Laman

Search Tips Information Products and Services

8 Juni 2011

Kelebihan dan Kekurangan AC Panasonic Inverter

Panasonic inverter memang mahal, namun hanya di awal saja, bayar listrik bulanannya akan lebih murah daripada memakai ac non inverter, masalah dinginnya woow jangan tanya dehhh...so pasti dingin banget mak nyooss, instalasi diusahakan cukup dengan jatah pipa 5m jangan lebih karena akan mengurangi dinginnya AC dan Dinding kamar terlindung dari sinar matahari lebih baik. setiap manusia ada kelebihan dan kekurangannya begitupula dengan AC panasonic inverter ini mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Keunggulan Panasonic Inverter:
1. Inverter = hemat tagihan listrik
2. Econavi = sensor pendeteksi keberadaan orang/pusat aktivitas dengan tujuan lebih hemat lagi (saat tidak ada orang, AC menurunkan daya listrik)
3. Auto Comfort = pendinginan difokuskan kepada lokasi aktivitas (orang berada) dengan tujuan 2x lebih hemat lagi.
4. Envio = negativ ion generator yang walaupun tidak seampuh Plasmaclusternya Sharp tapi cukup efektif untuk melumpuhkan virus dan bakteri.
5. Eco Patrol = sensor pendeteksi kualitas udara yang mengatur kapan Envio-nya bekerja.
6. Kualitas material yang lebih baik dibandingkan pada AC yang menggunakan freon R22.
7. Suara indoor yang halus

Kekurangan Panasonic Inverter:
1. Performa AC dengan R410A akan menurun lebih drastis dibandingkan AC konvensional dengan R22 untuk suhu udara di luar >45'C
2. Untuk sementara Refrigerant R410A masih 2-3x lebih mahal daripada R22. Namun kabar baiknya, konvensi international menetapkan tahun 2020 tidak ada lagi produk AC dengan R22 yang dapat merusak lapisan ozon atmosfir bumi. Sejalan dengan itu produk R22 sudah semakin dikurangi, dan secara otomatis harganya akan melambung, terbalik dengan R410A yang akan semakin murah, karena sudah semakin di produksi secara massal.

Untuk pelayanan purna jualnya, Panasonic kini banyak membuka authorized service centre baru yang tersebar di seluruh Jakarta dan sekitarnya, namun karena tidak dibawah naungan Panasonic langsung, bisa terjadi teknisi yang datang kurang representative dan agak terkesan DD alias 'doyan duit', berbeda dengan beberapa tahun lalu saat masih ditangani langsung oleh Panasonic. Jadi ingat, saat ada kunjungan teknisi dari authorized SC, agar sebaiknya dikonfrontasikan dan dikonfirmasikan tindakan yang diambil teknisi ke Panasonic service centre pusat (source: mitra maju elektronik)
oke sob happy blogging "no body is perfect"

75 komentar:

Munir ardi mengatakan...

kelebihannya banyak dan kekurangannya cuma dua, memang tak ada gading yang tak retak
barusan jadi pertama disini

narti mengatakan...

gitu ya?
tapi ya begitulah, tidak ada yg sempurna.

fb mengatakan...

AC ini enggak merusak ozon ya karena pake R410A itu?..

pakde sulas mengatakan...

jika kelebihannya lebih banyak dari kekurangannya itu artinya produk itu produk unggulan

Tutorial Blog UMY mengatakan...

setiap produk memiliki kekurangan, jdi pinter2 konsumennya yg memilah milihnya

video panas katro mengatakan...

inverter mahalnya di muka, hematnya sepanjang masa hehe.. maknyos kalo ngadem di sini.. makasih tipsnya :D

simple tips mengatakan...

takgendong bawa pulang, diriku masih pake ac cap cincau mas, pokoke hemat energi, hemat gula dan kopi xixixi.. kabuur

Lily Kasim mengatakan...

wewewew...pesan komengnya panjang amit...hihihi....ngadem dulu ahhhh...

Muhammad Ichsan mengatakan...

Spare Part nya jg agak susah di cari & mahal..tp masalah listriknya hemat banget lah......

komangwirawan mengatakan...

AC inverter ini brapa lama sih hrs dibersihkan? punya saya sudah setahun, ada info kontak service-AC untuk membersihkan AC ini pak?

thx

Adjie mengatakan...

