Laman

Search Tips Information Products and Services

13 Desember 2009

Kata mereka (tanya-jawab)

Malam tadi terima pesan dari Dhanaarsega tentang Tag Impression yang di dapat dari Miss Juliana kemudian di teruskan ke saya awalnya juga belum tahu maksudnya apa nih di suruh posting kembali Tag Impressioan nya..pas kebetulan Dhana lagi OL sekalian aja tanya-tanya...ternyata begitu tohh intinya..!sebelumnya Phonank sudah dapat Tag impression ini dari Rizki 2009 (baru tahu pas baca baca di blog koment nya dhana) Jadi ada ide deh buat posting hehehe ...Bicara seputar air conditioner ternyata gak ada endingnya pasti ada saja masalahnya seperti kehidupan sehari-hari yang selalu saja ada masalah dalam hidup ini untung saja ada sobat harto hadi yang selalu memberikan nasihat spiritualnya dan juga abang kita Munir Ardi yang selalu positif thinking dengan kata-kata bijaknya, turut serta juga mas Parjhins dengan motivasi yang diberikannya pada saat diri ini sedang droop, postingan ini mengangkat dari komentar sobat di Blog AC tentunya Seputar Indonesia AC. Mohon maaf buat sobat Moenas, Shinkun San dan sariful yang menanyakan tentang buangan udara panas AC dan juga Dhana soal AC untuk penghangat ruangan (looh...kok bukan pendingin)*garuk kepala gak gatal* hohoho... yang belum saya jawab karena keterbatasan dan kebodohan saya, mungkin di antara sobat ada yang bisa bantu saya. sebenarnya saya bukan ahlinya di bidang AC seperti yang di bilang Mas Sabrinet dan Kang wilyo (panggilan sayangnya sobat Richa)*hehehe peace Rich* poko'e I Know U Know, keadaanlah yang memaksa karena terhimpit ekonomi.. oke deh kalau beG..BeGggitu....langsung ke TKP aja Nuansa malam Pena mulai datang (dingin) terpaksa matikan AC dulu...engg ing engg....!!

Bismillahirohmanirrohim
T :Anonim said
mohon bantuan pak...
ac saya panasonic 3/4 pk th 2007. sudah tiga bulan ac terdengar seperti suara fan yang bersentuhan dengan casingnya namun ac dingin...tp hari ini setelah di service suara itu makin kuat...menurut tukang service krn klahernya mulai habis.... apakah itu yng dimaksud dgn suara indoor...apakah suara yg muncul benar dari klaher? terima kasih mohon bantuannya...
J : Benar kata tukang service anda,Outdoor yang mengeluarkan suara seperti berdenyit kemungkinan besar bearing fan sudah rusak ganti dengan yang baru sesuai typenya, bila tidak segera di ganti fan akan macet dan kompresor akan cepat panas berakibat fatal bisa jebol mas.

T : Yandri said :
saya sehabis service ac saya karena tidak dingin. tapi setelah diservice bukanya udara dingin yg saya dapat, tapi melainkan ac yg seperti kipas angin saja tidak aja udara dingin nya. masih mending sebelum diservice. apakah ini kesalahan pihak service ac? mohon bantuannya pak. terima kasih
J : Setting pada remote anda sudah benar pada posisi Cool belum..?? jika setting remote sudah benar kompresor tidak bekerja (overload) apakah tukang service anda menambah freon pada AC anda? jika iya kurangi tekanan freon nya dengan cara membuka pentil pada pipa besar buang sedikit2 freonnya.karena bila kelebihan freon AC bukan malah tambah dingin bisa-bisa kompresor overload.

