Kompresor adalah suatu alat pada mesin pendingin/jantungnya Air conditioner yang berperan sangat penting. Daya gerak kompresor yang menghisap dan mempompa gas bergantung pada elektro motor(dinamo). Jika dinamo berputar maka ia akan bekerja karena dari poros dinamo di hubungkan ke poros kompresor. ada dua sistem kompresor yakni yang menggunakan pompa piston (compressor piston) dan pompa putar(compressor rotary), mesin pendingin kulkas banyak yang menggunakan kompresor model piston beda halnya dengan air conditioner yang lebih banyak menggunakan kompresor rotary walaupun ada juga AC yang menggunakan kompresor piston, piston di sebut juga dengan istilah torak.
Bagian-bagian kompresor Piston
Katup tekan ialah sebuah katup dalam ruangan kompresor yang berfungsi menekan gas atau udara menuju pipa kondensor, katup ini akan membuka jika terkena tekanan piston dalam slinder pada saat piston bergerak menekan keatas.
Katup hisap ialah katup yang cara kerjanya berlawanan dengan katup tekan, katup ini akan menutup manakala katup tekan terbuka dan ia akan membuka manakala katup tekan tertutup. Hal tersebut akan bergerak secara bergantian seiring gerakan piston naik turun dalam selinder. Jika piston turun maka katup hisap akan membuka dan terjadilah hisapan udara dari filter yang berasal dari pipa hisap.
Filter udara terpasang sebelum katup hisap agar tidak ada kotoran yang masuk/terhisap ke dalam kompresor yang dapat mengakibatkan kerusakan pada kompresor
Selinder adalah bagian dari kompresor yang berfungsi sebagai rumah piston atau torak, selinder tidak boleh bocor ataupun tergores sebab jika selinder bocor atau tergores maka daya tekanan kompresi akan berkurang, sehingga kurang mampu menekan ataupun menghisap udara.
Piston di sebut juga torak, Fungsinya untuk memompa dan menghisap udara sehingga dalam saluran pipa-pipa mesin pendingin terjadi sirkulasi gas. piston bergerak maju mundur atau naik turun sejalan dengan gerakan engkol, dimana engkol ini di pengaruhi oleh putaran poros, sedangkan poros di pengaruhi oleh putara rotor pada dynamo. Seperti halnya pada mesin sepeda motor, piston memiliki ring-ring. Pada piston ini terdapat tiga celah yang di pakai sebagai tempat ring piston, jika ring bocor atau tidak tepat pemasangannya maka udara dalam ruang selinder akan bocor akibatnya daya tekan kompresi dan daya hisap berkurang. ini sangat mempengaruhi proses pendinginan pada saluran pipa-pipa, ring piston yang di pasang bertujuan untuk mendapatkan kerapatan pada ruang selinder. Batang torak atau batang piston adalah suatu alat yang berfungsi menghubungkan piston atau torak dengan engkol, yang gunanya untuk mengkaitkan piston pada engkol, jika engkol bergerak seputar sejalan dengan porosnya maka engkol akan bergerak maju mundur. Poros Engkol terangkai dengan engkolnya dan engkol terangkai dengan batang piston, poros engkol jika bergerak akan mengubah posisi batang pistonsehingga terjadilah gerakan maju mundur atau naik turunnya piston.
Perbedaan secara visual kompresor piston dan kompresor rotary adalah kompresor piston bentuknya pendek dan agak gemuk sedangkan kompresor rotary bentuknya lebih panjang keatas dan terdapat akumulator pada sisi kompresor, pada kompresor piston terdapat tiga buah pipa keluar dimana 1 pipa hisap, 1 pipa tekan dan 1 lagi pipa pengisian freon, jika kompresor rotary hanya mempunyai 2 buah pipa keluar yaitu 1 pipa tekan dan 1 pipa lagi yaitu pipa hisap.
Bagian-bagian kompresor Piston
Katup tekan ialah sebuah katup dalam ruangan kompresor yang berfungsi menekan gas atau udara menuju pipa kondensor, katup ini akan membuka jika terkena tekanan piston dalam slinder pada saat piston bergerak menekan keatas.
Katup hisap ialah katup yang cara kerjanya berlawanan dengan katup tekan, katup ini akan menutup manakala katup tekan terbuka dan ia akan membuka manakala katup tekan tertutup. Hal tersebut akan bergerak secara bergantian seiring gerakan piston naik turun dalam selinder. Jika piston turun maka katup hisap akan membuka dan terjadilah hisapan udara dari filter yang berasal dari pipa hisap.
Filter udara terpasang sebelum katup hisap agar tidak ada kotoran yang masuk/terhisap ke dalam kompresor yang dapat mengakibatkan kerusakan pada kompresor
Selinder adalah bagian dari kompresor yang berfungsi sebagai rumah piston atau torak, selinder tidak boleh bocor ataupun tergores sebab jika selinder bocor atau tergores maka daya tekanan kompresi akan berkurang, sehingga kurang mampu menekan ataupun menghisap udara.
