Laman

Search Tips Information Products and Services

27 September 2009

Cara mengisi freon ( Refrigerant 22 )



AC yang tidak dingin salah satu peyebabnya adalah kekurangan Freon, bila freon AC sudah habis harus segera di isi freon bila tidak akan berakibat pada kompresor yang cepat panas dan lama kelamaan kompresor rusak cara mengganti kompresor Berikut akan saya ulas tentang cara pengisian freon pada AC ( Split, ceilling, cassete, floor standing, split duct, dll) sebelum kita mengisi freon cari terlebih dahulu titik kebocoran freon nya pada pipa bila sudah ketemu langsung di tambal pakai Las acetilyn setelah itu mulai isi freon pada AC Split.

Alat - alat yang di perlukan :

1. Siapkan alat ukur Refrigerant ( manifold gauge ) seperti Gb di atas
2. Kunci belanda inggris
3. Tang Amper / clamp meter
4. Obeng plus / kembang
5. Tabung gas Refrigerant R22

Isi Freon AC Split 1 pk s/d 3 pk: buka cover dengan obeng pada outdoor AC yang menutupi pipa pengisian (pentil) AC lepaskan penutup pentil pakai kunci inggris lalu pasang selang manifold warna biru pada pentil dan selang warna kuning pada tabung freon R22. cantumkan tang ampere pada kabel AC outdoor untuk melihat amper AC. usahakan pada saat pengisian freon di sesuaikan dengan current amper nya ( tertera pada casing AC indoor ) misalnya : AC merk Panasonic 1/2 pk current amper 2,5 amp. lakukan pemakuman dengan mesin vakum bila tidak ada mesin vakum ada cara lain (maaf caranya belum di posting). Hidupkan AC dan tunggu sampai outdoor hidup (biasanya jeda 2 menit) Siapkan kran manifold posisi tertutup lalu buka kran full pada tabung R22 bila outdoor sudah mendapat suply listrik ( kompresor on )buka kran manifold merah untuk membuang sisa udara yang terdapat pada selang pengisian karena AC tidak akan dingin bila freon tercampur dengan udara.
Lakukan pengisian freon dengan sistim buka tutup kran agar freon yang masuk tidak merusak clap pada kompresor, isi freon perhatikan amper AC sesuaikan dengan current amper dan jarum pada manifold isi freon hingga jarum menunjuk pada angka 65 atau 70 psi, lihat pada Pipa AC (kecil) bila pipa sudah mulai basah (kondensasi) berarti proses pengisian freon sudah bagus.

Isi Freon AC ceilling, cassete, floor standing, split duct : Cara pengisian freon nya sama dengan cara mengisi freon AC split hanya berbeda sedikit, bila kita hendak mengisi freon pada AC di atas 4 pk dst sebelum outdoor unit mendapat suply listrik ( kompresor off ) lakukan pengisian freon hingga 50%.

65 komentar:

IPin mengatakan...

sebaiknya untuk pengisian freon di lakukan setelah di lakukan pembersihan (cleaning indoor dan outdoor)isi freon jangan terburu-buru lakukan cara pengisian freon sesuai dengan prosedur.

NURA mengatakan...

salam sobat
infonya bermanfaat bagi para pembaca
mengetahui cara mengisi freon AC, dan waspada tidak buru-buru ya..mengisinya.


NURA doain selalu untuk mas PIPIN dan keluarga secepatnya umroh, sehat selalu dan lancar serta sukses selalu.
alhamdulillah banyak teman yang mau pada komentar di blog,,sayapun membalas komentar teman, itu rahasianya.

Rezky Pratama mengatakan...

kalo beli baru gimana?

FATAMORGANA mengatakan...

Nice posting kang.
Jarang kita dapet bocoran seperti ini.
Terima kasih dan salam kenal.

Unknown mengatakan...

selamat siang....kunjungan minggu yg indah...aku baru tau nih...Info nya Ma'nyus...mantap..thanks

hendrie k_bejo mengatakan...

"pangeran datang. bukan dengan kekuatan tapi dengan senyum" Coment balas Coment Linkoeh juga pasng yokay....

Unknown mengatakan...

ass...wr.wb/peace be on U all
ehm..postingnya bagus bisa dapetin info tentang AC,iya dhana adalah TKI yang berada di negri china.ok good luck n God bless U amien...

Hitler Jr. mengatakan...

Mantap bang Ipin.... Tetap cemangath.............

