Search Tips Information Products and Services

Memuat...

31 Juli 2010

Termistor temperatur

Thermistor adalah alat pengatur temperatur atau suhu dalam ruangan dengn begitu Termis ini dapat mengatur kerja kompresor secara otomatis berdasarkan setting temperatur pada Remote AC, jika setting pada remote AC di sett 25oC dan kemudian suhu di dalam ruangan sudah terpenuhi mencapai 25oC maka dengan sendirinya termis ini mengirim sinyal pada komponen PCB Indoor untuk memutus hubungan arus ke kompresor begitupun sebaliknya jika Temperatur mulai naik maka Termistor ini akan memerintah kompresor bekerja kembali,Ukuran termis ini sangat kecil kira-kira 3.5mm, Prinsip dasar dari Temistor ini adalah merubah nilai tahanan jika suhu atau temperatur mengenai termistor. Termistor merupakan gabungan antara kata Termo (suhu) dan Resistor(pengukur tahanan). Termistor di temukan oleh Samuel Ruben pada tahun 1930.
Pada Unit AC terdapat dua jenis termistor yaitu Termistor temperatur ruangan *menempel pada evaporator* yang berfungsi menerima sinyal perubahan temperatur dari hembusan evaporator, dan Termistor Pipa evaporator *menempel pada pipa Indoor, yang berfungsi menerima perubahan temperatur pada pipa AC. Sering di jumpai pada merk-merk AC tertentu yang rusak pada bagian ini *Maaf merk di rahasiakan* kerusakan yang timbul pada alat termistor ini sudah dapat di kenali secara visual yaitu pada Display led control indoor selalu berkedip-kedip (hampir sama dengan printer ane kedip2 lampunya pas di reset pakae software reseter printer, sekarang sudah oke lagi) *lahh kok jadi ngomongin Printer nihh* Tarik manngg...lanjut! dan juga AC tidak dapat di hidupkan cuma bunyi2an saja kemudian langsung mati lagi. jika ada indikator kerusakan tersebut segeralah hubungi ane jika lampu pada Display indoor AC ini sering kelap kelip cara mengatasinya Di reset aja dengan cara *cabut kabel power AC* atau bisa juga di akali dengan mengamplas termistor pipa, tapi tetap tidak bertahan lama dan kalau gak mempan juga terpaksa harus di ganti dengan yang baru yang sesuai dengan ukurannya (socketnya) karena pada beberapa merk AC Termistor ini mempunyai socket yang berbeda-beda. Untuk menghindari kerusakan Termistor ini biasakanlah melakukan Perawatan Service AC secara berkala.

30 Juli 2010

Temperatur suhu dalam ruangan

Untuk dapat membuat temperatur dalam ruangan agar tetap sejuk dan nyaman seperti yang kita inginkan, sebisa mungkin temperatur udara di atur sesuai dengan selera dengan menggunakan Remote AC. Proses mendinginkan atau menurunkan temperatur udara perlu di lakukan ketika temperatur di dalam dan luar ruangan tinggi (panas), Sebaliknya proses memanaskan atau menaikan temperatur udara di lakukan ketika temperatur di dalam ruangan sangat rendah (dingin), seperti di daerah yang kondisi bersalju yaitu Negri AlKatro Zone. 

Tubuh manusia memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan. Di lingkungan yang dingin saluran darah dan pori-pori kulit mengerut, hal itu terjadi karena kuasa dan ketetapan Allah agar panas atau kalori dalam tubuh tetap terjaga, akibatnya permukaan kulit akan menjadi lebih dingin, begitupula sebaliknya pada saat suhu panas dalam pori-pori kulit akan mengembang agar hawa panas dalam tubuh dapat keluar sehingga jadilah keringat *proses penguapan dalam tubuh*. Uraian tersebut diatas menggambarkan bahwa pada dasarnya tubuh manusia sanggup mepertahankan kondisi tubuh dalam keadaan tertentu, namun tetap saja sebagai manusia biasa mempunyai batasan-batasan tertentu. 