Pak, kalo ruangan masih ada ventilasinya (ventilasi ada diatas jendela dan atas pintu)apakah masih efektif memakai Inverter?

Ipin's Cool mengatakan...

@Komanggirawan
Pembersihan ac jika pemakaian rutin minimal 8 jam/hari sebaiknya di cuci 3 bulan sekali. untuk pencucian ac inverter sama dengan ac biasa kok pak, jadi bisa hub tehnisi ac yg terdekat di sana (berpengalaman dengan ac inverter)

@Adjie
Sebaiknya ventilasi harus tertutup rapat agar udara sejuk di dalam ruangan tidak terbuang. jika tidak percuma saja memakai inverter hanya akan menambah boros listrik karena suhu di dalam ruangan tak tercapai tingkat kesejukannya..yang akan membuat kompresor bekerja keras.

fandy mengatakan...

Kemarin sy baru pasang AC Panasonic Inveter Eco navi CS-S10MKP, saya ada dua pertanyaan:

1. kenapa ya, AC sy terkadang mati, dan timer-nya berkedip terus. kemudian saya matikan stop kontaknya, dan saya hidupkan lagi, akhirnya ac bekerja normal lagi. apakah ada masalah dengan Ac ini.

2. kipas ac yang dipasang diluar kok kadang mati kadang hidup ya.. padahal ac didalam tetap dingin. bukannya prinsip ini seperti prinsip ac non inverter? yang bekerja dengan system on-off. setahu saya, kalau ac inverter harusnya compressor terus bekerja bila ac hidup. walaupun suhu didalam sudah tercapai, kompressor harusnya terus menyala tapi dengan speed yang rendah. nah kenapa kipas yang bagian outdoornya on-off? apa saya ditipu?





terimakasih

mohon penjelasannya

fandy mengatakan...

Kemarin sy baru pasang AC Panasonic Inveter Eco navi S-CS10MKP, saya ada dua pertanyaan:

1. kenapa ya, AC sy terkadang mati, dan timer-nya berkedip terus. kemudian saya matikan stop kontaknya, dan saya hidupkan lagi, akhirnya ac bekerja normal lagi. apakah ada masalah dengan Ac ini.

2. kipas ac yang dipasang diluar kok kadang mati kadang hidup ya.. padahal ac didalam tetap dingin. bukannya prinsip ini seperti prinsip ac non inverter? yang bekerja dengan system on-off. setahu saya, kalau ac inverter harusnya compressor terus bekerja bila ac hidup. walaupun suhu didalam sudah tercapai, kompressor harusnya terus menyala tapi dengan speed yang rendah. nah kenapa kipas yang bagian outdoornya on-off? apa saya ditipu?





terimakasih

mohon penjelasannya

Anonim mengatakan...

@Fandy , sy coba bantu jawab, mati hidupnya Kipas Outdoor diatur oleh sensor pengukur suhu di Condensor dan compressor outdoor, jadi anda tidak ditipu,tapi belum paham bagaimana cara kerja sebenarnya, yang penting, bisa dilihat tagihan listrik anda pasti akan berbeda jika dibanding dengan penggunaan ac non inverter..IMHO

Anonim mengatakan...

Pak,

1. AC Inventer katanya butuh minimal listrik rumah 900Watt. Kalo pasang 2 buah artinya minimal listrik rumah harus 1800Watt?

2. Soal ventilasi, bagaimana ditutup rapat kamarnya kalo dalam kamar jg dipasang wall exhaust fan?

3. Bgmn cara instalasi kabel dan pipa AC ya Pak kalo letak r.tamu disebelah plg depan rumah dan kamar disebelahnya. Kabel dan pipa ACnya otomatis lwt r.tamu, kan kelihatan jelek. Kalo diplafon, takutnya air netes AC krn dinginnya jatuh ke plafon gypsumnya.

Thanks.

Admin mengatakan...

1. Yup benar pak dengan listrik 900 watt tidak mungkin bisa dengan memakai 2 AC, pada dasarnya AC inverter pada saat start sama dengan ac non inverter namun lambat laun smakin dingin ruangan akan smkin turun komsumsi listriknya.

2. ventilasi udara dengan exhaust fan sebaiknya di matikan bila Ac sedang nyala,karna maalahan smkin boros listrik.