Admin mengatakan...

@pangeran & putri diana thanks dah berkunjung ke gubuk ini :)

blog buat bloggers mengatakan...

keren banget perngetahuannya sobat
salam sukses selalu sobat!!!

Unknown mengatakan...

keyen keyen dech ilmunya.. makasih udah share :)

Anonim mengatakan...

thanks Gan, berbagi pengetahuan kepada yang mau belajar dan masih kurang jelas mengenai kran merah buang angin habis dibuka ditutup kembali atau tidak, makasih banget Gan n suksess ya

Ed Abdul mengatakan...

Waduh ternyata repot juga ngurusin AC ya..

Admin mengatakan...

@Anonim kran merah setelah di buka di tutup kembali lah..fungsinya hanya untuk membuang udara yang ada pada selang manifold.(freon akan mendorong udara keluar)

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

kayaknya bagian ini yang paling penting dalam menangani AC.
makasih banyak Kang.

Anonim mengatakan...

sebelum mengisi freon AC unit harus di vakum dulu yahh???

Anonim mengatakan...

Mau tanya pak kalau freon isinya berlebihan berakibat apa?

Ipin mengatakan...

@anonim
Bila mengisi freon berlebihan bisa mengakibatkan kompresor overload,karena ampere nya tinggi, AC justru menjadi tidak dingin, dan lama kelamaan kompresor akan jebol

Anonim mengatakan...

saya baru pasang ac split(panasonic 1/2 pk)bekas pindahan dari rumah lama. waktu dipasang ac nya ngga dingin. pas di cek freonnya pake alat yang diatas tekanannya tingga 35 psi. jadi mereka nambah 30 lagi sampe jadi 65 psi.aku pikir masalahnya udah selesai. jadi mereka pulang. ternyata setelah nunggu 1 jam ruangan kamarku (3x4m) masih belum dingin2 juga. dinginnya cuma dimana arah swingnya ajah. nggak merata disatu ruangan (ruangannya udah ditutup semua) itu juga rasanya kayak angin. aku ngecek semuanya oke. itu kenapa ya?

Admin mengatakan...

@Anonim
Coba kencangkan lagi sambungan pada pipa yang menghubungkan antara indoor dan outdoor (double neple), juga pada kran pulve yang ada di outdoor, jika ada cairan oli itu pertanda freonnya bocor, setelah pengisian freon matikan AC dan checking dengan air sabun(busanya) untuk memastikan tidak ada lagi kebocorannya.

Anonim mengatakan...

makasih ya atas jawabannya.. aq jadi lebih ngerti. memang benar pak ada cairan oli dioutdoornya. bapak memang jago.. (acung jempol) :) skarang yang air sabunnya mo diapain supaya ketahuan gak bocor lagi?..

Anonim mengatakan...

pak, kemarin teknisinya datang. setelah dicek freonnya tinggal 20psi jadi ditambah lagi sampe 65psi. trus aku bilang kalo dicoba pake busa sabun. busanya dia taruh dikran pulve di outdoor n di sambungan pipa indoor / outdoor. katanya kalo bunyi berarti bocor. setelah di cek katanya nggak ada yang bocor mungkin kompressornya yang bocor. aku jadi lebih bingung. apa benar itu? karena kondisinya terakhir waktu ac belum dipindahkan acnya dingin trus ngga ada kerusakan sama sekali. aku bilang sebaiknya pipanya dikencangkan lagi. dia lakukan tapi yang di double neple ngga dikencangkan karena takut nanti dia patah karena sudah lama katanya. tadi pagi aku lihat di pipanya ada bekas berair banyak. karena acnya ku setel off jam 03.00 subuh jadi aku nggak tau kalo itu bekas dari es ato bukan.. menurut bapak gimana? apa saya harus ganti tekhnisi aja?

Ipin mengatakan...

@Anonim
Untuk mencari kebocoran freon pada AC memang harus lebih teliti dan kesabaran pak..,Bila sebelum AC di pindahkan tidak ada masalah kenapa setelah dipindahkan AC jadi tidak dingin, pasti ada yang tidak beres pada saat pemasangan/instalasi AC.
Pada double neple tetap harus di check dan harus benar2 kencang karena tekanan freon 70 psi sangat kencang sekali sehingga bila kurang 1 drat saja freon dapat habis.
AC yang kurang freon akan menyebabkan pipa membeku.
Kompresor tidak pernah ada yang bocor, kerusakan kompresor biasanya Oli berkurang karen pernah bocor pada pipa AC bukan pada kompresor, tekanan kompresor lemah/low press, ampere terlalu besar melebihi kapasitas/overload.

