dansking
Jika freon tekanannya 45 psi memang itu kuranng freon dan harus di tambah hingga samapi tekanan normal 60-70psi. outdoor berisik di lihat dulu apakah cashing nya ada baut2 yang kendor atau bisa juga dari kompresor karena kurang oli akibat ada kebocoran pipa.

perawatan ac mengatakan...

@Anonim
iyaa..kompresor mati karena overheating sehingga AC indoor hanya angin saja yang keluar seperti kipas angin.
overload saja tidak bisa jadi solusi karena beban amper kompresor yang tinggi overload ini akan memutus arus sebagai safety nya.

Anonim mengatakan...

boss, Ac saya LG 1/2 Pk, sebulan yg lalu sy servis cuci , dan dingin, tp seminggu ini Ac ga bisa dingin, di cek sam tukang Ac , ternyata fan outdoornya lemah, jd saat di nyalain, kipas tdk mau puter,kt teknisi mesin gulungannyaa kemungkinan udh lemah, soalnya kl malem ac di nyalain bisa dingin, tp kl siang gak mo dingin. Udh coba ganti kapasitor Fan, tp tetap Kipas ac gak mo puter.. tolong solusinya ..

Ryan's Group mengatakan...

Saya bingung nih..sebelumnya ac baru di service garansi.. diganti Kompresor & kapasitor yang baru.. Tapi kenapa kalo pada siang hari AC tidak dingin padahal kipas di outdor menyala. tapi kalo pada malam hari dingin bgt ac..

Sy udah sampe gonta ganti tukang service nya. eh tapi malah kondisi nya gitu2 aja.. Mohon pencerahannya ya pak.. Thx sebelumnya

Candlestick Mania mengatakan...

Kalau dilihat remote ac bisa diatur sampai dingin 17/18 derjat C. Apa bisa
diset remotenya walaupun angka di display 17/18 tapi yang diorder remote ke unit
ac hanya (minimum/paling dingin)24/25 derjat?.

Terima kasih
SR

Admin mengatakan...

@Anonim
Ganti gulungan motor fannya saja.

Ipin's Cool mengatakan...

@Ryan's
Coba gunakan AVR di rumah, kebanyakan AC yang masalah seperti itu karena tegangan PLN Droop.. <220 volt sehinggga kompresor tidak mau bekerja.

Ipin's Cool mengatakan...

@candlestick
Sebenarnya udara dingin keluaran dari indoor itu sudah mencapai 13-18 derajat. karena ruangan terlalu besar tidak sesuai dengan BTU AC dan juga banyak celah (ventilasi) yang tidak tertutup rapat.

Paradise0431 Team mengatakan...

Boss Ipin, sy pake ac 2pk, taoi skrg limit suka jatuh walaupun baru hidup 10 menit. padahal limitnya (stavol) 20 Ampere. Salahnya dimana ya? trims reza

Ipin Cool mengatakan...

@paradise
kompresor berarus tinggi sehingga menyebabkan MCB trip terus ini bisa juga di sebabkan karena:
- sirkulasi ac ada yang mampet pada kapiler dan strainer.
- kapasitor kompresor sudah lemah
- ada instalasi kabel yg short / kendur

rumahmertua mengatakan...

oom ipin numpang tanya..
saya punya kulkas etalase ( yang model pintu kaca itu ) pada kompresornya nggak panas... tapi malah dingin.. sedingin es..
untuk etalasenya sih dingin, tapi lama banget... untuk mencapai suhu 0'C nggak bisa...
masalahnya apa ya?

Anonim mengatakan...

Pak mau nanya, ac saya panasonic mengenai dingin nggak masalah, tapi kalau lagi/habis hujan deras ac nggak bisa dinyalakan pakai remote melainkan hrs manual dr atas anehnya kl lagi musim panas normal spt biasa bisa di on/of pakai remote, sdh saya coba ganti remote baru tp masalah tetap sama kira2 kenapa ya Pak?

Anonim mengatakan...

bgmn cara menangani kulkas/frezzer buntu pada waktu isi freon?thanks

Admin mengatakan...