Perlu di ketahui temperatur suhu udara yang terlalu dingin belum tentu membuat tubuh merasa nyaman dan sejuk, Aturlah temperatur udara di dalam ruangan 240C - 260C , temperatur yang terlalu sejuk atau terlalu dingin di bawah 200C dapat menyebabkan beberapa keluhan seperti pembuluh darah menyempit, kesemutan, leher atau tengkuk terasa kaku *kelamaan maen komputer* perut kembung, filek, dan juga jadi sering beser *buang kecil* tentu saj hal ini malah mengganggu metabolisme tubuh kita terganggu. Maka dari Air Conditioner di dalam ruangan harus di atur sedemikian rupa untuk mendapatkan udara yang Sejuk Sehat dan Segar/nyaman. Selain itu manfaat yang di dapat jika kita menyetel temperatur suhu antara 240C sampai dengan 260C dapat menghemat pemakaian listrik pada Air Conditioner khususnya kompresor sehingga tidak terlalu bekerja keras. karena pada saat suhu dalam ruangan sudah mencapai 240C kompresor akan berhenti dan bila temperatur suhu didalam sudah mulai naik kompresor akan bekerja lagi, namun jika memang kondisi temperatur udara di dalam ruangan sangat panas sekali sah-sah aja sih setting AC di bawah 200C *untuk mempercepat proses pendinginan dalam ruangan*, dan bila sudah terasa dingin naikan kembali suhu nya pada kondisi hemat yaitu 240C - 269C. Demikianlah Tips singkat dari ane semoga bermanfaat

27 Juli 2010

Perawatan AC

Hari libur adalah hari yang sangat menyenangkan dimana kita dan kelurga bisa berkumpul bersama, menghabiskan waktu akhir pekan di tempat tamasya, berkunjung ke sanak saudara dll, Beberapa minggu ini justru kami harus melakukan Perawatan Service AC rutin di Pabrik-Pabrik jika pada hari lain tidak mungkin bisa di lakukan karena dapat mengganggu aktifitas pekerjaan di pabrik tersebut.

25 Juli 2010

Cara mengetahui kompresor yang bagus

Jika hendak membeli kompresor baru pastikan dahulu lakukan pengetesan di toko atau di rumah, karena bila tidak di test dahulu dan kompresor sudah terpasang/tersambung dengan kondesor dan kondisi kompresor yang baru ternyata kurang memuaskan, kompresor tersebut tidak bisa di kembalikan. *barang yang sudah di beli tidak dapat di tukar* Bagaimana caraya agar kita mengetahui kompresor masih dalam keadaan bagus dan siap pakai..?? Hal pertama yang perlu di lakukan adalah: Ukur ketiga tanahan terminal SCR ke body compressor dengan multi tester skala ohm (Ω) 1x ohm, jika ada tahanan dan jarum bergerak keatas berarti kompresor tersebut sudah jelek *No Good* contact body atau konsleting, jika jarum tidak bergerak saat di hubungkan ke compressor body berarti kompresor dalam kondisi bagus. 

Lakukan pengetesan kompresor secara manual sebelum di Las untuk mengetahui seberapa besar tekanan dan hisap nya pada kompresor yaitu dengan cara menekan dengan tangan pada pipa tekan kompresor dan pipa hisap kompresor.  

cara melakukan pengetesan kompresor melalui pipa tekan yaitu pada saat kompresor di hidupkan tekan dengan tangan pada pipa tekan berulang-ulang *buka..tutuup* selanjutnya tutup dengan tangan pada pipa tekan *jangan di lepas* kemudian cabut power kompresor, pada saat kompresor mati tekanan pun hilang namun pada kompresor ini masih terdapat sisa kompresi udara, lepaskan tangan yang menutupi pipa tekan tadi, jika pada saat itu kompresor masih mengeluarkan sisa kompresi udara berarti kompresor masih bagus.
Cara mengetahui pengetesan kompresor melalui pipa hisap yaitu caranya sama dengan pengetesan kompresor pada pipa tekan, hanya perbedaanya pada pipa ini jika pada saat kompresor sudah tercabut dari powernya tangan yang menutupi pipa hisap itu akan terus menempel *terhisap kompresor* Jika di antara kedua hal tersebut di lakukan maka akan terlihat kondisi kompresor itu baik atau bagusnya dan siap di pasang. Tanda jika kompresor tersebut NO Good adalah pipa tekan kompresor pada saat di tutup akan keluar udara pada pipa hisap begitupun sebaliknya jika pada pipa hisap kompresor tertutup dengan tangan dan tangan kita tidak merasakan hisapan yang kuat dari kompresor itu juga bisa menandakan kompresor itu tidak layak di pasang. Jikalau kita sudah mengetahui kondisi kompresor seperti gejala tadi lebih baik jangan di pasang karena hasil pendinginan yang di capai kompresor tidak akan maksimal. 

Untuk mengetahui kompresi kompresor masih bagus pada Outdoor unit Air conditioner (AC)
 


- Hidupkan AC tunggu beberap saat hingga outdoor mendapat supply arus listrik -


- Pasang tang amper pada salah satu kabel di kompresor apakah sesuai dengan standarnya 


- Pasang selang manifold warna biru pada pipa hisap (low pressure) atau pentil pengisian freon - Pasang selang manifold warna merah pada pipa tekan (high pressure) Meter yang berwarna merah pada manifold adalah untuk mengukur tekanan tinggi/high presure 0-500 psi, sedangkan meter yang berwarna biru adalah untuk mengukur tekanan rendah/low presure 0-150 psi. 


