Search Tips Information Products and Services

Memuat...

13 Desember 2010

Menentukan tempat pemasangan AC

Dalam hal pemasangan AC sangat di anjurkan untuk memperhatikan posisi/letak pemasangan AC agar terlihat cantik dan dinamis juga menambah kesan ruangan menjadi indah, karena jangan sampai setelah AC di pasang malahan akan mengganggu kenyamanan dan kesulitan untuk Perawatan AC.

Beberapa hal yang harus di hindari pada saat menentukan lokasi pemasangan AC:
  • Gas yang mudah terbakar
  • Udara yang mengandung kadar garam tinggi
  • Oli mesin
  • kondisi lingkungan khusus

Tips dan Cara menentukan lokasi pemasangan AC yang baik (agar AC tahan lama dan awet) :

Unit dalam (Indoor AC)
  1. Tempat yang tidak menghalangi udara masuk dan keluar
  2. pemasangan indoor ac jangan terlalu rapat dengan atap plafon + 15 cm dari atap
  3. Pasang indoor AC pada tempat yang dapat menahan beratnya unit
  4. hati2 bila memasang pada dinding yang memakai Batako
  5. Pilih posisi yang memudahkan pemasangan pipa dan kabel kabel yang menuju unit luar (outdoor)
  6. untuk menhindari banyaknya tekukan tekukan pipa AC
  7. Sediakan tempat yang cukup luas untuk memudahkan perawatan rutin (filter indoor) dan pelepasan cashing indoor pada saar service AC
  8. Pastikan buangan air AC mengalir dengan baik dan benar
  9. untuk menghindari terjadinya luapan air buangan ac ke dalam unit indoor.
  10. Pasang unit dalam (indoor) pada dinding minimal jarak 2,5 meter dari lantai

Unit luar (Outdoor AC)
  1. Unit luar tidak boleh di pasang terbalik karena oli pelumas kompresor akan masuk ke sirkuit pendingin sehinggga dapat merusak unit AC
  2. Pilih tempat terbuka dan kering dan hindari dari sumber panas matahari langsung
  3. Pasang di tempat yang tidak menggangu jalan (bila rumah di dalam Gang senggol)
  4. Pilih posisi yang mudah dalam penyambungan pipa ac yang terhubung ke indoor AC, Panjang pipa minimal 5 meter dan maximal 15 meter (lebih dari itu jangan pasang AC)
  5. Tempatkan unit luar pada posisi yang dapat membuang udara secara bebas agar udara panas outdoor tidak feedback
  6. Pilih tempat yang suara operasi AC dan hembusan udara outdoor tidak menggangu tetangga
  7. Buat jarak pemasangan outdoor ac yang memudahkan dalam hal perawatan ac
  8. Jika unit luar (outdoor) di pasang terlalu tinggi, perhatikan kekuatan bracket penyangganya

Jika pemasangan instalasi pipa ac melewati atap rumah (di atas plafon) usahakan agar pipa pipa ac tersebut di balut kembali dengan ductape ac (isolasi) untuk menghindari kondensasi ac yang dapat merusak plafon, jika ingin di pendam di dalam tembok usahakan terbungkus di dalam pipa pvc karena kondensasi ac ini lama kelamaan akan membuat tembok menjadi rusak dan berlumut.

51 komentar:

fb mengatakan...

Ternyata pasang AC harus di tempat tertentu ya.. Thanks infonya..

Ipin's cool mengatakan...

RUANGAN BER AC Dilarang merokok pada saat Blogging hehhehe

Richa Rie mengatakan...

ac ku pasangnya sembarang deh keknya o.O mana gak dingin lagi. zzzz

narti mengatakan...

Pasang unit dalam (indoor) pada dinding minimal jarak 2,5 meter dari lantai => disini ga ada 2,5 meter kayanya...

sda mengatakan...

makasih banyak tipsnya... :)
(sapa tau besok kebeli)

pakies mengatakan...

berarti ditempatku perlu dikoreksi nih kondisi sekitarnya' suwun kang impone
postingannya menyejukkan sesejuk AC (opo hubunganne yo Kang) lariiii

ReBorn mengatakan...

indoor harus 2.5 m? bahkan di kantor saya kayaknya kurang. maksudnya indoor itu yang macam mana ya pak?