@Anonim
kasus panasonic seperti itu belum pernah saya temui sebelumnya tuhh pak...

untuk kulkas yang buntu pada saat pengisian freon hendaknya di ulangi lagi pembilasan pada sistem pipa pipanya dulu..akan lebih baik pipa kapiler di ganti dahulu

Teguh mengatakan...

pak, saya mau ikutan tanya...
saya pakai sharp plasmacluster yang sayonara panas 1/2 PK, dari awal beli baru sebulan 2 bulan dipakai, acnya sudah tidak dingin jadi seperti pakai kipas angin saja...

waktu itu pernah isi freon, berhasil jadi dingin paling lama 2 minggu...
sudah dicek di sambungan outdoornya katanya tidak ada kebocoran, dan disarankan untuk membongkar unit acnya siapa tau evaporatornya yang bocor...
saya curiga kalau pipanya yang bocor, tapi kesulitannya saya tinggal di apartemen, dan pipa salurannya ada di gipsum atas.

nah yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana cara mengecek bocornya itu dimana? lalu kalau misalnya tidak bisa dicek secara manual, solusinya lebih baik cek evaporatornya dulu atau cek pipanya? karena hubungannya dengan biaya yang tidak sedikit...
untuk isi freon terus juga lumayan memberatkan, hampir 300rb sekali isi karena katanya freonnya sudah habis total.
mohon solusinya pak :)
terima kasih

linda mengatakan...

Lhinda

Pak, sejak tahun 2009 saya mengganti beberapa unit AC dgn merk LG dan Mitsubishi. Kejadiannya persis setelah 13 bulan (setelah habis masa garansi) AC semua bermasalah, tidak dingin, ada yang compresor jebol, evaporator bocor, freon abis, indoor netes deres, dll. ini terjadi untuk AC di rumah dan kantor, sehingga saya bingung untuk memilih merk AC yang bagus. Untuk AC kamar saat ini LG Hercules, sering netes tp tukang servis AC tidak bisa menemukan penyakitnya, hanya bilang mampet di pipa pembuangan indoor atau kita disuruh niup pipa kecil di pembuangan yang di outdoor. Mohon pencerahan pak. Terima kasih sebelumnya.

Anonim mengatakan...

pak ipin tolong bantu masalah pada ac saya...

saya punya 2 ac, yang satu merk tcl typenya ga tau. masalahnya ac tidak dingin seperti kipas angin dikasih es batu aja :) . setelah pemakaian selama kurang lebih 15menit tiba" indor dan outdoor mendadak mati sendiri, apa penyebabnya? ac sudah sering dicuci baik indor dan outdoornya, tambah freon juga sudah..tapi tetep saja ga dingin dan tetep mati sendiri.

yang ke2 ac LG terminator 1/2pk. ac tersebut sering mengeluarkan kode ch-02 pada display knapa ya pak ipin tolong pencerahannya..sebelumnya maaf kalo tulisan saya amburadul

ini ym saya : maurentsweet09@yahoo.co.id

Anonim mengatakan...

Pak ipin minta pencerahannya,,,,

Ac saya LG inverter baru 1 tahun yg lalu beli nya...
Indoor Ac nya kemarin ada suara bunyi angin yg tersendat...
waktu suhunya di set 24 derajat dia ga dingin lagi (sebelumnya dingin). kemudian saya cb set ke 18 dingin... tp tidak sedingin dulu.
itu kenapa ya pak ? apakah perlu di service atau ada spare part yg kurang bagus,,,,?
Kemudian apakah AC Inverter bunyi mesin Outdoor lebih kencang daripada yg bukan Inverter, karena semenjak di pasang kata yg pasang untuk inverter ama lebih kencang suaranya.. apakah benar ?

Terima kasih Pak

Anonim mengatakan...

salam mas bro ipin
saya husen mohon pencerahan saya menggunakan ac mitsubishi 1 pk sdh 8 thn bbrp hari belakangan outdoornya mengeluarkan suara yg cukup keras sekitar 10 detik dan berulang-ulang setiap 30 menit-an..apakah benar jika menggunakan stabilizer bisa menghilangkan suara berisiknya ?
terima kasih

Anonim mengatakan...

pak mau tanya ac saya waktu pertama kali kompressor bekerja pada indoor unit terdengar suara berdenyit,,,,,
itu penyebabnya apa pak........????
ma kasih yang amat banyak sekali sebelumnya

skyzzz mengatakan...

Mau bertanya, saya punya ac daikin. Sebulan yg lalu ac saya bocor, lalu diservice. Nah setelah diservice ac nya malah bermasalah. Kalau dinyalakan sih dingin, tapi 20-30menit kemudian lampu led di ac (bagian timer) itu akan kedap kedip dengan frekuensi 3x lalu ac tidak dingin (dan mesin ac seperti tidak belerja). Nah masalah ini sudah saya kasi tau ke pihak yg menservice. Mereka sudah 2x mencoba membetulkan tp tidak berhasil. Apa yg harus dilakukan yah? Apakah ac nya masi bisa diselamatkan

Anonim mengatakan...

Malam mas ipin, sy punya ac polytron logicool 1/2 pk. Dinginnya bagus..tp kemarin sehabis dibersihkan menetees air dari indornya yg cukup banyak..kira2 dua gelas besar sepanjang malam. Masa pemakaian ac kurang dari 1 tahun..itu kenapa ya mas..? Tukang servis acnya bilang itu memang penyakit polytron. Apa iya memang gitu..?apa gak bikin ac lama2 rusak..?. Tolong komentnay ya mas.ths.lolly

Anonim mengatakan...