- Manifold meter warna merah terpasang pada pipa tekan atau telah terpasang pada drat nepel 1/4 (untuk pengecekan compressor yang berada pada outdoor unit) dengan kran manifold tertutup penuh, jika jarum meter terus bergerak minimal 300 psi pertanda kompresinya masih dalam keadaan bagus.
- Manifold meter warna biru terpasang pada pipa hisap yaitu pada pentil pengisian freon jika jarum meter menunjuk pada posisi 50 psi s/d 75 psi berarti kompresor masih bagus (tergantung banyaknya isi freon

"Khoirunnas manfaunnas" (Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia)

22 Juli 2010

Cara vakum kulkas tanpa mesin vakum

Di dalam sistem pendingin seperti Air conditioner,kulkas dll pada saat pengggantian kompresor ataupun pengisian freon harus di lakukan pemakuman karena bila tidak maka mesin kompresor tidak akan bekerja dengan baik dan hasilnya pun AC ataupun kulkas tidak akan dingin, karena refrigerant yang terdapat di dalam sirkulasi tsb bercampur dengan udara. saran saya sebelum melakukan pengisian freon hendaknya kompresor tersebut di vakum terlebih dahulu, sebelum itu lakukan juga flushing agar oli yang terdapat pada pipa-pipa akan keluar sehingga pada pipa tersebut benar-benar bersih dari debu/kotoran dan sisa sisa oli yang terdapat pada jalur sirkulasi pendingin itu. Cara vakum kulkas tanpa menggunakan mesin vakum ini bila di dalam AC biasa di sebut vakum body (manual) dan bila pada kulkas di sebut vakum strainer atau vakum lewat lubang saringan karena cara ini lebih mudah tanpa harus punya mesin vakum. Langkah pertama seperti biasanya siapkan alat-alat yang di butuhkan yaitu:
1. Blender gas (Hi cook) *alat ini yang biasa di bawa alkatro buat masak pada saat naik gunung*
2. Methyl sebagai pembersih pipa
3. Refrigerant R-134a, freon yang biasanya di gunakan untuk kulkas.
4. Kawat las dan borax *serbuk agar kawat las dapat menempel pada pipa*
5. Tang Amper meter *jangan ketinggalan*

langkah langkah pengerjaannya:
1. Pada pipa strainer kulkas terdapat 2 lubang pipa kapiler (panjang dan pendek) dan satu pipa yang terhubung ke kondensor kulkas, potong pipa kapiler yang pendek *berikan sedikit lubang udara* tapi ingat sebelumnya sudah di lakukan FLUSHING
2. Pasang tang amper dan selang manifold kuning pada pentil pengisian freon di kompresor guna mengetahui proses pemakuman itu.
3. Hidupkan kulkas agar proses pemakuman berjalan, check pada pipa kapiler pendek yang tadi di lubangi apakah keluar udara atau tidak...? bila belum keluar udara besarkan kembali lubangnya, karena melalui lubang inilah udara yang terjerembam di dalam pipa pipa akan keluar.
4. Ambil wadah kecil untuk tempat Methyl dan masukan pipa kapiler pendek tadi kedalam wadah tersebut, akan terlihat gelembung2 di dalam air methyl tsb tanda udara sudah keluar dan tunggu hingga tidak ada lagi gelembung udara yang keluar dari dalam pipa kapiler ini. waktunya berkisar 80 menit s/d 100 menit *untuk dapat hasil yang maksimal *jika menggunakan mesin vakum waktu relatif lebih cepat*.
5. jika sudah tidak tampak gelembung udara yang keluar itu tandanya pemakuman berhasil namun bila dalam waktu tsb masih ada udara berarti masih ada kebocoran pada pipa yang di las, checking bekas las las-an pada pipa.
6. pemakuman berhasil dapat dilihat pada alat manifold gauge yang menunjuk di bawah nol psi (-30psi) dan pada wadah kecil tsb.
7. Proses pemakuman dengan strainer melalui lubang pipa kapiler ini sudah berhasil tinggal proses terakhir yaitu menutup lubang pada pipa kapiler tersebut caranya begini: - Cabut power kulkas, jepit dengan tang pipa kapiler tsb. pada saat power kulkas di cabut kompresor kulkas tidak bekerja dan otomatis lubang pipa kapiler yang tadi mengeluarkan udara itu akan berbalik menjadi menghisap udara. Biarkan air yang berisi methyl dalam wadah itu terhisap oleh kompresor kemudian jepit pipa kapiler itu sebelum methylnya tersedot semua.., setelah di jepit kemudian potong dengan tang potong.
8. terakhir sumbatlah potongan pipa kapiler tadi dengan kawat las dan blender gas. Proses pemakuman pada kulkas dengan cara manual tanpa menggunakan mesin vakum hanya dengan bantuan pipa strainer sudah selesai sekarang tinggal mengisi freonnya, ISI FREON KULKAS hingga bertekanan 10 psi dan sesuaikan ampere kompresor. Mesin vakum dapat juga di gantikan dengan kompresor bekas yang masih hidup namun sudah tidak layak untuk mesin Air Conditioner. cara membuat mesin vakum dari kompresor bekas.