Ipin mengatakan...

NB.
pengechekan kebocoran pada outdoor, buka semua casing/cover, chek pipa intalasi ke kompresor, chek evapnya, kran nepel, secara visual biasanya kalau ada kebocoran akan terdapat oli,atau chek dengan air sabun bila pada air sabun terdapat gelembung2 udara brarti ada kebocoran.posisi pengecekan usahakan AC pada posisi off/mati, dan freon ssudah terisi dengan benar

Anonim mengatakan...

Dear Pak,

saya berencana membeli ac split panasonic type alowa dan primera, dua-duanya 1/2 pk, dengan daya 320 watt dan 395 watt, menurut bapak apakah ac type ini kualitasnya bgs? apakah freon dan sparepartny mahal dan sulit dicari?

Admin mengatakan...

Menurut saya Panasonic type alowa lebih bagus dengan daya listrik cuma 32o watt dapat menghemat listrik. untuk type panasonic sparepart mudah di dapat di toko-tok sparepart pendingin, dari segi kualitas panasonic cukup awet dengan pipa evaporator yang tebal bukan berarti type lain tidak bagus. yang perlu di perhatikan adalah perawatan dan service ac yang rutin/berkala untuk menjaga kondisi kompresor tetap prima

Anonim mengatakan...

Dear Pak,

meyambung pertanyaan saya diatas tentang ac panasonic alowa, saya diyakinkan penjual untuk membeli sharp, karena katanya lebih bagus (anti-rust) evaporator (dan memang sy lihat lebih tebal dibanding panasonic alowa).. apakah hal ini berpengaruh terhadap ketahanan/kekekuatan dr ac sendiri?

Thanks,

griyaadachi mengatakan...

Terkait dengan panasonic yg low watt 320 watt dibanding 390 watt (untuk kasus 0,5 PK), saya pernah dengar kalau yg 320 watt relatif kurang dingin. Mohon penjelesan ya. apakah memang demikian.

rahmat mengatakan...

bang yg untuk mengisi freon pipa besar ap kecil.

Admin mengatakan...

oh iya kalau mau mengisi freon ac pipa besar yang di isi broo..., kalau ac yang PK nya berukuran besar pipa gede dan kecil di isi juga.

Anonim mengatakan...

apa ya arti dari 80 upsi bila kita melakukan pengisian freon??
berapa kapasitas pengisian freon R22 dari AC 2.5 pk dan 3 pk??

jasa ekspedisi mengatakan...

mampir nich dari JAKSEL

Anonim mengatakan...

Bang ipin, sy masih belum paham, kenapa pada sambungan pipa Indoor vs Outdoor (dobel nepel) terjadi kondensasi (air ngumpul) setelah pemakaian AC ?
APAKAH INI NORMAL ???
APA ADA KEBOCORAN ???
Mohon pencerahannya...
Info : AC 3/4pk Pansnc Econavi (non inverter)
Trims atas jawabannya...

Ipin Cool mengatakan...

Kalau pada sambungan dobel nepel tertutup rapat dengan armaflek dan di dobel dengan ductape seharusnya tidak terjadi konedensasi pada bagian tersebut keculai pada evaporator indoor.
sepertinya ada masalah dengan ac nya jika berkondensasi berlebih (blocking ice) sehingga terjadi banyak tetesan air yg keluar.
soal kebocoran perlu di re-checking dulu pada instalasi pipa indoor dan outdoornya
trims

Lee Woodworkin mengatakan...

Trims pa untuk masukannya banayk nolong buat saya yang baru belajar AC...... Sukses ya pa, oya pa posting juga ac cooling tower sama AHU dong....

Anonim mengatakan...

Mo tanya dunk Mas, AC saya merk LG Art Cool sudah 6 thn saya pakai tidak pernah ada masalah. Singkat cerita baru2 ini diservice (dibersihkan dan tambah freon), setelah itu ac dingin seperti biasa, cuma kok kenapa ya thermo stat tidak ada pengaruhnya walaupun saya seting hingga 28 c, dan lagi terutama kompresor selalu menyala (kipasnya tidak pernah berhenti).

Menurut teknisi yg service, "itu normal pak kita tunggu aja 2-3 hari ke depan nanti jg akan kembali seperti semula"

FYI, hingga saat ini sudah lewat dari tengat waktu yg teknisi bilang cuma kok masih sama saja ya...

