Pengosongan atau evacuating, sering di sebut juga dengan vacuum atau dehydrating yaitu mengosongkan atau menghampakan mekanik sitem refrigerasi pada unit refrigerator, Misalnya : Frezer, AC Window, AC Split, Split duct, AC celling, AC Cassete, AC Central, Floor standing, maupun Cold Storage dari udara, uap air dan partikel-partikel lain yang tidak di kehendaki di dalam system . Di dalam system ini hanya berisi refrigerant tidak boleh bercampur dengan udara ataupun yang lainnya.
Bila di dalam system sirkulasi udara ini telah bercampur dengan Udara maka di dalam system akan menyebabkan kenaikan tekanan. Kotoran akan membuat system tersumbat dan uap air akan menyebabkan korosi serta pada gulungan motor compressor terkupas dan menyebabkan motor terbakar.
Udara tidak dapat mengembun di dalam sistem pada tekanan dan temperatur dan tekanan pengembunan yang sama dengan refrigerant. Oleh karena itu udara akan mempertinggi temperatur dan tekanan pada saluran discharge. Dengan tekanan yang demikian tinggi akan mempengaruhi kondisi pada bagian sisi rendah , karena tekanan yang tinggi pada sisi tinggi akan terbawa pada bagian sisi rendah dan menyebabkan temperature pada sisi rendah menjadfi tinggi. Pada keadaan ini temperature temperatur di sekitar sisi rendah juga akan menjadi tinggi dengan kata lain temperatur ruang akan menjadi tinggi. contohnya : Bila kita ukur dengan manifold ( alat ukur AC) Jarum sudah menunjuk pada angka 65 psi tetapi temperature ruang masih tinggi, bisa di pastikan refrigerant tercampur dengan udara alhasil AC tidak dingin.
Udara juga akan menyebabkan persenyawaan dengan minyak pelumas pada kompresor, persenyawaan ini akan menimbulkan gangguan pada compressor.
Pada setiap penggantian komponen mekanik Refrigerator Frezer, AC Window, AC Split, Split duct, AC celling, AC Cassete, AC Central, Floor standing harus di lakukan pemakuman (vacuum), pengosongan atau pemakuman yang paling baik adalah dengan menggunakan “Deep Vacuum” yaitu dengan menggunakan pompa vacuum hingga ke tingkat kevakuman di dalam system akan mencapai 30”Hg, Vacuum pada tingkat kevakuman seperti ini seluruh partikel atau zat di dalam mekanik 99,9 % habis terbuang. Namun jangan khawatir bila belum mempunyai mesin vakum masih bisa di lakukan dengan pemakuman manual atau Body Vacuum dan ingat hanya untuk di gunakan AC split 0,5 – 1,5 pk diatas ukuran tsb gunakan pompa vacuum bila terjadi kerusakan bukan tanggung jawab kami.
Demikian lah ulasan tentang kegunaan vakum pada sitem refrigerant semoga bisa di jadikan sebagai acuan untuk belajar service AC bersama ipin’s cool.
Bila di dalam system sirkulasi udara ini telah bercampur dengan Udara maka di dalam system akan menyebabkan kenaikan tekanan. Kotoran akan membuat system tersumbat dan uap air akan menyebabkan korosi serta pada gulungan motor compressor terkupas dan menyebabkan motor terbakar.
Udara tidak dapat mengembun di dalam sistem pada tekanan dan temperatur dan tekanan pengembunan yang sama dengan refrigerant. Oleh karena itu udara akan mempertinggi temperatur dan tekanan pada saluran discharge. Dengan tekanan yang demikian tinggi akan mempengaruhi kondisi pada bagian sisi rendah , karena tekanan yang tinggi pada sisi tinggi akan terbawa pada bagian sisi rendah dan menyebabkan temperature pada sisi rendah menjadfi tinggi. Pada keadaan ini temperature temperatur di sekitar sisi rendah juga akan menjadi tinggi dengan kata lain temperatur ruang akan menjadi tinggi. contohnya : Bila kita ukur dengan manifold ( alat ukur AC) Jarum sudah menunjuk pada angka 65 psi tetapi temperature ruang masih tinggi, bisa di pastikan refrigerant tercampur dengan udara alhasil AC tidak dingin.
Udara juga akan menyebabkan persenyawaan dengan minyak pelumas pada kompresor, persenyawaan ini akan menimbulkan gangguan pada compressor.