20 Juli 2010

Kapasitor kompresor

Kapasitor merupakan alat listrik yang berfungsi sebagai penyimpanan muatan listrik sementara, bbesarnya muatan listrik yang di tampung tergantung besaran kapasitor tersebut, satuan kapasitor adalah farad (µ) dan pada Air Conditioner kapasitor ini di gunakan sebagai penggerak kompresor pertama kali atau start gunakanlah kapasitor sesuai dengan kebutuhannya (PK) standar, bila kapasitor dengan ukuran yang tidak sesuai kompresor tidak akan berputar dan bila terlalu besar ukurannya maka akan menyebabkan ampere menjadi tinggi Kapasitor kompresor AC 1/2 pk biasanya menggunakan kapasitor 15µf, 3/4 s/d 1 pk = 25µf-30µf *toleransi +5%* dan seterusnya, jadi bila hendak mengganti kapasitor AC yang rusak sesuaikanlah dengan besaran AC/kompresor tesrebut, kapasitor fan motor pada AC 1/2 - 2 pk mengunakan 1,2µf s/d 2µf *toleransi +5%* Dalam menghubungkan kapasitor ini harus hati-hati jangan sampai salah dalam menyambungnya pada socket. 

Cara menghubungkan kapasitor pada kompresor
Pada kapasitor kompresor terdapat 2 buah socket dengan kabel 3, 2 kabel terhubung ke Terminal kompresor SCR, dan 1 kabel lagi terhubung pada sumber arus listrik (+). 1. Satu kabel (warna biru) dari kapasitor terhubung langsung pada arus listrik (+) 2. satu kabel (warna merah) dari kapasitor terhubung pada terminal kompresor S (starting) 3. Satu kabel (warna biru) dari kapasitor *gabung di kapasitor dengan kabel yang terhubung arus No 1* di hubungkan pada terminal kompresor R (running) 4. Kabel (hitam)pada terminal C (common) hubungkan langsung dengan arus listrik (-) Setelah penyambungan socket pada kompresor dan kapasitor sudah ok tinggal colokin ke stopkontak *ati-ati kesetroom* pastikan dulu Terminal SCR nya sudah benar.
Sekalian nih sob tetangga sebelah numpang lapak AC seken AC merk samsung 1 PK (9000 BTU) Rp 1,7 jt Kondisi bagus,mulus, siap pake poko'e siap dingin sob bonus pipa 5 meter,bracket outdoor dan freon

17 Juli 2010

Tips mencari terminal S C R pada kompresor

Pada kompresor AC terdiri dari dua bagian utama yaitu STATOR dan ROTOR, Bagian STATOR adalah bagian yang diam(tidak berputar) yang terdiri dari sejumlah lillitan/gulungan kawat tembaga yang membentuk kumparan. Pada kumparan Stator terdapat dua lilitan yaitu lilitan primer dan lilitan sekunder. Perbedaan lilitan primer dan lilitan sekunder adalah: pada lilitan primer ini memiliki diameter kawat yang lebih besar dan jumlah lilitannya sedikit, selanjutnya di sebut sebagai R (running), sedangkan lilitan sekunder memiliki diameter kawat lebih kecil dengan jumlah lilitan yang banyak, dan disebut sebagai S (starting), dan terminal penghubung di sebut sebagai C (common). di antara kedua lilitan itu manakah yang paling besar tahanannya..?tentunya lilitan sekunder karena yang mempunyai lilitan lebih banyak, tahanannya akan bernilai besar. Bagian ROTOR adalah bagian yang bergerak / berputar yang terdiri dari kumpulan plat logam yang membentuk slinder dan di bagian tengahnya terdapat AS untuk menggerakan komponen kompresor.
Pada unit kompresor biasanya terdapat 3 buah terminal yaitu:
1. Starting
2. Common
3. Running
untuk mengetahui letak ketiganya sangat mudah karena pada tutup terminal kompresor biasanya tertulis kode SCR, tetapi tidak semuanya unit kompresor di beri kode SCR ada juga yang belum di kasih kode *operator nya lupa kasih kode* dan di tabung kompresor di label WARNING kira-kira begini bunyinya "Pastikan dengan benar letak terminal SCR sebelum memasang kompresor", karena bila salah dalam memasang socket pada terminal SCR mengakibatkan putaran motor kompresor menjadi terbalik dan dapat membuat kompresor macet/rusak *walahhh kompresor baru matii gara2 hal kecil doankk* Jika pada penutup kompresor tidak terdapat kode Terminal SCR terpaksa ente harus mencarinya sendiri, Naah ini ada Sedikit tips ringan dari ane untuk mencari letak Terminal SCR pada kompresor mudah-mudahan bisa membantu nihh.