Piston di sebut juga torak, Fungsinya untuk memompa dan menghisap udara sehingga dalam saluran pipa-pipa mesin pendingin terjadi sirkulasi gas. piston bergerak maju mundur atau naik turun sejalan dengan gerakan engkol, dimana engkol ini di pengaruhi oleh putaran poros, sedangkan poros di pengaruhi oleh putara rotor pada dynamo. Seperti halnya pada mesin sepeda motor, piston memiliki ring-ring. Pada piston ini terdapat tiga celah yang di pakai sebagai tempat ring piston, jika ring bocor atau tidak tepat pemasangannya maka udara dalam ruang selinder akan bocor akibatnya daya tekan kompresi dan daya hisap berkurang. ini sangat mempengaruhi proses pendinginan pada saluran pipa-pipa, ring piston yang di pasang bertujuan untuk mendapatkan kerapatan pada ruang selinder. Batang torak atau batang piston adalah suatu alat yang berfungsi menghubungkan piston atau torak dengan engkol, yang gunanya untuk mengkaitkan piston pada engkol, jika engkol bergerak seputar sejalan dengan porosnya maka engkol akan bergerak maju mundur. Poros Engkol terangkai dengan engkolnya dan engkol terangkai dengan batang piston, poros engkol jika bergerak akan mengubah posisi batang pistonsehingga terjadilah gerakan maju mundur atau naik turunnya piston.
Perbedaan secara visual kompresor piston dan kompresor rotary adalah kompresor piston bentuknya pendek dan agak gemuk sedangkan kompresor rotary bentuknya lebih panjang keatas dan terdapat akumulator pada sisi kompresor, pada kompresor piston terdapat tiga buah pipa keluar dimana 1 pipa hisap, 1 pipa tekan dan 1 lagi pipa pengisian freon, jika kompresor rotary hanya mempunyai 2 buah pipa keluar yaitu 1 pipa tekan dan 1 pipa lagi yaitu pipa hisap.
25 komentar:
thx dah kasih tau,,info menarik
iya nih kadang ga perhatiin klo ada masalah" sama kulkas
selalu ada ilmu yang baru jadi nambah pengetahuan lagi. jadi seperti mesin kendaraan juga yaa ada piston, ring segala. dah ga salah deh memang disini tempatnya soal kupas tuntas masalah per Ac an, per kulkas an, per mesin cucian dan lain2nya.
trims nih Bang Ipin atas ilmu2nya, karena dari sinilah saya jadi tau akan ilmu2 per AC an, Semoga Allah SWT selalu memberikan ilmu yang lebih dan bermanfaat lagi untuk Bang Ipin buat diamalkan lagi dengan sesama. sukses selalu n tetap semangat
slm knl friends...partamax infonya!
::salam blogger::
salam perkenalan mas, terima kasih untuk kunjunganya ke Home saya, ini juga saya kunjungi balik sekaligus menancapkan bendera persahabatan dengan blog ini, Izin Follow yah,
Semoga kita menjadi saudara, amin.
::Salam Hangat::
ternyata komponen kompresor itu cukup banyak dengan fungsinya masing2 ya kang saling berhubungan dan saling melengkapi
sukses slalu!
terima kasih atas infonya dan dari artikel ini saya jadi tahu apa saja yang ada di dalamnya. semoga sukses selalu dan saya tunggu kunjungannya di website saya.thx salam persahabatan
waah, bisa juga nih bsok kl pas kulkasku rusak...
bisa tanya2 sama Om ;)
nambah ilmu nich...
dan mampir untuk flow... mungkin dapat ngademin suasana yg lagi panas... ha..ha
mantab infonya,jadi inget masa skul..ehe{cz jursn oto}
wahh boleh tuh bang...
klo kulkas piet ada masalah, tinggal contact abang aje yee...
hehehehe :D
kunjungan balik gan
trims ya atas kunjungannya
salam dari pamekasan madura
Wah kulkas ada juga toh hhe.... Sob klo boleh tanya klo Kulkas sering bunyi dengung keras kenapa ya Sob??? mungkin sobat tau hhe.....
wah sayang gak bisa service onlen heheeheh
wah ahli kulkas juga nih mas.. mantaf.. ane coba bukain ; thanks infonya .. bisa ane bongkar-bongkar kulkas bekas.. entar dipasangin ya.. :D
nanya mas, nek kulkas; pengganti freon yang ramah lingkungan sudah ada belom? maturnuwun... kabuurrr
mas berarti paham semua alat2 elektronik donk ya?
mas,, terimakasih atas kunjungan ke blog ku yang jelek dan sepi. ditunggu kunjungan ulang nya ya..
sekarang mbahas kulkas juga bang?? mantep deh.. habis AC kulkas,,,
kulkas hampir sama ya prinsipnya mas ama AC, top banget dah
Dapet ilmu baru lagi nie sobat. Thanks ya infonya!
apa benar kompresosr kulkas juga memiliki satuan pk ?
Waaahh info yg sangat bermanfaat gan... TQ
Masih ada lagi ga gan kaya oli gitu sama src pada kompresor
Posting Komentar