Search Tips Information Products and Services

Memuat...

21 Agustus 2010

Mengenal komponen dasar kulkas

Berbicara masalah Kulkas yang memang tidak asing lagi, karena boleh di bilang sudah pasti bukan suatu barang mewah, ada yang menggunakan jenis kulkas satu pintu (alias yang bersalju/berbunga es) dan ada juga yang menggunakan dua pintu atau lebih ( tidak bersalju ). Nah disini kami mencoba untuk berbagi informasi kepada pembaca semua tentang kendala, atau problem apa yang sering kali terjadi pada unit kulkas dua pintu sehingga mengakibatkan tidak dinginnya kulkas tersebut. Dan perlu kita ketahui komponen dasar apa yang ada pada kulkas dua pintu dan sedikit cara penanggulangannya:
1- Thermo-Fuse terletak / menempel langsung di Evapurator kulkas. Cek pada pintu atas kebanyakan Evapurator saat ini, cabut kedua ujung kabel Thermo-fuse tersebut kemudian hubungkan pada pada multytester dengan ukuran x1 ohm atau x10 ohm, jika pada jarum multytester bergerak naik menunjuk suatu angka itu berarti komponen Themo-fuse masih normal, tetapi jika sebaliknya jika jarum multytester tidak bergerak naik sama sekali itu sama dengan rusak segera ganti yang baru.
2- Timer Kulkas ini terletak di berbagai macam tempat, seperti di samping Compressor kulkas dan juga ada yang di dalam pintu bawah kulkas berbarengan dengan Thermostart Lampu penerangan kulkas. Kalau mau cek kondisi komponen tersebut silahkan lepaskan ke empat kabel yang terhubung dan satu hal jangan lupa beri tanda / label pada kabel satu persatu, di maksud adalah untuk memudahkan pemasangannya kembali. Pada body Timer kulkas terdapat angka 1-2-3-4, pada kebanyakan Timer kulkas 1 dan 3 adalah untuk arus motor rotary ( berputarnya motor Timer ), silahkan Anda test kaki yang nomor 1 dan 3 dengan menggunakan multytester (gunakan skala x10 ohm atau x100 ohm) dan jika jarum bergerak naik menunjuk suatu angka itu berarti kumparan motor Timer tidak rusak, setelah itu silahkan Anda coba dengan hati-hati hubungkan kedua kaki Timer yang nomor 1 dan 3 ke Arus listrik langsung (220 volt) kemudian lihat di body Timer tersebut sebuah kotakan kecil transparan di maksud adalah untuk melihat putaran roda bergigi, dan jika masih berputar berarti Timer kulkas tersebut masih bisa di pakai tetapi kalau tidak berputar berarti minta ganti yang baru.
3- Thermo Defrost terletak pada Evapurator kulkas, Lepaskan kedua ujung kabel tersebut kemudian taruh pada kulkas lain yang masih menyala atau di gunakan dan letakan di suhu minus / preezer kulkas kemudian tinggalkan barang beberapa menit (kurang lebih 5 s/d 10 menit. Jika sudah lalu test kedua ujung kabel tersebut dengan kedua ujung stik multitester dengan ukuran x1 ohm atau x10 ohm, kalau jarum bergerak naik menunjuk suatu angka itu berarti masih normal / berfungsi, tetapi jika jarum tidak bergerak sama sekali berarti Komponen tersebut sudah rusak, ganti dengan yang baru.
4- Motor Fan ini tersimpan di sekitar / area dimana disitu terletak Evapurator kulkas. Lepsakan kabel yang terhubung pada kedua kaki Motor Fan kemudian ambil multytester lalu tempelkan kedua stik multytester tersebut pada dua kaki Motor Fan ( non polaritas ) tersebut, gunakan skala x10 ohm, jika jarum bergerak naik menunjuk suatu angka itu berarti Kumparan (coil ) tidak rusak/terbakar ( motor Fan masih berfungsi atau berputar ). Kalau Anda masih sangsi silahkan Anda coba dengan hati-hati hubungkan kedua kaki Motor fan tersebut dengan Arus listrik 220 volt, Jika tidak berputar itu berarti Motor Fan macet, silahkan Anda ganti dengan yang baru.
5- Strainer atau Filter kulkas, ini sering kali juga meyebabkan Kulkas tidak dingin karena di dalamnya sudah terlalu kotor (timbulnya penyumbatan) sehingga mengganggu sirkulasi Refrigrant (di kenal dengan sebutan Freon) yang juga melewati pipa kapiler ( Pipa kapiler adalah pipa dengan lubang yg diameternya amat kecil sekali, mulai dari 0.27″ 0.31″ 0.54″ dan 0.70″ ).
6- Kompresor Kulkas Nah…kalau yang ini adalah jantungnya Kulkas, Compressor si pemompa Refrigrant (Freon). Timbul Efeknya kerusakan pada Compressor kulkas adalah tegangan listrik yang tidak stabil (naik turun) / tegangan terlalu rendah sehingga kinerja Compressor menjadi berat ( saran dari kami pasang AVR / STABILIZER ) untuk menghindari tegangan yang tidak stabil, beban muatan melebihi kapasitas kulkas, Kulkas terlalu dekat dengan dinding/tembok rumah, beri jarak antara body kulkas dengan dinding minimal 30 cm untuk sirkulasi udara yang lebih baik, jangan terlalu lama membuka pintu kulkas, pastikan kedua pintu kulkas tertutup rapat saat Anda tinggalkan.

