Pada bagian-bagian unit AC ini yaitu Accumulator yang belum pernah di posting. Letak accumulator atau bahasa jawanya akumulator ini selalu berdampingan dengan kompresor untuk AC berukuran 0,5 pk s/d 3 PK khususnya untuk kompresor yang berkelamin ROTARY, kompresor yang berkelamin PISTON jarang sekali yang menggunakan Akumulator ini. Untuk ukuran besar ataupun kecilnya akumulator ini tergantung pada merk kompresor, karena pada merk kompresor tertentu dengan ukuran PK yang sama akumulatornya ada yang lebih besar. jika hendak mengganti kompresor yang baru harap disesuaikan dahulu dengan body outdoor unitnya agar memudahkan di dalam pemasangan kompresor sehingga akumulator tidak bergesekan dengan body/cover outdoor unit yang dapat menimbulkan suara bising pada unit outdoor AC.
Sebenarnya apa sih fungsi akumulator pada air conditioner ini..??dari berbagai sumber saya coba kumpulkan tentang Fungsi Akumulator. Akumulator pada kompresor AC berfungsi sebagai penampung sementara refrigerant cair bertemperatur rendah dan campuran minyak pelumas/oli kompresor. selain itu akumulator juga berfungsi mengatur sirkulasi aliran bahan refrigran agar bisa keluar masuk melalui saluran yang terdapat di bagian atas akumulator (pipa hisap/low pressure), Untuk mencegah agar refrigerant cair tidak mengalir kedalam kompresor, disinilah akumulator bekerja mengkondisikan wujud refrigran tetap dalam wujud gas, sebab ketika wujud refrigran berbentuk gas akan lebih mudah masuk kedalam kompresor sehingga tidak merusak bagian dalam kompresor. maka dari itulah pada saat pengisian freon janganlah membuka kran manifold pada posisi full yang dapat mengakibatkan masuknya freon/refrigran berbentuk cair ini, dan juga jangan di biasakan pada saat mengisi freon/refrigrant dengan membalikan tabung refrigerant.
Sebenarnya apa sih fungsi akumulator pada air conditioner ini..??dari berbagai sumber saya coba kumpulkan tentang Fungsi Akumulator. Akumulator pada kompresor AC berfungsi sebagai penampung sementara refrigerant cair bertemperatur rendah dan campuran minyak pelumas/oli kompresor. selain itu akumulator juga berfungsi mengatur sirkulasi aliran bahan refrigran agar bisa keluar masuk melalui saluran yang terdapat di bagian atas akumulator (pipa hisap/low pressure), Untuk mencegah agar refrigerant cair tidak mengalir kedalam kompresor, disinilah akumulator bekerja mengkondisikan wujud refrigran tetap dalam wujud gas, sebab ketika wujud refrigran berbentuk gas akan lebih mudah masuk kedalam kompresor sehingga tidak merusak bagian dalam kompresor. maka dari itulah pada saat pengisian freon janganlah membuka kran manifold pada posisi full yang dapat mengakibatkan masuknya freon/refrigran berbentuk cair ini, dan juga jangan di biasakan pada saat mengisi freon/refrigrant dengan membalikan tabung refrigerant.
46 komentar:
gan kalau freon diisi berapa taun sekali
salam sahabat
wah ternyata beragam fungsinya yach...bisa berpengaruh ukuran besar kecilnya yach
Kalo Akumulator itu mahal enggak sih
makin rumit, makin gak ngerti....
met siang, met berpuasa...
(maaf gak nyambung ma artikel)
waaaah bang Ipin ilmu yang kemarin aja belum ketangkep, eeeehhh ada lagiii jadi nambah pusiiing.
sukses selalu Bang Ipin n tetap semangat
sepertinya iq ane ga nyampe nih mas.. ngertinya cuma buat sumber daya. ane baca pelan-pelan, belon dong he he
sumprit rumit banget, kalau enggak teliti bisa bah hayya.. thanks inponya :)
wah susah..tapi serahkan saja pada ahlinya..hehe
yah,,bang ipin,,, yg kemren aja ane blum sempat masuk otak,,,hihihihi,,,ada lagi nih yag baru,,,,tpi gak pa2 lah dapet ilmu baru terus disini,,,,:)... maksih abng ipin,,makin maknyoosss,,,^^...
