Search Tips Information Products and Services

Memuat...

27 November 2010

Penyebab kerusakan kulkas 2 pintu

Lemari es  2 pintu atau biasa di sebut dengan kulkas tanpa bunga es (no frost) ini kini makin banyak di gemari orang pada lemari es jenis ini dapat mendinginkan makanan dan minuman ataupun sayur mayur yang  di dalamnya akan menjadi lebih segar, di samping itu model no frost ini tidak akan membentuk bunga es , lain halnya dengan kulkas 1 pintu yang selalu terjadi penumpukan bunga es, sehingga pada saat mengambil es batu ataupun makanan akan mejadi sukar sekali di ambilnya karena lengket oleh bunga es tersebut, bahkan kadangkala evaporator kulkas ini bisa bocor karena terkena tusukan benda tajam.
Beberapa hal yang kerap kali menjadi masalah pada kulkas no frost ini adalah antara lain terjadinya bunga es pada evaporator kulkas yang menyebabkan kulkas tidak dapat menyegarkan isi di dalam kulkas tersebut.

Hal ini di sebabkan karena :
1. Heater tidak berfungsi dengan baik (rusak), Jika hetaer mengalami kerusakan maka bunga es yang sudah terbentuk pada evaporator kulkas tidak akan dapat mencair.
2. Timer kulkas sudah rusak, Timer kulkas ini yang yang menghubungkan kompresor bekerja dan heater bekerja (silih berganti)
3. Kipas evaporator mati, Jika kipas evaporator ini rusak bisa juga menyebakan kulkas menjadi tidak dingin karena evaporator yang sudah dingin tidak di hembuskan  ke dalam kulkas oleh kipas ini sehingga lama kelamaan akan terbentuk bunga es.

Satu sama lain perangkat kulkas tersebut saling berkaitan, jadi jika kulkas anda mengalami gejala tersebut segeralah periksakan beberapa spare part tersebut diatas.


54 komentar:

Ipin's cool mengatakan...

Pertamax
Buat pemilik blog http://andiriteknik.blogspot.com/.. mohon jika ingin mengcopy paste isi dalam blog ini konfirmasi dahulu atau setidaknya sertakan sumbernya. jangan maen tabrakk aja yahh..!

ReBorn mengatakan...

wah, itu komen pertamanya mantep bener. ghehehe.

aneh juga ya, kulkas 2 pintu yang nofrost kok bisa menghasilkan frost. ghehehe.

fb mengatakan...

Ternyata disamping kelebihannya da kelemahannya juga ya.. model no frost memang bagus.

Aktivasi Payoneer mengatakan...

wha telaaat, nofrost bisa ngefrost baru ngerti bedanya..
maturnuwun tipsnya..

oot tentang payoneer: diaktivasi dulu, ada kok caranya klik diatas, scroll ke 'di aktivasi' mas,
kalo mo buat perivid payoneer diisi dulu $2 ditransfer via atm biasa, buat charge ke paypal mas ipin, cuma 'ane gak tahu' apa payoneer masih bisa buat veripid paypal.. ane pakenya udah setahun yang lalu mas :D

EKA IKHSANUDIN mengatakan...

Salam Blogger juga Kang...

mantaf nih kang tutorialnya, skrang jadi tau nih kelemahan yang sering di alami oleh kulkas dua pintu. hehehe... Sip dah

John Terro mengatakan...

kayaknya si om kecurian materi yah ... daftarin aja atau kasih script yang ga bisa copas om ... biar ga ada yang mencuri materinya :)

Ipin's cool mengatakan...

@All sobat thankss langsung ke tekape balas kunjungan

harto mengatakan...

Alhamdulillah dapat panduan ilmunya dari Bang Ipin pakarnya ilmu per AC an n per Kulkas an, semoga Kulkas saya di rumah selalu awet teruuus.
trims atas ilmunya yang sangat membantu, sukses selalu n tetap semangat

Ferdinaen mengatakan...

tips menarik sob,.
buat jaga-jaga ni, law entar dah beli kulkas.

syahida mengatakan...

Alhamdulillah dapat materi lagi tentang kulkas. BAru tahu bunga es ternyata bisa menjadi biang kerok kerusakan kulkas ya Bang ...
MAtur tengkyu .....

sisi lain Dwi mengatakan...

semoga kulkas saya tidak rusak lagi sob, dulu pernah bocor freon atau apa ya? Tapi untung sudah dibenerin sama teknisinya.
terimakasih sob, nambah pengetahuan saya lagi.

