Laman

Search Tips Information Products and Services

29 Agustus 2010

Fungsi Accumulator

Pada bagian-bagian unit AC ini yaitu Accumulator yang belum pernah di posting. Letak accumulator atau bahasa jawanya akumulator ini selalu berdampingan dengan kompresor untuk AC berukuran 0,5 pk s/d 3 PK khususnya untuk kompresor yang berkelamin ROTARY, kompresor yang berkelamin PISTON jarang sekali yang menggunakan Akumulator ini. Untuk ukuran besar ataupun kecilnya akumulator ini tergantung pada merk kompresor, karena pada merk kompresor tertentu dengan ukuran PK yang sama akumulatornya ada yang lebih besar. jika hendak mengganti kompresor yang baru harap disesuaikan dahulu dengan body outdoor unitnya agar memudahkan di dalam pemasangan kompresor sehingga akumulator tidak bergesekan dengan body/cover outdoor unit yang dapat menimbulkan suara bising pada unit outdoor AC. 

Sebenarnya apa sih fungsi akumulator pada air conditioner ini..??dari berbagai sumber saya coba kumpulkan tentang Fungsi Akumulator. Akumulator pada kompresor AC berfungsi sebagai penampung sementara refrigerant cair bertemperatur rendah dan campuran minyak pelumas/oli kompresor. selain itu akumulator juga berfungsi mengatur sirkulasi aliran bahan refrigran agar bisa keluar masuk melalui saluran yang terdapat di bagian atas akumulator (pipa hisap/low pressure), Untuk mencegah agar refrigerant cair tidak mengalir kedalam kompresor, disinilah akumulator bekerja mengkondisikan wujud refrigran tetap dalam wujud gas, sebab ketika wujud refrigran berbentuk gas akan lebih mudah masuk kedalam kompresor sehingga tidak merusak bagian dalam kompresor. maka dari itulah pada saat pengisian freon janganlah membuka kran manifold pada posisi full yang dapat mengakibatkan masuknya freon/refrigran berbentuk cair ini, dan juga jangan di biasakan pada saat mengisi freon/refrigrant dengan membalikan tabung refrigerant.

49 komentar:

Obat tradisional lupus mengatakan...

gan kalau freon diisi berapa taun sekali

Unknown mengatakan...

salam sahabat
wah ternyata beragam fungsinya yach...bisa berpengaruh ukuran besar kecilnya yach

fb mengatakan...

Kalo Akumulator itu mahal enggak sih

narti mengatakan...

makin rumit, makin gak ngerti....

sda mengatakan...

met siang, met berpuasa...
(maaf gak nyambung ma artikel)

harto mengatakan...

waaaah bang Ipin ilmu yang kemarin aja belum ketangkep, eeeehhh ada lagiii jadi nambah pusiiing.
sukses selalu Bang Ipin n tetap semangat

smp pagerank mengatakan...

sepertinya iq ane ga nyampe nih mas.. ngertinya cuma buat sumber daya. ane baca pelan-pelan, belon dong he he

misteri empat matahari mengatakan...

sumprit rumit banget, kalau enggak teliti bisa bah hayya.. thanks inponya :)

Anak Nelayan mengatakan...

wah susah..tapi serahkan saja pada ahlinya..hehe

Elvindinata mengatakan...

yah,,bang ipin,,, yg kemren aja ane blum sempat masuk otak,,,hihihihi,,,ada lagi nih yag baru,,,,tpi gak pa2 lah dapet ilmu baru terus disini,,,,:)... maksih abng ipin,,makin maknyoosss,,,^^...

Sônia Pachelle mengatakan...

Estou agradecendo sua visita em meu blog, e passei para visitar o seu também.

É sempre um prazer, conhecer pessoas, que podem ser novos amigos.

Muito Obrigado

abraços.

pakde sulas mengatakan...

walahhhh.... ternyata ac juga punya "kelamin "toh, jangan jangan ada yang berkelamin ganda he he he...

Unknown mengatakan...

terima kasih sobat infonya
saya simpan
sukses selalu ya

Ferdinand mengatakan...

klo aku baca dari fungsi2nya.. berarti termasuk salah satu yg vital nie Sob... thnx 4 share....

maaf nie aku telat.. happy blogging n semangat Sob...