T : Anonim said :
mohon bantuannya pak,
AC saya merek Polytron 1/2pk, baru pasang bulan agustus awal, yang saya bingung, setelah 3 minggu pemasangan, AC tidak lagi dingin, yang ada hanya anginnya saja
kemudian, kata tukang AC hanya kurang freonnya, (ukuran normal katanya 80, freon yang yg ada di ACnya cuma 40), maka dilakukan pengisian freon.
setelah itu AC kembali normal, tapi 2 minggu kemudian, AC dinginnya berkurang. yang biasanya pasang 250C saja sudah dingin, ini pasang 200C dinginnya tidak seperti biasanya (dinginnya ada tapi sedikit sekali)
terkadang ada tetesan air di unit indoor, tapi jarang sekali, di selang penghubung unit outdoor dan indor terkadang berembun. unit outdoor tetap nyala.
Air buangan AC jadi lebih sedikit, tidak seperti biasanya.
sudah ke tukang service AC, kmudian freonnya diambil sedikit, tapi dinginnya tetap sama saja Pak, tidak ada yg berubah. sudah pasang 200C tapi dinginnya tidak wajar (tidak begitu kerasa dinginnya)
listrik tidak sering mati, karena daya sudah cukup.
pernah AC dimatikan beberapa saat karena dikira ada yang beku, tapi setelah dinyalakan lagi, problemnya tetap sama, dinginnya tidak wajar (kurang dingin)
setting suhu di remote sudah cool.
kira2 penyebabnya apa Pak? bagaimana solusinya?
Terima Kasih banyak Pak.
T : budi Said
mas, saya kan beli AC LG 1PK new...dinginnya hanya beberapa 2 minggu pemakaian saja...setelah itu jadi dinginnya berkurang..untuk mencapai suhu 240C saja membutuhkan waktu sekitar 3 jam....udah bolek balik di service tetap saja ac tidak dingin...kenapa ya mas?
J : Two in one nihh.. Sebenarnya simple sekali kerusakan yang terjadi pada AC Polytron 1/2 pk dan AC LG 1PK anda...!!AC menjadi tidak dingin karena tidak adanya freon padahal baru beberapa minggu di belinya, penyebabnya adalah karena ada kebocoran freon pada pipa ac atau pada sambungan pipa ac (double neple), pada saat pemasangan ac pertama kali terdapat nepel yang belum kencang (check nepel indor dan outdor)dengan air sabun pada saat AC di matikan. solusinya kencangkan kembali nepel2 tsb lalu isi freon sesuai dengan ampere unit AC.

T : Anonim said
Pak saya punya ac daikin inverter model ckd50bvm. Lampu led pada indoor berkedip terus, fan evaporator tdk fungsi. Waktu dinyalakan pertama kali, fan splitnya membuka lalu tertutup terus. Lampu led servis pada outdoor tdk nyala dan outdoor tidak kerja sama sekali. Mohon penjelasan cara mengatasinya. Terima kasih.
J : Masalah AC Daikin model ckd50bvm : Bila lampu led indikator berkedip terus, swing indoor membuka lalu menutup lagi dan otomatis outdoor pun tidak kerja sama sekali karena tidak mendapat supply listrik. ganti juga kapasitor fan AC tsb, evaporator sudah kotor perlu di bersihkan karena debu2 telah menutupi sensor suhu (termis dan termostat),Check termis suhu bila sudah tidak sensitiv (gejalanya seperti yang tadi bapak sebutkan) ganti dengan yang baru.

Semoga jawaban dari saya membuat sobat tidak puas (biar balik lagi ke blog ini hikkss..) akhir kata Wabillahi taufik wal hidayah wassalmu'alaikum wr wb.

Terima kasih salam Sobat and Good luck.

45 komentar:

Unknown mengatakan...

pertamax....amankan posisi pertama dulu yach..

Unknown mengatakan...

beberapa hari yang lalu aku juga di beritahu oleh adik Dhana Tentang Tag ini, dan sudah sya buat postingan nya namun aku kemas dalam nuanysa yang berbeda...oya..baca postingan baru ku sob..nama sobat ada di dalamnya..thanks ya

ALRIS mengatakan...

Salam kenal. Aku mampir.
ALRIS

phonank mengatakan...

Emm...
dapat deh sergapan komen ke tiga...

wah ada yg lagi obrolin tentang phonank,,
pantas saja ada hasrat yg ingin membawa ku kemari,, hemmm


wah...
aku juga dapat tugas ini lho...
weh2...
lom dikerjakan pula nih, gaswaTT..

phonank mengatakan...

