Laman

Search Tips Information Products and Services

20 Maret 2011

Atasi kompresor overload

Air conditioner bila terus menerus di hidupkan tanpa henti bisa memperpendek usia kompresor. Banyak di beberapa tempat yang mengalaminya kompresor AC sering mati alias overload, di sebabkan AC beroperasi 24 jam tanpa henti dengan setting suhu 18 0C
jika kondisi ruangan kecil dan tidak sering buka tutup pintu mungkin tidak masalah namun jika ruangan sering buka tutup maka pencapaian suhu 180C hal ini akan sulit tercapai sehingga kompresor akan bekerja terus tanpa henti.

Bagaimana cara mengatasinya bila tiba tiba saja kompresor sering mati hidup padahal baru 10 menit kompresor hidup sudah mati lagi.
mungkin beberapa tips yang di dapat dari para tukang AC ini bisa membantu mengatasinya:
1. Jika kompresor panas ambil kain basah dan selimuti permukaan kompresor (kompres)
2. Ganti dan Perbesar nilai kapasitor fannya kurang lebih 5% dari ukuran aslinya
3. Lakukan pengukuran besaran arus kompresor dan tekanan freonnya.
4. Jika nilai arus kompresor sudah tinggi (tidak standart) kurangi tekanan freonnya
5. Kurangi tekanan freon hingga mencapai batas nilai arus kompresor.
6. Ganti overload/ganti oli kompresor

Untuk itu hindarilah pemakaian AC yang terus menerus bekerja tanpa henti jika memang ruangan tersebut memerlukan udara dingin tambah lagi unit AC agar bisa menyala bergiliran tidak nonstop 24 jam atau setting suhu jangan terlalu rendah.

46 komentar:

narkoba cicit soeharto mengatakan...

Lagi puanasss, mumpung ada postingan baru ikut ngisis! Salam!

aura pelupa mengatakan...

Duduk manis menyimak pelajaran baru, selamat berkarya bang!

axrom mengatakan...

mantaaaaaaaaabs bro...lanjutkan postingannya biar no 1 di google..

Damar mengatakan...

tips yang penting nih kang, soale saya pernah ganti kompresor ternyata harganya cukup mahal, malah kata tukang service mending beli AC yang baru aja. behhhhh

narti mengatakan...

ruangan yg sudah dingin ac dimatikan, dibandingkan ac nyala terus menerus dengan suhu tidak begitu rendah lebih baik yg mana?

sda mengatakan...

makasih banyak tipsnya.
semoga bisa dilaksanakan hehe...

phipien mengatakan...

@Mas Akhmad monggo mas
@Mx Akrom nangkring di google susah broo..
@Narti Pilihan pertama AC di matikan tentu lebih hemat biaya.untuk pilihan ke 2 jika AC di sett suhu 27~28 o Celcius hanya untuk menjaga suhu agar tetap sejuk setelah suhu tyercapai maka AC akan mati dengan sendirinya.
@Djangan pakies memang rept deh kalau sudah kompresor rusak dan harus ganti baru harga kompresor dan ongkos pasangnya bisa 60% dari harga AC baru.

moenas mengatakan...

brow kapan neh tips memperoleh ac gratis?... xoxox

moenas mengatakan...

neh domain ane brow

Andi Syam mengatakan...

gan kalo air ac tumpah gimana benerin gan, salam bloggather..

alkatro payout mengatakan...

oits aku ketinggalan kereta nih,
kalo ganti kompressor mahal yo mas..
disimak baik-baik biar cepet pintre terus buka service ac juga xixixi

o iya kalo mau review indonesia pasang bandrole 20rebu wae mas.. kan pr blog ini udah 3 .. kabuurr

nasib anak kost mengatakan...

wah kalau tempat kost ada acnya seperti ini .. betah ane jadi anak kost; nice share thanks
makan siang dulu mas.. cepetan :D

Rahasia Bisnis Online mengatakan...

Walah ini seh klo ga mas ipins yang turun tangan mana bisa kita benerin..