34 komentar:

narti mengatakan...

met siang...
yang pakai ngecek2 kabel bilang ma yang berkepentingan aja deh, gak ngerti...

sda mengatakan...

yang paling bawah sulit tuh, rumahnya sempit... :(
juga anak2 seneng di depan kulkas, ngadem...padahal ac nyala. Summer disini panas banget.... :)

Dhana/戴安娜 mengatakan...

salam sahabat
ehm komplit mas ipin jadi teringat saat bilang kompresor hehehe..good luck ya

fb mengatakan...

top infonya deh mas ipin memang masternya kulkas :D

harto mengatakan...

seeet dah tau juga niih si Abang, kalo lagi pade puase... kalo lagi panas2 gini buka kulkas adeeem kaliii yee Bang.

Trik SEO Untuk Gambar mengatakan...

hmm banyak juga ya brow komponennya,pasti di daerah glodok ya belinya ahaha...mantabs bro...hehe

anak smp mengatakan...

duduk manggut2 adem beneeerr..
numpang tidur di kulkas mas... salam kenal xeexexe..
mumpung orangnya kagak ada-- `kabuuurrr`

Wirausaha mengatakan...

hi slam kenal artikel kamu bagus, saya tunggu kunjungan dan komentarnya di blog saya juga ya ............

pakde sulas mengatakan...

alhamdulillah kulkas pakde yang satu pintu ( emang punya satu) sudah berusia 7 tahun masih tahes saja.

Elvindinata mengatakan...

hoho,,tips nya manteb tenan ^^... tp berhubung di kosan tak punya kulkas,,jdi ane mangguk2 aj baca nya,,,hhihi,, tpi mau ane simpen buat tar kalo beli kulkas ,, biar ngerti ,, ^^... thnks sobat:)

Rizky2009 mengatakan...

sip nih mas ipin nambah pengetahuan saya lagi, oy award sudah saya post

Bispal mengatakan...

Komponen Kulkas ya

tomo mengatakan...

Wah ini perlu diketahui kawand.
Apalagi sekarang kulkas semua orang telah memilikinya.
Jadi wajiblah diketahui dasar dan komponen kulkas.

Minimal jika sudah tahu kita dapat melakukan perawatan atau perbaikan ringan saat kulkas mengalami kerusakan ringan.

Btw jika kulkas pembuangannya terlalu cepat kenapa ya.
Apa ada yg salah gitu

aisyah muna mengatakan...

itu pasti ngambil gambar kulkas dirumah...ato tetangga bang??
hehehe..kidding..^^v

menone mengatakan...

waaaaaaaahhh nich info komplit brooo.........

Hidup Seorang Blogger mengatakan...

jadi tahu deh komponen dasar kulkas mas ipin

darahbiroe mengatakan...

kalau kulkasku rusak tak bawa ke tenpat anda ajah ya pak
hheheheh
:D

gaelby mengatakan...

Thanks, Sharingnya sgt membantu. Terutama tips ntuk menghindari kerusakan pada komponen kulkas.
Salam sobat, skalian izin follow :)

Buku Ishihara mengatakan...

Kalo kulkas lagi rusak tinggal buka blog ini :)

rezKY p-RA-tama mengatakan...

tanya mas
kulkas apa emang harus dibersihkan beberapa bulan sekali?

Ferdinand mengatakan...

Wah ini dia yg aku perlu tau... maklum masih cetek ilmu tentang beginian Sob... maaksih banyak nie.. aku save dlu...

maaf telat..... Semangat n happy blogging Sob..

e-alkes blog mengatakan...

Infonya bermanfaat,...makasih oom :)

Jiox mengatakan...

komplit tenan data uji nyalinya. teng kiyu.. testing komponen kalo nunyuk kabel merah- hitam avo-meter kebalik beda nggak, mas? spt kalo di kapasitor kan ada kutub pusitif dan nigatipnya. ~subuh mas~ banguuun.. :D

Ipin's cool mengatakan...

@Jiox
Kalu nyuluk kabel itu mah gpp sob kan arusnya AC(bolak balik podo wae) ) *jkt-sby via tol* bukan DC, nah terus kalu yg kapasitor itu mang tak bole terbalik kabelnya..kenape nii bisa bgitu datuk..?

mantan anak smp mengatakan...

Bang Ipin numpang ngadeeem dulu niiih, diluar puanaaas....

Shalat adalah amalan ibadah yg paling proporsional bagi anatomi tubuh manusia. Gerakan-gerakannya sudah sangat melekat dengan gerakan khas tubuh seorang muslim. Allah, Sang Maha Pencipta (SMP), tahu.........

nuansa pena mengatakan...

mantab sobat! maaf langsung nyelonong and ndlosoor ...ngisiis!

Ferdinand mengatakan...

Sob klo suhunya dinaikkin tapi tetep ga ngaruh knp ya??? kan ada pengatur suhunya tuh tapi ya tetep aja ga ada pengaruh....

Ipin's cool mengatakan...

@Ferdinand
Kemungkinan besar itu ada kerusakan pada termostat kulkas/sensor dinginnya sob karena alat ini yang mengatur suhu pada kulkas.

Ipin's cool mengatakan...

@mantan anak smp
welehh numpang ngadem di ruangan AC nihh enakann sambil belonjorr

Ipin's cool mengatakan...

@nuansa pena
Ngisiis apa sihh.??

syahida mengatakan...

Wih jadi lebih tau nih Bang ... ntar cocokkan sambil lihat kulkas dirumah dari masing-massing komponen. Ngemeng-ngemeng dari komponen tersebut yang perlu perhatian khusus, komponen mana ya bang ? atau yang paling mudah rusak ?
Met berpuasa aja ...

suwune mengatakan...

ijin catet dan suwun infonya

pasang iklan gratis mengatakan...

sob kalo kulkas bunyi cetok-cetok tu kira2 kenapa ya..

Saung Web mengatakan...

Tambah satu ilmu lagi nih.. makasih sobat