Search Tips Information Products and Services

Memuat...

14 Maret 2011

Kondensasi AC

Kondensasi atau dalam bahasa kita pengembunan sering kali/dapat kita lihat pada AC di rumah anda pada bagian outdoor pipa-pipa nya sering berembun dan meneteskan air hal ini bertanda unit AC bekerja normal atau pada drainase AC keluar tetesan air, patut di curigakan jika AC tidak basah pada pipa-pipanya dan drainase tidak mengeluarkan air...bisa jadi hal ini di sebabkan karena kompresor AC sudah tidak bekerja dengan baik.

Kondensasi atau pengembunan adalah perubahan wujud benda ke wujud yang lebih padat. seperti pada Gas (uap) menjadi cair ketika di dinginkan, jika pada unit AC kondensasi terjadi karena gas freon bertekanan di tingkatkan lagi oleh kompresor sehingga menjadi berbentuk cairan yang terbentuk oleh kondensor kemudian akan terjadi penyerapan panas pada evaporator dan akan kembali lagi masuk kedalam kompresor dalam wujud gas dari situlah adanya pipa bertekanan tinggi dan pipa bertekanan rendah atau high press dan low press. jika hendak mengisi freon ac di haruskan freon ac masuk ke dalam pipa tekanan rendah dahulu. pernah suatu ketika saya melihat ada teknisi ac pada saat mengisi freon dengan membalikan tabung gas freon sesungguhnya hal ini tidak lah bagus karena yang akan masuk cairan freonnya dan hal ini bisa menyebabkan kompresor menjadi rusak.

Kondensasi uap menjadi cairan adalah lawan dari penguapan (evaporasi) dan merupakan proses pertukaran panas misalnya es cendol yang dingin pada permukaan luar gelasnya akan terlihat ada air menetes itulah kondensasi es cendol........!

26 komentar:

aura pelupa mengatakan...

Sebentar lagi menikmati sejuknya embun pagi! Salam Bang!

Ipin's cool mengatakan...

pertamaxx..
waspadai kondensasi yang berlebihan karena akan membuat tembok atau atap rumah menjadi lembab dan kotor.., untuk menghindarinya gunakan ductape ac (isolasi pipa ac) bungkus dengan rapat pada pipa ac teresebut.

aura keyboard mengatakan...

Jam segini posting, lagi lembur yaa!

Ipin's cool mengatakan...

@Mas Akhmad
waduhh telat pertamaknya keduluan nuasa pena ehhehe...! gak lembur kokk cuma curi2 waktu saja mas..maklum kalau siang gak sempat buka2 blog :)

sholeh mengatakan...

Untuk Refrigrant jenis mixture & hidrokarbon terkadang hrs di isi dlm bentuk cair,terpaksa hrs dibalik tabungnya..asal jgn sampe tumpah aja refrigrannya Mas Ipin.hehehehe

phipien mengatakan...

@Sholeh/M Ichsan
Bisa saja asalkan isinya sedikit sedikit jangan di putar full krannya, sebab pengisian freon jenis hydrokarbon yang salah akan berakibat fatal broo..!(kompresor jebol) hahha malahan rugi deh gantiin kompresor orang...!

narti mengatakan...

sering mengira turun hujan, ternyata tetesan air dari AC tetangga di atasnya, hehe...

sda mengatakan...

terima kasih banyak sharingnya.

Blogs4funny mengatakan...

mantab bro,wah udah dapet job nih kyaknya berkat less sama buguru,wah aq belum pernah sama sekali brow...wkwkw

Lily Kasim mengatakan...

keren banget dah kondensasi es cendolnya brow..wkwkwkwk...

phipien mengatakan...

@Narti
hujan buatan itu sihh kalau dari airt ac hehe
@Blogfunny
baru satu dapet jobnya...
@Lily
es cewndolll...seugerrrr

ReBorn mengatakan...

kenapa contoh kondensasinya ada di es cendol sih,bos? jadi ngidam dah saya. ghahhaha.