Anonim mengatakan...

wah baca2 info ttg ac disini cukup memberi info buat yg awam kayak saya.
skalian nanya nih klo boleh. drmh listrik 2200w. ada 3 ac, 2unit 1pk dan 1unit 3/4pk. klo ac hidup tdk pernah berbarengan lbh dari 2unit.
problemnya ada di ac 3/4pk sharp saya. yaitu sering bkin listrik jepret. padahal yg idup cm ac itu seorang diri. dan kejadiannya selalu pas subuh2. jadi ac dinyalakan dr malam, tp subuh2 *jam bervarias, bisa j3, j4 subuh* listrik jepret. dalam kondisi tdk ada alat listrik lain yg hidup.
tapi klo cm sebentar (2-3jam) tdk pernah jepret, ac kondisi normal/dingin. setelah diperiksa sm tukang ac, tekanan freon bagus.divonis kompressornya bermasalah (ampere tinggi kalo sudah panas), jd harus diganti (tdk bs diperbaiki).pertanyaan saya, apa benar seperti itu?
skrg ac sudah saya pindah ke ruang tamu yg tidak dipake tidur, jd ac cm nyala sebentar2 aja (tidak pernah sampe pagi).

oiya satu lagi, klo saya pny ac 2bh sama2 1pk (sharp & panasonic), bisakah saya tukarkan unit indoornya saja? jd yg sharp pake outdoor panasonic dan sebaliknya.
ada kekurangannya gak?
ditukar karena sharp itu indoornya lbh kenceng anginnya (mau dipindah ke r.tamu, soalnya yg skrg panasonic anginnya kurang kenceng).

thanks berat... :)

Anonim mengatakan...

oiya nambahin dikit yg tadi, klo kondisi normal, 2 ac 1pk dihidupkan barengan tidak njepret listriknya, tp klo yg 3/4pk ini sendirian bs njepret pas subuh (hidup sudah lama).

thx lagi

Admin mengatakan...

@Anonim
kompresor ac pada umumnya jika sudah melebih batas standar amper(tertera di unit ac) pasti akan jepret listriknya, menurut saya jika kompresor panas biasanya kapasitor fan dan juga kapasitor kompresor harus di ganti dahulu atau di lakukan pengukuran nilai kapasitor itu sendiri, karena AC masih bisa hidup sekitar 4-5 jam kan..?lebih dari itu jepret listriknya.

Mengenai penukaran indoor beda merk antara sharp dan panasonic bisa saja dan tidak bermasalah pak. hanya yg perlu di ketahui unit indoor panasonic sistem kerjanya agak sedikit berbeda dengan indoor merk sharp. jika AC panasonic (Kipas indoor) baru akan bekerja setelah kompresor hidup berselang 2-3 menit, kebalikan dari ac sharp.
akan lebih baik jika indoor panasonicnya di perbaiki saja pak.

terima-kasih

wendy mengatakan...

terimakasih atas tanggapannya.
mengenai kapasitor fan dan kapasitor kompressor,apakah tukang ac mengerti akan hal ini? soalnya saya lsg divonis klo kompressornya rusak dan harus diganti. utk sementara sih karena ac sudah dipindah ke r.tamu,jd masih bs dipakai secara cukup normal (3-4jam).mungkin jika suatu saat njepretnya semakin sering dan semakin pendek waktunya,akan sy minta tukang ac utk cek seperti yg bapak sebut diatas.tp apakah tukang ac biasa ngerti akan hal ini?
tp ada yg aneh,kenapa kalo ac ini njepret, dy membawa smua MCB lainnya turun jg, termasuk MCB meteran PLN. MCB ac ini memang tergabung dgn listrik/lampu di satu area rmh (area depan,hanya lampu dan stop kontak yg kalo pagi/subuh bebannya kecil sekali).
MCB-nya 6A. bukankah seharusnya yg turun itu MCB dy sendiri.
MCB dalam utama 20A, dibagi jadi 2MCB masing2 6A.MCB meteran PLN 10A.

utk penukaran indoor panasonic dan sharp itu bkn krn rusak, tp karena ac sharp ini tadinya dipasang dikamar, tp fan-nya terlalu kencang dan suara -nya berisik. sementara ac panasonic nya di ruang tamu,angin-nya krg berasa makanya ditukerin.

maaf kalo panjang, dan sy amat sangat berterimakasih atas tanggapannya.

thx

Admin mengatakan...

@Wendy
Kalau dia benar teknisi AC yah pastinya harus tahulah yang mana itu kapasitor fan dan kapasitor kompresor pak hehhe...!
-kalau baca pesen ini memang aneh juga AC ini bisa hidup beberapa jam tetapi tiba2 mati mendadak.dan saya pikir ini perlu di lakukan pemeriksaan di kompresor dan wiring nya.

