Search Tips Information Products and Services

Memuat...

26 Mei 2009

Trouble AC

Gangguan Yang Terjadi Pada AC

Di saat polusi dan tingkat kelembaban udara semakin meningkat, kehadiran penyejuk udara atau AC (air conditioner) di setiap ruang, khususnya kamar tidur, menjadi kebutuhan mendasar masyarakat urban. Dengan adanya AC, tidur jadi lebih nyaman dan berkualitas. Udara di dalam ruangan pun lebih sehat berkat adanya sistem filterisasi udara di hampir semua produk AC.keluaran..terbaru. Tapi kenyamanan dalam menikmati udara sejuk dan bersih ini kerap kali terusik karena adanya gangguan atau kerusakan pada AC. Sekali saja AC tidak bekerja optimal, akan membuat jengkel seisi rumah. Maklum, udara di negeri tropis seperti Indonesia sangat lembab dan banyak mengandung uap air sehingga kita sangat mudah berkeringat. Kipas angin tentu tidak bisa menggantikan..peran..AC. Gangguan yang terjadi pada AC tidak lepas dari tiga hal, yaitu AC tidak dingin, mengeluarkan suara berisik atau terjadi kebocoran di perangkat indoor. Yang paling mengesalkan tentu jika AC tidak lagi mengembuskan udara dingin. Tapi suara bising yang keluar dari perangkat indoor juga cukup mengganggu kenyamanan tidur dan kebocoran air benar-benar merepotkan.karena.mengotori..ruangan..dan..bisa..merusak..tembok. 
Berikut beberapa faktor yang menimbulkan gangguan pada AC dan cara penanggulangannya: 
1. AC tidak dingin. Fungsi utama AC adalah untuk mendinginkan udara. AC yang tidak dingin bisa disebabkan pengaturan suhu yang tidak benar. Pastikan angka pengaturan suhu pada remote sudah sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu, pastikan filter atau sirip indoor AC tidak kotor karena kotoran dapat menghambat hembusan udara AC. Penyebab lainnya adalah freon AC habis atau terjadi kerusakan baik pada sistem kelistrikan AC maupun pada sistem pemipaannya seperti..kebocoran…kompressor,pipa,evaporator,dan..kondensor. 
2. Suara berisik. Indoor AC yang berisik dapat terjadi karena penempatan dudukan indoor yang kurang baik, ada bagian body AC yang bergetar atau terjadi kerusakan pada bagian indoor. Berhati-hatilah saat ingin membetulkan dudukan indoor. Bila Anda tidak yakin dengan kemampuan sendiri dalam mengatasi masalah ini, segera hubungi ahli perbaikan AC. 
3. Kebocoran indoor. Indoor unit kadang mengeluarkan tetesan air atau ’berkeringat’. Tapi bila sampai terjadi kebocoran, berarti ada yang kurang beres dengan AC Anda. Hal ini bisa disebabkan karena AC kotor sehingga mengganggu saluran pembuangan air. 

Penyebab lainnya adalah karena posisi indoor yang tidak rata atau posisi saluran pembuangan air kurang baik. Bila semuanya sudah diperiksa tapi kebocoran tetap ada, berarti terjadi kerusakan pada saluran penampungan…air. Rutin Dibersihkan Tidak sedikit dari gangguan-gangguan AC di atas yang disebabkan oleh kotoran. Ingat, AC bekerja dengan cara menyedot dan menyaring udara luar untuk menghasilkan udara sejuk AC ke seluruh ruangan. Konsekuensinya adalah terjadi timbunan kotoran pada komponen AC yang berasal dari udara luar. Bila tidak sering dibersihkan, timbunan kotoran tadi akan menghambat sirkulasi udara dan membebani kerja kompresor dan komponen AC lainnya. 
Ada dua proses pembersihan AC. 
Pertama, pembersihan kecil terhadap indoor unit yang bisa dilakukan setiap dua minggu sekali. Komponen indoor yang mudah kotor dan harus dibersihkan adalah filter dan penutup AC. 
Kedua, pembersihan besar yang mencakup komponen evaporator pada indoor unit dan pembersihan pada outdoor unit (bagian luar). Pembersihan besar ini cukup dilakukan..tiga.bulan.sekali. 

AC ini sudah dipersenjatai untuk menyaring partikel debu mikrospik, sekaligus membasmi jamur, bakteri dan menghilangkan bau tak sedap. Produk ini juga dilengkapi Mode Good’sleep yang membantu menciptakan atmosfer sejuk, sehat dan teratur sesuai…kebutuhan..tubuh..saat..tidur. Dengan melakukan perawatan rutin terhadap AC, Anda tidak hanya mempertahankan udara sejuk di dalam ruangan tapi juga memperpanjang umur AC.