Iklan dua kolom mengatakan...

bahasa teknis kondensasi - nek kondensator aku ngerti mas xixiixi
makasih tipnya di tempat ane uadem beneer (padahal ga ada acnya)

ngomongin iklan , mending repiew saja, iklan ppc gak ada yang bisa diandelin mas, kecuali blognya pake bahasa londo + visitornya bule juga :D

Harto mengatakan...

pembelajaran kali ini singkat, padat, tepat dan cepat tidak terlalu panjang yang bikin mata pegel mbacanya, tidak terlalu njelimet bikin otak puyeng, mudah dicerna.

AC yang di kantor sering juga berembun terkadang tetesannya bikin basah yang kena tetesannya. silaturahim kemari jadi tau penyebabnya. trims yaa Bang Ipin dah mo berbagi, smg sukses selalu n TETAP SEMANGAT

Djangan Pakies mengatakan...

hhh kondensasi cendol ...
ductape itu isolasi khusus yang Kang maksudnya hanya dijual di toko AC?

phipien mengatakan...

@Reborn >>biar nyata aja kalau gak ada ac jadi bisa di lihat dari es cendol hehe
@Alkatro >>pasang iklan gak laku2 sob blognye nih
@Harto >> sama sama Pak harto
@Djangan pakies >> iya betull ductape khusus buat AC (isolasi pipa)

moenas mengatakan...

$$$$$ terusss... ayo cari $$$ biar bisa terbang wkwkwk

joe mengatakan...

seperti yang terjadi pada ac mobil ya

Anonim mengatakan...

Profitable point
For varied people, SEO is a absolutely rewarding business. You just have to separate this, and it is not so simple and casual, scads people conclusion on a answer that gives them the [url=http://www.pozycjonowaniebitec.pl]pozycjonowanie[/url], I contemplate it's cheer and can in the end have fun. Forgoing [url=http://www.pozycjonowaniebitec.pl]pozycjonowanie[/url] is unmistakeably a death for companies that an existence just thanks to the internet. According to me SEO is a modern duty, representing people who surely suppose about the future. To be sure someone purposefulness imply, what advertising on the Internet, if they as a matter of fact are newspapers, boob tube, etc., so that the Internet is the to be to come, it is an ceaseless opportunity. Seo pays at best all, all of this on the discernible benefits. So if you take a job, you should not capitulate up the opportunities that gives you [url=http://www.w-polsce-mamymocne-seo.pl]wpolscemamymocneseo[/url], because this is a titanic business.

Blog Tutorial Blogger mengatakan...

salam persahabatan
banyak ilmu mengenai Perawatan dan Service AC disini
komplit gan
makasih ya

fb mengatakan...

top deh posting AC -nya

Bukti payout katro mengatakan...

Kondensasi uap menjadi cairan adalah lawan dari penguapan (evaporasi), terasa lagi baca diktat ak dosen he he
met liburan mas :D

Health and Beauty mengatakan...

Mau nanya ne,,kalau ac nya bocor dibagian depannya gimana tuuh,,apa artinya ac itu udah layak diservise ya??,,abis gak mudeng kalau masalah ac hehe

THOLE mengatakan...

Nunut Coment bang, klo bocor depannya (indoornya)bisa jadi drain-nya buntu krn pembuangan kurang lancar. Klo kondensasinya di perpipaan lebih dikarenakan isolatornya kurang baik/ kurang tebal akhibatnya plafon bisa ambrol he...he... Dan klo terjadi ngeblok (ada bunga Esnya) Freonya kurang bisa jadi ada kebocoran Bang... Suwun

Admin mengatakan...

@Thole
seep deeh di bantuin nihh thanks yoo

Anonim mengatakan...

Mau nanya mas, AC ku bagian outdoornya normal mas; arus OK, tekanan OK, ada kondensasi di pipa, hembusan angin outdoor lumayan panas, sirip outdoor dan indoor bersih, tapi kenapa ya evaporatornya sama sekali tidak ada kondensasi, kering, jadi dinginnya kayaknya tidak menggigit. mohon pencerahannya.