-MCB yang terpasang di AC bisa jadi sudah lemah sehingga tidak mampu menahan beban sesuai dgn yg tertera di label (6 amper) di karenakan arus kompresor sudah tinggi yang bisa di sebabkan karena kapasitornya sudah rusak.
lonjakan arus yang tinggi inilah yang membuat MCB induk ikut jepret juga.

-trims-

wendy mengatakan...

wahh makasih banget ya tanggapannya.
iya ntar kalo udah mulai error lg saya panggil lg tukang ac nya, sementara berjalan baik krn ac nya sudah dipindah tempat dan pake MCB tersendiri (6A), rencana mau sy ganti pake yg 4A aja.
sklian mau diurut lagi smua ac masing2 satu mcb.

skali lagi makasih ya pak :)

Anonim mengatakan...

Kang ipin

Maaf sebelumnya kalau sudah pernah ditanyakan dan dibahas sebelumnya
Saya baru nyoba pasang ac (bekas hehehe belum mampu beli baru), pada saat indoor dinyalakan outdoor (kompresor) hanya nyala beberapa detik dan mati lagi beberapa saat nyala lagi dan mati lagi begitu seterusnya, fan compressor hidup bagus, menurut saya capasitor juga bagus krn saya sudah coba ganti dan ambil dari unit yg lain. Kira kira permasalahannya dimana?
Terima kasih atas pencerahannya. Blognya OK banget

Dick
dicksasono@gmail.com

perawatan ac mengatakan...

@Dick
sayang sekali pada saat running kompresornya tidak di ukur berapa ampernya>>??jika ampere nya sudah tinggi besar kemungkinan kompresor sudah mau rusak tuhh sob.

Anonim mengatakan...

adi:
pak saya punya ac national 1 pk kenapa ea kipas out dornya bisa hidup tapi kompresornya 5 detik hidup lalu mati lagi trus afa aliran listrik di pipa kapilernya terima kasih pak mohon bantuanya

Anonim mengatakan...


siip pelajaran baru yang berharga buat kehidupan,,,, hehehe

obat pembesar penis mengatakan...

jhj

obat kuat mengatakan...

nvbn

Anonim mengatakan...

Gan, mau tanya, barusan sy cuci ac, udahannya ac terasa krg dingin, mekaniknya blg ini freonnya udh basi, saat dikeluarkan yg keluar sebagian besar angin. Apakah benar spt itu, mengingat umur ac sdh 5 thn blm prnh diganggu freonnya. Skrg stlh kuras freon sdh dgn. Tp outdoor tdk mati2, alias utk mencapai suhu 24 deajat sj susah. Apakah ada cara mengembalikan spt sebelumnya? Terimakasih.

Unknown mengatakan...

Lagi nyari2 info ttg AC ktemu juga, mo tanya bang mungkin ada yg ngalami juga disini, jadi AC drumah indoornya National Ionizer sedangkan kompressor pake LG, gegara indoor LG nya divonis modulnya mati (mahal) jadi teknisi blg pake beda gapapa asal PK sama. Nah masalahnya kompressor gak mati2 alias on trus padahal dah tambah freon sesuai saran teknisi. Saya dah ngutak ngatik remote gak bisa juga, ada masukan pak? Terimakasih

Anonim mengatakan...

mlm para master AC,,sy wasin,punya AC merk SHARP 1pk..stlah -+6 bln,setiap di idupin listrik jepret mati,paling selang 5/10 mnt langsung jepret...itu apanya ya gan...minta solusinya....tks,,,

Unknown mengatakan...

Mas minta advise nya dong, untuk kamar 3x7 itu idealnya pake ac berapa pk yaa. Terus apa ada rekomendasi merk tertentu. Sekarang saya pake national udh mulai rewel ini aja setiap dinyalain kompresor hanya nyala sebentar, apa karena ac on terus 24 jam??

ortega mengatakan...

misi gan,
ni saya ada masalah dengan ac panasonic 1,5 PK. saat outdoor nyala mcb langsung ngetrip. padahal untuk tekanan freon dan ampere normal. outdoor dan indoor juga sudah dibersihkan. mohon solusinya gan.....
makasih

ISTIKOMAH mengatakan...

kalau aku pake kompresor kulkas
gan.perubahan pada saluran tekan.di ganti kapiler.watt jadi mlorot ikut kulkas.sekitar 90 watt aja.dingin malah lebih dari freon r22.jadi sangat hemat pol.