Pertanyaan saya apakah ada kesalahan dalam sop service oleh teknisi ya mas ?

Unknown mengatakan...

kapten mau tanya donk kalo ac 15 pk tekanan freon ya berkurang tapi ga ada kebocoran kenapa ya

muhammadazis2@gmail.com

Unknown mengatakan...

salam kenal mas ipin . mau nanya cara membersihkan oli refrigeran yg ada di kondensor dan evaporator yg benar. tank.

Anonim mengatakan...

saya mau ? pak gimana cara mengetahui ac 1pk 2pk stngah pk

Admin mengatakan...

@kang trisno

dengan mengunakan refrigant R11 kang, masukan R11 dahulu kemudian R22..caranya ada di blog ini cara flushing pipa ac

Unknown mengatakan...

Salam knal mas saya mau tanya ni tadi ac saya gas nya kurang,trus saya isi lg sampai 80 psi,kemudian kompresor dia berhenti sendri tapi kipas masih jalan apa masalahnya ya mas,apa karena saya isi gasnya kelebihan

Unknown mengatakan...

Salam knal mas saya mau tanya ni tadi ac saya gas nya kurang,trus saya isi lg sampai 80 psi,kemudian kompresor dia berhenti sendri tapi kipas masih jalan apa masalahnya ya mas,apa karena saya isi gasnya kelebihan

Anonim mengatakan...

Mas, minta solusi dong. Ada AC Panasonic 2 PK kl dinyalain lampu timernya kedap kedip, terus sekitar 15 menit setelah dinyalakan Unit mati, Indoor n Outdoor keduanya mati. Beberapa menit kemudian Unit nyala kembali. Terus-terusan seperti itu. Kira-kira masalahnya dmn? Terima kasih..

Unknown mengatakan...

pak saya mau tanya kenapa pipa freon yang berukuran kecil tidak bs dingin padahal pipa yang besar sangat dingin sekali tekanan freon sudah 65 psi apakah ada masalah pada kompressornya.mohon bantuannya.terima kasih

Anonim mengatakan...

Hi, saya mau bertanya bagaimana cara terbaik untuk mengosongkan freon tanpa membuang oli yang ada di sirkulasi, dikhawatirkan oli di dalam kompressor akan berkurang dan berpengaruh ke daya tahan kompressor, saya sudah menutup 3 way valve.
Apakah kita harus mengosongkan freon dalam kondisi ac menyala atau mati?
terima kasih

Anonim mengatakan...

seeiippp. . . tambah ilmu nich. .
akhirnya dapat juga menulis

Cara mengisi refrigerant AC R22 dan MC 22
dengan benar. [mudah2an aja yaaa]

Regard
Girilaya Real Groups

Unknown mengatakan...

iya ni, AC saya juga bgtu, pas dipindahkan kerumah yg satunya, kok tiba2 ngk dingin lagi

Unknown mengatakan...

iya ni, AC saya juga bgtu, pas dipindahkan kerumah yg satunya, kok tiba2 ngk dingin lagi.
Jangan lupa kunjungannya disini:
http://asoftware-community.blogspot.com/

erwin situmorang mengatakan...

Numpang tanya gan. Ane br beli ac daikin 1/2 pk LOW WATT. Gk dingin setelah dinyalain 1 jam-an. Setelah ane check freon tekanannya 100 psy. Bener gk gan? Klo gk sebenarnya brp sih ukurannya khususnya yg type low watt? Txs sebelumnya.

erwin situmorang mengatakan...

Numpang tanya gan. Ane br beli ac daikin 1/2 pk LOW WATT. Gk dingin setelah dinyalain 1 jam-an. Setelah ane check freon tekanannya 100 psy. Bener gk gan? Klo gk sebenarnya brp sih ukurannya khususnya yg type low watt? Txs sebelumnya.

erwin situmorang mengatakan...

Numpang tanya gan. Ane br beli ac daikin 1/2 pk LOW WATT. Gk dingin setelah dinyalain 1 jam-an. Setelah ane check freon tekanannya 100 psy. Bener gk gan? Klo gk sebenarnya brp sih ukurannya khususnya yg type low watt? Txs sebelumnya.

Unknown mengatakan...

