Laman

Search Tips Information Products and Services

2 Juli 2009

Perawatan AC

Suatu ketika di pagi hari HP berdering kring..kring..(jadul banget nada deringnya ya) saya terima telponnya , assalamualaikum dengan Cv kharisma pratama ada yang bisa di bantu,"kata saya". '' Waalaikum salam...saya dengan ibu yuli mau minta tolong AC saya sudah tidak dingin nanti tolong di service ya pak sekalian di tambah freonnya", jawab si penelpon. tanpa basa basi saya jawab "oke bu nanti saya segera kesana. Seperti biasa sebelum melakukan service AC saya melakukan pengecekan terlebih dahulu kondisi unit AC yang akan di service mulai dari ukuran freon, ampere sampai indoor untuk memastikan fungsi remote (suhu, swing, mode dll). setelah melakukan check AC saya laporkan kondisi Unit AC kepada pemiliknya. Peralatan tempur di siapkan di mulai dari indoor di lakukan pembersihan dengan steam di lanjut ke outdoor, semua kotoran debu-debu yang menempel pada kisi-kisi alumunium/evaporator rontok semua dengan di semprot air (steam) tidak lupa saya gunakan Obat AC (karat & kotoran membandel pasti luntur), setelah proses steam selesai tunggu sampai kering. Selang beberapa menit saya check kembali unit AC (tekanan freon & amper) kembali normal, dan hasilnya woow AC kembali dingin dan sejuk dengan hembusan angin nya yang bersih si pemilik AC pun senang karena bisa mendapatkan kesejukan udara di rumahnya. sambil melepas lelah saya menikmati hidangan kopi hangat dan kue ala kadarnya dari Ibu Yuli. "Pak kira-kira berapa bulan yah AC saya harus di service? tanya Ibu Yuli", dan kapan harus tambah freon nya. untuk service AC bagusnya itu minimal 3 bulan sekali bu karena ibu akan mendapatkan 2 keuntungan : 
1. Unit AC yang terawat akan memperpanjang umur AC khususnya kompresor. 
2. Pemakaian arus listrik tidak boros/hemat karena AC bekerja tetap pada standarnya "Bila tambah freon cukup 1 kali saja bila tidak terjadi kebocoran pada pipa ac jawab saya", Ibu yuli agak sedikit bingung karena selama 1 1/2 tahun dia sudah tambah freon 2 kali, dulu dengan tukang service AC nya di sarankan tambah freon tiap kali service AC alasannya agar Ac nya tetap dingin, saya menimpali sambil tersenyum kecil," sebenarnya tidak perlu tambah freon bu kalau unit AC sudah bersih sirkulasi pada AC akan lancar, outdoor dapat membuang panasnya dengan baik indoor juga dapat menghembuskan anginnya dengan lancar karena tidak ada hambatan debu-debu atau partikel partikel kecil yang menempel pada kisi-kisi alumuniumnya, buktinya AC ibu tidak perlu saya tambahkan freon sudah dingin kembali seperti semula kaann...! mungkin tukang service AC yang dulu perlu tambahan uang makan jadinya di bilang tambah freon bu :). ooh begitu toohh...terima kasih ya pak nanti setelah 3 bulan datang lagi yah untuk service AC nya pak...! oh iya ini ongkos jasa service AC nya Pak...dengan mengeluarkan lembaran lima puluh ribuan, "kembali nya ambil aja pak buat tambah uang makan" canda si Ibu Yuli. Alhamdulillah terima kasih Ya Allah atas rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami.

21 komentar:

kurotsuki mengatakan...

Bro. Seperti pertanyaan saya di blognya iptech. Kalau panjang pipa yang sampai 3x dari standar(15m dari standarnya 5m) apakah freonnya juga harus ditambah atau bagaimana agar penyerapan panas di ruangan bisa optimal? kalau ditambah, kira2 seberapa banyak?
AC saya 0.5 PK dengan pipa 1/4" & 3/8" sepanjang 15 meter (terpaksa .. yg punya rumah ga beres desain kamarnya >.<).

Admin mengatakan...

Sorry bro baru online nih.
standart pipa 5 m dengan ukuran freon 65 psi sudah maximal dinginya, max untuk penambahan pipa jangan lebih dari 10m bro karena proses kondensasi pada pipa akan habis di perjalanan jadi penyerapan panas tidak maximal(ac jadi kurang dingin)
sesuaikan saja pengisian freon dengan standart ampernya.mis AC 1/2 pk std amper 2,6 amp. jika penambahan freon tidak menyesuaikan amper maka kompresor akan cepat jebol.

Andi mengatakan...

