Search Tips Information Products and Services

Memuat...

6 Mei 2011

Tips Mengurangi Ketergantungan AC

Cuaca panas membuat badan menjadi gerah, berkeringat. Berangkat kerja badan sudah terasa lelah, biskota penuh sesak dengan penumpang di tambah lagi kemacetan di jalan jalan sehingga banyak mengeluarkan energi tubuh. sebelum memulai kerja istirahat sejenak 5 s/d 10 menit untuk menyegarkan kembali tubuh kita. selepas kerja pun jika badan gerah dan berkeringat sangat tak nyaman sekali jika hendak tidur, umumnya untuk menghilangkan hawa panas kita langsung menghidupkan pendingin ruangan air conditioner.

Penggunaan AC berlebihan merupakan pemborosan energi di samping itu biaya listrik bulanan akan melonjak tapi mau tidak mau mau saat ini AC sudah sangat di butuhkan oleh sebagian orang yang tinggal di perkotaan. ada beberapa tips yang di dapat dari kompas.com di sebutkan bahwa ada dua cara untuk mengurangi ketergantungan penggunaan pendingin ruangan

Menurut arsitek Heru Wicaksono (kompas.com)
1. Menanam rumput jenis gajah mini di atap rumah bisa mengurangi panas hingga 40 %, ketika panas matahari menyengat akan jatuh dan dapat di serap oleh rumput ini.
2. Menaruh tanaman di dinding/wall garden, tanaman jenis yang mudah merambat dengan perantara kawat/tali di buat sedemikian rupa untuk menyelimuti dinding agar terhindar panas matahari langsung.

13 komentar:

Djangan Pakies mengatakan...

penghijauan di atap rumah boleh juga tuh, palagi tewpatku beratap beton cor yang menyerap panas

Obat Sakit 2011 mengatakan...

kalo aku selalu memakai kipas angin saja gan lebih enteng listriknya hehe

Admin mengatakan...

@Pak Ies
wah mantap tuh Pakies boleh di coba, nek aku mau coba bisa lungsur tanahnye
@Obat
Kipas angin juga lumayan lahh ademmm seliwir seliwir..

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

wah, tanaman2 itu. rumah idaman

MacamMacam mengatakan...

Ada satu cara lagi:
Usahakan mendirikan rumah didaerah berhawa sejuk (daearah pegunungan). Kalau nggak bisa mendirikan rumah sendiri yang ngontraklah.

SHUDAI AJLANI (dot) COM mengatakan...

infonya oke, menanam rumput di atap rumah? kayaknya asik tuh huehe
mau di coba ah di atap kamar, biar jarang pake ac B)

alkatro mengatakan...

oke juga idenya mas, ane pake kolam ikan dan vertical garden; pake pohon cincau dibikin seperti jaring laba-laba, yang masing-masing ujungnya dicanthol di bawah genteng :D
makasih sharenya.. modemku eror mas dari kemarin .. kabuur

warsito mengatakan...

klo pasang AC bukan ketergantungan bos yang ada mengurangi pendapatan wkwkwkwkwkwk

Willyo Alsyah P. Isman mengatakan...

disamping menguragi pemanasan global, ruangan juga nampak cantik

Harto mengatakan...

kenapa ga dari dulu kasih infonya, sekarang rumahku atapnya pake asbeeees yang bisa bikin puuaannaasss banget.

trims atas infonya niih, sukses selalu n TETAP SEMANGAT

Bunga Majapahit mengatakan...

Hello, nice blog, I've been follow this blog, and now I'm waiting your re-follow my blog at http://bunga911.blogspot.com. Thanks.

food for vegetarians mengatakan...

ini dia yg sedang q kerjakan..

music improvisation mengatakan...

saya sedang mengalami ini..