1. Siapkan alat ukur Multi tester atau tang ampere (beserta pin pengukurnya)
2. Atur skala tang ampere atau multi tester pada skala x 10 Ω.
3. Buat sketsa segitiga, anggap saja Terminal SCR adalah titik X,Y,Z, ini dilakukan karena kita belum tahu pasti titik S,C,R secara pasti








4. Ukur tahanan atau resistansi antara terminal X,Y dan Z., Ukurlah resistansi antara (X-Y),(X-Z) dan (Y-Z), kemudian catat nilai resistansinya misalnya Nilai nya X-Y 50Ω, X-Z 10Ω, Y-Z 60Ω hasil tahanan terbesar adalah kombinasi lilitan primer dan lilitan sekunder, dan Tahanan terkecil merupakan kombinasi lilitan primer dan terminal penghubung. - Garis Y-Z adalah tahanan terbesar, dan dapat dipastikan titik X adalah terminal penghubung yaitu C(Common) - Garis X-Z adalah tahanan terkecil, dan dapat dipastikan titik Y adalah terminal sekunder yaitu S(Starting) dan titik Z terminal utama yaitu R (running) Titik X = terminal C (common), Y = terminal S (starting) dan Z = terminal R (running) Terminal SCR pada kompresor sudah ditemukan sekarang tinggal menyambung socket yang terhubung ke Aliran listrik guna menghidupkan Compressor AC dan memastikan unit compressor AC yang baru di beli dalam kondisi bagus sebelum terpasang pada kondensor AC karena bila sudah terpasang/di las pada kondensor dan ternyata kompresor baru itu kondisinya tidak bagus maka kita tidak dapat menukarnya kembali ke toko. "kompresor yang sudah di las tidak dapat di tukar dengan yang baru"

15 Juli 2010

Cara mengisi freon kulkas

Dalam hal pengisian freon kulkas ini tidak sama pada pengisian freon air conditioner, pada saat pengisiian freon kulkas di perlukan ketelitian dan hati-hati karena pada sistem kukas ini terdapat pipa kapiler yang lebih kecil ukurannya dari pipa kapiler AC bila salah dalam pengisian freon kulkas bisa mengakibatkan kebuntuan freon pada pipa kulkas. nah bagaimana cara pengisian freon pada kulkas sesuai prosedur yang biasa di lakukan tukang service kulkas.
Alat alat yang di perlukan untuk mengisi freon kulkas
1. Siapkan freon kulkas R-134a atau MC 134 (produk MUSIcool)
2. Manifold gauge
3. Mesin Vakum
4. Methyl (cairan pembersih kulkas)
5. Mesin Las/ hicook tabung 6. Tang Amper Perlekapan untuk mengisi freon kulkas sudah siap tinggal prakteknya...
1. Pasang selang manifold warna kuning pada mesin vakum dan selang manifold warna biru pada pentil kompresor kulkas. " kompresor yang akan di isi freon harus di vakum dahulu untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada proses pendingin nya karena bila tidak di vakum terlebih dahulu kulkas tidak bisa dingin dan kompresor akan cepat panas, lakukan pemakuman kompresor kulkas sama halnya dengan cara memvakum kompresor AC"
2. Setelah prose pemvakuman pada kompresor selesai +30 menit dan penunjuk pada meter menunjuk di bawah 0 psi / -30psi kompresor sudah siap di isi freon kulkas, pasang selang manifold warna biru pada pentil kompresor *pipa pengisiian freon* dan selang warna kuning pada tabung freon kulkas.

3. Harap di perhatikan pada saat mengisi freon kulkas jangan terlalu membuka full kran manifold bukalah pelan-pelan dan sedikit demi sedikit *buka tutup kran* jangan melebihi batas 10 psi
4. Pada saat pengisiian berjalan sambil di check pada body kulkas rasakan kehangatannya pada sisi kulkas, bila sisi kulkas terlalu panas jangan di teruskan pengisiannya "STOP ", periksa kembali jalur pipa kapiler dan strainer. Bila sisi kulkas teransa hangat hangat kuku LANJUTKAN isi freonya, kulkas hangat pada sisi l;uar menandakan sirkulasi freon pada kulkas normal.
5. Pasang tang amper meter pada kabel kompresor untuk melihat ampere nya sesuaikan amper meter seperti yang tertera di balik kulkas (name plat)ampere kulkas biasanya 0,5 hingga 0,9 ampere tergantung besar kecilnya kulkas. bila ampere kompresor sudah melewati batas standart berarti kompresor sudah lemah.

