Search Tips Information Products and Services

Memuat...

3 Juni 2011

Ruangan AC terkena panas matahari

Dalam hal Pemasangan unit AC agar menjadikan ruangan benar benar sejuk perlulah memperhatikan posisi ruangan yang akan di pasang AC dan disesuaikan dengan kapasitas AC nya, agar tidak terjadi rasa kecewa setelah memasang AC karena ruangan tidak dapat dingin sesuai yang kita harapkan. selain memperhatikan luas ruangannya juga dilihat apakah ruangan tersebut terkena panas matahari langsung atau tidak. karena ruangan yang terkena panas matahari langsung pada saat siang hari akan mempengaruhi proses pendinginan yang lama daripada ruangan yang tidak terkena sinar matahari langsung di sebabkan sumber panas cahaya matahari mensuplai panas melalui dinding/jendela kaca yang terkena sinarnya dan akan menambah beban panas ruangan

Misalnya ukuran kamar 3x3 meter pada dasarnya dapat menggunakan ac dengan berukuran 1/2 pk jika tidak terkena panas matahari langsung namun bila ruangan terkena panas matahari maka di perlukan AC lebih besar PK nya setidaknya AC yang di butuhkan yaitu 7000 btu atau 3/4 pk hal ini untuk pencapaian pendinginan ruangan lebih maximal dan kompresor tidak terlalu bekerja terlalu lama untuk mengejar suhu di dalam ruangan. upayakan juga untuk menutup celah celah dan jendela kaca dengan kain hordeng ataupun sejenisnya (kaca film) guna menghindari cahaya matahari masuk kedalam ruangan. Agar ruangan ber AC tetap menjadi sehat dan segar bukalah jendela agar terjadi pergantian udara tetapi pada saat ruangan ber AC ini tidak di gunakan. Hidup sehat dan udara segar adalah dambaan semua orang.



26 komentar:

perawatan dan service ac mengatakan...

INGAT INGAT "pemakaian AC pada ruangan yang banyak/sering kena sinar matahari akan menyebabkan ruangan tidak terasa dingin sehingga pemakaian AC menjadi boros"

pakde sulas mengatakan...

pantas ruang kerja kagak pernah terasa sejuk yang maksimal karena ruangan kami memang terkena pasang langsung dari matahari ( posisi menghadap ke barat)tanpa halanga lagi

Djangan Pakies mengatakan...

hidup sehat dan udara segar sangat berlimpah di desa Kang, jadi pemakaian AC ndak perlu lagi. hemat hhh.
btw, termasuk tempatku yang atap rumah tidak pake genting tapi berupa cor langsung juga sangat panas sehingga AC harus kerja keras

f4dLy :) mengatakan...

Panas dan dingin tak bisa bersatu jadi hindari ruangan ac anda dari panas matahari....iya kan?

perawatan ac mengatakan...

@Pakhde
melawan panas matahari adalah tugas berat buat AC.
@Pakies
Di kota susah sekali mendapatkan udara segar yang ada asap kendaran ngebal ngebulll huppf nikmatnya tinggal di desa yah angin sepoy sepoyy
@Fadly
betul betul betulll

Tomo mengatakan...

wah ya jangan sampai terkena sinar matahari ini bisa berbahaya terhadap semuanya

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

Tips yang manfaat, di rumah saya rata2 kena panas langsung. maklum ae lah, Banjarmasin >.<

OkeTech.us mengatakan...

klo ruangan ber-AC sering pengap gitu ya? langsung saja aku buka jendela-jendelanya pas pagi hari

Video Pembuatan Kompor Tenaga Surya mengatakan...

bener juga yo, nek kena matahari mending dipakein buat njemur kompor xixixi
mangtaf tipsnya
n makasih juga koreksinya volt -wattnya-ane inget batre mulu he he-

suhu freon yang keluar dari kompresor AC, konon bisa dibuat untuk water heater juga yo mas? pernah liat demonya di deket kost -AWH nek gak salah istilahnya :)
et liburan.. kabuurr

fb mengatakan...

Wah pantas ya kalo rumah atau kantor mau pasang AC ruangannya harus tertutup gitu

perawatan ac mengatakan...

@Tomo
betul sob
@Ajeng
Banjarmasin lumayan panas kah ??
@oke
karna ruang tertutup sob tidak berganti dengan udara luar, pengap tapi sejuk sob hehe
@Jiox alkatro
yupps betul sob dan sudah ane posting tahun kemaren
@Fb
betuuulll

Tony Arsega mengatakan...

salam Mas Pien wkwkwkwkwk
kalau c kena panas kan bisa adem tapi kalau ane kena panas basah mas ckckckckkc gak nyambung wkwkwkkww

NURA mengatakan...

salam sobat
jadi kurang dingin ya,ACnya
kalau ruangan AC terkena sinar matahari.
ruangannya yang menghadap kebarat pastinya yg panas.

SHUDAI AJLANI (dot) COM mengatakan...

wah ternyata ngaruh juga yaa, baru tau B)

Hot News Today mengatakan...

tips bagus sob,boleh di coba

moenas mengatakan...

biarpun orangnya lagi subuk ngurusin ac tetapi ane akan tetap mampir xoxoxo

Aulawi Ahmad mengatakan...

tq infonye kang hehe

Munir ardi mengatakan...

mudah-mudahan nggak cepat rusak ya kalau ruangan langsung kena sinar matahari, selamat malam mas

perawatan ac mengatakan...

@All sobat Thanks kujungannnya..tunggu ane nyusul ke rumah sobat

perawatan ac mengatakan...

@All sobat Thanks kujungannnya..tunggu ane nyusul ke rumah sobat

Global Tehnik mengatakan...

kang ipin, kalo service AC 1 unit ke banjarmasin berapa ongkos nya kang...hehe..

Global Tehnik mengatakan...

kang ipin, kalo service AC 1 unit ke banjarmasin berapa ongkos nya kang...hehe..

articles mengatakan...

Artikelmu bagus juga,
silahkan berkunjung di blog saya @
Get A New Articles
makasih...^^

edi wedwod mengatakan...

mas slam knal dri sya. Ngomng2 hrga freon MC 22 lebih mhal atau lbh mrah dri R 22

Admin mengatakan...

Harga MC 22 lebih mahal dari R22 pada saat penggantian saja Rp 250ribu

edi wedwod mengatakan...

thank's infonya, krna di tmpt sya blum ad jnis MC 22. Ntar biar kusosialisasikan pd pengguna LG hercules mini, biar n'gak kget klo ad pengisian ulang.