HB Seven mengatakan...

wah..sip..nih..bisa lebih mengenal tentang ac..ijin coopas...ya om..ntar kalau mau pasang ac..biar lebih tahu

Camajuyas mengatakan...

ma kacih..atas informasinya yang komplit tentang ac

mas acrom mengatakan...

ohh ternyata fungsinya itu ya sob,makasih infonya ya...

service ac mengatakan...

@Obat tradisional lupus
kalau gak ada kebocoran freon sih gak perlu diisi lagii sobbb....

Ferdinand mengatakan...

aku datang lagi bozz...wah masih sunyi sepi nie.... biasanya udah rame bgt disini....... Menkominfo Alkatro blum dateng apa ya hhe..

semangat n happy blogging Sob...

gatelband mengatakan...

wah informatif neh sob, manteb

thank's ya n' suksek 4 U

salam

darahbiroe mengatakan...

wahhh
apalagi itu
aku gak tahu
heheh gak pernah buka buka AC
makasih yaw infona

Danil Edan mengatakan...

nice info, jdi pengen bongkar AC niee, kalo jdi rusak tinggal panggil kmu kwkwkwkwkkw

Unknown mengatakan...

saya belum punya AC ni sobat...

Unknown mengatakan...

blekenyek datang mengunjungi sahabat

Trik meingkatkan penghasilan di Infolinks mengatakan...

fungsinya banyak amat sob...mantabs dah...:D,maaf baru mampir ...

Muza elbanaf mengatakan...

yang aku tau Rotary itu jenis mesin printing ternyt akumulator ya ada jenis rotary jg ya.
selama ini cuma pake aj ga ngerti dalamnya, paling taunya bearing ma motor aj coz pernah trouble
tengkyu infonya sob...

Ferdinand mengatakan...

Siank Sobat.. aku datang rutin disini....... Semangat n happy blogging ya SOb....

Sungai Awan mengatakan...

jadi ini aki banyak juga manfaatnya kawand ya

ƒitri LaskarHijab mengatakan...

Assalamualaikum bang..weiittsss keren nih blognye bang...
hehehe :D
waahh kangen bang.. kangen corat coret disini ^^

suwune mengatakan...

bos bener gak !! kompresor ini dalamnya jenis kumparan ya?, suwun

Rizkyzone mengatakan...

kalau soal ini mas ipin lah pakarnya

Rezky Pratama mengatakan...

q kira aki
heheehe
salah baca
hehehe

Ferdinand mengatakan...

Siank.. aku selalu hadir hhe.....

waduh lagi bikin tutorial baru nia biasanya klo blum update hhe... Semangat ae lah Sob.....sekarang aku bingung sama DVD rumah haha.. Kulkas udah beres wkwkw

Menjadi Blogger Yang Bahagia mengatakan...

mantabs infonya sob,kalo dipelajari ternyata mudah ya...

Unknown mengatakan...

malem sobat mampir nich
mo cari info terbaru
terima kasih

Rinem mengatakan...

bos akumulator itu letaknya sebelum kompresor apa setelahnya

Anonim mengatakan...

Hidayat
akumulator berada setelah evaporator

Unknown mengatakan...

Thanks mas bro taz infonya..semoga sukses.slm kenal

Unknown mengatakan...

Thanks mas bro taz infonya..semoga sukses.slm kenal

gondrong motul mengatakan...

thnks boz,ats infrmsny.
Sngguh sngt mmbnt dlm bdng yg tngh sy glti.
N mf ane tngh bljr so infny sngt brarti.

ilmu pengetahuan mengatakan...

1 kali seumur hidup kecuali ada kebocoran/reparasi

ilmu pengetahuan mengatakan...

1 kali seumur hidup kecuali ada kebocoran/reparasi

Unknown mengatakan...

Penyebab akumulator ber es. Itu apa ya. Apa ada penyumbatan pada kapiler.

Unknown mengatakan...

Bos, kalau kita lihat di YouTube, teknisinya malah menyarankan kalau mengisi freon R32 / R410a harus dibalik tabungnya agar yg masuk ke kompresor cairan freon bukan gasnya. Apa betul itu bosqu?

