Search Tips Information Products and Services

Memuat...

6 November 2009

Beban Panas Ruang AC

Panas adalah salah satu bentuk energi, panas memiliki kaitan erat dengan getaran atau gerakan molekul. Molukel adalah bagian atau partikel suatu benda. Apabila benda di panaskan, molekul akan bergerak cepat, sedangkan apabila di dinginkan molekul akan bergerak lambat. Apabila seluruh panas di hilangkan, maka seluruh gerakan molekul berhenti. - panas dapat mengalir dari suatu benda yang lebih panas ke benda lain yang lebih dingin.
- Panas dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain melalui sah satu metoda berikut ini :
1. Radiasi - Metoda perpindahan panas radiasi adalah panas berpindah melalui gerakan gelombang cahaya, tidak membutuhkan zat atau benda lain sebagai penghantar panas 


2. Konduksi - Metoda perpindahan panas konduksi adalah panas berpindah melalui benda padat, perpindahan panas secara konduksi ini juga untuk panas yang berpindah dari suatu benda padat lainnya dengan syarat kedua benda padat tersebut saling berhubungan atau kontak langsung. 


3. Konveksi - Panas dapat berpindah melalui metoda perpindahan panas konveksi, yaitu perpindahan panas melalui molekul udara atau zat cair. Panas yang ada dalam ruang AC selain datang dari sumber panas yang ada dalam ruangan, datang dari luar ruangan. sumber panas terbesar adalah Matahari. Panas matahari masuk ke dalam ruangan melalui jendewla, dinding, langit-langi(atap) serta melalui lantai, sedangkan yang dari dalam ruangan adalah panas penghuni (manusia) dan panas alat alat elektronika(lisrik)

23 komentar:

Rizky2009 mengatakan...

pertamax g ya.....

makasih kawan infonya....

Munir Ardi mengatakan...

artikel penambah pengetahuan yang baik

rumah blogger mengatakan...

tapi kenapa setiap keluar dari ruang ber-AC maka tubuh terasa sangat panas, apakah karena terkejut dengan perubahan suhu??

sabirinnet mengatakan...

sangat bermanfaat nich mas..

harto mengatakan...

Sekarang cuacanya memang lagi panas nih Pakkk, tapi dengan datangnya ke rumah sahabat jadi dingin nih udaranya... he he he ...

Kalo cuacanya panas apa bisa pengaruh ke AC ga Pak. Trims infonya nih

Ipin mengatakan...

@ rizki,munir dan sabrinet: sama-sama sobat kita sharing ilmu apa yang kita bisa.
@Rumah blogger : karena perbedaan suhu luar ruangan 30c sedangkan suhu di ruang ac rata-rata 25c.
@harto : cuaca di tasik kan sudah adem pak gak pake AC juga gpp hehehe..

richarie mengatakan...

daku baca ini serasa balik ke jaman smp..kok kek fisika gitu ya *bingung*..kaaaaang pa kabar :p

chibice mengatakan...

mampir ke cini juga yah kang :P..suhu di blog ini terlalu dingin butuh yg panas2 dikit gitu. ngomong2 ac yg panas ada gak yah

moenas mengatakan...

thanks browww infonya,,,
tapi lagi2 saya lemes klo mo praktek coz gak pny ACnya ahahaha,,

RichaRie mengatakan...

*ngintip kesini *nyatet no telp kang ipin * Peace*

Willyo Alsyah P. Isman mengatakan...

wik....nambah ilmu baru lagi aku.....

RichaRie mengatakan...

kangggggggg ipinnnnn..bukan richarich..tapi richarie...yeeee..kalo rich nya mah gue mau aja tapi kesian ortu nama di slametin nih hehe

JT mengatakan...

lagi gerah2nya sehabis hujan, adem ni di siniii
thanks sharing nya...

RichaRie mengatakan...

iyeee dari kmrn udara keknya dingin banget huhu

Richa Rie mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Richa Klik Disini mengatakan...

oh iyah dipasang di chibifest soalnya itu PR2 kang. *peace* intip kang ipin* sorryyyyyy bukan spam lohhhh. ditunggu pasang balinya di blog ini ya kang :P link ajah daku gak mau banner..males kalo ada pop up kang.

Richa Rie mengatakan...

thankkkkkkkk you kang ipiiiii hoho

ducky mengatakan...

kayak lagi dpt pelajaran IPA wkt SD :)
wah terbukti ya kalo lagi naek trans jkt, klo lg siang bolong yg panas, ac nya gag ngaruh, gitu juga klo orangnya lagi desek2an... jadi klo panas tetep aja kipas bermain hehe

salam kenal yaakk

ipin mengatakan...

@Ricah:oke dehh..
@ducki: nyoo'i..sob..

Amink mengatakan...

nice infonya mas....
asiikk....tambah ilmu lagi...

nuansapena mengatakan...

Jadi ngerti sekarang kalau banyak orang dalam satu ruangan akan semakin panas ruangannya, AC memang sangat dibutuhkan!

syazchess mengatakan...

nice post...

Anonim mengatakan...

Maz Brow,,, ane mw tanya klo AC seperti WCP/AHU berapa Pk nya ya,,,??