Unknown mengatakan...

Maaf mas saya mau tanya ac hidup normal pas udah ber operasi 2 jam langsung trip ke breaker...kira2 apa ya mas

Unknown mengatakan...

Pak , ac saya merk mitsubishi 3/4 pk , kondisi ac tidak dingin , dan kipas outdoor setiap 5 menit sekali pasti berhenti dan nyala lagi 1 menit.berikutnya , nyala 5 menit mati 1menit lg ... Ini kenapa yah ..sebelumnya sudah pernah ganti kapasitas ...

Unknown mengatakan...

Kenapa yah ac saya begitu di nyalakan baru 5detik an lalu ac selalu mati berbarengan dengan listrik di rumah?

Unknown mengatakan...

Kenapa yah ac saya begitu di nyalakan baru 5detik an lalu ac selalu mati berbarengan dengan listrik di rumah?

Anonim mengatakan...

Ya pasti ngerti lah

DULMANAN mengatakan...

Kompresor ampernya naik setelah beberapa menit trus overload komponen apa aja yang menyebabkan amper kompresor naik, mohon penjelasanya terimakasih?

Unknown mengatakan...

Menurunkan amper kompresor ada cara pamungkas,buang freon kira2 sampai 45 psi.kran valev hisap putar kedalam,sedikit ditutup.sambil diputar kran lihat ampernya di tang ampere.cari nilai yg aman.hasilnya kompresor bisa jalan terus .

Unknown mengatakan...

Tanya min .klo thermis ga fungsi padahal sudah d ganti dengan yg ori tetep tidak mau yang rusak apanya ya..

Anonim mengatakan...

Om mau nanya kompressor ac 2 pk terlalu panas dan beberapa menit mati,,, harus nunggu dingin / saya kompres baru mau hidup
Untuk freon 80 psi (on) ampere 8.5 tp knp kompressor bisa cepet panas? Gimn cara mengatasinya om trima kasih

Unknown mengatakan...

AC panasonic 2 PK .Amper compresor terus naik sampai 25amper kenapa ya

Unknown mengatakan...

Takaran oli kompresornya

Unknown mengatakan...

mau nanya. LG Inverter, modul pcb outdoor baru diganti yang baru, seri modul pcb lama seri EAX66705401F, yang baru EAX66705401-1.0.1 , kompressor hidup beberapa detik terus mati , lampu led di modul pcb outdoor kedip kedip, sudah diganti kompressor sama termis tetap sama,

Unknown mengatakan...

Mau tanya mas..
Kenapa teman2 yg nanya kok ga dijawab adminnya?padahal mereka perlu banget jawaban anda utk solusi pemecahan problem ac miliknya..
Mohon dijawablah

Unknown mengatakan...

Permisi min mau tanya dong atw di mari adabyg pernah ngalamin bs bantu jawab...
Sy punya ac sharp 1PK plasmacluster pertama beli normal dan lancar jaln 5 blnan ac pas di nyalain listrik langsung turun dan sy panggil tukang servis di ganti overload sama kapasitornya trus jalan cuman mati hidup mati hidup gt...kemudian tukang acnya ambil kesimpulan ganti kompresornya singkat cerita tukang ac nya balik kanan sy berpikir kok bisa mati hidup ac...mungking tukang acnya ganti overloadnya bekas kemuduan sy beli overload baru dan ternyata jalan normal ac nya cmn bs bertahan 1 mgguan pas sy nyalain langsung turun listriknya sy cb sampe 2 hari turun terus listrik kemudian sy biarin ac gak sy nyalain selama 3 harian. Sy nyalin hanya pake kipasnya aja. Setelah 3 hr sy coba nyalain lg ac bisa nyala normal cmn 15 menitan turun lg listrik..kira2 apanya ya mas...apa yg harus sy lakukan apa olinya habis...dan berapa biayanya kira2 untuk ganti oli atw servinya...trimakasih atas jawabanya semoga kita semua di beri kesehatan dan rejeki yg berlimpah aamin...

Firmansyah mengatakan...

Saya abis cuci AC, trus beberapa di nyalain nge jepret! Sama tukang nya mala oli freon di buang!

Skrg AC kurang dingin & sering netes air