3. lebih baik naik di plafon dan di isolasi ac (ductape lem)yang bagus gak akan bocor pak. akan kelihatan rapi. kalau kondisi tempatnya memungkinkan lewat plafon jika tidak yah bobol tembok deh

Anonim mengatakan...

mau tanya, d rmh sy pkek ac panasonic inventer. kenpa timer ac di rmh saya selalu berkedip dan ac g bisa nyala...mohon solusinya..

Admin mengatakan...

coba di reset dulu ac nya dengan cara cabut power supply ac juga remote battery nya..agar kembali ke settingan default.
selamat mencoba

Anonim mengatakan...

Ane jg pemakai ac panasonic inverter..klo ac nyala tiba2 mati trs timernya lgs kedip2..itu tandanya ac outdoornya kotor.
Solusinya mudah,hub panasonic service centre aja..trs teknisi panasonicnya lgs cuci outdoornya..problem solved! :)

Harganya jg ngga mahal ternyata :D

Anonim mengatakan...

kok ac inverter saya tidak dingin ya. bisa bantu utk setting an nya?

Anonim mengatakan...

Dirumah saya terinstall 7 buah AC, tapi hanya 2 saja yang inverter dan hanya kedua inverter ini saja yang tidak dingin. Product yang saya pasang adalah inverter CS CU 13 KKP (1.5 PK) dan 10 KKP (1 PK), yang 1.5 PK dipasang di kamar utama dan 1 PK dikamar anak. Pertanyaannya :

1. Kedua nya tidak sedingin AC biasa (non inverter) semenjak dipasang, padahal sudah di hidupkan berjam-jam. apakah ada setting-an yang salah oleh tukang AC langganan saya ketika dilakukan pemasangan pertama kali ?

2. Ketika saya komplen ke salah satu marketing nya di B*st D***ki, dia bilang kalau type Inverter memang lama dingin nya, apakah benar?

3. Apakah ada aturan khusus antara pemasangan AC inverter dengan yang biasa ?

Thanks ya,

hermawan mengatakan...

Pak saya mo pasang ac..tapi sy jadi bingung.antara inverter dan low watt
1.Katanya klo listrik 1300w.tidak bisa buat ac inverter 1pk
2.Rencana saya mo pasang yg tipe CS-S10NKP.
3.Apakah bisa buat dua kamar yg ukuran 21/2 x 21/2 buat dua kamar.
Makasih...saya mohon infonya

Anonim mengatakan...

Mas Hermawan, menurut saya sebaiknya tidak menggunakan AC inverter, pengalaman saya menggunakan AC inverter kurang memuaskan karena tidak sedingin AC biasa. Dan ketika dibutuhkan maintenance, tukang AC biasa umumnya tidak memiliki stock freon R410 yang cukup mahal sehingga untuk sekedar isi tambahan freon saja mereka harus membeli tabung freon baru dan akan di bebankan ke konsumen. Hemat saya akan lebih baik memasang AC yang biasa saja dengan freon yang pada umumnya (kalau tidak salah R22), dan untuk solusinya menaikkan daya listrik dirumah mas Hermawan.

Note: saya sdh memasang 2 buah AC inverter di rumah saya dan sampai saya hasil nya cukup mengecewakan :-) sehingga saya tidak menyarakan penggunaan AC inverter, maaf sebelumnya apabila postingannya kurang berkenan.

hermawan mengatakan...

Trima kasih atas sarannya...

Anonim mengatakan...

Pak, wah AC inverter sepertinya banyak masalah ya ? kalau begitu lebih baik menggunakan AC biasa saja yah. Terima Kasih info nya....

Admin mengatakan...

Terima kasih saran dan masukannya dari pengunjung blog AC ini.., kalau mau hematy listrik pakai ac non inverter di ganti dengan freon musicool di jamin listrik jadi hemat 20-30%. hubungi agen musicool terdekat. :)

made artha mengatakan...

Saya baru ganti ac di kamar saya berukuran 3.5x5m dari daikin 1/2 pk inverter ke panasonic 1pk inverter CS S10MKP, masalahnya karena daikin suara indoornya berisik skali spt traktor, mungkin kbetulan sy dpt yg gagal produk sampai teknisinya pun tdk mengerti knp bisa bersuara spt itu.