Pada setiap penggantian komponen mekanik Refrigerator Frezer, AC Window, AC Split, Split duct, AC celling, AC Cassete, AC Central, Floor standing harus di lakukan pemakuman (vacuum), pengosongan atau pemakuman yang paling baik adalah dengan menggunakan “Deep Vacuum” yaitu dengan menggunakan pompa vacuum hingga ke tingkat kevakuman di dalam system akan mencapai 30”Hg, Vacuum pada tingkat kevakuman seperti ini seluruh partikel atau zat di dalam mekanik 99,9 % habis terbuang. Namun jangan khawatir bila belum mempunyai mesin vakum masih bisa di lakukan dengan pemakuman manual atau Body Vacuum dan ingat hanya untuk di gunakan AC split 0,5 – 1,5 pk diatas ukuran tsb gunakan pompa vacuum bila terjadi kerusakan bukan tanggung jawab kami.
Demikian lah ulasan tentang kegunaan vakum pada sitem refrigerant semoga bisa di jadikan sebagai acuan untuk belajar service AC bersama ipin’s cool.
32 komentar:
Murid yang rajin ya seperti saya ini, datang duluan!
Ulasannya tentang kegunaan vakum pada sitem refrigerant mudah dimengerti, moga-moga kepala saya dapat menyimpannya dengan baik! Sip Bang!
Trims atas ilmunya Pak. Tak kenal maka tak sayang, siapa yang g kenal sama Pak Ipin maka g kenal akan ilmu pernak pernik AC.
"siapa yang menguasai ilmu pengetahuan, maka dia akan menguasai dunia"
"kenikmatan yang utama dari Allah SWT adalah Ilmu"
"ilmu pengetahuan adalah keindahan bagi ahlinya di dunia maupun di akhirat"
"ilmu datangnya dari mana saja, bagaimana kita menerimanya mana yang baik dan mana yang buruk"
Sukses selalu Pak & Tetap semangat. Mohon maaf nih...
wah... mantap bang..........
murah ilmu, murah rejeki, amiiinnn
terima kasih sudah berbagi ilmu mas ya, sukses tarus nich
Alatnya mirip mesin pompa air yah mas ipin..??
thanks berbagi ilmunya... hehhee
walaupun agak gak mudeng..aku coba pahamin lagi dash
wuih..alatnya keliatan canggih juga ya
berapa harganya? mahal kah?
Mesin pompa vakum ini murah kuk cuma 1,5jt mahalan juga Black Berri..yang murah ada cuma 700ribu..
manggut2.. ternyata komp. AC rumit jg mas.. :)
Mudah-mudahan kepala ane gak pecah neh .. mo lanjut belajar AC dari Kang Ipin melalui Posting ke Posting ... seeep :D
anda memang ahlinya sobat.....terima kasih telah berbagi juga dengan kami kami ini yang awam....salam.
wow reviews nya lengkap sekali....
Link uda dipasang sob. Pasang link saya ya. Thanks.
salam sobat
o seperti itu ya vakum pompanya..
trims penjelasan kegunaan vakum pompa ini.
sukses selalu mas IPIN..
Ternyata di sini ada vacum juga yach... ilmu nya banyak juga...
Anda sungguh murah hati dalam membagikan ilmu.
mampirrrrrrrr...hoho
mantabbbb brow,,,
jngan pernah berhenti membagikan ilmu kpd semua orang karena kalau kita baik insya allah akan ditambah ilmu kita (amin)
selamat malam Bos...
maaf barubisa berkunjung..
selamat malam Kang Ipin ... khok gak kopdar malam ini ... knp kang ????
makin sippp dah kalo pake pommpaa...
kalau aq masih pakai sapu loch sob
Kayknya mesti dipelajari nih...
Soalnya ditempat aku, tukang service AC tempatnya jauh banget....
makasih banyak sobat.
wow sllu posting dgn informasi yg menarik,
tp gag prnah pake vakum"an saya mas..
hwhihihi. ckp dgn kemoceng..
wow pengetahuan baru lagi seputar dunia AC dari bro Ipin, thanks yo ilmunta, keep posting ^^
salam blogger !
yg begini nih yg jarang ada..bagus sobat
harga untuk mesin vacuum sekitar berapa ya mas..?
Mkasi atas pmbritauan n ulasan ny cmn sya blum mencoba tuk praktek scara lnsung
Untuk pemasangan baru sebaiknya pipanya divakum dulu karena ada udara yang terperangkap sehingga mengurangi efisiensi kompresor
Posting Komentar