Herdoni Wahyono mengatakan...

Kulkas, sebuah perlengkapan rumah tangga yang sangat membantu urusan dapur rumah tangga di rumah. Sayur mayur, buah, dan lainnya dapat tetap segar sebelum dikonsumsi. Di kala musim kemarau dan panas terik, air esnya terasa amat segar di tenggorokan. Namun kendala yang sering ditemui memang terbentuknya 'bunga-bunga es'. Es batu yang kita buat sering menjadi lengket sulit untuk diambil. Trims tutorialnya yang simpel, praktis dan mudah dipahami. Salam sukses selalu.

Belantara Indonesia mengatakan...

Gmn kalo bikin tutorial cara perbaiki pendingin dispenser yang udah tak mau dingin lagi?....hehee..perlu soalnya...ada ga ya?...soalnya ni mas bro dunia AC sih....

Ipin's cool mengatakan...

@Hartohadi
walah bukan pakar kaliis ..saya cuma memakai prinsip ATM, Amati Tiru dan Mencoba, eeh bisa deh
@syahida
oke sob sama sama
@sisi lain dwi
biasanya bocor freon sob
@herdoni
sama-sama thans
@Belantara Indonesia
oke nanti insya allah kapan2 di posting tentang dispenser sob

Coretan Hidup mengatakan...

Informasinya oke banget. Menambah wawasanku tentang perawatan kulkas 2 pintu ini. Teruskan berbagi ilmunya ya spy kita semua jadi lebih teliti dalam hal perawatan

Ifan Jayadi mengatakan...

Sayangnya di rumahku, kulkasnya hanya 1 pintu. Jadi nggak terlalu mengerti dengan akibat yang ditimbulkan. Tapi bagaimanapun tetap menambah pengetahuanku

Lubang di Bandung mengatakan...

wah sekarang jadi tau sob ternyata begitu ya,thnx ilmunya nih...

Let's Share Together mengatakan...

meskipun dijelaskan ane gak tw bos. maklum bukan orang teknisi. :D

narti mengatakan...

pengaturan suhu, apakah berpengaruh juga?

sda mengatakan...

makasih artikelnya, makin lengkap bahasan disini.

Asis Sugianto mengatakan...

Kulkas di rumah saya cuma satu pinto sob,,,, thx infonya,,,

Rizky2009 mengatakan...

kalau ulas ri rumh q kebr mas ipin pas nylkan lilin lupa g di ksh alas, bolong deh jdinya

aciid !!!!!! mengatakan...

untung kulkasq 1 pntu :D

M. Chandra Panjinata mengatakan...

tambah pengetahuan sedikit-sedikit tentang kulkas dan AC, terima kasih sob sharingnya sangat mudah dimengerti

moenas mengatakan...

wah..wah..saya ketinggalan neh, udah ada 24 coment disini mantabzz

ane baru pny niatan mo beli kulkas brow tapi masih niatan T_T

Ferdinand mengatakan...

malem Sob... apa kabar nie?

Wah klo dirumahku sih 1 pintu Sob... kegedean klo 2 pintu haha.... makasih nie udah dikasih ilmu baru.. berarti yg paling sering terjadi suhunya kurang dingin ya sob?

Happy blogging n semangat :P

aulawi ahmad mengatakan...

kulkas makku cuma satu pintu kang hehe, btw tq 4 share :)

dwisuka mengatakan...

jadi tau niy soal kulkas, tadinya kupikir sama saja, kulkas ya kulkas.... :p

Saung Web mengatakan...

Seneng saya baca2 di blog ini.. materinya detail n khusus.. siip lah

Link Tea mengatakan...

satu setengah bulan yang lalu Kulkasku rusak tuh yg dua pintu.. untung ada toko yang mau tukar tambah hehe..

N3773H mengatakan...

1. Komengnya baru pulang syuting wara wiri bos makanya baru nongol
2. Templatenya nikin aku jadi pengen renang
3. Lemari es di rumah belum dicek nih jangan2 sudah terjadi penumpukan bunga es... duh kalau begitu mau pamit dulu cek lemari es.... :)

N3773H mengatakan...

