Search Tips Information Products and Services

Memuat...

10 Juni 2011

AC Baru di Pasang Tidak Dingin

AC 3/4 PK baru saja terpasang hari ini sang buah hati yang kecil kini sangat senang sekali karena sudah tidak kegerahan lagi sehingga kulitnya tidak iritasi karena biang keringat yang menghinggapi tubuhnya kerap kali terkena udara yang panas akhir akhir ini. bermain dan bercanda bersama ibunda tercinta terasa sangat menyenangkan sekali di dalam ruangan ber AC. namun hanya beberapa hari saja di karenakan AC sudah tidak dingin lagi di sebabkan freonya habis. Teknisi yang memasang AC di panggil untuk meminta memperbaiki AC nya yang rusak dan ternyata memang ada kebocoran pada kran nepel outdoor yang kurang kencang, AC di isi freon dan kembali normal.

Hari ke-3 setelah di perbaiki ac sudah tidak dingin lagi akhirnya mereka menghubungi service centre LG dan mendapat tanggapan positif, teknisi LG pun segera datang untuk memperbaiki AC tsb setelah di check tekanan freonnya sudah berkurang, angka meter pada manifold gauge menunjukan 30 psi yang seharusnya adalah 70psi. AC kembali di isi freon sesuai dengan standart nya dan AC pun kembali dingin, namun hanya beberapa hari AC pun kembali tidak dingin lagi dan pada pipa ac terdapat tumpukan es. yang menandakan AC kurang freon lagi. berkali kali AC di isi freon selalu habis terus ada apa gerangan..??

Karena sudah 2 kali di memanggil teknisi untuk memperbaiki ac dan hasilnya belum memuaskan juga. Teknisi lain pun datang untuk memperbaikinya, seperti biasanya pengecekan di lakukan pada sambungan nepel indoor dan outdoor tidak di ketemukan titik kebocoran akhirnya teknisi pun mencabut unit indoor untuk melihat evaporatornya apakah ada kebocoran atau tidak, juga mengganti pipa ac tersebut dengan yang baru setelah semua dilakukan unit ac di vakum dan di isi freon kembali dan hasilnya sama seperti yang dulu baru 3 hari ac sudah tidak dingin lagi, akhirnya di sarankan untuk komplain ke LG langsung untuk meminta ganti unit yang baru karena di duga pada unit ac outdoor terdapat kondensor yang bocor.

29 komentar:

Lily Kasim mengatakan...

yuhuuuu...komplen bok..mending minta baru ya bos?

harto mengatakan...

awal pemakaian yang tidak menyenangkan yaaa.... baru dipasang ngadat trussss, pake lembiru aja.
masalah AC biar nanti Bang Ipin aja dagh yang nangani pasti beres n tokceeer

semoga sukses selalu n TETAP SEMANGAT

Anonim mengatakan...

Hey - I am really glad to discover this. great job!

narti mengatakan...

yg ada, cape deh ngurusin AC 1, padahal banyak urusan lainnya.
ngomong2, ini tukang service koq manggil tukang?

sda mengatakan...

akhirnya gimana tuh? diganti yg baru?

LK mengatakan...

update..update..update AC...

alkatro mengatakan...

wah barang baru LG bisa bermasalah juga.. team QC nya gimana ya he he
moga saja diganti yang baru lagee dan
bisa suejuk segarrr sepanjang hari
nongol lage.. kabur lagee..
wuzzz

Muhammad Ichsan mengatakan...

menurut saya Belum tentu kebocoran pada sistem Unit,bisa jadi ada masalah pada kompresor.mungkin ada kesalahan pada chek valve kompresor...

Admin mengatakan...

@M Ichsan
Pada kompresor sudah di check semua tidak ada tanda2 kebocoran freon. dan saya dapat kabar kemarin bahwa teknisi dari LG sudah mengganti evaporatornya dengan yang baru dan hasilnya ac sudah benar2 okee. kok bisaa yahh evap baru sudah ada yg bocor.?? :)

Muhammad Ichsan mengatakan...

kami pernah dapet kasus yg sama evap,kondenser udah di Rendam spt tukang tambal ban.tdk ada yg bocor.tp chek valve kompresor yg bocor(sucton keluar udara)Bisa saja evap baru bocor evap kan hrs pake material setipis mungkin.tp kemana QC nya ya?hehehehe

Admin mengatakan...

@M Icksan
memang kalau dapat kasus evap yg bocor itu agak menyulitkan juga dan kebetulan tadi pagi saya dapat info dari kang asep untuk mengecek kebocoran dengan dye tracer dan sinar UV sangat lah mudah sekali menumukannya tuh.

alaika abdullah mengatakan...

wah kasusnya sama nih... Saya baru pasang AC LG baru, 1 PK, 3 hari sdh tdk terasa dingin lagi, ternyata pada bagian nipple nya ada bekuan es gitu deh, trs di bersihkan juga isi freon baru, satu dua malam dingin banget, skrg ini kok dinginnya lambat banget ya, setelah belasan menit dinyalain baru dingin. Jadi kecewa deh beli LG, apa AC hemat energi suka begitu ya? Nyesal deh belinya...

cctv camera mengatakan...