Petarung Angkasa mengatakan...

Ini mengingatkan saya ketika kuliah dulu.
TA saya dulunya juga memodifikasi sistem AC dengan menambahkan fungsi sebagai heater air didalamnya, karena setiap mesin TA harus mampu dibongkar pasang untuk dipindahkan ke galeri labor jadi khusus untuk TA saya meminta pada dosen untuk tidak membongkar unit yang saya buat kecuali mereka ingin bertanggung jawab dengan menyediakan freon dan mengisinya kembali setelah dipindahkan namun mereka lebih memilih mencarikan space yang cukup untuk meletakan mesin TA saya

Unknown mengatakan...

jenis freon R410a adalah bentuk campuran drR125 dan R32,oleh krna R410bukan refrigerant tunggal,maka pengisian tabung sebaiknya dibalik untuk mndapatkan campuran yg ttp homogen,klo tdk dbalik maka kecenderungan yg keluar lebih dulu adlh R125 krn bersifat lebih berat,jd kemungkinan komposisi yg dominan yg masuk sirkulasi adlh bukan murni R410a,melainkan lebih dominan R125 sehingga nantinya mengurangi kinerja pendinginan unit tsb,sbenarnya untuk semua sistem pendingin refrigerasi pengisian yg baik itu melalui pipa discharge(pipa panas) krna dsinilah perubahan refrigrant dr gas panas suhu diturunkan melalui pendingin udara kondensor sehingga suhu diturunkan akibatnya refrigerant menjadi stengah cair,nah disinilah peran sistem pengisian cair dibutuhkan dg membalik tabung refrigerant,krna sblm refrigerant sblm memasuki valve expansi ato kapiler refigerant dituntut mnjadi cair krna nantinya akan disemprotkan (spray) melalui valve expansi atau kapiler dg pengecilan diameter pipa pada kapiler dan expansi,sehingga hasil semprotan refrigerant k evaporator mnjadi leh sempurna yaitu dlm bentuk cair sprayer atau setengah kabut,seperti alat sempot cuci mobil,nah selanjutnya pada evaporator refrigerant yg berupa liquid spray td menyerap panas udara sekitar dan perlahan refrigerant cair spray td berubah wujud mnjadi gas dan ad seditit cair jg masuk k akumulator dan d akumulator dipisah sedemikian rupa hingga disalurkan ke kompressor dlm bentuk gas dg tujuan untk bisa dikompresi dg baik oleh kompressor,sedangkan untuk refrigerant tunggal sprti R22,atau R32 pengisian boleh dibalik boleh tdk,krna hnya tunggal maka tdk ada dominan refrigerant,tp perlu diperhatikan jg cara pengisiannya,klo untuk pengisian tabung dibalik maka pengisian harus lewat pipa discharge,tujuannya adlh agar liquid refrigeran masuk k kapiler ato expansi,sehingga nanti kembali k kompressor dlm bntuk gas,dan pengisian R22ato R32 dg tabung tdk dbalik cara mngisinya melalui pipa suction dlm bntuk gas,krn nanti masuk k kompressor ttp dlm bentuk gas.dan pada ac split tdk ada(tdk disediakan) jalur pengisian melalui pipa panas (discharge) untuk pengisian refrigerant R410 baiknya ttp dg tabung dibalik diisi melalui pipa suction dan dg metode pengisian lambat(pelan2) tujuannya adlh dg memberi jeda waktu akumulator memisalhakn liquid dg gas,dg begitu kompressornjadi lebih awet,dan campuran sempurna R410a masuk ke sistem dg baik.

Unknown mengatakan...

article informatif https://www.dolabuy.su lire ici dolabuy louis vuitton pourquoi ne pas regarder ici répliques de sacs 7a en gros

Anonim mengatakan...

Maaav gan ane mau ty kebetulan ane ada servisan ac kendala nya di akumulator berbunga es tapi di akumulator aja sehingga ac kadang dingin kadang gak minta solusi nya bang

Anonim mengatakan...

Kompresor yg berjenis piston apakah tidak perlu pakai accumulator