6. Bila freon kulkas sudah mencapai tekanan 10psi *dengan alat ukur freon* tutup kran pada tabung freon kulkas dan kran manifold gauge. Untuk memastikan apakah pengisisan freon ini berhasil matikan kulkas dulu dan perhatikan jarum pada manifold gauge.
7. Jarum manifold gauge pada saat kulkas di matikan angka menunjuk pada angka 50 psi hingga 100 psi., berarti sirkulasi freon berjalan dengan baik namun bila jarum pada manifold tidak berubah (tetap pada angka 10 psi) berarti sirkulasi freon tidak normal, buang freon nya dan lakukan kembali dari awal.
8. Setelah kulkas di matikan dan tekanan freon di lihat normal pada manifold gauge nyalakan kembali kulkas tapi ingat setelah 5 s/d 10 menit baru kulkas tersebut boleh di hidupkan. *aturan baku dari pabrikan kompresor kulkas* Sebelum kulkas di isi freon lakukan flushing terlebih dahulu setelah itu di vakum dan baru di lanjut isi freonya, Saat pengisian freon kulkas di butuhkan kesabaran dan rilex sambil nyeruput kopi dan menikmati hidangan yang di sajikan pemilik kulkas. Bila ada kesulitan dalam melakukan pengisian freon kulkas kami siap membantu anda.. "siap melayani 24 jam, Damai itu indah" kata Pak Pulisi *damai yang bagaimana nihh...??*

14 Juli 2010

Suara bising pada kulkas

Apabila di jumpai kulkas yang menimbulkan suara berisik hendaknya jangan di biarkan, kalu di biarkan berlarut2 di khawatirkan akan mempengaruhi unit lainnya sehingga malahn timbul masalah baru. suara berisik pada mesin pendingin kulkas bisa di sebabkan karena:
1. Pipa yang berhimpitan (antar pipa/pun dengan body kulkas) Pipa yang berhimpitan dengan cabinet/body kulkas bisa membuat suara berisik juga, hendaknya jarak pipa yang satu dengan yang lainnya jangan teralu dekat dan jika menempel dekat dengan body hendaknya di jauhkan.
2.Sekrup baut yang kendur Memeriksa semua baut atau sekrup yang terpasang bila ada yang kendur kencangakan karena skrup yang kendur pada body bisa menimbulkan suara berisik
3.lakukan pemeriksaaan Fan kulkas Mungkin ada kerusakan pada fan nya atau motor fan nya tidak berputar/berat untuk berputar.
4.kompresor mulai melemah Kompresor juga perlu di periksa sebab bisa juga kompresor yang sudah lemah syahwat menjadi berisik biasanya karena kurang oli yang mengakibatkan piston dan ring piston aus laama kelamaan bisa rusak tuh kompresor.