Imtikhan mengatakan...

selalu mendapatkan ilmu yang bermanfaat disini

perawatan service ac mengatakan...

@fb betul sob
@Richarie sembarangan gimana maksdunya
@Narti dan sda di khawatirkan kalau pendek penmpatanya bahaya bt anak anak
@Pakies ahaha bisa aja Pakies
@Reborn maksudnya indoor itu ac yang ada di dalam
@Imtikhan thanks sobb

harto mengatakan...

waaah rumah ane masih pake batako Bang, musti di ganti dulu yee pake duit tentunye... hik hik hik kabuuur.

trims atas ilmunya sangat membantu, smg sukses selalu n tetap semangat

four dreams mengatakan...

mantap gan infonya :)

attayaya mengatakan...

gimana kalo ac-nya dipasang di sekre blogger bertuah
gratis hehehehe

Ferdinand mengatakan...

Banyak tips yg aku gak tau ternyata setelah kunaca baik2 hhe... yg aku tau cuma cari tempta yg paling deket sama arah luar klo masang AC hhe...

makasih Tipsnya Sob....Wah gara2 kasus Hak Cipta udah gak pake gambar nie hhe... mending didisable sekalian sob klik kanannya bisa gak dicopas ....

Semangat N met aktivitas SOb.. :P

Dhana/戴安娜 mengatakan...

salam sahabat
maaf telat mas Ipin,untuk menentukan tempat pemasangan ac ini sangat rentan dengan tata letak ruangan mas sehingga memang dibutuhkan ansitipasi seperti yang mas katakan kook komeng rancu ngene yach ckckckck

moenas mengatakan...

brow sekarang udah ganti ke (.tk) ya?....ane baru tahu tuh ^^

Indah Seindah-indahnya mengatakan...

kalo ac rusak bisa langsung kesini ni he heh e

mas acrom mengatakan...

wah mantafs ..sob ilmunya gak ada habisnya nih,emang master ac nih ..thnx inponya..:D

Serba Ter mengatakan...

Ntar kalau ada rencana pasang lagi AC tinggal undang yang punya Blog ini aja. udah pakarnya... siapa tahu bisa diskon hehehe

Info berguna bos :)

choirul mengatakan...

banyak pertimbangan dalam menentukan sebuah keputusan agar yang diambil adalah yang terbaik...

ternyata masang ac juga gitu

cucuharis mengatakan...

lama gak ke sini
berbagi terus ya!
:)

Butik Online Baju Import Keren mengatakan...

horee mengamankan nomer 21 he he.. kadang butuh perhitungan yang tepat dalam memasang ac, makasih tipsnya mas, saia belum pasang ac hix, baru pasang kenthongan he he.. kabuur

seopuden mengatakan...

makasih, Tambah Informasi neh
Salam Kenal

alfi mengatakan...

saya g ad ac mas.
ad yg maw bliin ac g bwt saya.
wkwkww..
tukeran link yuk mas..?

PRofijo mengatakan...

Mo nanya nh bro, kok diruangan ac dilarang merokok seh? kan udara yang dihembus ac berasal dari luar ruangan?

Bippi Sm4ile mengatakan...

saya blm pasang AC kang...lagian juga bingung mau pasang dimana :D klo sekarang masih mengandalkan kipas angin :D

Aulawi Ahmad mengatakan...

kamarku ada 4 jendela kang jadi gak perlu ac :)

Ipin's cool mengatakan...

erokok di dalam ruangan AC umumnya memang dilarang karena bisa menimbulkan risiko bahaya bagi para perokok pasif juga perokok aktif itu sendiri. Dalam ruangan AC, partikel-partikel rokok akan berada di tempat itu saja sehingga sirkulasi udara di ruangan itu akan tercemar. Ruangan AC kan tertutup sehingga tidak ada pergantian udara dari luar ke dalam ruangan. masih bisa mungkin bila di ruangan AC tsb terdapat exhaust fan untuk membuang udara yang mengandung asap rokok keluar ruangan. tetapi sih alangkah baiknya dihindari saja merokok di dalam ruangan ber AC

Lirik lagu seventeen mengatakan...

wah mantafs sob,infonya lengkap top markotop,lanjutkan ...

fb mengatakan...