Numpang tanya gan.ane baru sevice ac merk LG low watt, tekanan freon 80 ,ampere 01,1 untuk ac 1/2 pk kata si tukan ac isi freon nya kurang lalu di , tambah jadi 95, pertanyaan saya apakah itu srandar pengusian atau cuma akal2 an.mohon pencerahan nya trims

Anonim mengatakan...

Coba menambahkan. ac memang simple tapi harus detail. Urusan pindah aj bisa ga dingin. Pekerjaan harus rapih bersih dan detail. Pada saat bongkar dan pasang harus clean. Sedikit saja kotoran bisa bikin mampet pipa kapiler disaluran. Trus masalah oli, pada saat bongkar pasti oli terbuang bersama freon. Harusnya di tambah sejumlah yg keluar. Idealnya sekalian ganti olinya. Kemudian pada saat pasang, perlu teknik khusus untuk meminimalkan udara luar di dlm pipa karna idealnya dlm saluran pipa pendingin hanya ada gas freon bukan yg lain. Idealnya ketika saluran terbuka/kontak udara luar, maka filter hrs diganti karena butiran penyerap airnya akan jenuh shg mengurangi kinerja pendinginan.

Unknown mengatakan...

Coba cek pipa outdoor di condensor baris paling bawah, biasanya paling rentan bocor karena sering terkena air/terendam air, penyebabnya lantai outdoor yg kotor menyebabkan genangan air tdk terbuang sempurna.

Unknown mengatakan...

Selamat pagi, salam hormat dari saya amin, mau menanyakan, dirumahnya saya ada 2 ac merk A*X, sudah 4 tahun, karena ac nya tidak dingin,kemarin waktu saya panggil tukang service, dan saat di isi freon, freon tidak bisa masuk malahan dari outdoor nya keluar angin, dan dijarum menunjukan angka 19 psi,terus sama tukang ac-nya angin dikeluarkan semua sampai tidak keluar sama sekali baik angin juga freon, kira2 kenapa apa ada kerusakan pada komponen lain,
Dan juga ac satunya juga merek A*X saat diisi freon lancar bisa masuk, setelah diisi, sebentar ada getaran diuotdoornya, gak sampai 1 menit ac langsung mati, mohon penjelasanya.
Terimakasih banyak.

Unknown mengatakan...

kalau R32 gimana bang< thankyou info yang barusan bermanfaat banged dan membawa banyak hasil:)

Unknown mengatakan...

Thanks
Http://gscp-serviceacpekanbaru.blogspot.com

Anonim mengatakan...

Mau tanya,saya baru pasang ac daikin R32 disambungan compresor yg pipa kecil seperti keluar embun air ,kata teknisi ac itu normal pak,mohon pencerahanya,bagi sy yg awam?

Servis Ac Surabaya mengatakan...

Mau Tnya, apakah itu dapat digunakan untuk semua merk Ac? Servis Ac Surabaya

pampang minanga mengatakan...

broo kalau habis ganti compressor splot duct 6k,liquid freon diisi terlebih dahulu kan begitu tp aku gak tahu berapa tekanan liquid di isikan sebelum pengisian gas.

Unknown mengatakan...

Udh di cek ampere blm mas.???
Tolong cek ampere nya..

Kemungkinan tidak dpt suply listrik dari kapasitor..
Sehingga kompresor tidak bekerja dengan normal.. thx

Slamet supriyadi mengatakan...

Mohon maaf pak,saya mau nanya.saya sedikit heran.kenapa ac saya 1/2 pk pakai freon R22.tekanan sudah di 100 psi tapi kok ampere baru 1,7
Padahal dinameplate 1,9
Apakah harus ditambah freon lagi,apa ini sudah berlebihan freon.
Mohon balasannya pak.

aguseprom mengatakan...

Mau nanya pak ac saya lg 1/2 low watt pada saat cek tekanan 80 psi dan ampere hanya 0.9 padahal di name plate 1.9 ampere apa saya harus nambah tekanan freon sampai mendekati 1.9 ampere. Tolong penjesannya makasi banyak

Daya nursanjaya mengatakan...

Bang kalo ampere 2,5 diisi freon dengan tekanan 80 psi over gak?

Anonim mengatakan...

Bang mau tanya kalau ac kaset 3 pk itu tekanan nya berapa psi ya bang Dan ampere berapa bang freon R22 bang sekalian bang mau tanya kalau kalau kose zr36 k3 tdp 522 itu apa ya bang maklum bang saya masih pormula makasih bang sebelum nya 🙏🙏🙏🙏