Mampir lagi ya bos... tadi lupa ambil sandal, ketinggalan di sini...
Sekalian follow siapa tahu dapat gratis AC :)

Djangan Pakies mengatakan...

Telaaat datang ndak apa ya Kang ...

Kang Boleh pesen postingan nih, untuk perawatan kulkas untuk Es cream, sebab akhir-akhir ini kok dari kipasnya ada suara gemrosok

Jazakumullah khairan

nyayu amibae mengatakan...

Assalamualaikum... huft... baru komen aah...

Memang sih, klo di curup ga gitu ngaruh yg dingin-dingin karena curup hujan terus sob...

Tapi aku suka blog ini, kan bisa jadi nanti aku kembali ke Palembang yg berudara panas, mesti banyak manfaatnya... terima kasih yaaaaaa.....

Lulus Sutopo mengatakan...

Wah tips2 yang ok banget nich
Thanks kang

NURA mengatakan...

salam sobat
jadi penyebabnya saya tahu sekarang,
ternyata oleh 3 hal tersebut diatas,penyebab kerusakan kulkas 2 pntu.

Sukadi Brotoadmojo mengatakan...

saya memang kurang paham masalah teknis perkulkasan, tapi kalau bang ipin's memang jagonya... yang saya paham mungkin seringnya mati lampu bisa mengakibatkan barang-barang elektronik cepet rusak, salah satunya mungkin kulkas.he..he..
terimakasih Bang.. :)

wanita pemilik matahari mengatakan...

absen bro hehehe kwkwkw

penghuni60 mengatakan...

info bermanfaat sob, aku baru tau hal ini...
cm 3 hal saja ya?

Image Hosting Expired Trick mengatakan...

ikut kursus gratis dari pakare kulkas,menyegarkan siang sambil macul , minat orang memang banyak yang beralih ke dua pintu, makasih tipsnya,
ATM: ajib tenan maknyuss he he.. met aktifitas mas.. kabuurr

fb mengatakan...

Mampir lagi sob :D

genial mengatakan...

wowww kipas evaporator... ck ck ck... buta saiia kang.. :(

Berpikir Positif mengatakan...

aku punyanya juga satu pintu mas , listriknya nggak tahan untuk dua pintu

aryadevi sudut kelas mengatakan...

saya masih pake yang satu pintu....nanti kepengen ganti. sebelum membeli pahami dulu sisi teknologi kemudian cara perawatannya...disini ( blog anda ) jadi satu referensi untuk itu..
salam damai ^_^

Jim mengatakan...

This is the one more learn your blog..Hopefully for next visit this blog more info to give again

Beautiful Sterling mengatakan...

great tips master..
sik mas aku lagi latihan bahasa londo :D
met aktifitas :)

yulianti mengatakan...

welee..gitu toww.ok ok mantap buat infonya...
saya tunggu kunjungannya...

k.o.s/Komunitas Online Sragen mengatakan...

wah kalo ini saya ga mudeng babar blas..ga punya ac og mas..

Bireuen Ac mengatakan...

Mantap Bro,,,Lanjutkan

sholeh mengatakan...

mas Ipin..ada kulkas 2 pintu merk daichi.Arusnya 0,7A..pake Freon R12.kasus nya pintu atas(pintu1),bagian freezer tdk dingin,tp bagian bawah (pintu 2) dingin.saat di perksa terdapat esing pada tubing evaporator di belakang kipas blower.jd pada bagian pangkal tubing aja yg dingin,sebelum bagian tubing yg esing..jg tdk seluruh tubing evaporator dingin.kipas evaporator berputar dgn baik.baru hidup sekitar 5 menit langsung esing?apa mungkin krn ada kebcoran ato ada kebuntuan tubing evaporator utk kasus ini?

Ipin mengatakan...

@Sholeh
Seperti yang saya posting di atas periksa dahulu semua bagian2an sparepart kulkas jika menemukan kejanggalan pada part tsb, ganti dengan yang baru sesuai speknya,kebocoran pada evap sangat kecil kemungkinannya.

food for vegetarians mengatakan...

apakah juga berlaku buat kulkas satu pintu??

music improvisation mengatakan...

2 pintu emang bikin repot..

virgo mengatakan...

good informasi ..