Malam pak ipin.. Ac sya polytron logicool masa pemakaian 9 bulanan. Kondisi ac dingin..sudah 3 kali dibersihkan. Tp sejak sehabis dibersihkan ada tetesan air yang cukup banyak( kira2 2 gelas besar sepanjang malam ) dari bagian samping indoor. 2 tehnisi bilang katanya itu memang sudah bawaan polytron krn kondisi bracket beda dengan ac lain. Apa iya memang begitu mas..?, apa gak ngerusak ac nantinya..? Mohon bantuannya ya mas. Ths. Lolly

Anonim mengatakan...

malam mas ipin, AC saya polytron logicool 1/2 pk sudah dipakai hampir 1 tahun. kondisi AC dingin. hanya saja semenjak dibersihkan pertama kali indor AC dr bagian samping selalu menetes air( hampir 3 gelas besar sepanjang malam). dua kali tehnisi yang membersihkan tidak bisa menemukan penyebabnya. katanya itu memang bawaan AC Polytron. Apa memang bener gitu ya mas..?, apa gak malah merusak AC nantinya.?,dan apa harus dipanggil dr servis senter polytron sendiri..?. ths ya mas. Lolly

luxy mengatakan...

ac tidak dingin,knp ya pak?

bagus mengatakan...

mohon maaf pak, saya ada pertanyaan, saya punya ac samsung 1/2 pk saya lupa serinya beli november 2008 selama ini perawatan rutin hanya cuci steam sekitar 3-4 bulan sekali. nah masalahnya setelah servis terakhir ac sering tidak dingin terutama setelah dimatikan sebentar, solusinya dimatiin sekitar 1/2 - 1 jam trus dihidupin lagi, dan dingin lagi, tapi beberapa hari lalu anak lagi sakit shg ac mati sekitar 3 hari. skrg ac tidak dingin sm sekali, hanya keluar hembusan angin di indor unit. saya sudah coba matiinn lama tetap tidak mau dingin. oh iya sekedar info pada saat ac tidak dingin fan outdor unit tidak berputar, kompressor tdk bekerja, outdor unit diem, tdk ada getaran sama sekali, 1 hal lagi selama ini ac nyala hampir 24 jam dari baru. paling matiin kalau lagi keluar rumah. terima kasih sebelumnya

Anonim mengatakan...

mhn bantuanya Pak,
Dikantor saya ada 2 buah AC yg scr otomatis bergantian bekerjanya yang didesain khusus untuk mendinginkan cabin sebuah peralatn elektronik.
permasalahan yg kami hadapi yakni, pada kurun waktu tertentu (-/+ 90 menit) penunjukan LP (low presure) pada manifold semakin lama semkin turun sampai pada batas tertentu (0,5 bar)sensor akan menghentikan kerja kompresor karena kurangnya tekanan pada LP tadi.
pertanyaan kami,kira2 apa yg menyebabkan berkurangnya tekanan pada LP AC saya, terus kira2 bagaimana untuk mengatasi masalah tersebut??
terima kasih sebelumya Pak

Anonim mengatakan...

Pak tolong donk mau tanya tentang ac samsung inverter, saya baru beli 2 minggu lalu, dari pertama beli ac nya sering mati sendiri mulu dan keluar E102, sudah dicek teknisi samsung katanya listrik rumah ga stabil jd sering mati sndiri, jd kl ac inverter hrs listrik yg stabil, apa benar begitu pak? Perasaan listrik saya ga pernah mati sndiri atau byar pet, dan mnrut logika saya apa iya kl listrik ga stabil bisa keluar kode E102? Bukannya itu error ya? Thanks, tolong dijawab ya pak

kamel mengatakan...

mohon bantuannya pak..
saya punya ac polytron 1 PK umur + 1 tahun 4 bulan..suara outdoornya berisik seperti mendengung kalo lagi beroperasi. terima kasih pak

Anonim mengatakan...

pak mau bertanya, gmn cara nya me reset timer ac panasonic? udah saya tekan tombol off tp msh blm mati timernya..tq

Agus mengatakan...

Selamat pagi Mas Ipin
Saya punya problem di Ac merek Polytorn.
-Led Ac tertuliskan kan F7
-Swing fan membuka terus menutup kembali.
Setelah itu gak bisanya on kan lagi.
Mohon petunjuknya Mas Ipin, kerusakan apa di AC saya tersebut.
Terima Kasih.