Adoooh....

Tempat ketiga nya sudah direbut ALRIS,, ah...

T_T,, hiks

Admin mengatakan...

@wilyo oke langsung ke TKP
@Alri salam kenal kembali
@Phonank wahh telat tuh keduluan ame kang wilyo dan alris hehehe..

Anonim mengatakan...

bisnis pulsa elektrik modal 100 rb untung jutaan !

Unknown mengatakan...

salam sahabat
wah makin siip gitu mas...lebih keren dari publish saya...makasih ya miss juliana pasti seneng bacanya,tugas saya mentranslit inggris nich..untuk profil miss juliana akan saya postingkan kalo dah ada waktu.yhnxs n good luck ya

Richarie mengatakan...

lohh...kang ipin ama kang wilyo kompakan bikin cerpen...hueeeeeee...ok deh daku ntar bikin juga. skrg lagi siap2 ntar siang mo balik ke jkt dulu. kalo dah di rumah baru enak nulis cerpen dah.

Sohra Rusdi mengatakan...

Mas ipin dapet tag impresion dari mbak dhana ya, wah nama sy turut disebut bahagianya, posting tag yang modern mas gaya dan caranya baru banget

ipin mengatakan...

@dhana oke deh
@richa bukan cerpen, sinetron aja kalii
@munir thanks bnag munir di daur ulang yaa

nuansa pena mengatakan...

Tobat, beginilah kalau terlalu dekat dengan sahabat.... pasti dapat tugas....iya kalau ngerti....la gak ngerti...tapi bagaimanapun demi sahabat apapun kulakukan..... tapi jangan ditanya kapan ya! Biar yang lain yang buat dulu nanti tak contek! Sukses Bang Ipin!

moenas mengatakan...

brow ane blum dapet jadi gak ngerti deh,,,

Opung mengatakan...

kunjungan rutin nih mas.

hss-info mengatakan...

nomer enem belas

telat aq he he he he

sukses mas Ipin,,,,

Richarie mengatakan...

bener juga yah. dibikin sinetron laku pasti nih. kok gak ada pilem indonesia tentang blogger ya. huhu..hayo sumbang ide..blogger yang demen Es Cendol :P sapa mauuuuu?

Osi mengatakan...

pikiran lagi rungsing...maaf belum bisa koment...

Salut atas idenya...sukses slalu mas...

ipin mengatakan...

@nuansa pena Tobatnya di terima wkwkwk
@moenas tinggal posting cerita dan mengaikatkan sobat satu sama lain.
@opung oke opung
@hss kemana aja mas....
@Richaoke deh buat film tentang blogger setuju gak sobat2...hahhaha
@osi lagi bad moot yahh

harto mengatakan...

Boleh juga nih brother ada kolom tanya jawab n nantinya bisa di bikin buku n bisa buat tambahan lagi...
Suksess terus nih Pak... Tetap Semangat.
Semoga Allah SWT selalu meredhoi kita semua.

alkatro mengatakan...

duduk manis sambil manggut-manggut.. wah benar-benar master AC.. makasih ilmunya mas :)

ipin mengatakan...

@hart0 and alkatro thanks sobat komentnya

Sharing ilmu yuk mengatakan...

master AC angkat bicara..
hwehehehhe..
sukses sllu deh kang..

Opung mengatakan...

Kata mereka memang bermacam2 yah..Kalo kata saya mah ini blog keren infonya.

Sohra Rusdi mengatakan...

jadi aku kena tag juga yah mas Ipin wah dua orang ngetaq saya nih pasti deh dijalankan mas

did you know mengatakan...

duh..lagi ndak enak badaaaaannn...pesen jus jambu ya kang

ipin mengatakan...

@opung Kata saya mahh biasa saja opung....
@Munir iyee bang munir di daur ulang yahhh
@Richa Jus jambu sihh buat yang kurang darahh kali..

harto mengatakan...