Estou agradecendo sua visita em meu blog, e passei para visitar o seu também.
É sempre um prazer, conhecer pessoas, que podem ser novos amigos.
Muito Obrigado
abraços.
walahhhh.... ternyata ac juga punya "kelamin "toh, jangan jangan ada yang berkelamin ganda he he he...
klo aku baca dari fungsi2nya.. berarti termasuk salah satu yg vital nie Sob... thnx 4 share....
maaf nie aku telat.. happy blogging n semangat Sob...
wah..sip..nih..bisa lebih mengenal tentang ac..ijin coopas...ya om..ntar kalau mau pasang ac..biar lebih tahu
ma kacih..atas informasinya yang komplit tentang ac
ohh ternyata fungsinya itu ya sob,makasih infonya ya...
@Obat tradisional lupus
kalau gak ada kebocoran freon sih gak perlu diisi lagii sobbb....
aku datang lagi bozz...wah masih sunyi sepi nie.... biasanya udah rame bgt disini....... Menkominfo Alkatro blum dateng apa ya hhe..
semangat n happy blogging Sob...
wah informatif neh sob, manteb
thank's ya n' suksek 4 U
salam
wahhh
apalagi itu
aku gak tahu
heheh gak pernah buka buka AC
makasih yaw infona
nice info, jdi pengen bongkar AC niee, kalo jdi rusak tinggal panggil kmu kwkwkwkwkkw
blekenyek datang mengunjungi sahabat
fungsinya banyak amat sob...mantabs dah...:D,maaf baru mampir ...
yang aku tau Rotary itu jenis mesin printing ternyt akumulator ya ada jenis rotary jg ya.
selama ini cuma pake aj ga ngerti dalamnya, paling taunya bearing ma motor aj coz pernah trouble
tengkyu infonya sob...
Siank Sobat.. aku datang rutin disini....... Semangat n happy blogging ya SOb....
jadi ini aki banyak juga manfaatnya kawand ya
Assalamualaikum bang..weiittsss keren nih blognye bang...
hehehe :D
waahh kangen bang.. kangen corat coret disini ^^
bos bener gak !! kompresor ini dalamnya jenis kumparan ya?, suwun
kalau soal ini mas ipin lah pakarnya
q kira aki
heheehe
salah baca
hehehe
Siank.. aku selalu hadir hhe.....
waduh lagi bikin tutorial baru nia biasanya klo blum update hhe... Semangat ae lah Sob.....sekarang aku bingung sama DVD rumah haha.. Kulkas udah beres wkwkw
mantabs infonya sob,kalo dipelajari ternyata mudah ya...
bos akumulator itu letaknya sebelum kompresor apa setelahnya
Hidayat
akumulator berada setelah evaporator
Thanks mas bro taz infonya..semoga sukses.slm kenal
Thanks mas bro taz infonya..semoga sukses.slm kenal
thnks boz,ats infrmsny.
Sngguh sngt mmbnt dlm bdng yg tngh sy glti.
N mf ane tngh bljr so infny sngt brarti.
1 kali seumur hidup kecuali ada kebocoran/reparasi
1 kali seumur hidup kecuali ada kebocoran/reparasi
Penyebab akumulator ber es. Itu apa ya. Apa ada penyumbatan pada kapiler.
Bos, kalau kita lihat di YouTube, teknisinya malah menyarankan kalau mengisi freon R32 / R410a harus dibalik tabungnya agar yg masuk ke kompresor cairan freon bukan gasnya. Apa betul itu bosqu?