12 Juli 2010

Bagian-bagian kompresor kulkas

Kompresor adalah suatu alat pada mesin pendingin/jantungnya Air conditioner yang berperan sangat penting. Daya gerak kompresor yang menghisap dan mempompa gas bergantung pada elektro motor(dinamo). Jika dinamo berputar maka ia akan bekerja karena dari poros dinamo di hubungkan ke poros kompresor. ada dua sistem kompresor yakni yang menggunakan pompa piston (compressor piston) dan pompa putar(compressor rotary), mesin pendingin kulkas banyak yang menggunakan kompresor model piston beda halnya dengan air conditioner yang lebih banyak menggunakan kompresor rotary walaupun ada juga AC yang menggunakan kompresor piston, piston di sebut juga dengan istilah torak. 
Bagian-bagian kompresor Piston 
Katup tekan ialah sebuah katup dalam ruangan kompresor yang berfungsi menekan gas atau udara menuju pipa kondensor, katup ini akan membuka jika terkena tekanan piston dalam slinder pada saat piston bergerak menekan keatas.  
Katup hisap ialah katup yang cara kerjanya berlawanan dengan katup tekan, katup ini akan menutup manakala katup tekan terbuka dan ia akan membuka manakala katup tekan tertutup. Hal tersebut akan bergerak secara bergantian seiring gerakan piston naik turun dalam selinder. Jika piston turun maka katup hisap akan membuka dan terjadilah hisapan udara dari filter yang berasal dari pipa hisap.  
Filter udara terpasang sebelum katup hisap agar tidak ada kotoran yang masuk/terhisap ke dalam kompresor yang dapat mengakibatkan kerusakan pada kompresor  
Selinder adalah bagian dari kompresor yang berfungsi sebagai rumah piston atau torak, selinder tidak boleh bocor ataupun tergores sebab jika selinder bocor atau tergores maka daya tekanan kompresi akan berkurang, sehingga kurang mampu menekan ataupun menghisap udara.  
Piston di sebut juga torak, Fungsinya untuk memompa dan menghisap udara sehingga dalam saluran pipa-pipa mesin pendingin terjadi sirkulasi gas. piston bergerak maju mundur atau naik turun sejalan dengan gerakan engkol, dimana engkol ini di pengaruhi oleh putaran poros, sedangkan poros di pengaruhi oleh putara rotor pada dynamo. Seperti halnya pada mesin sepeda motor, piston memiliki ring-ring. Pada piston ini terdapat tiga celah yang di pakai sebagai tempat ring piston, jika ring bocor atau tidak tepat pemasangannya maka udara dalam ruang selinder akan bocor akibatnya daya tekan kompresi dan daya hisap berkurang. ini sangat mempengaruhi proses pendinginan pada saluran pipa-pipa, ring piston yang di pasang bertujuan untuk mendapatkan kerapatan pada ruang selinder. Batang torak atau batang piston adalah suatu alat yang berfungsi menghubungkan piston atau torak dengan engkol, yang gunanya untuk mengkaitkan piston pada engkol, jika engkol bergerak seputar sejalan dengan porosnya maka engkol akan bergerak maju mundur. Poros Engkol terangkai dengan engkolnya dan engkol terangkai dengan batang piston, poros engkol jika bergerak akan mengubah posisi batang pistonsehingga terjadilah gerakan maju mundur atau naik turunnya piston.
Perbedaan secara visual kompresor piston dan kompresor rotary adalah kompresor piston bentuknya pendek dan agak gemuk sedangkan kompresor rotary bentuknya lebih panjang keatas dan terdapat akumulator pada sisi kompresor, pada kompresor piston terdapat tiga buah pipa keluar dimana 1 pipa hisap, 1 pipa tekan dan 1 lagi pipa pengisian freon, jika kompresor rotary hanya mempunyai 2 buah pipa keluar yaitu 1 pipa tekan dan 1 pipa lagi yaitu pipa hisap.

10 Juli 2010

Faktor - faktor konversi ke MUSIcool

MUSIcool adalah pengganti freon yang ramah lingkungan yang dikeluarkan oleh pertamina dalam upaya STOP GLOBAL WARMING karena di dalam refrigerant freon tersebut mengandung Chloro Fluoro Carbon (CFC),Hydro Choloro Fluoro Carbon (HCFC), Hydro Fluoro Carbon (HFC) zat yang memiliki potensi dapat merusak lapisan ozon. baca postingan sebelumnya tentang Freon Ramah Lingkungan ( MUSIcool). Umumnya air conditioner menggunakan refrigerant R22, R22 ini akan di ganti dengan MUSIcool (konversi) agar menjadi lebih hemat energi dan tidak berbahaya terhadap lingkungan. Ada beberapa Faktor penting yang perlu di perhatikan dalam penggantian freon R22 ke MUSIcool supaya air conditioner dapat bekerja optimal dengan gas hydrokarbon MUSIcool ini
Faktor Sukses dan Gagal dalam konversi refrigerant ke Hydrokarbon MUSIcool
Faktor suksesnya dalam pengerjaan konversi freon ke MUSIcool ada beberapa syarat yang perlu di perhatikan:

  1. Kualitas dan kondisi AC masih dalam keadan baik
  2. Proses pekerjaan konversi dan Charging MUSIcool mengikuti standart Operating Procedur (SOP) dan Standart Nasional Indonesia (SNI).
  3. Bekerja lebih cermat teliti dan hati-hati
  4. Tekhnisi pelaksana memenuhi syarat trampil diantaranya : Memahami karakteristik MUSIcool, Memahami perbedaan Refrigerant sintetis freon dengan MUSIcool, cukup terlatih dan memiliki pengalaman bekerja dengan MUSIcool yang cukup.
Faktor Gagal pengisian MUSIcool pada mesin AC
  1. Teknisi kurang memahami karakteristik MUSIcool
  2. Perlakuan terhadap MUSIcool di samakan dengan Refirgerant sintetis freon.
  3. Cara pengisian mesin pendingin besar di samakan dengan cara pengisian mesin pendingin kapasitas kecil.
  4. Teknisi kurang pengalaman dalam proses pengisisan refrigerant MUSIcool pada mesin kapasitas besar.
  5. Kurang hati-hati dalam menentukan mesin AC mana yang dapat di ganti dengan MUSIcool.
Jenis kegagalan biaasanya kurang dingin ataupun tidak dingin dan yang paling fatal kompresor rusak, yang di sebabkan semata mata karena Human error bukan karena MUSIcool. Konversi freon ke hydrokarbon yang ramah lingkungan dan hemat energi ini dikalangan luas masih belum di kenal karena kurang nya sosialisasi dan promosi dan hanya di lakukan oleh pihak Pertamina dan pihak yang terkait di dalamnya. dalam Hal ini kami memberikan refrensi yang terpercaya yaitu PT HENAKA yang berlokasi di jalan teluk buyung Bekasi, Contact person : Dian 021-94427747, Wilson 021-45786206