@Ipin: Iya tuh sob merokok dalam ruangan tidak ber AC aja berbahaya apalagi di ruangan ber AC

Bali Property mengatakan...

Tips yang sangat bagus nih,
maksih banyak sherenya, bisa buat pengetahuan dan pengalaman saat memasang AC.
salam sukses selalu ya..
http://auto-runs.blogspot.com/2010/12/modding-pc.html#comment-form

Rizky2009 mengatakan...

kalau duilu sewaktu masih menggunakan AC di tempatkan di ruang tamu mas

aciid !!!!!! mengatakan...

yg pnting q mah trima jdi :p

Feed Blogger Katro mengatakan...

balik lagi.. kentonganku ketinggalan -he he-
yang repot kadang kalao lagi di warnet mas, sudah pasang ac masih ada yang merokok, mo ngelarang ,a atuut, met liburan mas .. kabuurr :D

attayaya mengatakan...

pengen ncomot tuh ac utk dipasang di tempatku

MENONE mengatakan...

waaahhhhh ditempat kerja menone AC-NYA sering bocor sob

annie mengatakan...

info menarik nih, meski aku sebenarnya gak tahan ac hehe ... lagipula rumahku di tempat dingin. Meski begitu, info ini sangat penting, minimal jadi tahu ada aturan dimana nempatin ac. Thanks, sobat

jangkrik mengatakan...

mamang harus disesuaikan dengan kenyamanan juga ya,biar nggak memperindah tataruang juga :D

Watch Movie Online Free mengatakan...

I am first here visiting your site while I'm Glad your a post a useful to help me i really like it .. thanks sharing tips

attayaya cathy mengatakan...

konsultasi dengan arsiteknya perlu juga ya kang

Richa Rie mengatakan...

bahhh kemana aja kanggg...bulan madu nya ke jepang yaaaaaa? oleh2 nya jgn lupa yaaa

tracking visitor katro mengatakan...

nampaknya begawan ac belum turun gunung.. ane tunggu di bawah pohon asem.. gelar tiker -zzzz..

tfd mengatakan...

wew..komengku yang kemarin kagak masup ya? mau nga ce niy...

cucuharis mengatakan...

selalu makasih atas semua info dan tips di sini

tfd mengatakan...

di kota kembang masih lom butuh AC...hehehehe...

voladel mengatakan...

Nice info nih..

mau numpang nanya bos.
kalau pasang ac indoor dengan ketinggian 4 meter dari lantai apakah akan berpengaruh terhadap kualitas pendinginannya?

atau sebaliknya? semakin tinggi dari lantai semakin baik?

thank you

richarie mengatakan...

mo order ac warna pink donk. kirim yakk ke jaksel

Anonim mengatakan...

Поздравляю, блестящая мысль

Anonim mengatakan...

Hoe komt het dat je niet hoeft uw site worden weergegeven in mobiel formaat? Niet kunnen zien iets in mijn netbook.

Anonim mengatakan...

Thanks for taking the time to debate this, I really feel strongly about it and love studying extra on this topic. If attainable, as you achieve expertise, would you mind updating your weblog with extra info? This can be very useful for me.

nejudo mengatakan...

Mantap gan,
bisa jadi referensi ane, soalnya baru mau masang ac neh,,

kira2 merek ac apa ya yang bagus ?

arie mengatakan...

hehe makasih tipsnya..
lagi nyari-nyari ac dan mau pasang.. eh nemu di sini..