Stelah saya ganti dgn panasonic masalah teratasi. memang dingin nya daikin berbeda lebih nyess tapi lebih nyaman. Klo panasonic meskipun 1pk tapi nyess nya tdk nyaman spt kita masuk kulkas dan kedinginan.

Menurut sy teknologi panasonic memang pintar menghemat listrik, cuma saya kurang setuju dengan caranya yg mematikan kipas indoor yg cukup lama kalau suhu sdh tercapai malah bikin saya kepanasan, kmudian hidup lg sbentar2. Tekonogi econavi menurut sy kebalikan dari menu 'confort'nya daikin yang mengarahkan hembusan ke plafon menghindari semburan langsung ke orang, panasonic malah hanya menyembur ke arah orangnya, kmanapun pindah akan 'dicari' secara horisontal oleh sensornya. Pintar tapi semburan langsung itu menurut sy tdk nyaman. Dari segi hemat listrik panasonic lebih hemat krn saat suhu yg distel tercapai kipas indoor dan outdoor mati, (brp kira2 konsumsi listrik klo keduanya mati?)

Dari segi berisik
indoor
daikin: kipasnya hanpir tdk terdengar, suara 'kretek2' jarang
panasonic: suara 'kretek2' krn pemuaian terdengar heboh dan serinh, bunyi hembusanya cukup terdengar meskipun seting kipas low dan kadang terdengar suara spt suara robot bergak saat flap pengatur arah udara bergerak. Nanoe-g generator nya kadang bunyi mirip suara robot frekrensi tinggi, smua kedengaran jelas krn kamar sy dekat sawah jad sangat sunyi.

Outdoor:
daikin: lebih berisik kompresornya sediki tapi kipasnya tdk bunyi
Panasonic: hampir tdk terdengar suara mesin kompresornya tetapi kipasnya cukup bunyi meskipun tdk mengganggu, spt suara kepakan sayap burung, mungkin krn bentuk baling2nya yg aneh

flap pengarah hembusan panasonic adalah bukaan bawah jadi meskipun diarahkan ke atas tetap ada angin yg berhembus bocor kebawah kira2 50% cukup mengganggu, hal ini tdk trjadi pada daikin.

Jadi untk dingin yg nyaman sy lebih suka daikin sangat nyaman, pas utk dikamar ada menu comfort utk hembusan ke plafon yg cukup penting utk tidur
Oh ya umur ac daikin terpasang baru 2bulan, panasonic baru ganti sebulan yg lalu.

Semoga bermanfaat

wito mengatakan...

hehe rame bahasan inverternya pak,AC inverter memang merupakan sebuah kemajuan teknologi.
buat anda yg sudah pada pakai ac ini : pilihlah teknisi yg berpengalan untuk perawatan jangan asal pilih teknisi,karna perawatannya harus intens.apa lagi kl ketemu teknisi kl lgi cuci ac skalian isi freon,hehe pasti berasa tertipu. (Tukang ac lebih sedikit dari pada tukang tipu)
*bagi para pemakai ac inverter rawatlah ac se intens mungkin karena inverter pemakaian sensor lebih banyak dari pada ac non inverter.

wito mengatakan...

hehe rame bahasan inverternya pak,AC inverter memang merupakan sebuah kemajuan teknologi.
buat anda yg sudah pada pakai ac ini : pilihlah teknisi yg berpengalan untuk perawatan jangan asal pilih teknisi,karna perawatannya harus intens.apa lagi kl ketemu teknisi kl lgi cuci ac skalian isi freon,hehe pasti berasa tertipu. (Tukang ac lebih sedikit dari pada tukang tipu)
*bagi para pemakai ac inverter rawatlah ac se intens mungkin karena inverter pemakaian sensor lebih banyak dari pada ac non inverter.

Anonim mengatakan...

Ikut nimbrung,
saya baru komplain ac inverter panasonic 1 pk karena indoornya dengung. Pihak elxxxx citx bersedia menukar dgn yg baru. Besok datang acnya. 2 minggu merasakan, memang kurang dingin dibanding non inverter dgn setelan temp yg sama. Saya pakai thosiba dan panasonic. Mau coba menghemat, ganti yg inverter. Eeeee . . Apessss. Kemakan iklan. . . Atau saya memang ndak ngerti

iwan mengatakan...

Lanjut,( lupa nulis nama)
pak admin,
mohon saran.

Anonim mengatakan...