1 Juli 2010

Air conditioner VS Water heater

Salah satu perwakilan dari Asia Negeri mataheri terbit gagal masuk ke putaran 8 besar, Jepang VS Paraguay berakhir dengan skor 5-3 lewat adu penalti. isak tangis pemain dan supporter jepun ini membanjiri tanah Afrika selatan..terlebih lagi orang orang yang lagi pada nonton bareng World cup 2010 di Arena PRJ Kemayoran ikutan pade terharu dan sedih ..hikkkss.. *segitunye tuh mate pade berkace kace*. Oqe lah kalauw beggitu kita tinggalkan dulu World cup 2010 yang sedang cuti guna mempersiapkan pertandingan 8 besar esok hari. *kembali ke laapp..top* Air conditioner VS Water heater Buat sobat yang rumahnya sudah terpasang AC *kalau belum hub aje ane gratis deh buat sobat-sobat ^_^ * jika ingin menikmati air panas tanpa biaya tambahan listrik gas dan solar bisa menggunakan alternatif dari produsen Wika yaitu Air conditioner water heater (AWH). Apa sih AWH itu..? AWH adalah tangki pemanas yang dibuat khusus untuk memanaskan air dengan bantuan energi panas yang di hasilkan dari Air conditioner terbuat dari plat zincalum untuk lapisan luar,lapisan dalam menggunakan stainless steel, contohnya seperti termos air panas di rumah yang dapat menyimpan Air panas hingga ber jam-jam, Tangki ini bisa dipasang secara horizontal atau vertikal tergantung tempat pemasangan 

Prinsip kerja Air conditioner VS Water Heater Water Heater Bebas Energi (tanpa listik, gas atau solar). Wika Aircon Water Heater yang terkenal dengan Merk “WIKA AWH” diciptakan untuk memberikan solusi tersebut.Pada umumnya suhu freon yang keluar dari kompresor AC dibuang pada kondensor, Dengan Wika AWH aliran panas itu dibelokkan dulu ke dalam tangki air dingin sebelum masuk ke kondensor (outdoor), Terjadi kontak perpindahan panas antara panas dari pipa AC dan Air di dalam tanki, Pipa AC yang keluar dari kompresor langsung di alirkan dahulu ke dalam dalam heat exchanger berupa pipa spiral dalam tangki dan Air yang semula dingin pun memanas, begitupula Sebaliknya suhu freon yang panas menurun. setelah melewati pipa spiral dalm tangki barulah kemudian pipa ac kembali di arahkan ke kondensor (ooutdoor). Untuk memperoleh air panas AC harus menyala dulu. Bila ingin mendapat air panas pagi hari, AC dinyalakan malam sebelumnya minimal empat jam.  

Manfaat AWH Mengoptimalkan sistim pendingin kipas elekrik di outdoor AC, menjadi tenaga gas refrigerant di kondensor, menurunkan beban kerja kompresor, Sehingga konsumsi listrik menurun, biaya listrik dapat di hemat (5%-10%).*Ingat ingat TDL bulan ini naik* ->Hemat Uang Sumber energinya gratis yakni memanfaatkan energi panas yang dibuang dari sitem AC dan menghasilkan suplai air panas yang tidak terbatas, kalau Unit Air conditionernya tetap tidak gratis. ->Daya Tahan Terbuat dari Stainlees steel memperpanjang daya tahan tangki. ->Aman Proses yang sehat di dalam tangki yang tidak membutuhkan listrik atau gas sehingga anda terhindar dari sengatan litrik maupun kebocoran gas. ->Air Panas yang stabil ( 600-700 Celcius ) Bila tertarik mau menggunakan Air conditioner water heater silahkan hubungi di sini Ipin cool tidak bertanggung jawab atas hak guna pemakaian AWH ini *review aja*, dan jangan lupa komisinya dari Direktur PT Wijaya Karya Intrade, produsen Wika AWH Mr Hinsa Mei Hutagalung tolong transfer ke Rekening Ane Boss *ahahahahaha*