Pak Pipin,

Saya baru saja service AC (LG Neo Plasma 0.5 PK).
Trus, ketika di check..tekanan freonnya 55 psi.
Kemudian istri saya minta tambah freon sampai 80 psi. Dengan tekanan segitu..apakah over load pak.
Trus solusinya gimana pak..apakah perlu dikurangi tekanan freon nya lagi.

Ipin mengatakan...

@Pak andi Yth
solusinya : AC Lg neo plasma standar amper nya berapa? lihat di name plat indoor/outdoor nya misalnya current ampere 1,8 amp pengisian freonnya jangan melebihi batas max ampere bisa mengakibatkan overload (kompresor mati2 trus).
ukuran freon 70 psi saja sudah cukup dingin, jika freon berlebihan bukannya malah tambah dingin tapi bisa overload karena kompresor kelebihan beban.
trims

Unknown mengatakan...

saya mau tanya sebenarnya fungsi mesin steamer itu sendiri buat apa om? kalo cuma buat tambah tekanan air bisa ngak saya membersihkan ac tanpa mesin steamer, tapi cuma pake air yang didorong dengan pompa, kebetulan sering cuci mobil sendiri :P soalnya kalo bisa semprot sendiri kan bisa lebih sering bersihin nya :p
thanks

ipin mengatakan...

@Swanto Mesin steam di gunakan uuntuk membersihkan kotoran debu2 yang menempel pada kisi-kisi evaporator,bila tanpa mesin steam bisa saja asal hati-hati jangan sampai terkena pcb nya. gara-gara mau hemat malah rusak AC nya tersiram air..hee..he..

harry mengatakan...

Saya mengalami kerusakan evaporator pada ac lg saya, apakah benar klo evaporator udah ada yang bocor maka lebih baik diganti dengan yang baru???

ipin mengatakan...

@harry masalah evaporator indoor bocor tidak perlu di ganti evaporator bila kebocoran terdapat di sisi evaporator..karena masih bisa di tambal./di las acetilyn

putra mengatakan...

waha ,, keren nih infonya.. berguna banget .. thanks Om ,, salam kenal ... :)

nugra mengatakan...

Mas...mau nanya nih, kalo mau servis nomor telepon nya berapa ya?, wilayah servisnya dimana ua?

Unknown mengatakan...

ya buka bautnya trus lubang dari baut itu di coba tusukin ma kunci l

Unknown mengatakan...

ya buka dlu kunicnya trus itu tusuk du lubang bautnya sama kunci L trus di putar

Unknown mengatakan...

ya buka dlu terus masukan kunci L kedalam lubang bautnya trus di putar deh

Sutikno mengatakan...

Ikut Pengalaman dapat telpon suruh cek AC di kamar,ternyata AC tiak mengalami masalah dan tetap dingin Kenapa ibu itu suruh cek ac di kamar yg sepi... hiii.. takut.... langsung pamit ngacir pulanglah...he..he...ati2 klo dapet yg gituan.

IRWAN HENG mengatakan...

Gan, obat AC yg dimaksud buat menhilangkan kotoran membandel apa ya??

Unknown mengatakan...

Pak, saya baru pasang AC 3/4 PK. Ketika pemasangan pipa yg digunakan hanya 3m. Standar bawaannya 5m. Apakah hal ini berpengaruh pada dinginnya ac?

Unknown mengatakan...

Pak, saya baru pasang AC 3/4 PK. Ketika pemasangan pipa yg digunakan hanya 3m. Standar bawaannya 5m. Apakah hal ini berpengaruh pada dinginnya ac?

Unknown mengatakan...

Pak, saya baru pasang AC 3/4 PK. Ketika pemasangan pipa yg digunakan hanya 3m. Standar bawaannya 5m. Apakah hal ini berpengaruh pada dinginnya ac?

Unknown mengatakan...

Mas saya punya ac merek sharp 1pk..permasalhan na sering pipa kecil na berembun..
Saya pernh mencoba,awal idup ac saya stel 25,pas saya lihat pipa kecil na berembun..saya stel suhu ke 30,saya tgu air d pengeluarn na ampeh abis,setlh tu saya matikn ac na,,sekitar 2-3 menit saya idupin kembali dgn suhu 25..kadang2 sih berhasil embun na kgk ad,tpi sih sering na berembun kembali.,n kadg2 tu jg embun na hilang sndri..itu masalh na apa y mas?..alamat email saya b_yel@yahoo.co.id

Unknown mengatakan...

saya ingin cuci AC sendiri dan sekarang lagi cari pompa/steam. Mohon infonya pak, berapa tekanan/bar maksimal untuk ac bagian indoor dan bagian outdoor agar tidak merusak komponennya. Terima kasih :)

Unknown mengatakan...

saya mau tanya om, aca lg neo plasma menggunakan freon jenis apa , pemakaian sudah 6 tahun katanya, saya baru dapet ac sken, makasih