He he he AC inverter atau non inverter juga boleh asal bisa untuk listrik 450 watt sbb mau nambah daya di suruh pake prabayar

doa cepat hamil mengatakan...

yang namanya ac dengan teknologi baru pasti lebih baik dibandingkan teknologi ac lam terutama mengenai konsumsi lisriknya...

Anonim mengatakan...

wah....padahal saya baru bayar ac sharp inverter yg 1,5 pk.
katanya dipasang 2hr lagi.
ada yg pengalaman pakai sharp inverter ? sharing dong reviewnya.

Anonim mengatakan...

sharp inverter 1.5pk sudah diterima. katanya akan di pasang besok.......btw reviewnya dishare dong mumpung blom dipasang, jadi klo kurang mantap masih bisa ditukar dg AC conventional

Anonim mengatakan...

sudah terpasang. skrg lagi di uji coba !

Anonim mengatakan...

sdh dipake....mantap bro. power bisa dipilih 600w/800w/1440w......duingin buanget, suara mesin senyap luar dalam.

Anonim mengatakan...

it has been 10days now. and so far so good.
dingin namun tetap senyap.
tinggal nanti confirm tagihan listriknya, apa memang betul lebih hemat scr significant ato malah makin bengkak.

Anonim mengatakan...

baru tanggal 1 juni 2013......bayar listriknya biasa tgl 5.
aku cuma ingin buktikan apa betul bayar listriknya lebih murah......
..let me update you later !

Anonim mengatakan...

ternyata bayar listrik nggak beda banyak dg bulan lalu padahal ACnya naik dari3/4 ke 1.5PK. memang cukup significant penghematanya...............dari tadi malam sampai pagi skrg ACnya masih jalan nonstop karena hari ini hari libur, jadi males keluar.

Anonim mengatakan...

bulan depan rencana mau pasang ac lagi untuk di ruang tdr utama, tp sekarang mau coba Pnsc evonavi inverter.
Let me check and compare to confirm which is better either Shrp ecoinverter or econavi........lets wait for my update soon.

feby mengatakan...

Sy nyesal ganti ac inverter.memang sih byr listrik lbh irit.tp gk dingin.dinginnya di awal2 beli aja.hrs ekstra maintancenya.klu engga timer kedip2 trs.jd jgn lupa selalu ingat cuci ac 3 bln sekali.tp yg paling bikin sy kecewa.soal dinginnya itu,gk banget deh.pdhal sy pake yg 1 pk panasonic.

Anonim mengatakan...

Pak Anonim,
Gimana komennya tentang perbedaan ac sharp ama Panasonic nya...

Unknown mengatakan...

AC saya Panasonic inverter...memang betul untuk coolnya emg gk terlalu dingin.
Saya jg mau bertnya msalah sensor patrol...knapa gerak sensor dan swing AC saya tidak berjalan bersamaan...terkadang sensor mengarah kemanusia tetapi swingnya tidak mau mengikuti hanya tetap mengarah kesatu sudut yg gk ada gerakan atopun cahaya...
Mohon infonya

Anonim mengatakan...

belum lama saya pasang sama teknisi AC namanya Pak Trima hasilnya oke banget, terima kasih Pak Trima akhirnya saya bisa tidur PULES Less ... Adeeeem ini No telp. 0821 1129 2112 kali aja pada mau nyoba sekedar sharing ... ty

Anonim mengatakan...

Kalau tidak dingin, cek tekanan coolant-nya. Inverter 120psi sedangkan Freon 80psi. Seringnya AC inverter tapi diisi cuma 80psi sehingga tidak dingin.

Unknown mengatakan...

Saya pake AC inverter PANASONIC 1pk yang C10PKPmemang untuk pendinginan'nya agak lama sekitar 15menit, tapi lumayan dingin buat ukuran ruangtamu sya 5x6m
Awal'a sya pake 1 1/2Pk LG brisik kaya mesin traktor,
Outdoor'a d'luar tapi brisik'a k'dalem smpe malu sm tetangga
Bayar listrik juga jadi lebih murah

Anonim mengatakan...

National sekarang jadi panasonic .
Turut berduka ac jaman sekarang . Banyak model . Tp kualitas.nya tdk menjamin .. mohon bpk ir. Segala jenis ac . Bahan.nya tolong di kasih yg bagus . Trima kasih .