Satu tahun sudah berlalu dan entah berapa banyak dosa yang aku tumpuk atau entah berapa banyak pahala yang aku dapat.. tak bisa kuhitung-hitung karena hanya sang Khalik yang mengetahuinya, hanya ada satu do’a yang aku selalu panjatkan padaNya, “Ya Rabb, berilah hamba kesempatan dan bimbinganMu untuk bisa menjalani tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya dan berilah hamba tambahan usia yang barokah.. amien”

Selamat Tahun Baru Islam 1 Muhharam 1431 Hijriyah

phonank mengatakan...

Aku tag Gantian mas IPIN, hehehe


HEHEH MAMPIR KE

WELCOME TO THE BLOG PARADE,,

DI PHONANK.BLOGSPOT.COM

Anonim mengatakan...

@Harto Met tahun baru 1 muharraom 1431H
@phonank oke dehh...langsung ke TKP

rumah blogger mengatakan...

sorry saya ketinggalan kereta nich, baru bisa berkunjung karena sibuk sekali.

sabirinnet mengatakan...

wah dapat tag juga nich, sungguh rangkaian kata yg menyejukkan jiwa mas, saya bawa pulang untuk di daur ulang, hehehee

Shin-kun mengatakan...

Haduh, kebagian misi juga neh, oke deh, segera dikerjakan, hehehe...

phonank mengatakan...

Phonank BONG 700

datang ke sini... menyelikidi,, opss.. menyelidiki mas IPIN..


Wara wiri...

wehwehweh...

didiet mengatakan...

ac yg hemat listrik tu ac apa ya mas..rekomenasinya ....

Rizkyzone mengatakan...

makasih mas ipin aq juga dapat dari mbak dhana belum sempat aq post

wibowo mengatakan...

datang berkunjung sambil bawa camilan buat begadang nanti malam... sekeranjang... durian! :thumbsup: >:):thumbsup::thumbsup:|

rantz mengatakan...

smangat mas,. maju trus

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Saling ngeTag nih ceritanya?

Aku lebih tertarik pada isi postingannya...
Pengetahuan tentang AC sangat perlu, karena ditempat kerja saya biasanya kalau AC macet harus menunggu berlama2 karena teknisinya jauh banget.

Admin mengatakan...

@setiawan
iya sob pertanyaan dari pengunjung di kumpulin saja buat bahan posting...

pakde sulas mengatakan...

Beliau beliau telah berkata bijak, memang dengan kebijakan akan membuat hati kita tenang dan mantap

moenas mengatakan...

OM ipin ini makin lama makin mantabbbb,
ane salut brow ma ente,.,.
tagnya simpen ja ya jngan kasih ane coz dah males posting tag2an lg neh wkwkkw *peace

Purwadi mengatakan...

Saya pasang ac daikin thailand outdor di kamar mandi 1x1 terus kompresor matihidup2 tiap 1/2 mnit apa karna angin nya ndak ada sirkulasi atau apa ya trims

Purwadi mengatakan...

Saya pasang ac daikin thailand outdor di kamar mandi 1x1 terus kompresor matihidup2 tiap 1/2 mnit apa karna angin nya ndak ada sirkulasi atau apa ya trims

Servis Elektronik Siantar mengatakan...

Sedikit Tips Memilih AC yang Cermat dan Untung dari kami Siantarservice.com sebagai berikut:
1. Sesuaikan ukuran PK dengan luas ruangan sesuai kebutuhan agar suhu dingin yang menyebar secara merata, sehingga menghemat daya dan pengeluaran.
2. Tentukan Tipe AC yang sesuai
3. Pilih desain sederhana agar mudah dibersihkan
4. Beli AC dengan fitur yang dibutuhkan
5. Beli AC dengan merek yang tepercaya dan terbaik

Semoga bermanfaat.. Wassalam

Lia mengatakan...

sehabis perbaikan ac bocor dan penambahan freon, ac msih bocor indoor karena katanya mengeluarkan sisa air pembersihan. Apakah itu normal ? Mestikah sy menunggu sampai tdk ada air yg keluar dari ac saya ?