Ini mengingatkan saya ketika kuliah dulu.
TA saya dulunya juga memodifikasi sistem AC dengan menambahkan fungsi sebagai heater air didalamnya, karena setiap mesin TA harus mampu dibongkar pasang untuk dipindahkan ke galeri labor jadi khusus untuk TA saya meminta pada dosen untuk tidak membongkar unit yang saya buat kecuali mereka ingin bertanggung jawab dengan menyediakan freon dan mengisinya kembali setelah dipindahkan namun mereka lebih memilih mencarikan space yang cukup untuk meletakan mesin TA saya
jenis freon R410a adalah bentuk campuran drR125 dan R32,oleh krna R410bukan refrigerant tunggal,maka pengisian tabung sebaiknya dibalik untuk mndapatkan campuran yg ttp homogen,klo tdk dbalik maka kecenderungan yg keluar lebih dulu adlh R125 krn bersifat lebih berat,jd kemungkinan komposisi yg dominan yg masuk sirkulasi adlh bukan murni R410a,melainkan lebih dominan R125 sehingga nantinya mengurangi kinerja pendinginan unit tsb,sbenarnya untuk semua sistem pendingin refrigerasi pengisian yg baik itu melalui pipa discharge(pipa panas) krna dsinilah perubahan refrigrant dr gas panas suhu diturunkan melalui pendingin udara kondensor sehingga suhu diturunkan akibatnya refrigerant menjadi stengah cair,nah disinilah peran sistem pengisian cair dibutuhkan dg membalik tabung refrigerant,krna sblm refrigerant sblm memasuki valve expansi ato kapiler refigerant dituntut mnjadi cair krna nantinya akan disemprotkan (spray) melalui valve expansi atau kapiler dg pengecilan diameter pipa pada kapiler dan expansi,sehingga hasil semprotan refrigerant k evaporator mnjadi leh sempurna yaitu dlm bentuk cair sprayer atau setengah kabut,seperti alat sempot cuci mobil,nah selanjutnya pada evaporator refrigerant yg berupa liquid spray td menyerap panas udara sekitar dan perlahan refrigerant cair spray td berubah wujud mnjadi gas dan ad seditit cair jg masuk k akumulator dan d akumulator dipisah sedemikian rupa hingga disalurkan ke kompressor dlm bentuk gas dg tujuan untk bisa dikompresi dg baik oleh kompressor,sedangkan untuk refrigerant tunggal sprti R22,atau R32 pengisian boleh dibalik boleh tdk,krna hnya tunggal maka tdk ada dominan refrigerant,tp perlu diperhatikan jg cara pengisiannya,klo untuk pengisian tabung dibalik maka pengisian harus lewat pipa discharge,tujuannya adlh agar liquid refrigeran masuk k kapiler ato expansi,sehingga nanti kembali k kompressor dlm bntuk gas,dan pengisian R22ato R32 dg tabung tdk dbalik cara mngisinya melalui pipa suction dlm bntuk gas,krn nanti masuk k kompressor ttp dlm bentuk gas.dan pada ac split tdk ada(tdk disediakan) jalur pengisian melalui pipa panas (discharge) untuk pengisian refrigerant R410 baiknya ttp dg tabung dibalik diisi melalui pipa suction dan dg metode pengisian lambat(pelan2) tujuannya adlh dg memberi jeda waktu akumulator memisalhakn liquid dg gas,dg begitu kompressornjadi lebih awet,dan campuran sempurna R410a masuk ke sistem dg baik.
article informatif https://www.dolabuy.su lire ici dolabuy louis vuitton pourquoi ne pas regarder ici répliques de sacs 7a en gros
Maaav gan ane mau ty kebetulan ane ada servisan ac kendala nya di akumulator berbunga es tapi di akumulator aja sehingga ac kadang dingin kadang gak minta solusi nya bang
Kompresor yg berjenis piston apakah tidak perlu pakai accumulator
Posting Komentar