Anonim mengatakan...

AC sharp Inverter plasmacluster 1pk sama sekali ga dingin, hanya seperti kipas angin seharga 5.5jt untuk kamar ukuran 4x5

Unknown mengatakan...

kapasitas PK nya kurang itu sepertinya

bang joi mengatakan...

Ah panasonic inverter payah kata nya irit.. tambah lama ko bayaran nya nambah naik.. udah gak dingin lg..nyesel gak nyesel udah kebeli gmna tuh... skr tdur udah fabel.. ac plus kipas baru adem

Sasetyo NOEGROHO mengatakan...

Saya pernah menggunakan AC Panasonic inverter tahun 2008 kapasitas 1 PK saat bertugas di Pulau Matak, Kepulauan Riau.

Yang saya rasakan pada saat itu AC Inverter tidak dingin, hanya angin sejuk sepoi-sepoi seperti membuka jendela kamar saat matahari terbit.

Anggapan saya bahwa AC inverter tidak dingin atau setara hembusan angin dipantai.

Namun sejak saya menggunakan AC inverter merk 'D' model FTKD25 anggapan saya bahwa AC inverter tidak dingin berubah.

AC tsb lebih cepat mendinginkan ruangan ukuran 3 x 3.5 dan tinggi 3.8.

Saya memesan AC tsb ke langganan tukang cuci AC, saya hanya memesan: tolong carikan AC yang dingin untuk kamar anak dengan ukuran tsb diatas dan freon R22 kapasitas 1 PK, terserah merknya dan listriknya. Intinya dingin!

Ternyata yg diantar jenis inverter, tadinya saya ragu, inverter pakai R22? Bukannya inverter pakai R410?

Ternyata merk 'D' punya beberapa model inverter dengan freon R22, R410 dan R32.

10 menit pertama konsumsi listrik mencapai 900 watt untuk mendinginkan suhu 24C yang sebelumnya 31C. Setelah suhu yang diinginkan tercapai konsumsi listrik stabil di 380 Watt.

Bagi yang pakai freon R410 disarankan tekanan freon di 140 psi. Kalau R22 cukup max 80 psi saja.

semoga membantu.

Unknown mengatakan...

Anak saya gak bsa panas klo tdur hrus buka baju walaw kipas angin paling gede,,akhirny pasang ac biar ga kepanasan panasonic yg r22,,bkn"y mlh nyaman mlh tmbh nangis terus cuz gak ada dinginy mening panteng kipas angin..

Anonim mengatakan...

Bagaimana mengetahui generator nanoe g masih berfungsi atau tidak?krn saya merasa generator nanoe g sepertinya dari awal beli tidak ads tanda2 berfungsi

Anonim mengatakan...

Mungkin kalau sudah ada yg menjelaskan atau saya kelewat bacanya mohon maaf. Banyak keluhan ac inverter tidak sedingin ac biasa, ini disebabkan oleh pemakaian freon r410nya. Memang untuk jenis freon2 terbaru yg ramah lingkungan memiliki koefisien pendinginan lebih rendah efeknya ya yg paling terasa kurang dingin itu.
Saya sudah 1tahun pakai ac inverter panasonic, dan masih baik2 saja. Belum pernah cuci sejak pertama, tapi saya rasa performanya masih baik2 saja tuh.

Sukses Sejahtera Abadi mengatakan...

Gan, ane tanya nih. Apa agan terima order service ac? Bisakah agan terima order ANTAR KOTA ANTAR PROFENSI?

Unknown mengatakan...

3 bulan sekali

Anonim mengatakan...

Mau nanya gan...saya pakai ac inverter panasonic 1pk baru 1 bulan...klo ac dihidupkan 24 jam, indicator nano g nya berkedip2,tp kalau saya off kan lalu on kembali,kedip nano g nya berhenti dan hidup warna biru seperti biasa (tanpa kedip)..pertanyaannya,berkedip itu knp y?terimakasih gan..

Unknown mengatakan...

kayanya bagusan daikin kang.

mampir akang http://sambangono.blogspot.co.id/

Anonim mengatakan...