Wah baru tahu nih caranya seperti ini. Artikelnya bagus. Jarang yang bikin artikel seperti ini

tutorial joomla mengatakan...

Terimakasih artikelnya memberikan pencerahan soal AC

Fresh Web Design mengatakan...

Artikelnya sangat inspiratif. Thanks

Free Ebook Tutorial Joomla mengatakan...

Bikin buku aja mas tentang AC. Bikin ebook jadi bisa terdokumentasi dengan baik

Unknown mengatakan...

@ m ichsan
apabila kebocoran pada chek valve compressor,,freon tdk mungkin berkurang......

Indrawatara mengatakan...

menjengkelkan juga dengan masalah AC, rasa kecewa tidak tergantikan ketika membeli 1 unit AC merk LG 1/2 PK ( S05LFG-2), baru digunakan selama 2 bulan sudah 2x komplain ke CS nya dengan masalah yg sama, yaitu Tidak dingin dan terjadi kebocoran freon, ketika diperiksa selalu berkurang separuhnya dalam jangka waktu 3 mnggu saja. padahal setiap kali diservis sudah dicek dengan menggunakan air sabun pada semua lokasi yg diperkirakan ada kebocoran (selang+niplle), kalau kerusakan/kebocoran ternyata pada komponen unit inddor/outdoor, kan jadi aneh, krn brg pabrikan QC nya sangat tidak profesional. Meski masih masa garansi, tapi cukup menyita waktu dan energi krn ruang perlu udara sedangkan AC tidak dalam kondisi normal spt kejadian yg berulang spt ini. Memang tentu tidak semua unit AC punya masalah spt ini, ibarat konsumen spt membeli kucing dalam karung.
Saya juga menggunakan AC merk lain sudah 5 thn tidak pernah bermasalah dan fine2 saja. trims,-

Anonim mengatakan...

Sama dgn aq br 3 hari pasang bgt jg

Anonim mengatakan...

Sama dgn aq br 3 hari pasang bgt jg

dodik hakim mengatakan...

mas saya mau bertanya ni bagaimana cara meriset ulang timer pada AC inverter panasonic model CU-S10KKP ?
terima kasih

khadijah alkaff mengatakan...

AC ku merk LG jg gitu mbak..ngganyang terus.

khadijah alkaff mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
khadijah alkaff mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
jusen b mengatakan...

Ac LG Baru 1 Pk mengecewakan bru 1 mnggu acnya sdh tdk dingin lgi, atasin mslah ini bagaimana yak?

jusen b mengatakan...

Ac LG Baru 1 Pk mengecewakan bru 1 mnggu acnya sdh tdk dingin lgi, atasin mslah ini bagaimana yak?

Ian Tika mengatakan...

Ac 1 pk yha kenapa

Unknown mengatakan...

Sama kasus nya seperti saya, baru 2 minggu beli ac baru merk samsung ac udah bocor, freon habis.. Akhirnya saya tlp pihak samsung (call center) untuk di cek, dan memang tekanan freon berkurang drastis, tanpa cek kebocoran mereka akhir nya mengisi dengan freon yg baru, dan katanya bila masih bocor hub aja tukang yg pasang nya.. Dan 2 minggu kemudian ac pun kembali tidak dingin, dan saya memanggil tukang yg memasang ac tersebut, dibagian selang+niple tidak ada kebocoran yg akhirnya saya berasumsi ini pasti ada kebocoran di bagian outdoor atau indoor (cacat pabrik). Akhirnya saya kembali menelepon call center dan katanya saya harus melakukan pencucian ac..

Yg bener aja masa ac bocor malah dicuci, akhirnya saya memaksa pihak samsung untuk mengecek unit terlebih dahulu.. Bila masalah masih belum tuntas terpaksa lah surat pembaca jalan yg terbaiknya ;p

Unknown mengatakan...

Sama kasus nya seperti saya, baru 2 minggu beli ac baru merk samsung ac udah bocor, freon habis.. Akhirnya saya tlp pihak samsung (call center) untuk di cek, dan memang tekanan freon berkurang drastis, tanpa cek kebocoran mereka akhir nya mengisi dengan freon yg baru, dan katanya bila masih bocor hub aja tukang yg pasang nya.. Dan 2 minggu kemudian ac pun kembali tidak dingin, dan saya memanggil tukang yg memasang ac tersebut, dibagian selang+niple tidak ada kebocoran yg akhirnya saya berasumsi ini pasti ada kebocoran di bagian outdoor atau indoor (cacat pabrik). Akhirnya saya kembali menelepon call center dan katanya saya harus melakukan pencucian ac..

Yg bener aja masa ac bocor malah dicuci, akhirnya saya memaksa pihak samsung untuk mengecek unit terlebih dahulu.. Bila masalah masih belum tuntas terpaksa lah surat pembaca jalan yg terbaiknya ;p