Anonim mengatakan...

pak knapa ac daikin inverter 1pk.unit indor bkerja,untuk suplai arus ke outdor ada tetapi pada unit outdor tdk bkerja,,,apa permasalahan ya ya../????mohon bantuanyaa pakk,

Anonim mengatakan...

indra.asslmm. pak saya baru beli ac crystal 3/4 pk. masalahnya ampere di tempat saya cuma 4 ampere. sehingga listrik sering mati kalu ac dihidupkan. setelah 2 bulan pemakain ac saya tidak dingin lagi, pada pipa compresor terdapat bunga2 es. kemarin dilakukan pengisian r22. dinginnya berhasil, namun hanya 6 jam, kemudian ac menjadi panas, sebelumya saya membersihkan indornya ternyata di depan evaporator banyak. mohon pencerahaanya pak.

Anonim mengatakan...

mohon bantuan pak.
AC saya polytron Logicool 1/2 PK. sdh beberapa bulan ini ac saya mengeluarkan bunyi fan yg agak keras. setiap fan mulai berputar bunyinya agak keras, sampai ke dalam kamar bahkan ke kamar sebelahnya. saya sudah service tapi suaranya tetap ada. mohon bantuannya ya pak. terima kasih.
erick_jnqs@yahoo.co.id

Anonim mengatakan...

mau nanya pak,sebulan lalu sy baru membeli ac sharp 1/2 pk jetstreem,hari pertama sampai seminggu dingin bgt tp keesokannya tidak dingin lg,setelah di cek ternyata ada kebocoran pd napel outdoornya.lalu sy panggil orang yg masangnya freon sdh diisi smpai bts normal,tp ac tidak lagi sedingin wktu pertama kali pemasangan,kebocoran pun setelah dicek sdh tidak ada lagi..jd harus diapain y?apakah dengan mengganti dengan pipa yg baru permasalahan akan selesai?mohon bantuannya...terima kasih

Anonim mengatakan...

pa sy mau tnya. sy punya ac baru, hari pertama dingin, namun setelah 5 hari ga dingin. lalu sy liat ada kebocoran di double nepel, trus sy panggil tukang servise ac untk di perbaiki. setelah kebocoran dpt diatasi, namun ac sy masih kurang dingin. bagaimana menagatasinya lg ??? mhon penjelasan !!! trim's

Anonim mengatakan...

Selamat pagi Mas Ipin
Saya punya problem di Ac merek Polytorn.
-Led Ac tertuliskan kan F7
-Swing fan membuka terus menutup kembali.
Setelah itu gak bisanya on kan lagi.
Mohon petunjuknya Mas Ipin, kerusakan apa di AC saya tersebut.
Terima Kasih.

kemarin ac saya juga mengalami hal yg sama,coba di cek apakah ada kabel yang kendor / terlepas. kebetulan kemarin di ac saya karena ada kabel yang lepas, yaitu kabel di belakang kabel panel LED ac, yang soketnya berwarna kuning. setelah di pasang langsung bisa :)

cHi-Q Destriana mengatakan...

Selamat Siang Mas Ipin, problem AC saya sama seperti yang dialami Mas Agus. AC Polytron 1/2 PK di led muncul command F7 dan sampai saat ini masih belum bisa dinyalakan. Mohon infonya Mas Ipin, kira-kira apa penyebabnya dan apa yang harus dilakukan untuk perbaikannya?
Terima kasih.

Anonim mengatakan...

Thanks very interesting blog!
my web page :: radiateurs chauffage central

Anonim mengatakan...

Salam knal maz
sya mw tanya
kmarin sya bru sja ganti compresor tp knapa ko paz drunning prezny naik turun,padahal sya sudh melakuka penggantian compresor sesuai prosedur..
Trz satu lg maz sya mw tany lg ,kl ac dnyalain malahan turun MCB ny.jd outdoor blm smpet running malahan mcbny udh turun duluan

mohon bantuan ny ya maz
trimakasih sblmny

Anonim mengatakan...

Salam kenal pak. Ac LG saya kok sering nyala sendiri dan mati sendiri tanpa ada yg menyalakan remote control. Hal itu nyala mati dalam waktu singkat, kadang lama. Kira2 kerusakan di elektroniknya mudah dibetulkan tidak? Thanks.

Admin mengatakan...

Maaf Mas baru buka Blog nya lagi nih.

1. Jarum manifold naik turun terus tandanya pada sistem terdapat kebuntuan , apa pipa ac ada yg bengkok.? dan coba check kapiler mampet atau tidak..?? saran saya ulangi pemasangan kompresornya dan bersihkan pada jalur pipa ac dengan flushing.
2. sepertinya kompresor sudah short pada gulungan nya Mas, ukur tahanan SCR nya pada skala ohm

Anonim mengatakan...

knp AC saya sering naik AMPERE nya?
padahal freon full, AC sering di cuci dan dayanya 1350 Watt ?


makasih..

«Terlama ‹Lebih tua   1 – 200 dari 331   Lebih baru› Terbaru»