Sama gan, ac panasonic ane jg gitu, operasi 20jam setiap hati. Setelah 2bln service nanoe g nya kedip2, apakah ada pesan yg ingin disampaikan dgn indikator nanpe g kedip2 seperti itu? Udah saya googling jg ga ada yg bahas masalah seperti itu.Mohon petunjuknya para master ac

Unknown mengatakan...

remot ac nya auto terus. gimana caranya biar bisa normal lagi? di reset tidak bisa. jadi klo matikan langsung cabut colokan. mohon bantuan nya. terimakasih

Unknown mengatakan...

remot ac nya auto terus. gimana caranya biar bisa normal lagi? di reset tidak bisa. jadi klo matikan langsung cabut colokan. mohon bantuan nya. terimakasih

Unknown mengatakan...

Klu untuk ac low watt 1 pk berapa normal tekanan freon pda saat di isi kmbli dan bgimna mngtahui freon yg bagus dan tidak??? Mhon bantuanya,trims

Unknown mengatakan...

Untuk case ini ada solusinya ga gan? Punya saya barusan kejadian seperti ini

Unknown mengatakan...

Pemakaian 20/24 jam sehari jelas lebih cepat kotor unit ac .
Nano g berkedip mengiiisaratkan untuk segera di service ac nya.

Unknown mengatakan...

Tanya gan koq AC panasonic saya cu-yn5tkj swingnya suka macet ya?baru beli 2mingguan kira2 kenapa ya,sarannya ditggu buat master2 AC terimakasih...

Unknown mengatakan...

Ac panasonic inverter 1pk saya,timernya nyala terus.sudah saya reset dgn cara cabut saklar dari stop kontak dan lepas batrai dari remot.saya tunggu smp 30menit,lalu saya pasang kembali.
Alhamdulillah bisa setelah saya reset.
Tapi sekarang kambuh lagi,timernya sering nyala terus saya reset seperti cara diatas tetap tdk berulang kembali(timernya nyala lagi)
Sudah dicheck oleh teknisi yg saya percaya,tetap tdk bisa ditangani(modul pengaturan inverter di outdoornya)
Harus diganti 1set dan biayanya sadissss...
Apakah ada yg bisa memberikan solusi?...
Terimakasih.

Unknown mengatakan...

Aq mau share ini listrik drumah q 450 dayanya tp aq pasang ac daikin 3/4 pk dikamar ttep nyala ndak anjlok. udah gt dinginnya maksimal emng daikin rajanya ac deh.indoor outdoor senyap.ac nya lgsung dngin ga pke tnggu2.rekomended daikin klo beli ac

Unknown mengatakan...

Ac Panasonic saya akhir2 ini lampu e nano G nya sering berkedip,apakah itu normal?terimah kasih

Nurin mengatakan...

Ac panasonic cu-zv5ukp kadang2 power berkedip2 trus ndak mau nyala...bahkan pake remot sekalipun ttp ndk mau nyala...trus d coba d cabut stop kontak nyala kembali...trus ini yg error apanya ya makasih

Unknown mengatakan...

Kasih masukan donk.. Daikin apa Panasonic?

Unknown mengatakan...

Sy punya AC inverter panasonic Made in Malaysia 1 pk masalah sekarang ini tiap 1 bulan maksimal 1.5 bulan AC nya minta di cuci kl sy lihat filter AC nya ga terlalu kotor dan sy bersihkan tapi angin blower keluarnya seperti terhambat dan jadi berbunyi Wee wer . Kenapa bisa bgt ya. 1 thn lalu pernah srvice besar dan hanya bertahan 4 bulan dan setelah itu harus cuci setiap 1-1,5 bulan sekali. pemakaian rata2 per hari kurang lebih 16 jam.mohon pencerahannya.

Anonim mengatakan...

Saya pakai AC Panasonic Inverter CS-S10MKP, R410A, sudah 12 tahun dan ditahun 2023 ini baru error di modul sensornya suka kedap kedip mati hidup.

Anonim mengatakan...

AC Panasonic Inverter CS-S10MKP saat ini 04 Januari 2023 sudah saya pakai 12 tahun, saya puas dengan produk ini bagus dan ngak pernah merongrong ada kerusakan, saya setiap 6 bulan sekali rutin mencuci membersihkan AC sehingga sampai saat ini masih berfungsi dengan baik cuma saja kekurangan saat ini error disensornya power nya, padahal saya sudah matikan/off kan pada remote nya, tetapi lampu panel ya tetap menyala kadang hidup mati. Unit AC masih berjalan normal.