15 komentar:

NURA mengatakan...

salam sobat
trims informasinya
pantas jadi berisik,,
ternyata penempatan dudukan indoornya kurang baik ya,,,

Kesuksesan Hidup | Renungan | Motivator | Motivasi | Kata Bijak mengatakan...

Artikel yang sangat menarik dan bermanfaat sahabat :)

Kesuksesan Hidup | Renungan | Motivator | Motivasi | Kata Bijak mengatakan...

Makasih sudah berbagi informasi tentang Trouble pada AC :)

Sukses Selalu buat sahabat...

nuansa pena mengatakan...

Tambah lagi pengetahuanku tentang AC, tengkeyu!

rezKY p-RA-tama mengatakan...

ac ya,,,untung aku gak punya ac,hehe

Go Green mengatakan...

belajar service AC d sini mang tempatnya

liudin mengatakan...

maaf nich sebelumnya belum pernah utak-atik ac...
infonya menarik bwat pembelajaran soalnya kadang-kadang ac di kelas juga ngadat (berisik banget) bisa dicari nich solusinya

Anonim mengatakan...

bagaimana cara mengatasi pada AC split masalahnya
1.. lampu control kedip2 remote tidak berfungsi en outdoor mati
padahal udah saya ganti thermistor
2.. AC normal bila hidupkan tapi beberapa menit kemudian outdor
mati /setrum gak bisa masuk ke outdoor.
3..pipa suction jadi es solusinya gmn…….?
tolong bagi yang pengalaman mohon komentarnya sebelumya makasi banget…

Ipin mengatakan...

1.lampu timer pada indoor unit berkedip-kedip, ini menandakan thermis yg ada pada komponen pcb rusak.
solusinya adalah:
ganti thermis dengan yg baru(thermis penempatannya ada dievaporator yg kabelnya berwarna hitam yg dihubungkan ke komponen pcb)
2. saat AC sudah mendapat supply listrik ukur ampernya dengan tang amper?bila amper berlebih otomatis outdoor tidak akan tahan lama (overload), kompresor sudah rusak
3. Pipa jadi es baca di http://perawatan-ac.blogspot.com/2010/01/penyebab-pipa-ac-membeku-salju.html

Narzis Blog mengatakan...

Paling sering terjadi nomor 1 dan 2 mas...
Kalo udah gitu, biasanya sih panggil tukang reparasi AC aja, xixiixxixi.... :D

Ipin mengatakan...

@narzis..mangkanya sob harus rajin di service ac nya (rutin )

Uwi mengatakan...

Mas, tanya ya. AC saya LG Neo Plasma 1/2 PK, saya beli Mei 2008. 3 bulan lalu, AC dicuci besar karena sudah ada penumpukan lendir di unit indoornya. Nah, setelah dibersihkan itu, sekitar 3 minggu kemudian AC saya sering berisik ketika on pertama. Jadi seperti ada suara kipas yang menyambar casing. Nanti lama2 hilang, tapi saya heran aja karena sebelum dicuci besar ga pernah ada bunyi apa2.

Terus lagi, setelah bunyi berisik itu dibenerin tukang servis, sekitar 2 bulan kemudian muncul lagi. Kali ini malah ditambah kipas dalamnya ga muter. Pas saya panggil tukang servis, katanya kapasitornya udah ga ngangkat. Akhirnya ganti, harganya sekitar 150rb udah plus jasa service-nya.

Sekarang sudah 3 minggu, ada lagi bunyi berisik itu. Saya jadi bingung. Kenapa ya Mas? Kata tukang servisnya sih, bodynya aja bergesek dengan dinding. Bener ya? Terus emang bener kapasitor bisa ga ngangkat seperti itu? Soalnya AC ini kan belum 2 tahun. Normal ga kondisi seperti ini? Makasih ya Mas.

Ipin mengatakan...

@Uwi
memang AC bila sudah terjadi penumpukan lendir, harus di overhoul agar kondisi AC kembali bekerja normal(umur 4-5 tahun keatas.
suara berisik yang dari indoor itu di sebabkab kedudukan as blowwer indoor yang kurang pas, sehingga terkasdang menyentuh casingnya.sering terjadinya benturan dengan casing meyebabkan kapasitor menjadi rusak karena putaran blowwer selalu tertahan.
perbaiki kembali posisi as blower indoor.,bila tidak..,beli capasitor lagii....

Anonim mengatakan...

Mas mo tanya ac sy LG 1/2 pk selama 1 minggu ada kebocoran krn lum sempet panggil tukang ac dan sy butuh ac tetap menyala sooo ac tetap sy idupin 1 mg kemudian tiba2 kebocoranx terhenti tanpa di servis, knapa tu mas? Bahaya gak? Thx

rahmat adipudin mengatakan...

Mau tanya mas lubang pembuangan air di head unit indoor posisinya dimana ya. Casing sdh sy lepas tp ga ketemu2 maklum pemula lg coba2 benerin ac sendiri. Ac sy merek sanyo.tks sebelumnya